Simulasi KPR Kini Bisa Pakai 3 Aplikasi Kalkulator Ini

Simulasi KPR

Simulasi KPR alias kredit pemilikan rumah wajib diketahui sebelum memutuskan beli properti secara kredit. Meski hanya bersifat perkiraan, simulasi tersebut bisa dijadikan patokan untuk mengetahui besaran cicilan per bulan hingga lunas.

Untung teknologi kian berkembang, sehingga kita gak perlu lagi datang ke kantor bank untuk mengetahui simulasi cicilan rumah yang kita incar. Atau mungkin malah menghitung sendiri pakai kalkulator tangan.

Saat ini udah ada aplikasi simulasi KPR yang tersedia buat ponsel pintar alias smartphone. Namanya saja ponsel pintar, penggunanya harus pintar juga dong.

Dengan aplikasi itu, kita bisa lebih mudah memprediksi jumlah duit yang mesti kita keluarkan buat membayar angsuran rumah tiap bulan. Bagusnya lagi, perhitungan cicilan KPR lewat aplikasi ini bisa dengan mudah dilakukan.

Sebetulnya, ada banyak aplikasi yang menawarkan fitur perhitungan KPR. Namun banyak pula di antaranya yang dinilai kurang mumpuni baik dari segi teknis maupun dukungan pengembang.

Buat yang lagi cari rumah, kesalahan dalam menghitung cicilan KPR bisa jadi bencana. Apalagi jika dana yang tersedia mepet. Bisa-bisa harus nombok untuk bayar angsuran.

simulasi kpr
Cari rumah lewat aplikasi lebih simpel dan praktis. Datangi rumah langsung kalau udah nemu yang pas (jualrumah123.weebly)

Pilihan aplikasi kalkulator KPR

Untuk meminimalkan risiko salah, lebih baik kita cari aplikasi simulasi KPR yang sudah punya nama. Dalam hal ini, kita lebih baik condong ke aplikasi yang berasal dari situs pencarian properti. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa dijadikan pilihan.

Baca juga: Ini Tips yang Wajib Kamu Lakukan agar Aplikasi Pengajuan KPR BTN Bisa Diterima

1. Rumah.com

Rumah.com adalah salah satu situs pencarian properti favorit di Indonesia. Fitur aplikasi Rumah.com amat mirip dengan versi situsnya. Artinya, kita gak perlu repot-repot buka situsnya jika mau cari rumah, apartemen, atau properti lain.

Di aplikasi ini bahkan kita bisa cari kondominium yang mewah. Poin plus lainnya, kita bisa langsung memperkirakan cicilan yang mesti dibayar jika hendak mengambil properti itu dengan skema kredit.

Jadi, saat melihat ada satu properti yang cocok, ada fitur kalkulator KPR yang bisa kita jalankan. Dari kalkulator itu akan keluar prediksi jumlah angsuran. 

Namun tanpa harus cari properti dulu pun kita bisa memanfaatkan kalkulator KPR yang tersedia. Hanya, simulasi yang bisa dijalankan menggunakan skema bunga fixed.

[Baca: Informasi tentang Kredit Pemilikan Rumah (KPR) – DuitPintar]

2. Rumah123

Aplikasi yang satu ini hampir serupa dengan Rumah.com. Bedanya, Rumah123 jauh lebih sederhana. Cara pencarian propertinya gak terlalu banyak filter. Gak ada fitur pencarian agen properti, misalnya.

Karena itu, buat yang mau cari properti dengan cara sesimpel-simpelnya, bakal lebih mudah menggunakan aplikasi Rumah123 ini. Namun untuk mendapat hasil pencarian yang lebih spesifik, bakal susah.

Mirip dengan Rumah.com, kita bisa menghitung angka angsuran kredit setelah mendapat properti yang diinginkan. Tapi kita pun bisa menggunakan fitur kalkulator KPR tanpa harus cari properti dulu.

Tapi, seakan janjian dengan Rumah.com, kalkulator KPR di aplikasi ini juga sederhana dengan skema bunga fixed. Coba kalau bisa lebih lengkap ya.

simulasi kpr
Bunga KPR tiap bank berbeda-beda, cari yang paling cocok (mole.my)

3. Urbanindo

Dibanding dua aplikasi di atas, aplikasi Urbanindo bisa dikatakan lebih komplet. Sebab, dengan aplikasi ini, kita bahkan bisa langsung mengajukan permohonan pembiayaan KPR.

Adanya filter pencarian berdasarkan harga terendah juga pasti amat membantu. Saat mencari properti di sini, kita akan langsung disodori angka yang menunjukkan cicilan KPR untuk 10, 15, dan 20 tahun.

Angka pada kalkulator KPR itu muncul dengan asumsi down payment dan bunga tertentu sesuai dengan kondisi tren bunga perbankan serta aturan pemerintah tentang uang muka rumah terkini.

Selain itu, ada fitur pilihan bunga fixed dan floating di sana, sehingga hitungannya lebih mengakomodasi kebutuhan kita yang hendak beli properti dengan KPR.

Yang juga keren, ada fitur rating wilayah untuk lokasi properti. Makin banyak bintang, rekomendasi untuk lingkungan properti itu makin tinggi. Begitu juga sebaliknya. Mungkin hunian yang kita cari termasuk kawasan langganan banjir dan kita belum tahu, bisa jadi terselamatkan setelah melihat rating wilayahnya.

[Baca: Kamu Yakin Cicilan KPR Syariah Lebih Murah? Baca Ini Dulu Deh]

simulasi kpr
Saat mau kredit rumah, jangan lupa ketahui simulasi KPR (realestate.com)

Tiga aplikasi di atas memang bukanlah khusus untuk menghitung cicilan KPR. Ada sejumlah aplikasi simulasi KPR yang berdiri sendiri tanpa fitur pencarian properti.

Namun, berdasarkan rating dan komentar pengguna, aplikasi tersebut sedikit-banyak punya masalah. So, daripada ambil risiko download dan install aplikasi simulasi KPR tersebut, mending gunakan yang lebih pasti.

Sebagai informasi, rating tiga aplikasi di atas lebih dari 4 bintang di Google Play Android. Mengingat populasi pengguna Android yang besar, ketiganya bisa jadi amat cocok.

Meski begitu, ketiganya juga tersedia untuk gadget berotak iOS milik Apple. Tinggal disesuaikan saja dengan gawai yang kita pegang.

Satu hal yang pasti dan harus diingat, angka yang keluar dari aplikasi simulasi KPR tersebut hanyalah perkiraan. Jangan sampai dijadikan patokan utama. Untuk mendapat kepastian cicilan, bank pemberi KPR lebih mumpuni untuk memberikan angka.

Lindungi rumah selama masih mencicil KPR

Nasabah bank yang membeli rumah melalui program KPR tentu menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam melunasi kewajiban melunasi cicilan sesuai kesepakatan. Namun, bagaimana jadinya jika nasabah mengalami musibah yang menjadikannya tidak bisa membayar cicilan?

Dampaknya dia bisa dimasukkan ke dalam daftar hitam dan keluarganya pun akan dibebankan dengan kelanjutan cicilan yang tersisa. Nah, solusinya adalah memanfaatkan perlindungan finansial dari asuransi.

Terdapat berbagai jenis produk asuransi yang dapat dimanfaatkan untuk melindungi nasabah dari risiko-risiko kerugian finansial, di antaranya adalah perlindungan atas kerusakan yang bisa menimpa rumah dan kesehatan sekaligus keselamatan nasabah. Berikut produk-produk asuransi yang bisa dimanfaatkan nasabah KPR.

1. Asuransi jiwa

Pada dasarnya, produk asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial berupa pemberian santunan tunai pada saat nasabah mengalami musibah yang menjadikan dirinya tidak bisa lagi bekerja sehingga tidak mendapatkan penghasilan untuk membayar utang.

Dalam hal ini, misalnya ayah sebagai sumber nafkah tidak bisa membayar cicilan lagi karena mengalami kecelakaan yang berakibat cacat tetap atau bahkan meninggal dunia. Maka asuransi akan memberikan santunan tunai kepada ahli warisnya, yaitu istri atau anak, untuk membantu melunasi sisa cicilan KPR.

2. Asuransi penyakit kritis

Esensi dari asuransi penyakit kritis serupa dengan manfaat asuransi jiwa, namun dengan penyebab yang berbeda. Penyebab turunnya manfaat dari produk yang ini adalah jika nasabah mengalami penyakit kritis yang termasuk di dalam kesepakatan.

Nah, penyakit kritis yang dimaksud menjadi faktor yang menjadikan nasabah tidak bisa bekerja lagi. Jika sudah begitu, perusahaan asuransi akan memberikan santunan tunai yang dapat dimanfaatkan nasabah dan ahli warisnya untuk bantu melunasi sisa utang KPR.

3. Asuransi properti

Bagaimana jika rumah yang masih termasuk program cicilan KPR mengalami kerusakan yang diakibatkan kebakaran atau gempa bumi? Tentu nasabah harus mengeluarkan ekstra uang untuk melakukan perbaikan, bukan? Nah, di sinilah bentuk perlindungan finansial yang ditawarkan dari produk asuransi properti.

Asuransi properti atau umumnya dikenal dengan sebutan asuransi rumah bertujuan melindungi nasabah dari menghabiskan uang tambahan untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat kebakaran atau risiko-risiko terkait lainnya.

Sebagian bank sudah menyertakan perlindungan asuransi properti di dalam kesepakatan KPR dan sebagian bank lainnya membutuhkan kesepakatan tambahan. Tentu hal ini lebih baik ditanyakan dulu sebelum menyepakati kontrak KPR.

Inti dari memiliki asuransi bagi nasabah adalah memberikan perlindungan secara finansial jika terdapat musibah yang mengakibatkan terputusnya aliran dana untuk melunasi cicilan KPR. Dengan begitu, nasabah atau ahli warisnya tidak kehilangan rumah yang selama ini sudah dicicil.

[Baca: Hitung Cicilan KPR Bunga Floating Biar Bisa Siapin Duit]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →