Slip Gaji: Komponen, Contoh, dan Berbagai Kegunaan

bayar cashwagon

Slip gaji adalah bukti resmi penghasilan yang diperoleh selama sebulan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Pada slip tersebut biasanya terdapat rincian penghasilan serta potongan-potongan dari perusahaan.

Pemberian slip gaji wajib dilakukan oleh perusahaan. Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 Pasal 17 Ayat 2. Dari sisi perusahaan, tidak ada alasan untuk tidak memberikan slip gaji pada karyawan mereka.

Tak hanya itu, kegunaan slip gaji sangat penting bagi karyawan maupun perusahaan. Sebab, slip gaji menjadi bukti tertulis mengenai hak-hak yang sudah atau belum dibayarkan.

Komponen Slip Gaji

Komponen dalam neraca

Adapun komponen yang biasanya ada pada slip gaji, antara lain:

1. Gaji pokok

Dalam slip gaji, yang pertama kali dicantumkan tentu saja gaji pokok. Sebagai informasi, jumlah gaji pokok setidaknya 75 persen dari total gaji pokok dan tunjangan. Hal ini berdasarkan UU Nomor 13 tahun 2003. Biasanya besaran gaji pokok didasarkan kepada jabatan karyawan.

2. Tunjangan

Beberapa perusahaan menyediakan tunjangan tertentu bagi karyawannya. Misal, tunjangan makan, transportasi, atau insentif lainnya yang diberlakukan. Tunjangan tersebut juga dibagi menjadi dua kategori, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Apa pun tunjangan yang didapatkan, biasanya akan tertera di dalam slip gaji.

3. Potongan

Potongan merupakan pengurangan tertentu yang diberlakukan pada gaji karyawan, baik berdasarkan peraturan pemerintah maupun perusahaan itu sendiri.

Beberapa potongan wajib yang biasanya diberlakukan adalah potongan pajak penghasilan (PPh21), premi asuransi BPJS Kesehatan, dan potongan iuran BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian, kadang kala ada pula potongan pinjaman apabila karyawan memang memiliki pinjaman pada perusahaan.

4. Lembur

Menurut Menakertrans No.102/MEN/VI/2004, jam kerja karyawan di Indonesia adalah 40 jam per minggu atau 7 jam sehari. Oleh karena itu, apabila karyawan harus lembur maka seharusnya ada penggantian tertentu berupa uang tambahan.

Dalam slip gaji akan tertera jumlah uang tambahan lembur tersebut.

5. Bonus tahunan atau komisi

Bonus tahunan atau komisi termasuk dalam pendapatan tidak tetap pada slip gaji. Bonus tahunan biasanya akan tercantum pada akhir tahun kalender perusahaan tersebut. Sementara jumlah komisi berdasarkan performa dari masing-masing karyawan.

Contoh Slip Gaji

slip gaji (1)

Agar gambaran mengenai komponen-komponen yang ada pada slip gaji makin jelas, maka perhatikan beberapa contoh slip gaji berikut ini.

Kegunaan Slip Gaji

penghasilan tambahan

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Slip gaji sangat berguna bagi perusahaan maupun karyawan. Bagi perusahaan, slip gaji khususnya penting dalam sistem keuangan mereka. Sementara bagi karyawan, slip gaji dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, baik karier dan finansial.

Berikut paparan mengenai kegunaan slip gaji bagi perusahaan dan karyawan.

1. Kegunaan slip gaji bagi perusahaan

  • Bukti resmi dan transparansi perusahaan bahwa mereka telah melunasi tanggung jawab, baik gaji pokok hingga bonus.
  • Audit perusahaan agar tahu kondisi keuangan perusahaan.
  • Slip gaji juga menjadi sumber informasi bagi atasan untuk memberikan beban kerja yang mesti diberikan kepada karyawan.

2. Kegunaan slip gaji bagi karyawan, khususnya untuk kebutuhan finansialnya

Bagi karyawan, slip gaji jauh lebih bermanfaat lagi. Sebab, slip gaji ini bermanfaat secara langsung untuk berbagai kebutuhan finansial dan bahkan karier.

  • Slip gaji kadang kala dibutuhkan saat melamar pekerjaan di perusahaan baru. Beberapa perusahaan meminta informasi ini untuk mengecek bahwa benar Anda bekerja di perusahaan sekarang dan tahu nominal gaji Anda.
  • Slip gaji diperlukan sebagai salah satu syarat pengajuan pinjaman dari bank. Contoh, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KTA (Kredit Tanpa Agunan), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), dan kartu kredit.
  • Beberapa lembaga pinjaman nonbank seperti Home Credit, AEON, Adira, atau FIF (Federal International Finance) juga meminta slip gaji saat nasabah mengajukan pinjaman.

Mulai sekarang, jangan buang begitu saja slip gaji Anda. Atau, bagi yang menerima slip gaji dalam bentuk softcopy melalui surel, sebaiknya simpan surel tersebut. Tidak hanya mengetahui informasi gaji berikut potongannya, slip gaji ternyata membantu Anda untuk mendapatkan beberapa kebutuhan finansial.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →