Slip Gaji Harusnya Udah Bukan Rahasia Lagi Antar Rekan Kerja, Setuju?

Slip Gaji

Saling lihat slip gaji antar rekan kerja? Pasti hanya ada satu orang di antara 100, atau bahkan 1.000, yang mau melakukannya.

Kebanyakan orang memang alergi jika disuruh terbuka soal gaji. Jangankan ke rekan kerja. Ke keluarga saja gak jarang orang nutup-nutupi penghasilannya.

Keterbukaan soal slip gaji masih menjadi hal tabu di lingkungan kerja. Padahal ada banyak hal positif yang bisa diambil kalau mau transparan soal gaji ke rekan kerja. Berikut ini di antaranya:

1. Tahu benchmark gaji untuk jabatan dan job desc tertentu

slip gaji
Jangan lupa bandingkan juga gajimu dengan gaji rata-rata di tempat lain (Kompas)

Rekan kerja di sini bukan hanya yang selevel, tapi juga atasan dan bawahan. Dengan saling terbuka soal gaji, kita jadi tahu patokan nominal penghasilan untuk jabatan tertentu.

Demikian juga job desc jabatan tersebut. Umumnya, makin luas job desc, makin tinggi gaji seseorang. Jadi kita mempunyai bayangan soal gaji di semua level di perusahaan itu untuk mengejar karier di sana, juga beban kerja yang ditanggung di tiap level.

2. Demi masa depan

Berhubungan dengan poin sebelumnya, gaji atasan yang kita ketahui bisa mempengaruhi masa depan kita di perusahaan tersebut. Kita bisa memperkirakan apakah level gaji di perusahaan itu masuk hitungan kita.

Bisa jadi gaji untuk jabatan yang kita incar ternyata gak sesuai dengan perkiraan. Bila ini yang terjadi, pindah haluan mencari sekoci bisa menjadi pilihan terbaik.

Misalnya gaji manajer ternyata hanya sekian rupiah, gak sesuai dengan target keuanganmu untuk mewujudkan rencana masa depan. Mending segera bersiap cari kerjaan baru dengan slip gaji yang nominalnya lebih baik daripada kelamaan buang waktu.

[Baca: Gak Betah di Tempat Kerja tapi Gak Kunjung Resign? Ada Apa Gerangan?]

3. Supaya tahu kalau kita underpaid

slip gaji
Bila merasa gajimu di bawah ketentuan, bisa hubungi serikat pekerja untuk mendiskusikannya (Pos Kota)

Gaji rekan kerja bisa dibandingkan dengan gaji sendiri untuk melihat apakah bayaran kita sudah pas dengan beban dan prestasi kerja. Mungkin saja ada kolega yang kinerjanya di bawah kita, tapi ternyata gajinya lebih tinggi.

Hal ini bisa dijadikan alasan untuk meminta kenaikan gaji. Atau jangan-jangan ada yang salah dalam sistem penggajian.

Ada lho perusahaan yang menggaji karyawan berdasarkan senioritas. Meski seorang karyawan gak bagus-bagus amat kinerjanya, tapi karena sudah veteran, gajinya lebih tinggi dari yang baru kerja setahun-dua tahun tapi prestasinya melejit.

[Baca: Mulai Sekarang, Berani Bilang “Tidak” untuk Gaji Kecil. Gini Caranya Ngukur Gajimu Kecil atau Gak]

4. Agar bisa jaga situasi kalau ternyata gaji lebih tinggi

slip gaji
Kalau kamu overpaid, risikonya adalah jadi bahan gosip. Makanya mesti low profile (The Spruce)

Ada kemungkinan gaji kita ternyata lebih tinggi daripada yang lain. Dalam hal ini, kita perlu segera menyesuaikan diri agar gak dicemburui.

Misalnya gak bocor ngomongin keuangan pas di kantor. Juga gak pamer aset yang kita punyai ke kolega, contohnya selalu beli hape terbaru atau posting foto makanan dan liburan mahal.

Meski itu adalah hak kita, percayalah, gak ada yang mau dicemburui rekan kerja gara-gara soal gaji. Low profile saja dan terus bekerja keras agar karier dan penghasilan kian meningkat.

5. Gak penasaran, bisa kerja nyaman kalau ternyata gajinya seimbang

Kerja bisa gak nyaman kalau dilingkupi rasa penasaran soal gaji. Jangan-jangan udah kerja banting tulang, eh ternyata gaji kita lebih rendah dan gak sesuai dengan beban kerja.

[Baca: Yakin Gajimu Udah Layak? Coba Periksa Dulu di 5 Situs Cek Gaji Ini!]

Semua orang mau nyaman dalam bekerja. Salah satu caranya ya mengetahui bahwa gaji para karyawan seimbang dan sebanding dengan beban kerja masing-masing.

Terbuka soal slip gaji sama rekan kerja sangat berguna buat kita selaku pekerja. Tapi gak sedikit yang malas membicarakannya karena khawatir ternyata dibayar lebih rendah, sehingga malah down.

Semestinya kenyataan sepahit apa pun mesti kita terima bila menginginkan keterbukaan, termasuk bila kita ternyata underpaid alias digaji kekecilan. Masalahnya kemudian adalah bagaimana kita menghadapi kenyataan tersebut.

Rela udah capek-capek kerja tapi ternyata nominal di slip gaji untuk tiap level jabatan gak sesuai dengan ekspektasi?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →