7 Situs Ini Dijamin Amanah dan Memungkinkan Kamu Berkurban Secara Online

qurban online

Membeli hewan qurban kini udah bisa dilakukan di mana aja berkat layanan qurban online. Selain itu, kamu juga gak perlu repot-repot buat memikirkan ke mana menyalurkannya, karena mereka udah menyediakan jasa pendistribusiannya sekaligus. 

Tapi sebelumnya, kamu tahu gak sih sejarah kurban? Sebelum membahas lebih lanjut perihal situs, ada baiknya kita cari tahu dulu yuk sejarah dan syarat pembagian hewan kurban tersebut.

Sejarah Kurban

Kurban yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Dalam sejarah sebagaimana yang disampaikan dalam Alquran terdapat dua peristiwa dilakukannya ritual kurban yakni oleh Habil (Abel) dan Qabil (Cain), putra Nabi Adam alaihis salam, serta pada saat Nabi Ibrahim akan mengorbankan Nabi Ismail atas perintah Allah.

Mayoritas ulama dari kalangan sahabat, tabi’in, tabiut tabi’in, dan fuqaha (ahli fiqh) menyatakan bahwa hukum kurban adalah sunnah muakkadah (utama), dan tidak ada seorangpun yang menyatakan wajib, kecuali Abu Hanifah (tabi’in). Ibnu Hazm menyatakan: “Tidak ada seorang sahabat Nabi pun yang menyatakan bahwa kurban itu wajib.”

Syarat dan pembagian daging kurban

Syarat dan ketentuan pembagian daging kurban adalah sebagai berikut:

Orang yang berkurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berutang.
Kurban harus binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau biri-biri.
Binatang yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus utuh.
Hewan kurban telah cukup umur, yaitu unta berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari 1 tahun.
Orang yang melakukan kurban hendaklah yang merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.
Daging hewan kurban dibagi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan kepada orang lain.

Hari Raya Idul Adha emang tinggal menghitung hari lagi. Para pedagang yang menjual hewan qurban pun udah semakin banyak menghiasi beberapa area. Sebagai umat muslim, apabila memiliki uang lebih dianjurkan buat membeli hewan qurban demi membantu sesama.

Kini, membeli hewan qurban juga sudah lebih mudah berkat kemajuan teknologi. Kamu gak perlu lagi beli kambing atau sapi, terus kemudian mendistribusikannya sendiri ke masjid-masjid, karena udah banyak penyedia layanan qurban online terpercaya.

Baca juga: Bisa Untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

1. Tokopedia

qurban online
Tokopedia memiliki layanan buat kamu yang pengin qurban secara online, (Tokopedia).

Di Tokopedia emang semuanya serba ada termasuk layanan qurban online. Tokopedia menyediakan layanan pembelian dan penyaluran daging kambing maupun sapi. Tenang saja, layanan ini sudah bekerja sama dengan 9 lembaga yang terpercaya sehingga pendistribusiannya dipastikan tepat sasaran. 

Lembaga yang bekerja sama dengan Tokopedia ada ACT, Lembaga Zakat Al Azhar, Baznas, Dompet Dhuafa, Marinagrow, LazisNU, PKPU, Rumah Yatim, dan Rumah Zakat. 

Baca juga: Bakal Raup Omzet Miliaran, Crazy Rich HM Fitno Bisnis Hewan Kurban

2. BukaLapak

Qurban Online
BukaLapak gak mau kalah dengan Tokopedia, mereka melayani kamu yang pengin qurban dengan cara online, (BukaLapak).

Sama dengan Tokopedia, BukaLapak juga turut bekerjasama dengan lembaga penyalur zakat di Indonesia, seperti ACT, PKPU, dan Rumah Zakat. BukaLapak juga menjamin hasil qurban yang kamu lakukan bakal diserahkan secara tepat sasaran ke orangmembutuhkan, seperti korban konflik, bencana alam, warga di daerah rawan pangan, baik di Indonesia maupun di 30 negara lainnya. 

Tenang aja buat kualitas hewan qurbannya juga gak main-main kok. Buat seekor kambing bobotnya rata-rata di atas 25 kilogram buat sapi kisaran 220 kilogram, dan unta di atas 300 kilogram. 

Baca juga: Agar Bisa Kurban Saat Idul Adha, Ini Tips Menabung Gak Menyiksa dalam Waktu 2 Bulan!

3. Kitabisa

qurban online
Kitabisa juga melayani kamu nih yang pengin qurban secara online, caranya mudah dan terjamin kok, (Instagram/@kitabisa)

Situs crowdfunding, Kitabisa juga menyediakan program qurban secara online nih. Bedanya, di sini kamu bisa pilih sendiri lokasi penyalurannya. 

Tahun 2018 lalu saja, total sudah ada 3335 hewan qurban yang disalurkan melalui penggalangan dana. Penyalurannya tersebar dari Aceh hingga Papua, bahkan sampai ke Palestina. 

4. Muslim Market 

qurban online
Muslim Market juga menyediakan layanan qurban secara online nih, (Instagram/@muslimmarketid).

Muslim Market merupakan e-commerce yang menjual produk-produk muslim, mulai dari fesyen, hingga alat-alat kesehatan. Tapi gak cuma itu saja, di sini kamu juga bisa beli qurban secara online dan disalurkan langsung ke orang-orang yang membutuhkan. 

Kamu tinggal cari di kolom search kata “Kurban” di situ nanti akan keluar hewan qurban hasil kerja sama dengan ACT dan Dompet Dhuafa. Harganya mulai dari Rp 1.500.000 buat kambing dan Rp 1.800.000 untuk seekor domba. Tenang aja buat bobot kambing juga udah terjamin kok, sekitar 23-28 kilogram. 

5. Bank Qurban 

qurban online
Bank Qurban juga melayani kamu-kamu yang pengin qurban secara online, (bankqurban.com).

Lewat www.bankqurban.com, ada banyak pilihan hewan qurban yang bisa kamu pilih. Mulai dari kambing, hingga sapi dengan harga yang bervariatif. 

Untuk kambing dengan bobot 20-25 kilogram harganya mencapai Rp 1.500.000. Sementara sapi seberat 200-250 kilogram harganya Rp 11.500.000. Kamu juga bisa beli sapi dengan sistem patungan seharga Rp 1.700.000. 

Bank Qurban memastikan kalau hewan yang kamu qurbankan akan didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk ke daerah-daerah terpencil. 

6. Dompet Dhuafa 

qurban online
Dompet Dhuafa yang tersohor ini juga memiliki layanan buat umat muslim yang pengin melakukan qurban, (dompet_dhuafa).

Dompet Dhuafa gak cuma melayani layanan penyaluran zakat aja. Mereka juga memiliki layanan buat Idul Adha di mana kamu nantinya bisa membeli hewan qurban secara online. 

Terdapat tiga kategori hewan qurban yang bisa kamu beli yaitu kambing standar bobot 23-28 kilogram dengan  harga Rp 1.875.000, kambing premium seberat 29-35 kilogram seharga Rp 2.975.000, dan sapi seberat 250-300 kilogram di angka Rp 13.500.000. 

Pendistribusiannya pun dijamin bakal diterima oleh warga yang belum pernah menikmati daging qurban, seperti di wilayah miskin, tertinggal, dan pedalaman, serta wilayah bencana dan konflik. Kualitas hewan qurban juga terjamin karena berasal dari peternak lokal binaan Dompet Dhuafa.

7. Global Qurban 

qurban online
Global Qurban juga menyediakan layanan buat kamu umat muslim yang pengin qurban secara online, (Instagram/@globalqurban).

Global Qurban merupakan lembaga khusus qurban yang berada di bawah naungan ACT. Mereka bisa menyalurkan hewan qurban ke seluruh wilayah di Indonesia dan ke-50 negara. 

Melalui website ini, kamu bisa beli kambing seberat lebih dari 27 kilogram dengan harga Rp 1.650.000, dan sapi seberat 220 kilogram lebih dengan harga Rp 11.500.000. 

Mereka juga bersedia menyalurkan qurban buat daerah konflik di Palestina dan Suriah dengan menyumbangkan daging qurban unta, domba maupun sapi. 

Itulah tujuh situs qurban online terpercaya yang bisa kamu jadikan pilihan. Dengan kehadiran situs tersebut, kegiatan beribadah pun menjadi lebih mudah. Tinggal duduk manis, transfer, selesai deh! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).