Simulasi Saham – Pilihan Aplikasi Gratis dan Simulasi Trading Terbaik

simulasi saham

mu buat belajar bermain saham di pasar modal. Lewat simulasi yang kayak game ini, kamu bisa belajar cara beli, jual, dan melihat potensi keuntungan hingga risiko saham.

Sebagai pemula, wajar jika investor maupun trader agak takut mengambil langkah. Takut rugi menjadi penyebab utamanya. Itu sebab, simulasi trading saham online gratis di beberapa aplikasi dan situs ini bisa membantu pemula.

Jangan khawatir uang kamu bakal hangus ya! Namanya gratis, kamu gak perlu mengeluarkan uang. Kamu bakal “dikasih” duit fiktif untuk bermain saham secara online dalam simulasi tersebut.

Pengin tahu apa saja pilihan aplikasi simulasi trading saham online gratis? Lalu bagaimana cara bermain saham lewat IDX Virtual Trading? Simak ulasan berikut ini.

Daftar pilihan simulasi saham online terbaik

Gak pake uang beneran, sederet simulasi saham online buat trading ini bisa kamu manfaatkan sebagai sarana belajar. Gak cuma buat pemula, simulasi berikut juga bisa dimanfaatkan investor yang sudah terjun di pasar modal.

Berikut ulasannya:

1. Stockbit

Kalau bahas rekomendasi simulasi saham online, gak mungkin melewatkan Stockbit. Dinukil Bisnis, data pada simulasi milik Stockbit sesuai dengan apa yang terjadi pada bursa saham Indonesia.

Kenapa simulasi ini cocok buat pemula dan investor yang telah terjun ke bursa? Ada komunitas yang bisa kamu manfaatkan untuk mengobrol dan berbagi informasi seputar investasi saham.

Keunggulan lainnya, aplikasi ini bisa kamu unduh di smartphone atau akses situsnya. Gampang banget kan?

2. Virtual Stock Exchange

Simulasi trading online yang bisa kamu pilih adalah Virtual Stock Exchange. Dimanfaatkan pengguna dari berbagai negara, situs ini gratis lho!

Keunggulannya antara lain learning center untuk belajar lebih banyak soal saham dan trik jual-belinya. Itu sebabnya, situs ini juga digunakan beberapa sekolah dan kampus dalam proses belajar-mengajar.

3. MarketWatch Virtual Stock Exchange

Aplikasi yang satu ini adalah bagian dari perusahaan media bursa saham MarketWatch. Itu sebabnya nama situsnya mirip.

Salah satu keunggulan dari situs ini adalah kustomisasi game jual-beli saham bagi pengguna. Kamu juga bisa mengubah tampilan berbagai emiten yang pengin dipantau untuk transaksi harian.

4. Investopedia Stock Simulator

Investopedia udah ternama di dunia investasi karena ulasannya soal bidang ini. Gak salah, situs simulasi sahamnya bisa kamu pilih buat belajar.

Lewat aplikasinya, kamu bakal mendapatkan uang virtual US$10 ribu. Bisa main saham gratis, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang terdiri atas lebih dari 700 ribu pengguna dari seluruh dunia.

Oiya, saham-saham yang diperdagangkan dalam simulasi kebanyakan dari New York Stock Exchange, American Stock Exchange, dan lain-lain.

5. StockTrak

Meski biasanya digunakan untuk pelajar atau mahasiswa, melansir situs resminya, kamu juga bisa memanfaatkan StockTrak sebagai situs simulasi saham gratis.

Situs ini juga juga menawarkan analisis portofolio saham, penampilan grafik hasil jual-beli, dan lain-lain. Informasi yang disampaikan juga selalu terbaru.

6. Wall Street Survivor

Aplikasi yang satu ini cocok bagi kamu pengin bermain simulasi saham gratis dan mendapat hadiah nyata. Situs simulasi saham ini rutin mengadakan kontes bulanan dan memiliki hadiah berupa uang tunai, buku digital, dan lain-lain.

Kamu juga memiliki kebebasan untuk membuat kontes sendiri dan mengundang teman-temanmu untuk “bermain” bersama.

7. How The Market Works

How The Market Works juga bisa menjadi alternatif gratis belajar saham. Digunakan lebih dari 400 ribu akun, pilihan situs simulasi saham ini banyak dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa.

Saat bergabung, kamu bakal dapat uang virtual US$100 ribu. Trading pun mulai bisa kamu lakukan deh!

Daftar simulasi trading saham online gratis

Bagi kamu yang mau fokus simulasi trading saham online gratis di pasar modal Indonesia, berikut beberapa pilihan aplikasinya:

1. IDX Virtual Trading

Simulasi ini diselenggarakan oleh IDX atau Bursa Efek Indonesia (BEI). Aplikasi IDX Virtual Trading hanya dapat digunakan selama 30 hari. Modal awal yang dapat dipergunakan oleh investor sebesar Rp5 miliar berupa uang virtual.

2. Kontan online simulasi saham

Aplikasi dari media keuangan Kontan ini menawarkan simulasi trading berbasis web. Di sini, pengguna bisa latihan trading langsung tanpa unduh software.

Terkadang ada kompetisi simulasi trading dengan hadiah menarik. Kontan online simulasi ini menguntungkan banget buat penggunanya.

3. Game trading saham gratis TradeHero

Selain aplikasi simulasi, ada cara seru buat belajar trading saham yaitu lewat game. Game trading saham bernama TradeHero ini salah satunya.

Bisa diunduh di Android, game TradeHero memberikan uang virtual US$100 ribu. Menariknya, TradeHero juga bisa bertransaksi saham Bursa Efek Indonesia selain saham-saham luar negeri

Cara simulasi saham di IDX Virtual Trading

IDX Virtual Trading adalah rekomendasi bagi kamu yang pengin coba simulasi saham. Kamu dibekali uang virtual cukup besar untuk bertransaksi.

Setelah itu, kamu bisa coba simulasinya saat jam trading atau di akhir pekan dan tanggal merah sekalipun.

Berikut jadwalnya:

  • Hari kerja : 08.45 – 15.15 & 16.45 – 22.15
  • Akhir pekan : 08.45 – 12.45, 13.45 – 17.15, 18.15 – 22.15

Setelah itu ikuti prosedur berikut ini:

  1. Kunjungi situs IDX Virtual Trading di alamat https://virtualtrading.idx.co.id/register
  2. Lakukan registrasi dengan memasukkan nama dan alamat email, lalu tekan send registration.
  3. Cek email dan verifikasi.
  4. Registrasi lanjutan dengan membuka tautan yang diarahkan kembali ke laman IDX Virtual Trading.
  5. Isi password dan PIN, lalu pilih Activated Account.

Setelah semua proses registrasi, kamu masuk halaman awal IDX Virtual Trading. Di sini ada daftar portofolio, order list, order book, dan jual beli saham.

Cara beli dan jual saham di IDX Virtual Trading

Untuk beli saham:

  • Klik Buy
  • Masukkan kode saham, tawaran harga, dan lot
  • Klik Buy, lalu konfirmasi
  • Jika anda cek di menu Session > Portofolio, maka saham yang sudah saya beli tadi sudah ada di menu portofolio.

Untuk jual saham:

  • Pilih menu Sell
  • Masukkan saham yang dijual dan jumlah lot
  • Klik sell dan konfirmasi.

Bagi kamu yang pengin tahu lebih lanjut tentang investasi, kunjungi laman tim ahli di Tanya Lifepal!

Cara mengetahui investasi yang sesuai

Pastikan kamu berinvestasi pada instrumen yang tepat. Untuk mengetahuinya, kamu bisa coba mengisi Kuis Profil Risiko Investasi berikut ini:

Tanya jawab