5 Profesi Ini Sering Banget Pakai Setelan Jas Rapi dan Licin, Apa Aja Ya?

5-Profesi-Ini-Sering-Banget-Pakai-Setelan-Jas-Rapih-dan-Licin-Apa-Aja-Ya

Kamu salah satu orang yang sering banget berpenampilan dengan setelan jas? Asal kamu tahu nih ada lho lima profesi yang gak pernah lepas dari setelah jas rapi dan licin!

Di saat pegawai bank sudah mulai menerapkan busana semi-formal ke karyawan, masih ada segelintir orang dengan profesi tertentu yang harus mengenakan jas saat bekerja.

Biasanya orang yang sering mengenakan jas baik itu formil maupun casual, kerap kali beraktivitas di ruangan sejuk dan dingin. 

Sejatinya gak ada yang salah sih dengan busana yang satu ini. Justru penampilan mereka malah terlihat rapih dan keren serta berwibawa! Mereka yang mengenakan jas formal seringkali terlihat rapih dan tandanya menghormati calon pelanggan atau kliennya.

Buat segelintir orang, mungkin hal ini dianggap normal, bahkan disukai. Tapi buat orang Indonesia, mungkin mengenakan jas, dasi, dan pantofel saat kerja dipandang overdressed alias terlalu berlebihan atau mungkin sudah kuno. 

Ingin tahu orang profesi apa saja yang sering mengenakan setelan jas saat bekerja? Yuk, simak di bawah sini.

Baca juga: 4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

1. Sales mobil di pameran

setelan jas
Sales mobil di pameran sering banget memakai jas lengkap yang rapih dan licin, (Ilustrasi/Pixabay).

Seorang sales mobil haruslah terlihat cerdas, berwibawa, komunikatif, dan “berpenampilan menarik.” Jelas saja, memakai jas merupakan salah satu SOP yang diwajibkan bagi para sales terutama di pameran.

Gak semua agen pemegang merek (APM) mobil mengharuskan salesnya pakai jas. Tapi beberapa di antaranya masih menerapkan hal ini ke sales mereka. 

Yang mereka jual ke konsumen juga bukan kacang goreng, melainkan sebuah barang yang harganya ratusan hingga miliaran rupiah.

Biar kata sudah rapih dan keren dengan jas, tuntutan kerja mereka juga cukup berat lho. Mereka harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dari seluruh pengunjung booth terkait mobil yang mereka jual.

Jadi, penampilan rapih nan formal itu memang sangat mereka butuhkan. Orang tentunya malas dong kalau harus berhadapan sama sales yang berantakan dan berpakaian acak-acakan. 

Baca juga: Jangan Sampai Gagal Dapat Pekerjaan, Begini Cara Buat Riwayat Hidup yang Benar

2. Diplomat atau pegawai Kementerian Luar Negeri

Setelan jas
Bagi mereka yang bekerja di Kementerian Luar Negeri juga sering banget dituntut buat mengenakan jas, (Instagram/@retno_marsudi).

Dalam acara kenegaraan, sebut saja seperti kunjungan pejabat tinggi dari negeri, maka para diplomat atau staf-staf di Kementerian Luar Negeri RI rata-rata diwajibkan mengenakan jas berwarna gelap. 

Tentu saja, pakaian mereka memang harus formal mengingat tamu negara yang datang atau menyambangi bukan orang sembarangan dan mau gak mau kesan rapi serta intelek mesti dilakukan. 

Di samping itu, kementerian juga tentunya adalah lembaga pemerintah. Pakai pakaian formal itu hukumnya wajib. 

3. Pengacara

Setelan jas
Jas juga udah menjadi pakaian ikonik bagi kebanyakan pengacara, (Instagram/@hotmanparisofficial).

Coba lihat situs-situs law firm yang ada di Indonesia. Pasti terpampang foto-foto pendirinya yang tengah mengenakan setelan jas rapih dengan dasi. Terlihat berwibawa banget deh! 

Setiap pengacara yang bukan kaleng-kaleng tentu gak akan pernah mengorbankan penampilannya di depan klien. Mereka rela memakai jas, dasi, kemeja, jam tangan, dan sepatu mahal demi membela kasus sang klien. 

Wajar aja, kasus yang mereka tangani itu bukan kasus sepele. Bayarannya juga luar biasa besar. Berpakaian rapih buat menghormati klien jelas wajib hukumnya.

4. Karyawan hotel bintang lima

setelan jas
Bagi mereja yang bekerja di hotel berbintang mau gak mau juga mengenakan jas yang licin serta rapih, (Instagram/@theautographgeorgia).

Dresscode karyawan hotel bintang lima juga tentunya harus formal. Mulai dari penjaga pintu, resepsionis, dan lainnya, sebagian besar diwajibkan mengenakan jas.

Wajar aja yang menginap di hotel bintang lima itu bukan orang sembarangan. Rata-rata orang-orang berduit, bos-bos perusahaan besar, atau malah pejabat tinggi negara.

Masa iya karyawan hotelnya pakai seragam asal-asalan. Yang ada bikin malu pemilik hotel dong.

5. Pramuniaga toko branded

setelan jas
Buat pramuniaga di toko barang-barang branded mau gak mau juga mengenakan jas yang rapih, (Instagram/@intimestore).

Coba longok gerai Time Place, Chanel, Louis Vuitton, dan lainnya di pusat perbelanjaan pusat kota. Dijamin kamu bakal kalah terlihat rapih dengan pramuniaga di gerai tersebut.

Sama seperti hotel bintang lima, calon pelanggan di toko ini biasanya datang dari orang-orang dengan status ekonomi menengah ke atas. Dan barang yang dijual di butik ini juga memiliki nilai rata-rata hingga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Masa iya, pramuniaganya gak pakai baju formal seperti jas, celana atau rok bahan, dan sepatu pantofel. Oh ya, mereka itu bukan cuma sering pakai pakaian formal lho ya. Bisa dibilang mereka tiap hari mengenakan pakaian rapih itu, bahkan saat weekend. 

Itulah deretan profesi di Indonesia yang terbilang cukup sering memakai setelan jas saat bekerja. Apakah profesimu salah satu di antara lima yang di atas tadi? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →