Yuk, Cari Tahu Cara dan Tips Aman Setor Tunai BCA

asuransi kesehatan untuk lansia

Teknologi membantu dunia perbankan dalam berbagai hal, salah satunya setor tunai yang memungkinkan kita mentransfer uang atau menabung ke rekening pribadi. Jadi, kita tidak perlu repot ke bank untuk sekadar antre menabung dan mentransfer sejumlah uang. Semakin terasa manfaat teknologi, bukan?

Pemanfaat teknologi tersebut jeli dimanfaatkan BCA, layanan setor tunai kini bisa dinikmati oleh nasabahnya. Nah, artikel di bawah ini membahas tentang setor tunai BCA, simak informasinya!

Apa Itu Layanan Setor Tunai BCA?

Kita pasti pernah merasa malas untuk pergi ke bank karena harus mengantre. Ketika menunggu nomor antrean di bank, di luar sana sebenarnya masih banyak kegiatan yang harus segera kita lakukan dan selesaikan. Tapi kenyataan berkata lain, mengantre di bank kadang sampai memakan waktu setengah hari. Alhasil, banyak kepentingan terbengkalai.

Eitssss, jangan khawatir, zaman sekarang untuk mentransfer uang dan menabung, kita tidak perlu untuk datang langsung ke bank. Setor tunai hadir menjawab keluh kesah nasabah. Nasabah BCA patut berbangga karena bank tersebut membuka layanan setor tunai.

Setor tunai BCA merupakan layanan yang bisa digunakan untuk mentransfer uang ke rekening pribadi dengan bantuan mesin setor tunai ATM BCA atau Cash Deposite Machine (CDM). Lalu, bagaimana cara setor tunai BCA dan apakah ada hal-hal yang harus diperhatikan? Yuk, simak penjelasannya!

Cara Mudah Setor Tunai BCA

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kita terapkan untuk setor tunai BCA menggunakan mesin ATM berjenis Setor Tunai BCA.

1. Masukkan kartu ATM sesuai prosedur

Sebelum memasukkan kartu ATM, alangkah baiknya kita siapkan sejumlah uang yang akan kita setorkan. Selanjutnya kita bisa masukkan kartu ATM dengan posisi yang sesuai dengan prosedur yang tertera di mesin ATM setor tunai, jangan sampai posisinya salah. Jika salah posisinya, maka transaksi akan terganggu.

2. Masukkan PIN ATM

Setelah ATM masuk dengan posisi yang sesuai, selanjutnya kita masukkan enam digit Personal Identification Number (PIN). Permintaan pengisian PIN akan muncul hanya ketika kartu ATM masuk dengan benar. Selain itu, pastikan PIN yang kita masuk benar, jangan sampai salah memasukkan selama tiga kali berturut-turut karena ATM bisa terblokir.

3. Pilih menu Setor Tunai

Setelah berhasil masuk, kita pilih menu Setor Tunai yang tertera pada layar ATM. Selanjutnya kita akan diminta untuk memasukkan jumlah nominal uang yang akan disetor. Perlu diingat bahwa kita hanya diperbolehkan memasukkan uang tunai sebanyak 50 lembar dalam bentuk pecahan Rp20 ribuan, Rp50 ribuan, dan Rp100 ribuan.

4. Masukkan uang

Setelah memilih menu sesuai perintah di atas, mesin ATM setor tunai secara otomatis akan membuka boks di mana kita bisa meletakkan uang yang akan disetor di dalamnya. Uang yang kita setorkan harus dalam keadaan rapi, tidak lusuh, sobek, terlipat, dan berlubang. 

Jika uang dalam kondisi rusak seperti itu, maka mesin ATM akan menolaknya.jika uang sudah berada di dalam boks. 

Selanjutnya jika uang sudah dimasukkan, mesin ATM secara otomatis akan menutup boks tersebut. Setelah itu mesin ATM akan menghitung jumlah uang yang kita setorkan.

5. Pilih menu Setor

Setelah uang dihitung mesin ATM, maka akan muncul di layar nominal uang yang telah kita setorkan. Pastikan jumlahnya sesuai dengan yang sudah kita hitung sebelumnya. Jangan khawatir, ketika uang yang kita setorkan ada yang tidak diterima, boks akan otomatis terbuka dan jumlah uang yang diterima akan muncul di layar.

6. Pilihlah Setor ke Rekening 

Langkah selanjutnya adalah memilih tujuan pengiriman uang yang sudah kita masukkan. Kita bisa pilih menu Rekening Anda, jika kita ingin mengirim uang ke rekening pribadi, dan pilih menu Rekening Lain, jika kita ingin mengirim uang ke rekening lain, selanjutnya masukkan nomor rekening tujuannya. Selanjutnya, jika setor tunai berhasil, bukti transfer akan keluar dari ATM.

Ketentuan Uang untuk Setor Tunai BCA

Perlu diingat bahwa tidak sembarang uang bisa kita setorkan ke mesin ATM setor tunai. Berikut ketentuannya:

  • Pecahan uang yang tidak diterima mesin ATM setor tunai adalah Rp1000, Rp2.000, Rp.5000, dan Rp.10.000.
  • Pecahan uang yang bisa diterima mesin ATM setor tunai adalah Rp.20.000, Rp.50.000, dan Rp.100 ribu.
  • Uang yang diterima hanyalah uang yang dalam kondisi baik dan rapi. Mesin ATM setor tunai tidak menerima uang yang sobek, terlipat, berlubang, dan lusuh.
  • Setor tunai BCA tidak dipungut biaya.

Tips Aman Setor Tunai BCA

Agar transaksi aman, saat setor tunai BCA ada baiknya kita perhatikan hal-hal berikut.

1. Perhatikan lokasi ATM setor tunai

Kita harus perhatikan lokasi ATM setor tunai agar kita tidak merasa was-was dan takut saat transfer. Namun, tenang saja, ATM setor tunai BCA sudah dilengkapi kamera pengintai dan dijaga tenaga keamanan. Beberapa ATM setor tunai BCA bersebelahan dan menyatu dengan kantor BCA-nya.

2. Perhatikan baik-baik mesin ATM setor tunainya 

Pastikan mesin ATM setor tunai dalam kondisi aman dan baik-baik saja. Kita bisa mengeceknya dengan melihat mulut penerima kartu ATM pada mesin ATM. Pastikan tidak ada alat dan tambahan apa pun. 

Kita harus waspada manakala terjadi tindak kejahatan kartu ATM. hal lainnya yang bisa kita lakukan adalah menggoyang-goyangkan kerangka penutup tombol tekan dan slot kartu ATM-nya, pastikan keduanya kokoh dan tidak goyang.

3. Perhatikan tombol tekan mesin ATM

Kita wajib perhatikan tombol tekan. Jangan sampai tombol-tombolnya dalam keadaan terbuka dan goyang. Pastikan juga tidak ada kamera kecil di dekatnya. Hal tersebut sangat berbahaya untuk keamanan PIN ATM.

Dengan adanya setor tunai BCA, kita tidak perlu lagi pergi ke bank untuk mengirim dan mentransfer uang. Sangat mudah, bukan? 

Selesai mentransfer uang, simpan baik-baik uang kita tersebut di tabungan untuk kebutuhan di masa depan, ya. Pada nantinya kita bisa investasikan atau bahkan kita bisa gunakan untuk membeli asuransi kesehatan.

Apa gunakanya menjadi peserta asuransi kesehatan? Manfaatnya, jika suatu saat kita terpaksa harus menginap di rumah sakit untuk menjalani pengobatan, maka tagihan kita akan ditanggung oleh asuransi kesehatan. 

Masih ragu? Hubungi saja tim kami di Lifepal untuk menanyakan perihal manfaat proteksi asuransi dan produk-produknya yang bisa disesuaikan dengan bujet kita. Yuk, kunjungi Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →