Yuk Pelajari Simulasi Reksadana Syariah dan Pilihan Terbaiknya

simulasi reksadana syariah

Beberapa tahun belakangan, instrumen investasi berdasarkan prinsip syariah berkembang cukup pesat. Di antaranya adalah obligasi syariah, saham syariah, dan reksadana syariah.

Banyaknya ragam investasi syariah menunjukkan model investasi ini dapat menyesuaikan dengan perkembangan perekonomian dunia dan memiliki potensi untuk berkembang pesat di Indonesia.

Reksadana saham syariah adalah jenis reksadana yang portofolio investasinya terdiri atas saham-saham syariah dan termasuk dalam kelompok saham Jakarta Islamic Index (JII). Hingga saat ini terdapat 30 jenis saham yang memenuhi syariat dan prinsip Islam.

Ada dua hal penting yang harus dipertimbangkan dalam mengukur kinerja reksadana saham syariah, yaitu tingkat hasil (rate of return) dan melakukan diversifikasi sehingga dapat meminimalkan risiko.

simulasi bareksa

Grafik Kinerja Reksa Dana Saham Syariah Periode 1 Tahun

Sebagai contoh kita ambil reksadana Trim Syariah Saham dan Mandiri Investa Ekuitas Syariah 2013-2014 yang mana nilai minimal pembelian awal masing-masing sebesar Rp250.000 dan Rp50.000.

Dalam periode satu tahun, reksadana saham Trim Syariah Saham memiliki keuntungan (return) 26,28  persen dan reksadana Mandiri Investa Ekuitas Syariah,  memiliki return 25,59 persen. Ternyata return keduanya lebih besar dari return JII 16,15 persen.

Simulasi reksadana syariah

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, mari kita coba menghitung perolehan return melalui simulasi reksadana syariah berikut.

Jika kamu mulai menyisihkan uang sebesar Rp250.000 pada 11 Desember 2009 dan terus menambah investasi sebesar Rp100.000 setiap bulannya pada tanggal satu selama tiga tahun pada reksa dana Trim Syariah Saham, maka uangmu di tanggal 11 Desember 2014 menjadi Rp4.737.755,39

Dengan penambahan uang setiap bulannya maka modal awal perusahaan bertambah menjadi total Rp63.950.000. Sedangkan return yang diperoleh dari investasi tersebut sebesar Rp787.755,39. Maka jika dibandingkan dengan total investasi, return yang dihasilkan sebesar 19,94 persen.download (1)

Dasar hukum reksadana syariah dari OJK

Adapun dasar hukum reksadana syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan fatwa dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), yang mengeluarkan ketentuan-ketentuan untuk tiga produk investasi syariah, yaitu saham atau efek syariah, reksadana syariah, dan sukuk (obligasi syariah). Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi statusnya ya.

Selanjutnya, OJK mengeluarkan Daftar Efek Syariah (DES) yang terus diperbarui secara berkala. DES yang dimaksud adalah kumpulan efek yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip di pasar modal syariah

Hal tersebut merupakan panduan bagi investor yang memiliki keinginan untuk berinvestasi pada portofolio efek syariah. Juga sebagai panduan bagi pengelola reksadana syariah dalam menempatkan dana kelolaannya.

Pilihan bank reksadana syariah terbaik 2020

Berikut beberapa pilihan daftar bank reksadana syariah yang bisa menjadi pertimbanganmu dalam mencari investasi syariah terbaik.

1. Reksadana Syariah Mandiri

Reksadana di Mandiri Syariah dapat memberimu tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi dana tunai dalam waktu singkat. Juga dapat memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik melalui investasi pada instrumen yang sesuai dengan prinsip pasar modal syariah.

  • Reksa dana pasar uang.
  • Denominasi Indonesian Rupiah (IDR).
  • Kebijakan Investasi Pasar Uang 100%.
  • Minimum Pembelian IDR 100.000.
  • Minimum Penjualan Kembali IDR 10.000.
  • Periode Investasi Jangka Pendek.
  • Toleransi risiko rendah.

2. Reksadana Syariah BNI

Reksadana Syariah BNI memiliki tujuan untuk mendapatkan pertambahan nilai investasi yang lebih optimal dengan melakukan investasi dalam Efek Syariah yang sifatnya ekuitas. Instrumen pasar uang syariah dan/atau deposito syariah dan/atau efek syariah lainnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Komposisi Portofolio Minimum 80% pada Efek Syariah bersifat ekuitas masuk dalam Daftar Efek Syariah.
  • Maksimum 20% pada Instrumen Pasar Uang Syariah dan/atau deposito syariah dan/atau efek syariah lainnya.
  • Potensi Imbal Hasil Tinggi.
  • Tingkat Risiko Tinggi.
  • Periode Investasi Jangka Panjang.
  • Reksa Dana Saham.
  • Minimum Pembelian Rp100.000.
  • Denominasi Rupiah (Rp).

3. Reksadana CIMB Syariah

Reksadana CIMB Niaga ini adalah reksadana saham syariah yang bertujuan memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang dengan mengalokasikan aset ke dalam saham, instrumen jangka pendek yang sesuai dengan syariah.

  • Jangka Waktu Investasi Disarankan Jangka Panjang.
  • Investasi Awal Minimum Rp100.000.
  • Penambahan Investasi Minimum Rp100.000.
  • Penjualan kembali/pencairan Minimum Rp75.000.
  • Tanggal Peluncuran 10 September 2007.

Pilihan reksadana syariah online terbaik 2020

Tidak hanya sampai di situ saja, kamu juga dapat berinvestasi syariah di platform syariah yang banyak ditawarkan marketplace atau e-commerce, di antaranya:

1. Reksadana Syariah Tokopedia

Tidak harus memulai investasi reksadana dengan nominal minimum Rp100 ribu. Di Tokopedia, kamu dapat membeli reksadana dengan dana investasi dimulai dari Rp10 ribu, lho.

Tokopedia bekerja sama dengan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra yang merupakan Reksadana Pasar Uang berbasis syariah. Keuntungan yang akan didapatkan sebesar 6% per tahun.

2. Reksadana Syariah Bibit

Bibit merupakan perusahaan robo advisor yang memilih reksadana terbaik sesuai profil risikomu. Gak bikin ribet, tinggal terima beres saja, portofolio reksadana akan dibuat oleh Bibit Reksadana.

Jika selama ini, sebagai investor pemula, kamu kewalahan dalam memilih jenis reksadana apa yang sebaiknya dibeli, maka sekarang adalah momen paling bahagia untukmu. Pasalnya, kamu sudah gak lagi kebingungan berkat robo advisor

Jadi, robo advisor merupakan rekomendasi reksadana yang sebaiknya kamu beli karena disediakan secara gratis oleh perusahaan robo advisor tersebut. Tidak lupa juga terdapat pilihan jenis reksadana syariah. 

3. Mandiri Investasi (MOST Syariah)

Platform reksadana syariah selanjutnya adalah Mandiri Investasi (MOST Syariah) yang merupakan anak perusahaan Bank Mandiri. Menyediakan sarana jual beli reksadana melalui aplikasi MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading).

Manfaat dari Mandiri MOST Syariah sebagai berikut.

  • Amanah. Mekanisme transaksi saham sudah sesuai dengan prinsip syariah berdasarkan Fatwa DSN-MUI.
  • Edukasi Gratis. Fasilitas training gratis mengenai pasar modal untuk pemula dan nasabah.
  • Akses Mudah. Tersedia pada berbagai macam platform sesuai kebutuhan (MOST Web, MOST Aplikasi dan MOST Mobile).

4. Ajaib Reksadana

Terakhir, platform Ajaib Reksadana. Ajaib Reksadana adalah platform berbasis aplikasi online yang digunakan untuk berinvestasi secara syariah. Ajaib Reksadana adalah robo advisory yang memberikan rekomendasi pilihan portofolio reksadana berdasarkan profil risiko calon investor. Rekomendasi yang dikeluarkan Ajaib Reksadana nanti akan membantumu menentukan alokasi portofolio terbaik sesuai kondisimu saat ini.

Jadi sekarang setelah memahami simulasi reksadana syariah dan produk-produknya, kamu sudah semakin yakin untuk berinvestasi di reksadana syariah? Yuk, kita mulai membiasakan untuk berinvestasi syariah dari sekarang.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →