Skimming adalah Pencurian Informasi Perbankan, Ini Metodenya

Skimming adalah pencurian data perbankan

Skimming adalah salah satu bentuk penipuan di bidang perbankan dengan metode phising. Phising merupakan kejahatan siber yang dilakukan dengan mencuri data orang lain, termasuk data kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Sebagai nasabah, kamu tentu memiliki kartu ATM untuk mempermudah transaksi sehari-hari tanpa harus pergi ke kantor bank.

Kartu inilah yang diincar oleh para pelaku kejahatan skimming. Maka tidak mengherankan jika skimming menjadi salah satu modus kejahatan yang sering dialami oleh nasabah.

Kerugian akibat kejahatan ini tidak main-main lho! Para pelakunya bisa menguras isi tabunganmu hingga habis tak bersisa. Agar terhindar dari skimming, mari kita pelajari modus dan cara pencegahannya!

Apa itu skimming?

Menurut definisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), skimming adalah pencurian informasi kartu debit atau kredit dengan cara menyalin informasi yang ada di kartu tersebut secara ilegal.

Skimming termasuk dalam kejahatan siber dengan metode phising yang dilakukan dengan cara mencuri data-data penting milik orang lain. Data-data yang dicuri antara lain nomor rekening, jenis kartu ATM, nomor PIN ATM, dan lain-lain.

Modus kejahatan perbankan ini pertama kali terjadi di Woodlands Hills, California pada 2009 lalu dan masih dilakukan sampai sekarang.

Skimming adalah sebuah metode untuk membaca data magnetik yang terdapat pada kartu debit atau kartu kredit secara ilegal dengan cara memodifikasi hardware atau software alat pembayaran atau menggunakan alat pembaca kartu (skimmer).

Modus kejahatan skimming

Bagaimana modus kejahatan skimming ATM? Pertama-tama, kamu harus tahu skimming dilakukan dengan menempelkan alat bernama skimmer ke slot kartu di mesin.

Skimmer ini dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan mulut mesin ATM sehingga sulit diketahui perbedaannya.

Skimmer yang ditempelkan tersebut akan merekam informasi dan menyalin data dari magnetic stripe yang ada di kartu ATM. Setelah itu, lewat kamera pengintai yang dipasang secara sembunyi-sembunyi, pelaku bisa melihat nomor PIN ATM yang kamu ketik di keyboard mesin ATM.

Saat kamu telah selesai melakukan transaksi dan keluar dari bilik ATM, dengan berbekal data yang telah mereka kantongi, pelaku mulai melancarkan aksinya.

Kartu ATM milikmu yang datanya sudah direkam dalam alat skimmer akan diduplikasi ke kartu lain yang masih kosong.

Kartu baru tersebut kini telah berisi data milikmu dan bisa digunakan oleh pelaku. Kartu ATM hasil duplikasi tersebut juga bisa dibuka menggunakan PIN milikmu yang sudah terekam dalam kamera pengintai.

Tidak hanya di mesin ATM, skimmer juga bisa ditempelkan di mesin Electronic Data Capture (EDC) yang biasanya ada di kasir pusat perbelanjaan atau cafe. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati, ya!

Cara menghindari skimming ATM

Agar terhindar dari skimming, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Sebelum melakukan transaksi di ATM atau EDC, periksa kembali mesin dan pastikan tidak ada kejanggalan secara fisik. Misalnya ada kabel yang terlepas, benda asing yang menempel, atau bentuk mulut mesin yang menonjol atau berbeda.
  2. Usahakan memilih bilik ATM yang ramai, terang, dan ada pengamanan atau pengawasan dari satpam. Sehingga kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Perhatikan kondisi sekitar saat akan memulai transaksi di mesin ATM. Pastikan tidak ada orang yang mencurigakan di sekitarmu.
  4. Saat memasukkan nomor PIN di ATM atau mesin EDC, tutupi tanganmu agar tidak terlihat dari kamera pengintai atau orang asing yang berniat buruk.
  5. Jangan pernah memberikan data kartu ATM milikmu kepada orang lain yang tidak dikenal.
  6. Jika terjadi sesuatu dengan kartu ATM milikmu ketika sedang dipakai, seperti tertelan atau gagal bertransaksi, laporkan kepada call center resmi bank yang berwenang. Jangan meminta tolong kepada orang yang tidak kamu kenal, bahkan memintanya untuk masuk bilik dan membantumu mengurus permasalahan tersebut.
  7. Setelah selesai melakukan transaksi, periksa ulang lembar slip transaksi. Pastikan transaksi yang tercetak di slip tersebut sudah sesuai transaksi yang kamu lakukan. Jika terdapat perbedaan pada lembar laporan rekening terpadu atau consolidated statement tersebut, segera laporkan ke pihak bank. Jangan ditunda, ya!
  8. Selalu periksa aktivitas rekening milikmu lewat mesin ATM atau iBanking.
  9. Jangan menandatangani slip transaksi yang kosong agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
  10. Jika tidak ada nomor kartu di ATM milikmu, tandatangani bagian belakang kartu. Yakni di panel tanda tangan pemegang kartu yang diotorisasi (authorized signature), tempatnya tepat di bawah pita magnetic.
  11. Gunakan kartu ATM berbasis chip. Pasalnya, skimming dilakukan dengan menduplikasi data dari strip magnetik kartu ATM. Jika kamu menggunakan kartu berbasis chip, datamu akan lebih aman karena data dalam chip telah terenkripsi. Sehingga tidak bisa dibaca oleh mesin skimmer yang dipasang pelaku.
  12. Pilih nomor PIN dengan kombinasi unik dan sulit ditebak. Jangan pernah menggunakan tanggal lahir, nomor telepon, atau nomor yang mudah sebagai PIN.
  13. Ganti PIN ATM secara berkala untuk menghindari modus kejahatan skimming

Jika terkena skimming, apa yang harus dilakukan?

Meskipun sudah berhati-hati, terkadang nasib baik tidak berpihak pada kita.

Ketika terlanjur terkena skimming, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengamankan data rekeningmu.

  1. Langsung melapor kejadian yang kamu alami ke call center resmi bank.
  2. Jelaskan secara runtut apa yang terjadi. Pihak bank akan segera memblokir ATM milikmu agar tidak dapat disalahgunakan oleh pelaku. Dengan melakukan blokir ATM, iBanking dan mobile banking milikmu juga akan terblokir.
  3. Setelah melaporkan kepada pihak bank, biasanya kamu akan diminta menunggu beberapa waktu. Bank akan menelusuri apa yang terjadi pada transaksi di rekening milikmu, termasuk memastikan apakah memang terjadi skimming pada ATM.
  4. Jika terbukti terjadi modus kejahatan skimming, pihak bank akan mengambil langkah selanjutnya sesuai kebijakan yang berlaku di bank tersebut.

Langkah-langkah pelaporan ini juga bisa kamu lakukan jika mengalami skimming di mesin EDC, ya.

Daftar call center resmi bank untuk melaporkan skimming

Nomor call center resmi bank di bawah ini dapat kamu hubungi jika menjadi korban skimming.

  1. Call center Bank Syariah Indonesia (BSI): 14040
  2. Call center Bank Muamalat: 1500016 (bagi nasabah di dalam negeri) dan +6221 8066 8000 (bagi nasabah yang sedang berada di luar negeri)
  3. Call center Bank Mandiri: 14000
  4. Call center Bank BNI: 1500046
  5. Call center Bank BRI: 14017 atau 1500017
  6. Call center Bank CIMB Niaga dan Niaga Syariah: 14041
  7. Call center BTPN: 1500300
  8. Call center BTN: 1500286
  9. Call center Bank Danamon: 1500090
  10. Call center Maybank: 69811
  11. Call center Bank Bukopin: 14005
  12. Call center Bank BCA dan BCA Syariah: 1500888
  13. Call center Bank OCBC NISP: 1500999
  14. Call center Bank Mega: 60010 dan 1500010
  15. Call center Jenius: 1500365

Itu tadi informasi mengenai skimming perbankan. Semoga bermanfaat untuk membuat kamu lebih waspada, ya. 

Tips dari Lifepal! Selalu simpan data pribadi kamu dan jangan pernah memberikannya kepada orang lain. Selain itu, waspadai menggunakan aplikasi-aplikasi online yang meminta data pribadi kamu.

Lengkapi perencanaan finansialmu dengan asuransi kesehatan terbaik

Setiap orang pasti memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai seperti memiliki rumah, membeli mobil, atau melanjutkan pendidikan. Dalam upaya mencapai hal tersebut, orang membuat perencanaan keuangan untuk mewujudkan keinginannya. 

Agar kamu bisa fokus untuk mewujudkan tujuan finansial, miliki asuransi yang dapat mengcover biaya tidak terduga. Salah satu asuransi yang paling vital adalah asuransi kesehatan yang bermanfaat untuk mengcover biaya berobat di rumah sakit. 

Asuransi kesehatan memberikan manfaat berupa penggantian biaya rawat jalan dan rawat inap di rumah sakit atau fasilitas kesehatan (faskes) lainnya. Asuransi adalah produk proteksi finansial yang memungkinkan tertanggung (peserta asuransi) mengalihkan risiko finansial kepada tertanggung (perusahaan asuransi). 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir keuanganmu akan terkuras bila terpaksa harus berobat. 

Cari tahu daftar asuransi kesehatan terbaik di Indonesia dan bandingkan sendiri biaya premi dan manfaat pertanggungannya. Dapatkan diskon hingga 20% jika kamu membeli premi asuransi di Lifepal.

Tanya jawab seputar skimming

Dapatkan Promo