Pengen Ekspor Produk Kamu Tanpa Perlu Biaya, Marketplace Ini Bisa Bantu

Ekspor Produk Indonesia (Shutterstock)

Shopee secara resmi menjalankan program Ekspor Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global. Program ini memberikan peluang bagi para seller atau produk Indonesia ekspor ke negara tetangga.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengungkapkan, program ini sudah dirintis oleh Shopee sejak Maret 2019 lalu dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada produsen lokal untuk mengembangkan bisnisnya hingga mampu menembus pasar global.

“Dimulai dari Singapura dan Malaysia. Mereka sudah ikuti program dari Maret lalu dan mereka belajar bagaimana mengembangkan bisnis dari lokal ke global,” ujar Handhika di Jakarta.

Handhika mengatakan, dipilihnya dua negara tersebut agar menjadi percontohan bagi Shopee membuka pangsa pasar di negara lainnya.

“Kami memahami dukungan pemerintah terhadap fokus pengembangan pasar ekonomi digital di Indonesia melalui kemandirian digital UMKM perlu dikembangkan,” kata Handhika.

Produk Indonesia Bisa Masuk 7 Negara

Kedepan, pihaknya pasti akan mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas bagi seller lokal asal Indonesia, terlebih Shopee telah beroperasi di tujuh negara.

“Tahap ini kami belajar apa saja masalah ekspor. Begitu sudah lancar dari segi penjual, pembayaran, logistik, dan lainnya, baru kita akan kembangkan lagi pada akhir tahun ini. Atau awal tahun depan untuk bisa ekspor ke tujuh negara di tempat Shopee beroperasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, pihaknya mendukung langkah inisiatif Shopee dalam memberikan peluang pasar yang lebih luas kepada penjual asal Indonesia.

“Ini langkah positif untuk meningkatkan ekspor kita di tengah masuknya barang impor,” kata Mendag.

Menurutnya, inisiatif ini diharapkan akan menular pada pelaku-pelaku e-commerce lain di Indonesia untuk turut aktif memasarkan produk dalam negeri menuju kancah global.

“Setelah Shopee melakukan ekspor, diharapkan teman-teman lain juga mau melakukan hal yang sama,” harap Mendag.

Shopee Pasarkan 5 Ribu Produk Buatan Indonesia

Adapun, dalam Program Ekspor Kreasi Nusantara, Shoppe telah melakukan pelatihan kepada 10 penjual dengan potensi ekspor 5.000 produk lokal.

“Kami bangga sudah memiliki 5 ribu produk lokal yang akan diekspor ke Singapura dan Malaysia,” ujar Handhika.

Sedangkan untuk produk lokal Indonesia yang akan dipasarkan terbagi atas beberapa kategori. Seperti fashiin, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, hingga perlengkapan rumah tangga.

Program inj juga akan hadir dalam kampanye tahunan 11.11 Big Sale yang digelar 14 Oktober-11 November 2019 mendatang.

“Kami sadar potensi pergerakan ekonomi dapat lebih berkembang dengan dukungan dari platform e-commerce di Indonesia. Salah satunya dengan upaya memanfaatkan perkembangan tersebut melalui e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia,” pungkas Mendag.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →