Seserahan Pernikahan dengan Gaya Sendiri demi Menekan Bujet

Seserahan Pernikahan

Sebelum menggelar acara pernikahan, Anda akan melalui yang namanya acara seserahan. Seserahan merupakan simbolisasi berupa pemberian beberapa barang atau hadiah dari pihak mempelai pria kepada pihak mempelai wanita sebagai wujud tanggung jawab menjelang pernikahan.

Terkadang hanya untuk mempersiapkan barang-barang seserahan, bujet yang dikeluarkan bisa belasan juta, padahal menyiapkan seserahan yang bagus tidak harus mahal.

Jika cermat dalam memilih, maka barang yang bagus sekaligus murah dapat Anda temukan. Jika tidak mau ribet juga, Anda dapat menggunakan vendor seserahan yang tidak terlalu mahal, alhasil sisa bujet bisa dialokasikan ke kebutuhan lain.

Nah, demi membantu Anda menyiapkan seserahan yang sesuai bujet, namun tetap istimewa, mari simak tips di bawah ini.

Pilih Vendor Seserahan yang Murah, Tetapi Berkualitas

Pilih Vendor Seserahan yang Murah, Tetapi Berkualitas
seputarpernikahan.com

Jika tidak mau pusing memikirkan ribetnya menyiapkan barang-barang seserahan, Anda dapat memilih menggunakan vendor-vendor seserahan. Ada banyak vendor seserahan yang murah dan memiliki kualitas bagus, antara lain:

Seserahan Manten

Tangerang Selatan

Instagram: seserahanmanten

Harga: Rp99 ribu per kotak

Hana Seserahan

Instagram: grimis_seserahan_dan_dekor

Jakarta

Harga: Rp95 ribu per kotak

Ubonubo Seserahan

Instagram: ubonubo_seserahan

Jakarta

Harga: Rp75 ribu per kotak

Nikah Muda

Instagram: nikahmudah_

Jakarta

Harga: Rp50 ribu per kotak

Menyiapkan Seserahan Sendiri

seputarpernikahan.com

Apabila bujet yang Anda siapkan tidak terlalu besar dan ingin memiliki tampilan seserahan yang unik, Anda bisa memanfaatkan kreativitas sendiri. Banyak kreasi seserahan unik dan murah yang dapat dicoba.

Misalnya, membungkus seserahan dengan wadah tampah bambu yang dapat dibeli seharga Rp17 ribu per tampah. Anda juga bisa memanfaatkan wadah keranjang rotan yang bisa dibeli seharga Rp10 ribu.

Menentukan Seserahan yang Sifatnya Wajib

Menentukan Seserahan yang Sifatnya Wajib

Sebelum memutuskan membeli barang-barang yang akan menjadi seserahan, sebaiknya susun daftarnya terlebih dahulu. Menyusun daftar seserahan akan membuat Anda tetap fokus dengan apa yang harus dibeli. Nah, di bawah ini adalah daftar barang seserahan yang sebaiknya disiapkan.

1. Perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah disiapkan secara simbolis sebagai tanda bahwa pernikahan dilandasi oleh fondasi agama yang kuat. Biasanya, perlengkapan ibadah semacam ini berisi kitab suci dan perlengkapan beribadah, seperti mukena, sajadah, dan tasbih.

Biaya untuk seperangkat perlengkapan ibadah sangat bervariasi, mulai dari:

  • Kitab suci: Rp30 ribu sampai Rp120 ribu
  • Tabih kayu: Rp20 ribu – Rp60 ribu
  • Paket mukena dan sajadah: Rp100 ribu sampai Rp250 ribu

2. Perhiasan

Jangan memaksakan diri menyiapkan perhiasan yang bertabur berlian mahal. Siapkan saja perhiasan yang sesuai kemampuan bujet Anda dan tidak perlu satu set sekaligus. Lagi pula, sudah banyak perhiasan menarik dengan harga terjangkau.

Misalnya, Anda hanya memiliki bujet membeli perhiasan Rp800 ribu, maka Anda sudah bisa membeli kalung emas putih dari Royale Jewel.

3. Busana pesta

Ada banyak jenis busana yang dapat Anda berikan di dalam seserahan, namun umumnya adalah busana pesta. Busana pesta  yang diberikan dapat berupa gaun seharga Rp150 ribu, sepatu hak tinggi seharga Rp200 ribu, kebaya modern seharga Rp175 ribu, dan hijab seharga Rp75 ribu.

4. Perlengkapan mandi

Saat dijadikan seserahan, perlengkapan mandi yang disertakan tidak haruslah mahal, Anda cukup membeli perlengkapan yang sekiranya pasti dipergunakan oleh mempelai wanita. Berikut ini perlengkapan mandi yang dapat dijadikan sebagai seserahan pernikahan.

  • Sabun mandi wangi merek Lux 3 pcs: Rp15 ribu
  • Set handuk mandi: Rp100 ribu
  • Sikat gigi dan pasta gigi merek Pepsodent: Rp15 ribu
  • Sampo dan pelembut rambut merek Pantene: Rp45 ribu
  • Sisir rambut: Rp10 ribu

5. Kosmetik

Seserahan kosmetik atau make-up umumnya diberikan dengan tujuan yang bersifat simbolik agar mempelai wanita pandai menyenangkan hati suami dengan berdandan cantik.

Dalam menyiapkan seserahan kosmetik, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada pasangan mengenai jenis dan merek kosmetik yang biasa digunakan. Jangan sampai kosmetik yang terbeli akhirnya terbuang percuma karena tidak cocok pada wajahnya.

Untuk jenis produk yang diberikan sebaiknya menggunakan satu jenis produk guna memperindah penampilan. Beberapa jenis paket seserahan kosmetik yang dapat dijadikan pilihan adalah:

  • Paket kosmetik seserahan Inez: Rp250 ribu (berisi lima buah make-up)
  • Paket kosmetik seserahan Wardah:  Rp225 ribu (berisi enam buah make-up)
  • Paket kosmetik seserahan YSL Original:  Rp265 ribu (berisi tujuh buah make-up)
  • Paket kosmetik seserahan Emina:  Rp185 ribu (berisi empat buah make-up)

6. Makanan dan buah

Seserahan makanan dan buah memiliki filosofi agar mempelai pria senantiasa bertanggung jawab untuk menafkahi istrinya kelak. Biaya yang diperlukan untuk  seserahan jenis ini sangat tergantung perihal sedikit atau banyaknya yang diberikan dan tergantung kepada harga dipasaran.

Untuk menghemat, sebaiknya Anda memasak sendiri makanan yang akan dijadikan seserahan pernikahan. Namun, jika tenaga tidak mencukupi, maka Anda dapat membeli satu set camilan tradisional dengan harga sekitar Rp150 ribu sampai Rp250 ribu. Selain itu, buah-buahan berbagai macam jenis bisa dibeli sekitar Rp40 ribu sampai Rp100 ribu.

Berbelanja Seserahan Pernikahan Bersama Pasangan

Berbelanja Seserahan Pernikahan Bersama Pasangan

Untuk menghindari kesalahan dalam memberikan seserahan yang berimbas tidak terpakainya barang-barang tersebut, ada baiknya untuk membelinya bersama pasangan. Biarkan pasangan memilih benda yang diinginkan, namun tetap tidak keluar dari bujet yang ditentukan.

Biar semakin hemat, Anda bisa mengunjungi berbagai pasar tradisional untuk membelinya. Untuk memudahkan, berikut pusat seserahan murah di jakarta.

Cikini Gold Center

Jl. Pegangsaan Timur Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Pasar Asemka

Jl. Petokangan, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat

Pasar Mester Jatinegara

Jl. Jatinegara Timur, Balimester, Jakarta Timur

Pasar Mayestik

Jl. Tebah, Kebayoran Baru, jakarta Selatan

Itulah tips memilih seserahan pernikahan untuk Anda. Meskipun memberikan barang-barang terbaik kepada pasangan adalah prioritas, namun penting juga untuk menyesuaikannya dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai anggaran pernikahan terkuras hanya untuk seserahan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →