Ini Ciri-Ciri Pengajuan KTA DBS Kamu Bakal Disetujui

Ciri-Ciri KTA DBS disetujui (Shutterstock).

Udah mengajukan KTA DBS, tapi kok belum ada kabar lebih lanjut ya? Ciri-ciri KTA DBS disetujui itu seperti apa sih?

Kalau kamu salah satu orang yang juga mengajukan KTA DBS, pastinya kamu juga bakal melontarkan pertanyaan tersebut. Apalagi kamu berada di posisi yang lagi butuh pinjaman, wajar aja gak sabar menanti kabar dari Bank DBS mengenai status aplikasi pinjamanmu.

Gak sedikit pula orang-orang yang kecewa begitu mendapat kabar kalau aplikasi pengajuan KTA DBS miliknya ditolak. Udah menunggu hari demi hari ternyata ditolak, pastinya kesal banget lah.

Makanya kamu perlu tahu nih kayak gimana ciri-ciri KTA DBS disetujui oleh bank. Nah, apa aja ciri-cirinya? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Pilih KPR BTN, BCA, Mandiri, BRI, atau CIMB Niaga? Bandingkan Bunganya Berikut Ini

1. Kolektibilitas kredit dapat status performing loan

Ciri-Ciri KTA DBS disetujui
Status performing loan (Shutterstock).

Salah satu dari ciri-ciri KTA DBS disetujui adalah kolektibilitas kredit yang berstatus performing loan. Apa itu kolektibilitas kredit? Menurut definisinya, kolektibilitas kredit adalah klasifikasi status pembayaran angsuran atau pinjaman beserta bunganya.

Ada lima klasifikasi yang menentukan apakah calon debitur layak mendapat pinjaman atau gak sama sekali. Apa aja klasifikasi tersebut?

  • Status Lancar yang berarti debitur selalu lancar bayar utang (performing loan).
  • Status Dalam Perhatian Khusus (DPK) yang berarti ada tunggakan cicilan selama 1 – 90 hari.
  • Status Kredit Kurang Lancar yang berarti ada tunggakan cicilan selama 91 – 120 hari.
  • Status Diragukan yang berarti ada tunggakan cicilan selama 121-180 hari.
  • Status Macet yang berarti ada tunggakan cicilan selama 180 hari.

Nah, peluang memperoleh KTA DBS lebih besar didapat calon debitur yang mendapat status lancar dan Dalam Perhatian Khusus (DPK). Buat mengetahui seperti apa status kolektibilitas kredit, kamu bisa mengeceknya di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

2. Ambil pinjaman DBS dengan besaran cicilan kurang dari 30 persen penghasilan

Besaran pinjaman kurang dari 30 persen penghasilan menjadi salah satu dari ciri-ciri KTA DBS  disetujui. Sebab orang yang ambil pinjaman dengan besaran cicilan kurang dari 30 persen penghasilan dianggap lebih mampu dalam membayar cicilan.

Itu berarti kalau kamu mengajukan pinjaman dengan mengacu pada ketentuan tersebut, kemungkinan kamu memperoleh KTA DBS cukup besar. Bukan tanpa alasan bank mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan tersebut.

Ketentuan 30 persen penghasilan ini digunakan supaya bank bisa menyeleksi mana calon debitur yang performing loan dan mana debitur yang kemungkinan non performing loan.

3. Punya kartu kredit dengan lama kepemilikan lebih dari satu tahun

Orang yang punya kartu kredit lebih berpeluang mendapat pinjaman, termasuk KTA DBS ketimbang orang yang memilikinya sama sekali. Kalau kamu punya kartu kredit, itu berarti kamu udah memiliki salah satu dari ciri-ciri KTA DBS disetujui.

Kenapa orang yang memiliki kartu kredit lebih berpeluang? Sebab orang yang sering menggunakan kartu kredit secara teratur punya kolektibilitas kredit yang selalu diperbarui. 

Apalagi kalau cicilan kartu kreditnya selalu dibayar tepat waktu, udah pasti status kolektibilitas kreditnya dinilai performing loan. Dengan begitu, bukan satu syarat aja yang dipenuhi, melainkan dua syarat sekaligus. 

Lebih bagus lagi kalau limit kreditnya mencapai Rp 10 juta. Kesempatan dapat pinjaman lebih terbuka lebar.

4. Telah memenuhi semua persyaratan yang diminta Bank DBS

Selama mengikuti syarat dan memberikan dokumen-dokumen yang diminta Bank DBS, itu tandanya kamu udah memenuhi salah satu dari ciri-ciri KTA DBS yang bakal disetujui. Itulah kenapa perlunya memastikan semua persyaratan yang diminta udah lengkap.

Sebab satu aja syarat yang diminta gak dipenuhi terus kamu mengajukan KTA DBS dengan syarat-syarat yang seadanya, kemungkinannya bakal kecil pengajuan pinjaman bakal diterima. 

Ingat, bank gak mau ambil risiko dengan memberi dana pinjaman kepada debitur yang gak jelas. Jadi, jangan coba berasumsi bank bakal terima pengajuanmu dengan syarat yang seadanya ya!

Baca juga: Mau Kuliah Tapi Takut Gak Bisa Bayar Biayanya yang Mahal? Ini Solusinya

5. Belum sampai dua minggu, udah dapat telepon dari Bank DBS

Ciri-Ciri KTA DBS disetujui
Call centre bank (Shutterstock)

Hampir semua bank perlu waktu dalam memproses pengajuan pinjaman. Begitu juga dengan Bank DBS yang butuh waktu buat melihat lalu menganalisis aplikasi pengajuan KTA DBS milikmu.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan buat memproses aplikasi pinjaman kurang lebih selama 14 hari – 21 hari kerja. Syukur-syukur gak sampai dua minggu kamu udah mendapat kabar mengenai status pengajuan KTA dari bank DBS. Itu menjadi salah satu ciri KTA DBS disetujui.

Walaupun harus menunggu, ada kalanya kamu harus ambil inisiatif menanyakan status aplikasi pinjaman KTA DBS yang kamu ajukan. Kamu bisa bertanya ke call center DBS buat mendapat informasi lebih lanjut.

Pengajuan resmi KTA DBS

Pengajuan KTA DBS bisa dilakukan langsung melalui situs resmi DBS dengan mengisi formulir yang disediakan, meliputi:

  • Titel
  • Nama lengkap
  • Kota
  • Nomor telepon
  • Alamat surel
  • Jumlah pinjaman

Setelah mengisi formulir tersebut maka pihak DBS akan langsung menghubungimu.

Cara pengajuan KTA DBS

pengajuan pinjaman online

Setelah kita tahu apa saja kriteria KTA DBS yang disetujui, tentu kamu  juga harus tahu apa saja  syarat dan ketentuan pengajuannya dan juga gimana cara bayarnya. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkapnya. Yuk, simak!

Syarat dan pengajuan KTA DBS

Berikut ini adalah lima syarat pengajuan KTA yang harus kamu ikuti.

  1. Memiliki e-KTP dan NPWP.
  2. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan kredit.
  3. Berprofesi sebagai karyawan, professional maupun wiraswasta.
  4. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya.
  5. Penghasilan minimum Rp3 juta per bulan dan memiliki kartu kredit bank lain.

Biaya dan bunga KTA DBS

Berikut ini adalah biaya dan bunga yang harus kamu siapkan pada saat mengajukan pinjaman.

Suku bunga (flat/bulan) 0,95% – 3,29%
Biaya Admin Rp200 ribu – Rp399 ribu
Biaya tahun ke-1 1,75% dari jumlah pinjaman
Biaya tahun ke-2 dan seterusnya Rp65 ribu
Biaya keterlambatan Rp150 ribu – Rp250 ribu

atau 6% (mana yang lebih tinggi)

Biaya pelunasan dipercepat 8%
Biaya meterai Rp6.000

Cara pembayaran KTA DBS

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran KTA, melalui autodebit, jaringan ATM Bersama/Prima, dan outlet Indomaret. Berikut adalah langkah selengkapnya.

Layanan autodebit

  • Isi saldo rekening tabungan digibank melalui menu transfer / pemindahbukuan antar bank di ATM Bersama / Prima atau Mobile / Internet Banking.
  • Pilih bank tujuan PT Bank DBS Indonesia atau masukkan kode bank 046 dan masukan kode bank 046 diikuti nomor rekening tabungan digibank. Contoh: 046 + Nomor rekening tabungan digibank-mu.
  • Kemudian ikuti instruksi berikutnya.
  • Untuk melihat nomor rekening tabungan digibank kamu, klik “Lihat Rekening” pada halaman utama di Aplikasi digibank by DBS.

Jaringan ATM Bersama / Prima

  • Pilih Transfer/Pemindahbukuan dan masukkan Kode Bank diikuti Nomor Rekening Tujuan. Contoh: 046 + Nomor Rekening Pinjaman digibank KTA-mu.
  • Kemudian ikuti instruksi selanjutnya.

Outlet Indomaret

  • Sebutkan nomor rekening tabungan digibank atau nomor pinjaman digibank KTA kepada kasir Indomaret.
  • Konfirmasi nomor rekening tabungan atau nomor pinjaman digibank KTA dan pastikan jumlah yang ditagihkan sesuai.
  • Lakukan pembayaran dengan uang tunai atau kartu debit.
  • Simpan struk yang diberikan sebagai bukti pembayaran digibank KTA.
  • Pembayaran dapat dilakukan di seluruh outlet Indomaret di Indonesia, dan akan diproses paling cepat dalam waktu 3 hari kerja.

Nah itu tadi ciri-ciri KTA DBS disetujui. Semoga informasi yang tadi disampaikan bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →