Keuntungan di Balik Sewa Rumah

Sewa Rumah Murah Jakarta

Harga rumah yang mahal dan cenderung terus naik, membuat Anda yang bermimpi memiliki rumah berpikir keras untuk membelinya. Meskipun saat ini sudah banyak pengajuan kredit untuk rumah, namun besarnya uang muka sering kali menjadi hambatan untuk mewujudkannya.

JIka sudah seperti ini, maka menyewa rumah bisa menjadi solusi alternatif yang dapat diperhitungkan, apalagi jika Anda bukan orang yang dapat menetap lama di suatu kota akibat pekerjaan yang mengharuskan berpindah-pindah tempat.

Nah, sebelum menyewa rumah sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dari menyewa rumah dan bagaimana tips menyewa dengan baik. Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Kenapa Harus Sewa Rumah?

Alasan Untuk Sewa Rumah

Banyak kelebihan yang dapat Anda rasakan dengan menyewa dibandingkan kredit untuk rumah, seperti terbebas biaya renovasi, PBB rumah, dan mudah berpindah saat sewa habis. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan detailnya.

1. Bebas Biaya Renovasi Rumah

Ketika Anda memutuskan untuk menyewa sebuah rumah, maka Anda tidak perlu memusingkan biaya perawatannya. Biaya perawatan seperti memperbaiki atap yang bocor, saluran air yang tersumbat, hingga perbaikan lampu yang sering padam tetap menjadi tanggungan pemilik rumah.

Hal itu karena biaya sewa yang telah Anda berikan sudah mencakup perawatan hal-hal tersebut. Lagi pula, perbaikan rumah dengan tukang bisa menghabiskan banyak bujet terlebih Anda juga harus mengawasinya pengerjaannya, Anda tentu tidak ingin pekerjaan terganggu akan hal-hal ini, bukan?

2. Bebas Biaya PBB Rumah

Dengan memutuskan menyewa rumah berarti Anda tidak perlu dipusingkan dengan biaya PBB (Pajak Bumi dan Banguan). Biaya PBB yang bergantung dari luas tanah dan bangunan tetap menjadi tanggungan pemilik rumah. Jadi, karena Anda tidak perlu membayar PBB berarti Anda tidak perlu memusingkan risiko denda dan hal-hal lainnya.

3. Mudah Pindah saat Masa Sewa Habis

Apabila Anda menemukan tempat sewa yang lebih murah dan dekat tempat Anda bekerja, maka Anda dapat bebas berpindah cukup dengan menunggu hingga masa sewa selesai.

Berbeda dengan memiliki rumah, jika Anda ingin berpindah maka Anda harus memikirkan akan kelanjutan status rumah tersebut, apabila dijual maka Anda harus siap menunggu lama penjualan rumah tersebut.

Tips Menyewa Rumah yang Baik

Tips Untuk Sewa Rumah yang Baik

Ketika akan menyewa maka Anda harus memeriksa rumah tersebut dengan baik, mulai dari harga, lokasi, sampai dengan kondisi rumah. Nah, biar Anda tidak kecewa atau menyesal setelah membayar sewa, mari simak tips menyewa rumah yang baik di bawah ini.

1. Tentukan Bujet

Menentukan bujet menyewa penting banget untuk pertama kali Anda lakukan, hal ini akan memudahkan Anda dalam mencari harga sewa yang lebih spesifik. Misalnya, bujet sewa Anda hanya Rp10 juta, maka Anda dapat berfokus mencari rumah dengan bujet tersebut.

2. Cari Lokasi yang Cocok

Pilihlah rumah sewa yang dekat dengan aktivitas Anda, dengan memilih lokasi yang dekat maka Anda akan mudah menjangkau tempat tersebut dengan waktu yang cepat dan biaya yang lebih terjangkau.

Selain itu, carilah rumah yang dekat dengan fasilitas umum, seperti tempat ibadah, pasar, sekolah, ataupun rumah sakit.

3. Pilih Rumah yang Dibutuhkan

Tanyakan pada penyewa apa yang Anda butuhkan dari rumah tersebut seperti jumlah kamar, toilet, dan properti apa saja yang disediakan. Mengetahui apa saja yang ada dalam rumah tersebut dapat menjadi pertimbangan Anda saat menentukan rumah untuk disewa.

4. Lakukan Survei Kondisi Rumah

Jika sudah menemukan rumah yang tepat untuk disewa, maka lakukanlah survei dengan pemilik rumah.

Perhatikan kondisi rumah, apakah fasilitas yang disebutkan pemilik lengkap dan tidak mengalami kerusakan seperti atap bocor, saluran air yang mampet, hingga masalah lainnya. Pastika juga apakah rumah tersebut bebas dari banjir dan aman dari gangguan keamanan.

Ada baiknya untuk Anda melakukan survei ke beberapa rumah guna membandingkan kelebihan dan kekurangannya.

5. Buat Perjanjian Sewa Rumah

Meskipun menyewa, Anda wajib memperjelasnya dalam sebuah kontrak perjanjian sewa rumah tertulis yang diketahui beberapa saksi. Ini dilakukan agar Anda dan pemilik rumah sama-sama terlindungi oleh hukum yang berlaku.

Meskipun rumah sewa hanya ditempati dalam jangka waktu yang tidak lama, sangat penting untuk Anda tetap memastikan rumah tersebut sesuai harapan. Butuh pertimbangan yang matang sebelum Anda memilihnya guna tidak menyesal di kemudian hari.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →