Kisaran Biaya Service AC Mobil Murah dan Terlengkap 2021

AC MOBIL

Service AC mobil adalah kegiatan yang perlu dilakukan oleh para pemilik mobil. Terutama jika terjadi masalah, seperti bau gak sedap atau kurang dingin. Namun, beberapa orang juga suka melakukan service AC mobil rutin supaya gak mudah rusak.

Sebagai informasi, AC adalah Air Conditioner, yaitu alat pendingin mobil yang menggunakan freon. Ada dua jenis AC yang bisa kamu temukan pada mobil, yaitu single blower dan double blower. Penjelasan lebih lanjut akan kita bahas pada artikel ini.

Lantas, berapa sih biaya service AC mobil? Nominalnya tentu berbeda-beda tergantung dari jenis kerusakan yang dialami. Nah, supaya mengantisipasi pengeluaran mendadak seperti service AC, ada baiknya mempersiapkan diri dengan produk keuangan seperti produk asuransi mobil terbaik yang bisa kamu dapatkan di Lifepal.

Sekarang, yuk simak daftar biaya service AC mobil berdasarkan kerusakannya, juga jenis kerusakan yang sering muncul pada AC mobil berikut ini!

Biaya service AC mobil berdasarkan kerusakan

Gak ada tarif pasti terkait dengan harga service AC mobil. Pasalnya, tiap jenis mobil dan kerusakannya berbeda-beda. Ada tipe mobil yang memang memerlukan perawatan mahal, ada juga yang lebih murah. Umumnya, bengkel akan memeriksa mesin AC kamu dulu sebelum menentukan tarif.

Namun, pada dasarnya ada tiga jenis service AC mobil berdasarkan tingkat kerusakannya, yaitu service kecil, service sedang, dan service besar. Berikut penjelasannya:

  • Service kecil berarti perawatan yang gak memerlukan banyak biaya, seperti Service Blower, Service Kondensor dan Ganti Filter Kabin. 
  • Service sedang berarti perawatan yang membutuhkan biaya sedang, seperti Servis Blower, Servis Kondensor, Ganti Dryer Filter, Ganti Filter Kabin, Vaccum + Oli kompresor, Freon. 
  • Service besar membutuhkan biaya yang lebih besar karena perbaikannya juga lebih banyak, yaitu seperti Servis evaporator, Servis Blower, Servis Kondensor, Ganti Dryer Filter, Ganti Filter Kabin, Vaccum + Oli kompresor, Freon [email protected]

Apabila kamu sudah mengetahui jenis perbaikan yang ingin dilakukan, tentu bakal lebih mudah memperkirakan kisaran biaya service AC mobil. Beberapa jenis perawatan pada AC mobil di antaranya ganti freon, perbaikan karena bau AC gak sedap, AC mati, dan perawatan rutin.

Ganti freon

Ada dua jenis perbaikan pada freon, yaitu jika freon bocor dan freon ingin diisi. Untuk menambal kebocoran freon, kisaran biayanya adalah sekitar Rp100-400 ribu. Sementara itu, untuk pengisian freon membutuhkan biaya Rp150-350 ribu.

Buat kamu yang punya pertanyaan lain seputar keuangan, silakan tanyakan langsung kepada para ahli yang berpengalaman di bidangnya lewat fitur Tanya Lifepal!

Bau AC gak sedap

Jika bau AC mobil kamu gak sedap, bengkel akan melakukan pemeriksaan kerusakan dengan biaya Rp0-200 ribu, lalu membersihkan AC dengan harga Rp100-150 ribu.

AC mati

Apabila kendalanya adalah AC yang mati, kamu akan dikenakan biaya Rp0-200 ribu untuk pengecekan, lalu bengkel akan mengganti spare part yang rusak dengan harga Rp300 ribu – Rp2 juta, tergantung harga spare partnya.

Perawatan rutin AC

Perawatan rutin AC juga penting untuk menjaga kualitasnya. Nah, untuk biaya perawatan rutin kondensor sendiri berkisar antara Rp100-200 ribu. Sementara iu, ganti oli, flushing, serta komponen piston berkisar antara Rp300-800 ribu.

Untuk penggantian magnetic clutch untuk AC yang kadang panas kadang dingin sebesar Rp350-550 ribu. Terakhir, untuk penggantian spare part kecil berkisar antara Rp250-850 ribu.

Jenis-jenis AC mobil

Sebelum melakukan service AC mobil, ada baiknya kamu memahami jenis-jenisnya dulu. AC dalam mobil terbagi menjadi dua bagian, di antaranya single blower dan double blower.

Berikut beberapa perbedaannya.

Single blower

Pada mobil dengan AC single blower, hanya ada satu blower di dalamnya. Nah, letak AC ini umumnya berada di bagian depan mobil. Jenis ini berperan sebagai AC utama, sehingga relatif lebih dingin daripada double blower.

Double blower

Ada dua blower di dalam AC tipe double blower. Posisinya sendiri ada di kabin bagian depan dan belakang.  Jenis AC ini cenderung gak sedingin single blower karena tipe ACnya adalah AC tambahan.

Kalau kamu belum tahu tipe AC apa yang ada pada mobil kamu, silakan tanyakan kepada bengkel terdekat ketika melakukan service, sehingga kamu bisa lebih paham lagi.

Jenis kerusakan pada AC

Supaya gak tertipu saat datang ke bengkel, penting buat kamu untuk memahami jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada AC mobil. Berikut penjelasan singkatnya:

AC gak dingin

Kalau AC mobil kamu gak dingin, kemungkinan yang terjadi adalah freonnya habis atau AC bocor. Selain itu, ada juga beberapa kemungkinan yang terjadi lainnya, seperti:

  • Drive belt atau fan belt putus. Drive belt adalah karet yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika alat ini putus, kompresor gak akan berputar.
  • Thermostat rusak. Jika thermostat rusak, AC gak bisa berfungsi.
  • Kondensor dan radiator kotor. Kotornya kedua alat ini bakal mempengaruhi suhu AC mobil, karena dapat menghambat proses kondensasi pada kondansator. Akhirnya, gas gak terdistribusi sempurna.
  • Saluran pembuangan air kondensor tersumbat. Jika pembuangan air ini tersumbat, kondensor bisa gagal berfungsi. Oleh sebab itu saluran perlu dibersihkan supaya proses pembuangan air berjalan lancar.
  • Spool magnet coil putus. Jika spul magnet putus, alhasil kompresor gak bisa hidup. Cara memperbaikinya adalah dengan men-spool ulang magnet coil atau menggantinya dengan yang baru.
  • Cooling fan bermasalah. Jika cooling fan kamu mati, suhu mobil akan jadi panas karena gak bisa ngubah freon menjadi gas secara maksimal.
  • Tekanan pada pressure switch terlalu besar. Alat ini berfungsi mengatur arus di komponen AC. Kalau tekanan arus pada komponen terlalu rendah, kompresor gak akan berputar. Sebaliknya, jika tekanan terlalu tinggi, maka pressure switch mengalami overheating. Oleh sebab itu, pastikan tekanannya seimbang.
  • Evaporator kotor. Biasanya bagian ini kotor karena debu. Jika evaporator kotor, freon yang dialirkan ke blower gak bisa sekencang biasanya.
  • Kompresor aus. Kompresor berfungsi untuk memompa dan menyedot freon. Kalau kompresor aus, bisa-bisa freon gak bisa dingin dengan sempurna. Untuk memastikan kalau kompresor masih bagus atau sudah aus, cek dari bunyinya. Jika berbunyi gak wajar ketika AC menyala, berarti kemungkinan sudah aus.

Blower mati padahal tombol AC dalam posisi on

Kalau blower kamu mati meskipun tombol AC di posisi hidup, maka bisa jadi ada masalah pada motor blower. Jika terjadi kerusakan seperti ini, kamu bias mengganti atau membetulkan motor blower evaporator. Cek juga aliran listrik blower, bisa jadi switch blower rusak atau kabel putus.

Kipas kondensor gak berfungsi

Jika baling-baling AC gak jalan, bisa jadi karena ada kerusakan di sekring, kabel, soket kabel, atau konektor elektronik blower. Pada kondisi ini, kamu bisa cek relay pada motor kipas apakah masih bagus atau perlu diganti.

Tips memilih bengkel service AC mobil

Nah, sebelum datang ke bengkel service AC mobil untuk memperbaiki mobil kamu, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut supaya hasilnya maksimal.

  • Layanan yang bagus. Carilah bengkel dengan pelayanan yang bagus, mulai dari keramahan sampai ketelitian dalam memperbaiki mobil. Pastikan bengkel juga memiliki integritas bagus yang gak banyak berbohong soal perbaikan mobil. 
  • Spare part lengkap. Kelengkapan spare part adalah salah satu ciri bengkel service AC mobil yang baik. Dengan banyaknya varian spare part dengan beragam harga, kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.
  • Mekanik yang profesional. Jangan sekadar cari bengkel yang murah, tapi carilah bengkel dengan mekanik yang kompeten dan profesional. Selain pekerjaannya lebih cepat, mekanik yang handal juga bikin mobil kita bisa diperbaiki secara maksimal.
  • Area bengkel dekat dengan domisili. Faktor lokasi juga jadi penentu dalam mencari bengkel. Kalau ada masalah setelah mobil kamu diperbaiki, kamu jadi lebih mudah untuk kembali dan melakukan komplain.
  • Mendapat ulasan bagus di internet.  Cara termudah untuk memastikan apakah bengkel yang kamu pilih bagus adalah dengan melihat ulasan di internet. Pastikan gak ada komentar negatif ya!

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Mungkin sekilas kerusakan pada AC mobil gak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Namun, jika diperlukan penggantian spare part, biayanya bisa membengkak sampai jutaan rupiah! Belum lagi kerusakan lain seperti kecelakaan atau gak sengaja menabrak tiang. 

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengantisipasi risiko tersebut penting sekali buat mempersiapkan diri dengan membeli produk asuransi mobil. Kalau punya produk ini, kamu gak perlu lagi keluar banyak buat service mobil, paling hanya Rp300 ribuan saja.

Nah, asuransi mobil sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only (TLO). Bingung mana yang cocok buat kamu? Coba deh ikutan Kuis Jenis Asuransi Mobil berikut ini supaya paham!

Setelah tahu jenis asuransi mana yang kamu butuhkan, sekarang, kamu juga bisa cek berapa premi yang perlu kamu persiapkan setiap tahunnya dengan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut:

Demikian ulasan seputar service AC mobil. Pastikan kamu memahami dulu kerusakan yang dialami oleh AC mobil sebelum membawanya ke bengkel. Selain bisa memperkirakan terlebih dahulu harga service, kamu juga jadi bisa berdiskusi dengan pekerja bengkel terkait dengan perawatan mobil selanjutnya. Semoga membantu!

Pertanyaan seputar service AC mobil

Berapa biaya perbaikan AC mobil?

Biaya perbaikan AC mobil di antaranya:

  • Pengisian freon: Rp150-350 ribu.
  • Penambalan kebocoran freon: Rp100-400 ribu.
  • Pengecekan AC yang bau: Rp0-200 ribu.
  • Pembersihan AC: Rp100-150 ribu.
  • Pengecekan AC mati: Rp0-200 ribu.
  • Perbaikan spare part rusak: Rp300 ribu – Rp2 juta (tergantung harga spare part).
  • Perawatan rutin kondensor: Rp100-200 ribu
  • Flushing dan penggantian oli: Rp300-800 ribu
  • Penggantian magnetic clutch: Rp350-550 ribu
  • Penggantian spare part kecil: Rp250-850 ribu.

Kapan harus service ac mobil?

Sebaiknya, service AC mobil dilakukan setiap jarak tempuh mobil mencapai kelipatan 10.000 km untuk service kecil dan service besar untuk jarak tempuh 20.000-40.000 km. Selain itu, kamu juga perlu service ketika AC mati, kadang panas kadang dingin, atau mengeluarkan bau gak sedap.

Service ac mobil yang bagus?

Untuk memilih bengkel service AC mobil yang bagus, pastikan bengkel yang kamu pilih memberikan pelayanan yang baik, memiliki spare part lengkap, mekanik yang profesional, dan simak dulu ulasannya di internet.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →