Pengin Beli Suzuki Ignis? Gajimu Harus Segini Kalau Mau Nyicil

suzuki ignis

Mobil Suzuki Ignis menurut laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO), menjadi city car terlaris di semester I tahun 2018. Mobil ini mampu mengalahkan Honda Brio yang udah bertahun-tahun jadi rajanya city car.

Hingga Juli 2018, Suzuki Indomobil Sales (SIS) udah menjual 7.659 unit Ignis. Jumlah itu beda jauh sama Honda Brio yang duduk di posisi ke-2. Mobil ini cuma laku 5.887 unit.

Dari sisi desain, Ignis itu sebetulnya gak jauh beda sama Brio: cukup stylish di bagian depan, tapi kurang menarik di bagian belakang. Salah satu kelebihan Ignis adalah dia menggendong mesin yang kecil tapi tangguh dan bisa diajak jalan jauh.

Pada artikel ini kita bakal membahas keunggulan Suzuki Ignis. Kita juga bakal membandingkannya sama Brio.

Tapi buat yang emang berencana beli Ignis dalam waktu dekat ini, tentu gak afdol kalau gak ulas dulu soal simulasi dan minimal gaji yang diperlukan.

Simulasi kredit Suzuki Ignis

Harga on the road Suzuki Ignis yang termurah ada di angka Rp 144,5 juta. Itu adalah Ignis tipe GL/MT alias yang terendah.

Anggap aja kamu pengin beli varian ini. Maka simulasi kreditnya adalah sebagai berikut:

Harga mobil: Rp 144,5 juta

DP: Rp 144,5 juta x 20 persen = Rp 28,9 juta

Jumlah pinjaman: Rp 144,5 juta – Rp 28,9 juta = Rp 115,6 juta

Tenor: 48 bulan (empat tahun)

Bunga: 8,55 persen per tahun

Cicilan per bulan Rp 3.231.983

Jadi, uang yang harus dipersiapkan bagi yang pengin pengin mengkredit Ignis dengan DP 20 persen dan tenor 48 bulan adalah Rp 32.131.983, terdiri dari uang muka dan cicilan pertama.

Kamu juga harus mempersiapkan uang tambahan buat biaya administrasi dan biaya lain-lain.

Gaji ideal kredit Suzuki Ignis

Kalau cicilan per bulannya adalah Rp 3.231.983, maka gaji minimal yang dibutuhkan adalah Rp 10,8 juta. Kenapa sebesar itu? Karena hukumnya, jumlah cicilan gak boleh lebih dari 30 persen dari total penghasilan. Kalau lebih dari itu, maka bakal bikin kamu sulit dan susah buat melakukan hal lain seperti menabung.

Suzuki Ignis VS Honda Brio

Harga

Tadi udah disebutkan kalau harga Ignis termurah adalah Rp 144,5 juta. Gimana dengan Brio?

Harga varian termurah mobil keluaran Honda ini adalah Rp 132 jutaan. Sementara Brio RS alias varian tertinggi harganya udah Rp 150 jutaan.

Mesin

Kapasitas mesin Ignis dan Brio sama-sama 1,2 liter. Tapi, teknologinya tentu berbeda.

Brio punya mesin berteknologi I-VTEC. Sedangkan Ignis menggunakan teknologi VVT dan Multipoint Injector. Baik I-VTEC maupun VVT Multipoint Injector sama-sama berguna buat mengatur pengapian biar konsumsi bahan bakar lebih irit.

Walaupun sama-sama irit, tenaga Brio sedikit lebih besar ketimbang Ignis.

Keselamatan

Soal keselamatan, bisa dibiang Suzuki Ignis lebih oke ketimbang Brio. Pasalnya, versi termurahnya udah dilengkapi anti-lock breaking system (ABS) yang bikin ban gak bakal slip meski direm mendadak. Fitur ini gak ada di Brio varian termurah.

Itulah seluk beluk Suzuki Ignis dan simulasi cicilannya. So, tertarik bawa pulang mobil ini? Atau pengin pilih Honda Brio aja?

Yang paling perlu diingat adalah, kalau emang cicilan kredit Suzuki Ignis masih sesuai sama gaji dan kamu emang suka sama modelnya, ya ambil aja langsung. Tapi kalau cicilannya lebih besar dari 30 persen total penghasilan atau lagi ada kebutuhan mendesak, lebih baik tunda dulu deh. Sederhana, kan?

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →