Masih Kesulitan Buat Nabung? Coba Deh 6 Cara yang ‘Maksa’ Ini

Tips nabung untuk investasi

Sampai sekarang kamu masih sering kesulitan buat nabung? Duh! Sayang banget deh. Pasalnya, kalau sampai sekarang belum menemukan cara menabung yang tepat, gimana bisa #MerdekaFinansial?.

Kebanyakan alasan gak bisa-bisa nabung itu klasik: gaji pas-pasan. Ada juga yang beralasan, gaji gak cukup buat nabung karena punya banyak tanggungan. Kemudian, gak sedikit pula yang memang kesulitan mengatur uang.

Padahal, nabung ya nabung aja. Gak harus ada nominal tertentu yang sama dengan orang lain. Kamu bisa tentukan goal kamu sendiri buat punya berapa banyak uang dalam tabungan. Soalnya masing-masing orang berbeda kemampuan, kan?

Namun, satu hal yang harus kamu penuhi, kamu harus punya tabungan. Dengan gitu, kamu bisa mencapai #MerdekaFinansial versi kamu.

Jika sampai sekarang kamu masih sering kesulitan buat sisihkan uang, coba deh cara menabung yang sedikit memaksa ini. Siapa tahu kamu berhasil di bulan ini dan bulan berikutnya.

1. Nabung uang receh

cara menabung
Dikit-dikit jadi bukit.

Cara menabung cukup gampang yang bisa kamu mulai adalah dengan menabung uang receh. Tentu gak terlalu berat kan buat menyisihkan uang receh?

Nilainya mungkin kecil banget sekarang namun kalau kamu rajin buat nabung receh bisa aja kamu beli apa yang kamu butuh. Udah banyak lho orang yang sukses beli barang berharga “cuma” dengan uang receh. Ada yang bisa beli sepeda motor, mobil, dan sebagainya.

Biar gampang, kamu bisa sediakan wadah dengan beragam ukuran buat nampung uang kamu tersebut. Yang pertama kamu bisa sediakan wadah kecil biar makin semangat karena lihat wadah tersebut makin penuh. Kemudian, lanjutkan dengan wadah lebih besar dan lebih besar lagi.

2. Sisihkan nominal tertentu

cara menabung unik
Sisihkan nominal tertentu.

Kamu bisa pakai metode sisihkan nominal tertentu biar kepancing buat nabung. Contoh, uang Rp 20 ribu lumayan jarang ditemukan kan tuh. Jadi, sekali dapat uang dengan pecahan tersebut, kamu harus tabung.

Ada lho beberapa orang yang sukses pakai cara menabung seperti ini.

Atau, lain cara, kamu bisa sisihkan nominal tertentu berdasarkan nazar yang kamu buat sendiri. Jadi, kamu dipaksa buat sisihkan uang segitu setiap harinya.

3. Arisan

Biasanya cewek-cewek suka arisan.

Cara ini juga cukup mudah dilakuin buat kamu yang sampai sekarang kesulitan buat nabung. Arisan gak cuma jadi ajang buat kumpul-kumpul tetapi malah bisa jadi tempat menabung.

Kalian bisa bikin perjanjian buat sisihkan sekian jumlah uang. Contoh, Rp 100 ribu per minggu buat 10 orang. Nah, dalam seminggu udah bisa terkumpul Rp 1 juta tuh. Tinggal acak nomor aja deh!

Gak kerasa, kamu dipaksa buat sisihkan uang dan bisa punya tabungan deh. Jangan lupa ya setelah dapat uangnya, langsung masukkan ke rekening atau investasikan.

4. Tabungan berencana

cara menabung agar cepat terkumpul banyak
Bikin tabungan berencana.

Cara ini terbilang cukup ekstrem buat yang masih sering sulit nabung. Pasalnya, kamu bakal dipaksa buat nabung karena bank bakal mendebet secara otomatis sejumlah uang dari rekening kamu. Udah gitu kamu pun bakal kena penalti dengan biaya tertentu bila menarik uang sebelum jatuh tempo.

Mau gak mau, kamu jadi nabung deh. Yuk, coba cara ini biar cepat #MerdekaFinansial.

5. Beli barang yang punya nilai jual kembali

cara menabung mahasiswa
Emang sih nilai jualnya turun tetapi seenggaknya kamu masih punya “uang” dalam bentuk barang.

Masih kesulitan juga buat nabung? Kalau gitu, kamu bisa mulai usaha menabung kamu dengan beli barang yang punya nilai jual kembali cukup tinggi. Paling gak dengan cara ini kamu punya aset tertentu.

Contoh, kamu bisa sisihkan uang buat beli kendaraan bermotor. Cara lainnya, kamu bisa beli perhiasan aja. Dengan demikian, uang kamu gak terbuang gitu aja tanpa hasil. Kamu masih bisa lihat uang kamu dalam bentuk barang tertentu yang lebih berharga.

6. Menabung emas

cara menabung di rumah dengan baik
Tabungan emas

Siapa bilang menabung emas harus gelontorkan dana cukup besar? Kamu bisa datang ke Pegadaian ataupun bank dan kemudian buka rekening tabungan emas.

Sebelumnya, kamu pun bisa bikin target pengin punya berapa gram emas dalam setahun. Contoh, kamu pengin punya 10 gram emas dulu tahun ini. Dengan harga emas yang ada di kisaran Rp 640 ribuan, kira-kira kamu harus kumpulkan uang sekitar Rp 6 jutaan deh.

Nah, yang bikin cara menabung ini makin efektif dibandingkan cara lain adalah nilainya yang gak tergerus inflasi. Jadi, tabungan kamu makin bertambah dari tahun ke tahun. Asyik, kan?

Yuk, mulai rencana kamu buat #MerdekaFinansial mulai saat ini. Jangan tunda-tunda lagi, lho! Umur terus bertambah dan kita gak bisa balik ke masa lalu. Jadi, susun rencana masa depan kamu dari sekarang.

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →