Cara Mendaftarkan Diri Ikut Simak UI dan Biayanya

mahasiswa universitas

Simak UI atau seleksi masuk UI adalah ujian seleksi terpadu masuk UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Indonesia. Ujian akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Biasanya ujian Simak UI mencakup seluruh program pendidikan, mulai dari Program Vokasi (D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor. Sementara untuk ujian Simak Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi, biasanya dilakukan di waktu yang berbeda.

Bagi siswa maupun siswi yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang telah memiliki ijazah Paket C atau mendaftarkan sertifikasi A Level, IB Diploma, atau sudah mendapatkan surat penyertaan dari Kementerian Pendidikan Nasional, maka bisa mengikuti Simak UI tanpa harus mengikuti ujian nasional (UN).

Untuk tahun ajaran 2019/2020, ujian Simak UI gelar D3, S1 Reguler, S1 Paralel, Magister, Profesi, Spesialis, dan Doktor akan dilakukan pada 10 Juni 2019 sampai 10 Juli 2019. Sedangkan Spesialis 2 telah dilakukan pada 24 Februari 2019 sampai 18 Maret 2019.

Cara Mendaftar Simak UI

Cara Mendaftar Simak UI

Bagi Anda yang ingin menjadi mahasiswa UI, maka syaratnya harus lulus dari ujian Simak UI. Adapun cara pendaftarannya harus melewati sembilan tahap, antara lain:

1. Membuat akun di situs penerimaan UI

Dalam membuat akun di situs penerimaan UI, Anda harus membuat username maupun kata sandi. Anda juga harus mengisi identitas pribadi secara lengkap. Kontak pribadi juga harus diisi demi memudahkan pemberitahuan dari penyelenggara Simak UI.

2. Unggah pasfoto berwarna ukuran 4×6

Anda harus mengunggah foto sebelum melakukan pendaftaran sebagai penunjuk identitas diri sendiri. Jangan sampai lupa karena ini merupakan salah satu persyaratan untuk mendaftar di Simak UI.

3. Membuat pendaftaran

Anda dapat login dengan menggunakan username dan kata sandi yang telah dimiliki. Lalu pilih menu Buat Pendaftaran Baru untuk melaksanakan ujian Simak UI.

4. Lakukan verifikasi pendaftaran

Verifikasi pendaftaran perlu dilakukan guna memastikan Anda telah mengisi formulir pendaftaran dan pilihan program studi yang diinginkan. Dengan data yang benar, maka Anda bisa mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih.

5. Upload semua berkas persyaratan

Bagi kalian yang mendaftar S2, S3, Profesi, Spesialis, S1 Eksistensi, dan S1 Kelas Internasional, maka diharuskan mengunggah semua berkas persyaratan. Jangan sampai ada yang ketinggalan karena akan mengganggu proses berhasil atau tidaknya melaksanakan ujian Simak UI.

6. Bayar biaya pendaftaran

Biaya pendaftaran hanya bisa dibayarkan setelah Anda menyelesaikan semua tahapan di atas. Perlu diingat bahwa formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak bisa diubah lagi setelah Anda membayar biaya pendaftaran.

7. Mengunduh kartu ujian masuk Simak UI

Jangan sampai lupa mengunduh kartu ujian masuk Simak UI sebab kartu tersebut harus dibawa ketika ujian seleksi masuk berlangsung sebagai tanda proses administrasi pendaftaran Simak UI telah terselesaikan

8. Ikuti ujian masuk di waktu yang telah ditentukan

Tanggal ujian masuk Simak UI biasanya diberikan oleh panitia penyelenggara. Maka dari itu, Anda harus mengikuti waktu ujian yang telah ditentukan. Jangan sampai terlewat dan gagal di sini setelah bersusah payah mendaftar dan membiayai ujian masuk Simak UI.

9. Lihat hasil pengumuman ujian Simak UI

Pengumuman hasil ujian akan diberikan seusai mengikuti ujian Simak UI. Jika diterima, maka Anda berhak menjadi mahasiswa UI. Namun jika tidak, maka Anda selalu bisa mencobanya di kesempatan ujian Simak UI berikutnya.

Cara Membayar Pendaftaran Simak UI

Jenis-Jenis Layanan E-Banking

Pembayaran biaya pendaftaran ujian Simak UI bisa dilakukan melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM), teller bank, maupun internet banking. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak bisa dikembalikan.

1. ATM

Ada beberapa bank yang melayani pembayaran pendaftaran ujian Simak UI dengan transfer melalui mesin ATM. Semua bank itu telah menjalin kerjasama dengan UI, yaitu Bank BNI, Bank Permata, Bank Bukopin, Bank Mandiri, dan Bank CIMB Niaga.

2. Internet banking

Layanan internet banking memudahkan Anda membayar pendaftaran ujian Simak UI tanpa harus keluar rumah. Namun hanya dua bank yang melayani pembayaran melalui internet banking, yaitu Bank Mandiri dan Bank CIMB Niaga.

3. Teller bank

Mekanisme pembayaran pendaftaran ujian Simak UI melalui teller bisa dilakukan di Bank BNI, Bank BTN, Bank CIMB Niaga, dan Bank Mandiri. Pembayaran dengan metode yang ini bisa lebih memudahkan Anda yang ingin mendaftar dikarenakan proses dan tata caranya akan dibantu sepenuhnya oleh teller.

4. Self Service Terminal (SST)

Melalui mekanisme SST, Anda bisa membayar pendaftaran ujian Simak UI juga. Namun hanya Bank CIMB Niaga yang melayani pembayaran dengan cara tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa membuat banyak calon mahasiswa lebih mudah menjalankan ujian Simak UI.

Demikian artikel ringkas ini dan semoga bisa membantu Anda yang berniat mendaftarkan diri dan semoga berhasil di ujian Simak UI!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →