Tips Sewa Rumah Murah di Jakarta Beserta Untung Ruginya

Sewa Rumah Murah Jakarta

Sewa rumah murah sangat dibutuhkan bagi banyak masyarakat, apalagi bagi mereka yang memiliki banyak aktivitas di Jakarta. Bukan hanya mencari yang murah, tapi kita juga butuh keamanan dan kenyamanan, bukan? 

Rumah Baru vs Rumah Bekas

Ketika dicermati, memang biaya satu unit rumah sewa kondisi baru di area cluster tidak berbeda jauh dengan di luar cluster. Namun memang masyarakat kebanyakan menginginkan penyewaan rumah baru di area cluster sebagaimana kondisi bangunan masih baru sehingga dinilai kokoh dan nyaman.

Meski harga yang ditawarkan murah, Anda jangan mudah tergiur dahulu. Sebab, Anda harus memeriksa dengan cermat beberapa hal terkait keadaan rumah sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Trik Mendapatkan Sewa Rumah Murah di Jakarta

Menggunakan Agen Properti

Sebelum menyewa rumah murah di Jakarta maupun termasuk di daerah lainnya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut. Harapannya, rencana Anda dalam menyewa rumah akan berjalan sukses dan lancar.

1. Membuat daftar pilihan

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mencari rumah sewa secara langsung, maka cobalah mencarinya di situs broker rumah yang sudah banyak tersebar di dunia maya. Dengan begitu, Anda bisa membuat daftar pilihan rumah murah yang disewa, baik di Jakarta atau kota besar lainnya. 

Setelah membuat daftar pilihan, Anda bisa mendatangi langsung lokasi rumah sewa yang Anda inginkan. Tujuannya agar Anda bisa melihat kondisi di bagian dalam maupun luar rumah. 

2. Survei langsung keadaan rumah 

Tidak hanya melakukan survei lewat telepon maupun gambar. Anda juga harus melakukan survei langsung ke lokasi rumah yang mau disewa. Dengan begitu, Anda bisa melihat secara langsung keadaan rumah.

Manfaat melakukan isurvei secara langsung adalah Anda dapat meminimalkan risiko adanya kondisi rumah yang tidak bagus. Dengan menemukannya lebih awal, Anda dapat mengadukan keadaan rumah kepada pemiliknya langsung sehingga bisa diperbaiki.

3. Pahami besaran biaya menyewa rumah

Anda harus memahami kemampuan besaran biaya dalam menyewa rumah setiap bulannya. Perlu diingat, biaya sewa rumah tidak boleh melebihi kisaran 35% dari pendapatan kotor bulanan Anda. 

Jika dicontohkan, kalau pendapatan kotor Anda sebesar Rp6 juta, maka pastikan harga sewanya tidak boleh melebihi Rp2,1 juta per bulan. 

4. Periksa lebih teliti

Pada saat melihat bagian dalam atau luar rumah, Anda harus memeriksa keadaan bangunan dan konstruksinya secara teliti. Jangan sampai melewatkan sisi yang retak, rusak, atau rapuh. Umumnya kondisi semacam ini terletak di sudut-sudut rumah. 

Sebagai tambahan, cek juga kondisi kamar mandi dan dapurnya sebagaimana kedua tempat  itu wajib bersih demi menghindari penumpukan kuman penyakit. Andai Anda menemukannya, maka bicarakan dengan pemilik rumah agar mereka segera memperbaikinya.

5. Minta bantuan kepada broker properti

Mungkin Anda kurang memahami lokasi sewa rumah yang populer. Jangan cemas, Anda bisa meminta bantuan broker properti. Mereka sudah memahami dunia properti, baik mencari lokasi ideal, proses jual beli, maupun mengurus penyewaan.

6. Memprediksi kenaikan harga sewa rumah

Memang di kawasan yang strategis, biasanya rumah sewaan akan laris manis. Pada kawasan ini, pemilik rumah cenderung terus mengerek harga sewanya. Maka dari itu, Anda harus bisa memprediksi kenaikan sewa agar anggaran bulanan tetap pada jalurnya. 

7. Pembagian perawatan rumah

Perawatan rumah yang disewa jangan sampai dibebankan kepada Anda sebagai penyewa sepenuhnya. Sebaiknya biaya tersebut dibagi berdua dengan pemilik. Ketika dibebankan kepada penyewa saja, maka jadilah Anda yang tekor.

Kini Membahas Untung dan Rugi Sewa Rumah Murah

perumahan subsidi

Alasan seseorang lebih memilih menyewa rumah adalah harga membeli rumah yang sangat tinggi. Sebagian penyebab lainnya adalah pekerjaan yang mengharuskan berpindah-pindah tempat..

Tidak ada salahnya untuk menyewa rumah, namun salah jika Anda tidak mencari tahu untung dan ruginya terlebih dahulu. Dengan memahami kedua faktor tersebut, Anda sanggup mengantisipasi hal-hal yang bisa disesali pada nantinya. Mari kita bahas bersama-sama.

1. Keuntungan menyewa rumah

Dengan menyewa rumah, setidaknya Anda memperoleh beberapa keuntungan, seperti:

  • Bebas biaya uang muka.
  • Bebas biaya merawat rumah.
  • Bebas biaya PBB rumah.
  • Pilihan praktis jika Anda harus berpindah-pindah demi pekerjaan.

2. Kerugian menyewa rumah

Tidak hanya keuntungan saja yang Anda bisa dapatkan dengan menyewa rumah. Anda pun akan dihadapkan kepada sisi yang mungkin akan merugikan diri sendiri, yaitu:

  • Anda harus mengurus perpindahan rumah, misalnya memindahkan barang-barang.
  • Biaya penyewaan rumah cenderung terus mengalami kenaikan.
  • Tidak ada aset yang dimiliki.
  • Sulit memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan.

Memutuskan untuk menemukan sewa rumah murah di Jakarta bukanlah perkara mudah. Walau demikian, Anda selalu bisa meminta bantuan pihak broker untuk mendapatkan opsi terbaik. Cari tahulah keuntungan dan kerugian pada tiap opsi yang didapatkan. Jangan sampai salah pilih, ya. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →