Software Akuntansi untuk Pemilik UMKM, Perlukah?

Para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang awam disebut UMKM adalah salah satu sektor penggerak perekonomian Indonesia. Kini, makin banyak UMKM yang dikelola secara profesional dan mengadopsi teknologi, termasuk dari sisi pencatatan keuangannya. 

Yang dimaksud dengan adopsi teknologi di sini adalah penggunaan piranti lunak akuntansi. Jangan salah, pasar piranti lunak akuntansi kini tak lagi dikuasai pengembang-pengembang asing. Putra putri Indonesia pun telah banyak yang bermain di bidang ini.

Salah satunya adalah Kledo, software akuntansi online yang dikembangkan oleh anak bangsa. Piranti lunak ini dapat dimanfaatkan para pemilik UMKM agar dapat membuat catatan keuangan, seperti cash flow, penjualan, sampai stok barang dengan lebih rapi dan lebih mudah. Masalah-masalah pencatatan keuangan yang berantakan pun tak lagi jadi masalah.

“Masalah keuangan seringkali dihadapi para pemilik usaha. Anggap saja, mereka bisa mencatatkan penjualan yang fantastis, namun di akhir bulan keuangan mereka defisit dan mereka pun tidak tahu kemana larinya uang yang mereka dapatkan,” ujar CEO Kledo, Ogi Sigit dalam Instagram Live bersama Lifepal yang diselenggarakan pada Rabu 13 Januari 2021.

Sejatinya, menurut Financial Educator Lifepal, Aulia Akbar CFP®, dalam Instagram Live tersebut, mengelola keuangan UMKM tidaklah memiliki perbedaan yang siginfikan dengan mengatur keuangan pribadi. Pemanfaatan software akuntansi online, menurut pria yang akrab disapa Akbar tersebut, akan amat meringankan beban pemilik bisnis UMKM dalam melakukan pencatatan keuangan.

Sejumlah manfaat software cloud accounting Kledo untuk pemilik UMKM, sebagaimana dirangkum dari event Instagram Live tersebut, adalah sebagai berikut:

Membuat arus kas usaha yang lebih sehat.

Defisit pada arus kas bersih usaha amat sangat tidak disarankan untuk dibiarkan terjadi. Tingginya pengeluaran akibat beban usaha serta pengeluaran lain yang lebih besar daripada penjualan bersih menjadi penyebab defisit pada arus kas. 

Hal seperti ini tentu harus diperbaiki. Sebab, apabila ada pembiaran, cadangan aktiva lancar perusahaan dapat kian terkuras. Alhasil, jika berlarut-larut, pemilik usaha terpaksa mengandalkan dana pinjaman alias utang agar usahanya tetap berjalan.

Sebagai pemilik UMKM, sudah sepatutnya tahu dan mengerti bagaimana dana perusahaan dibelanjakan atau dialokasikan. Namun, banyak kejadian yang menunjukkan para pemilik bisnis tidak memiliki kemampuan tersebut lantaran tidak adanya pencatatan yang baik ditambah kesibukan dalam menjalankan usahanya. 

Di sinilah seorang pemilik usaha membutuhkan piranti lunak akuntansi online. Piranti ini yang dapat dimanfaatkan untuk mencatat segala pengeluaran usaha. Dengan pencatatan yang rapi, pemilik usaha dapat melakukan pembenahan yang dinilai perlu untuk menstabilkan keluar-masuknya uang di bisnisnya.

Pemilik usaha dapat memahami kondisi keuangan usahanya

Untuk mengetahui sehat-tidaknya sebuah usaha, ada rasio-rasio tertentu yang menjadi indikatornya. Rasio tersebut dilihat dari nilai aset, ekuitas, dan liabilitas perusahaan. 

Software akuntansi memungkinkan pemilik UMKM untuk mengetahui nilai rasio-rasio keuangan usahanya hanya dengan melakukan input nilai ke pos-pos yang sudah tersedia di dalam software tersebut.

Memahami seberapa untung usaha yang dijalankan

Laporan keuntungan atau profitabilitas juga dapat diketahui apabila pemilik usaha memanfaatkan software akuntansi online. 

Profitabilitas sebuah usaha dapat diukur melalui sejumlah rasio, yakni rasio laba bersih berbanding penjualan (net profit margin), rasio laba kotor berbanding penjualan (gross profit margin), rasio laba operasi berbanding penjualan (operating profit margin), rasio pengembalian ekuitas (ROE), dan rasio pengembalian aset (ROA).

Penagihan bukan lagi hal yang merepotkan

Software akuntansi dapat dimanfaatkan pula untuk mengatur semua aktivitas usaha yang terkait penagihan. Sebut saja seperti membuat invoice, faktur, dan lain-lain. Ada template-template surat penagihan yang dapat dipilih pemilik usaha di dalam software akuntansi tersebut. 

Kesimpulannya, pemanfaatan software akuntansi merupakan hal yang amat disarankan bagi pemilik usaha. Banyak manfaat yang akan dirasakan, seperti membuat pekerjaan semakin efisien dan pada akhirnya tentu saja mendorong produktivitas usaha. 

Pemilik usaha pun tidak perlu direpotkan dengan pengeluaran tambahan untuk menggaji seorang tenaga pembukuan dengan cukup menggunakan software akuntansi Kledo ini. Dengan tampilan dan fitur yang dirancang sedemikian rupa, software ini dapat digunakan siapa saja, baik yang tidak berbekal pengetahuan akuntansi sekalipun.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →