24 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia!

situs lowongan kerja

Kini sangat mudah untuk mencari lowongan kerja, kamu hanya perlu berselancar di situs lowongan kerja dan menemukan pekerjaan impianmu. Namun, kamu tetap harus waspada terhadap situs lowongan kerja palsu yang kian merajalela.

Padahal, yang namanya kerja kan tujuannya untuk mendapatkan uang, tapi kalau tertipu lowongan kerja palsu yang ada malah kamu harus mengeluarkan uang karena memang gak bisa dipungkiri hal tersebut masih dialami banyak orang.

Agar tidak mengalami kondisi tersebut, salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah mencari pekerjaan di situs lowongan kerja terpercaya. Pengin tahu apa saja? Berikut 25 di antaranya:

1. JobsDB.com

JobsDB merupakan salah satu situs lowongan kerja terfavorit tak hanya di Indonesia tapi juga di Asia yaitu China, Malaysia, Hongkong, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Para pencari kerja bisa memilih pekerjaan yang mereka kehendaki, mulai dari lokasi hingga minimum gaji yang diinginkan. 

Untuk lebih memudahkan saat apply pekerjaan, kamu sebaiknya melakukan register dan mengisi semua data. Jadinya kan tinggal klak-klik-klak-klik di laptop dan tahu-tahu langsung mendapat panggilan wawancara kerja.

2. Jobstreet.co.id

Selain JobsDB, Jobstreet juga menjadi salah satu situs favorit dan terkemuka para pencari kerja. Tak hanya di Indonesia, Jobstreet juga ada di Singapura, Filipina dan Vietnam serta didirikan di Malaysia pada tahun 1997. Kamu juga dapat mencari jenis pekerjaan yang sesuai kriteria kamu.

Enaknya lagi, kamu hanya perlu memasukkan resume di akun Jobstreet milikmu dan bisa langsung apply deh.

3. Karir.com

Karir.com juga menjadi salah satu situs lowongan kerja yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Situs yang didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama ini memiliki fasilitas dalam mencari pekerjaan sesuai dengan posisi dan nama perusahaan.

Karir.com juga menyediakan perusahaan rekomendasi yang dapat kamu ikuti. Kamu juga bisa mengakses situs tersebut dengan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

4. Monster.co.id

Monster.co.id didirikan oleh Jeff Taylor pada tahun 1994 dan terus populer hingga saat ini bahkan sudah memiliki cabang di 50 negara. 

Meski menggunakan Bahasa Inggris, tapi yang menari dari Monster adalah kamu dapat mencari lowongan di kategori Top Industries yang pekerjaannya sesuai dengan latar belakang pendidikanmu.

5. Hiredtoday.com

Sama seperti situs lowongan kerja yang lain, kamu bisa mencari pekerjaan sesuai dengan jabatan, lokasi dan minimum gaji.

Namun, ada yang menarik dari Hiredtoday, yakni kamu bisa mempromosikan dirimu sehingga para pencari karyawanlah yang akan mencari kamu. 

6. Indeed.com

Indeed.com tak hanya beroperasi di Indonesia tapi juga beberapa negara. Tampilan websitenya yang sederhana membuat Indeed menjadi salah satu situs lowongan kerja yang banyak disukai para pencari kerja.

Tak hanya dapat mencari pekerjaan berdasar lowongannya, kamu juga bisa mencari pekerjaan dari perusahaan lho. Bahkan Indeed memiliki fitur aggregator yang memungkinkan kamu melakukan pencarian lowongan kerja dari sumber lain.

7. Qerja.com

Tak hanya mencari pekerjaan, Qerja memiliki fasilitas menarik yang membuatnya menjadi situs lowongan pekerja favorit banyak orang. 

Pasalnya, kamu bisa membagikan informasi mengenai lowongan pekerjaan dan bahkan memberikan ulasan terkait sebuah perusahaan.

Makanya, gak perlu heran kalau Qerja sudah bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan menjadi salah satu situs lowongan kerja yang paling terpercaya di Indonesia.

8. Glints.com

Situs Lowongan Kerja Glints (Glints)

Selanjutnya, ada situs loker terpercaya yang berasal dari Singapura yakni Glints. Website ini bisa dibilang cocok untuk kamu para fresh graduate yang lagi cari kerja karena mulai dari konsep, tema dan layanannya pun terkesan anak muda banget.

Selain menyediakan lowongan, situs ini juga menyediakan informasi tentang pelatihan-pelatihan soft skill dan hard skill kepada para membernya lho!

9. Kalibrr.com

Kalibrr merupakan startup yang bermarkas di Filipina. Di Indonesia sendiri situs satu ini sudah banyak digunakan oleh HRD dan tenaga kerja untuk mencari lowongan dari level fresh graduate sampai manajer ke atas.

Proses pelamaran yang simpel dan efisien menjadi salah satu alasan kenapa banyak masyarakat Tanah Air menggunakan portal tersebut

10. Urbanhire.com

Baru berumur kurang lebih 4 tahun gak menghalangi Urbanhire.com menjadi salah satu situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia. 

Bukan hanya sekadar memampang lowongan pekerjaan, Ubranhire juga memberikan nilai kepada pencari kerja maupun perusahaan guna meningkatkan SDM yang berkualitas melalui program yang diberikan.

Website ini bisa menjadi salah satu referensi baik buat kamu dalam mencari kerja nih ke depannya.

11. Loker.id

Sebelum berubah nama menjadi Loker.id pada tahun 2016 yang lalu, situs pencarian kerja yang satu ini bernama Loker.web.id yang cukup dikenal para angkatan kerja. 

Cara pendaftarannya yang mudah dan banyaknya lowongan lapangan kerja dari berbagai latar belakang menjadi alasan kenapa kamu harus mencoba situs satu ini.

Dan kerennya lagi ada lebih dari 10 ribu lowongan kerja dari 51 ribu lebih perusahaan yang memasang iklan lowongannya di Loker.id. Siapa tahu karier kamu ada di salah satu lowongan tersebut!

12. Linkedin.com

Situs lowongan kerja terpercaya terakhir yang bisa kamu coba adalah Linkedin. Berguna juga sebagai platform media sosial, Linkedin menawarkan pengalaman mencari kerja yang beda daripada yang lain, sebab kamu juga bisa berbagi informasi dengan kerabat atau orang lain dengan latar belakang pengalaman yang sama di sana.

Bahkan, sebagian perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan mencari langsung kandidat yang kiranya berkompeten melalui Linkedin. Wajib banget deh buat kamu yang pengin sukses untuk memiliki akun Linkedin.

13. CareerJet.co.id 

Situs lowongan kerja lain yang dikenal para jobseeker adalah Careerjet. Dalam situs yang didirikan di Perancis di tahun 2000 lalu ini menyediakan banyak lowongan pekerjaan. Gak hanya lowongan pekerjaan aja yang bisa kamu pilih, tapi kamu juga bisa pilih berdasarkan kontrak, seperti freelance, kontrak tetap, kontrak paruh waktu. 

Untuk mengakses CareerJet kamu bisa langsung tanpa harus daftar atau login terlebih dulu dan bisa juga dengan menjadi member. Tapi, kalau kamu ingin menikmati sejumlah fitur tambahan, kamu bisa mengaksesnya dengan menjadi member di situs ini. 

14. Job Planet 

Gak hanya sekadar sebagai situs lowongan kerja, Jobplanet yang berdiri di Korea tahun 2014 lalu ini, juga jadi tempatnya pencari kerja saling berbagi informasi. Di platform sosial ini, kamu bisa mendapat banyak informasi. 

Banyak fitur menarik di situs ini, buat kamu yang ingin mencari kerja bisa pilih fitur lowongan kerja. Dari sini kamu akan diminta untuk mencari info lowongan kerja berdasarkan jenis pekerjaan dan perusahaan. 

Nah, kalau kamu udah dapat lowongan yang pas, bisa pilih opsi “Simpan”. Setelah itu, kamu bisa mengatur info lowongan kerja yang ingin kamu lihat berdasarkan skor, informasi terbaru atau deadline-nya. Praktis kan?

15. Jobs.id

Sebagai penyedia layanan perantara penghubung perusahaan dan calon pencari kerja, Jobs.id beroperasi sejak 2015 di Jakarta. Jika dilihat dari tampilannya, situs ini terlihat sederhana. Tapi informasi lokernya beragam industri. Mulai dari perbankan hingga periklanan. 

Kalau kamu ingin mencari lowongan kerja terbaru di situs ini, bisa dengan menggunakan kotak pencarian. Tapi kalau gak pakai kotak pencarian juga bisa. Dengan melihat lowongan kerja terpopuler berdasarkan posisi, lokasi, dan perusahaan. Situs ini menggunakan dual language atau dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. 

16. Kompas Karier

Mendengar nama Kompas, pastinya yang langsung terbersit adalah media cetak nasional ya. Tapi Kompas gak cuma hanya itu. Media terbesar di Indonesia mulai merambah dunia lowongan kerja dengan Kompas Karier-nya. Selain ada loker, Kompas Karier juga memberikan sejumlah tips dan artikel yang berkaitan dengan karir. 

Selain itu, kamu juga bisa lihat deretan lowongan yang paling banyak dilihat atau banyak dilamar. Semua informasi loker tersebut tersedia gratis. Loker pilihan yang ada situs ini antara lain IT Broadcast, Customer Service, Student Admissions Executive, Project Officer, UX, Researcher, Senior Software Engineer dan masih banyak lagi. 

17. Job-Like.com 

Situs Job-like adalah one stop portal loker yang merangkum lebih dari 60 ribu loker di Indonesia. Selain menyediakan informasi loker, situs ini juga menyajikan review dan informasi gaji perusahaan. Gak hanya loker di perusahaan-perusahaan swasta aja, di Job-lilke kamu juga bisa mendapat informasi loker di perusahaan BUMN dan PNS. 

Fitur pencariannya pun terbilang mudah, kamu bisa mencari loker sesuai keahlian dan juga latar belakang pendidikan. Di laman muka, kamu bisa melihat industri dengan banyak lowongan yang tersedia seperti retail, farmasi, juga keuangan dan perbankan.

18. Jobindo.com

Berdiri sejak tahun 2005, Jobindo mengklaim jadi situs yang paling banyak dikunjungi. Kelebihan dari situs ini adalah adanya fitur yang mudah dan informasi loker yang up to date. Kamu gak hanya bisa mencari lowongan berdasar kategori industri saja, tapi juga bisa mencari dari lokasi lowongan, hingga fitur khusus untuk “Lowongan Kerja Premium”, yang biasanya adalah lowongan di perusahaan-perusahaan besar. 

Memakai tagline “Cara Mudah Cari Kerja”, Jobindo menampilkan lowongan teratas dan lowongan terbaru di halaman depannya. Saat artikel ini dibuat, di halaman depan situs ini terlihat lokasi perusahaan yang membuka loker mulai dari Surabaya, Jakarta, Yogyakarta hingga Deli Serdang, Sumatera Utara. 

19. Jobscdc.com

Melihat tampilan lamannya, situs ini sangat sederhana.Terlihat banyak kategori loker yang tersedia. Mulai dari CPNS, BUMN, perbankan, pertambangan, perusahaan minyak dan gas, telko, otomotif, asuransi, media, retail, transportasi, ICT dan masih banyak lagi. 

Meski terlihat sederhana, situs ini ternyata memiliki jumlah pengunjung yang terbilang banyak. Karena informasi loker yang disajikan adalah yang terbaru. Jobindo didirikan di Indonesia, tapi di situs ini bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Penggunaan bahasa ini bisa jadi kendala bagi pencari kerja dengan penguasaan bahasa Inggris yang kurang baik.

20. Gelarin.com

Meski terbilang pemain baru di situs lowongan kerja, tapi Gelarin.com punya banyak fitur unggulan sehingga membuat penggunanya mudah mencari loker yang pas. Situs yang dulunya bernama kerjakarir.com ini tersedia juga dalam bentuk aplikasi untuk android dan iphone. 

Gak hanya pencari kerja yang bisa mencari loker di sini, tapi freelancer, bahkan magang pun bisa mendapat informasi loker juga. Selain itu situs ini juga berisikan ulasan bisnis yang ditujukan untuk anak muda Indonesia. Ditambah lagi kamu juga bisa mendapat informasi mengenai beasiswa kelanjutan pendidikan,pelatihan dan sertifikasi serta informasi terkait kewirausahaan. 

21. Jobfinder.co.id

Meski berkantor di Jerman, namun situs ini menyediakan informasi loker di wilayah Indonesia juga. Sistem kerja Jobfinder seperti mesin pencari saja, yang memudahkan job seekers mengakses ribuan loker dari berbagai kategori dan industri. 

Gak hanya itu, portal pencari kerja ini juga memungkinkan kamu untuk melamar langsung ke loker yang kamu pilih dari situs ini, Sehingga mempermudah kamu untuk gak repot-repot mengirim langsung ke perusahaan yang kamu inginkan. 

22. Jora.com

Kamu gak mau repot untuk klik banyak portal pencari kerja? Coba Jora deh. Situs agregator ini menyediakan informasi loker dari berbagai situs lowongan sekaligus. Jadi, kamu bisa menemukan loker yang pas dengan mudah. Situs yang bermarkas di Australia ini punya banyak fitur unik sehingga memudahkan kamu mencari dan menemukan lowongan yang pas.

Di sini kamu bisa mengakses atau mencari loker tanpa ditarik biaya. Cukup ketik aja kata kunci di kota nama pekerjaan. Misalnya, auditor, bank, customer service dan sebagainya. Agar bisa dapat rincian loker yang akurat, kamu bisa mengklik salah satu pekerjaan, kemudian Jora yang akan mengarahkan kamu ke situs lowongan kerja lainnya.  

23. Adakerja

Platform pencari kerja lainnya adalah Adakerja yang fokus untuk sektor kerah biru atau pekerja terampil di Indonesia. Situs ini menggunakan teknologi yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan secara efisien tanpa perantara. 

Kemudahan mendaftar di Adakerja bisa kamu dapat tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Cukup chat via aplikasi Whatsapp dan kamu tinggal tunggu undangan wawancara melalui Whatsapp. 

Selain itu’ Adakerja juga mempunyai fitur yaitu mencarikan loker yang relevan dengan keahlian pelamar dan dekat dengan lokasi pelamar. Di situsnya disebutkan kalau ada lebih dari 6.000 perusahaan dan 500 ribu pekerja yang sudah terdaftar hingga saat ini dari seluruh Indonesia.

24. Topkarir.com

Beragam pilihan pengembangan karir, mulai dari informasi terkait kesempatan kerja (magang, kerja tetap atau paruh waktu) bisa kamu dapatkan di Top Karir. Bekerjasama dengan Youth on Top (YOT) dan Kementerian PPN, portal ini sangat pas untuk anak-anak muda Indonesia. 

Selain menyediakan loker, situs ini juga memberi informasi untuk beasiswa kelanjutan pendidikan, pelatihan dan sertifikasi terkait kewirausahaan. 

Berdirinya TopKarir ini didasari kesamaan visi antara co-founder dengan tim penasihat, Andy F. Noya dan Billy Boen. Sehingga diharapkan situs ini mampu mendorong potensi anak muda Indonesia untuk dapat meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja maupun kewirausahaan. 

Itu dia 24 situs lowongan kerja terpercaya dan juga terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi saat mencari pekerjaan. Semoga membantu! (Editor: Chaerunnisa)