Ini Untung Rugi Sewa Apartemen dan Tipsnya

Sewa Apartemen

Sewa apartemen sedang marak di kalangan masyarakat. Semakin sempitnya lahan di kota-kota besar menjadikan apartemen sasaran utama untuk dihuni dibandingkan perumahan. Apalagi apartemen biasanya dibangun di jalur yang strategis sehingga membuat konsumen makin tergiur.

Keberadaan apartemen yang cenderung berlokasi strategis ini pun menjadi solusi dari masalah rutinitas dan mobilitas yang tinggi setiap harinya. Dengan begitu, penyewa bisa terhindar dari kemacetan pada saat berangkat ke kantor dan pulang ke apartemen.

Tips untuk Anda yang Ingin Sewa Apartemen

Untung dan Rugi dari Sewa Apartemen

Jika Anda berminat menyewa apartemen, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu. Mulai dari prosedur hingga tips menyewa yang aman dan tepat.

1. Pilih lokasi yang strategis

Pilih lokasi strategis jika ingin sewa apartemen yang nyaman. Pastikan lokasinya dekat dengan pusat layanan kesehatan, pusat perbelanjaan, layanan pendidikan, dan fasilitas umum lainnya.

Lokasi apartemen juga harus terintegrasi dengan sarana transportasi dan jalan utama. Hal ini demi memudahkan Anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Pemilihan lokasi juga harus disesuaikan dengan tempat kerja, setidaknya jarak waktu tempuh dari apartemen ke kantor hanya membutuhkan waktu 10-30 menit.

2. Harga sewa apartemen

Bandingkan harga yang ditawarkan dengan fasilitas yang ditawarkan dan kemudahan menjangkau semua pusat layanan publik yang ada di sekitar apartemen. Sebagai preferensi tambahan, coba bandingkan dengan harga sewa apartemen yang lain juga.

Jika dirasa sesuai dan masuk akal, maka Anda bisa menentukan harga. Dengan begitu, Anda tidak diketok dengan harga yang tinggi ketika mau menyewa apartemen.

3. Cari tahu tingkat keamanan apartemen

Sisi keamanan apartemen juga wajib dilihat. Perhatikan jika apartemen yang Anda mau sewa memiliki layanan selama 24 jam dengan kartu akses, satpam yang berjaga di sekitar apartemen, dan dilengkapi kamera CCTV di sekitar lingkungan apartemen.

Lebih baik lagi, ada kamera CCTV di ruangan apartemen yang disewa. Itu demi bisa melacak siapa saja yang masuk ke apartemen Anda.

Anda pun harus memastikan wilayah luar apartemen yang Anda sewa sangat aman dan jauh dari kriminalitas. Hal ini demi menghindari semua tindak kejahatan yang bisa saja terjadi ketika Anda pulang larut malam.

4. Mengecek kondisi dan sinyal di apartemen

Anda harus mengecek kondisi di dalam ruangan apartemen dan fasilitas apa saja yang telah disediakan. Pastikan kondisi listrik, lampu, air kamar mandi, dan dapur dalam keadaan layak.

Keadaan sinyal ponsel Anda juga harus dicek. Jika jelek, maka tentu pilihan ini harus dipertimbangkan kembali. Apabila apartemen turut dilengkapi dengan fasilitas wifi, tidak salah untuk mencobanya terlebih dahulu. Jika tak berfungsi, maka Anda harus mengadukannya kepada pemilik apartemen.

5. Bertemu pemilik apartemen

Pada dirasa sudah menemukan apartemen yang cocok, maka Anda harus menemui pemiliknya. Cari hari yang tepat untuk bisa bertemu dengan pemilik guna bisa menanyakan langsung mekanisme penyewaan apartemen yang Anda akan sewa.

Di depan pemilik, Anda harus tegas dalam menanyakan keadaan dan kondisi apartemen yang mau disewa. Hal ini guna meminimalkan terjadinya keadaan yang tidak diinginkan.

6. Fasilitas apartemen yang diberikan

Fasilitas apartemen yang diberikan juga bisa menjadi acuan Anda dalam menyewa apartemen. Sebagai contoh, ada kolam renang, lift pribadi, pusat olahraga, balkon, lahan parkir, dan sebagainya. Khusus untuk anak, Anda perlu mempertimbangkan adanya fasilitas yang memberikan tempat bermain, ruang keluarga, dan ruang masak.

Luas ruangan apartemen juga sepatutnya menjadi pertimbangan. Apabila Anda tinggal di apartemen bersama keluarga, maka setidaknya ada tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Jika tinggal sendiri, maka apartemen dengan model studio sudah cukup.

Untung dan Rugi dari Sewa Apartemen

Tips untuk Anda yang Ingin Sewa Apartemen

Pertumbuhan penduduk yang cukup cepat setiap tahunnya turut dibarengi dengan pertumbuhan properti yang pesat. Hal ini dinilai wajar sebagaimana manusia membutuhkan properti untuk tinggal, baik perumahan maupun apartemen.

Sudah cukup susah mencari perumahan di wilayah strategis kota-kota besar akibat harganya yang terlalu mahal. Maka dari itu, apartemen menjadi opsi yang pas bagi masyarakat untuk menjadi tempat tinggal sebagaimana harga dan lokasinya sangat bagus sehingga efektif dalam membantu mobilitas setiap hari.

Namun, apa dampaknya bagi penyewa apartemen? Apa untung dan ruginya? Mari telaah bersama-sama.

1. Keuntungan dari sewa apartemen

Banyak yang menganggap sewa apartemen mahal, tapi nyatanya masih banyak apartemen yang murah dengan harga Rp2 juta hingga Rp3 juta per bulan. Dengan harga itu, Anda sudah bisa diuntungkan dengan:

  • Hemat ongkos transportasi ke kantor.
  • Tidak usah perpanjang Hak Guna Bangunan (HGB).
  • Tidak perlu membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
  • Akses lokasi dan transportasi yang sangat strategis.
  • Tingkat keamanan sudah terjamin.
  • Tidak perlu beli banyak perabotan rumah.

2. Kerugian dari sewa apartemen

Tidak hanya keuntungan yang didapat dalam menyewa apartemen, kerugian juga bisa Anda dapatkan. Inilah beberapa kerugiannya:

  • Harga sewa sewaktu-waktu bisa mengalami kenaikan.
  • Minim bersosialisasi dengan orang lain.
  • Lebih berisiko tinggal di sebelah tetangga yang banyak ulah.

Pada umumnya, harga sewa apartemen memang menentukan kualitas fasilitas yang menyertainya. Meski begitu, tidak salah jika mengutamakan kenyamanan. Tentukan dengan saksama agar tidak memberatkan Anda dalam upaya menghemat pengeluaran bulanan. Semoga bisa menjadi acuan Anda dalam menyewa apartemen yang memiliki lokasi strategis dan lingkungan nyaman.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →