Selain Split Bill, Ini 3 Cara Adil Bayar Tagihan Restoran saat Makan Bareng Teman!

Makan di restoran bareng teman, bayarnya bisa kamu lakukan dengan cara-cara ini

Split bill atau pisah pembayaran kerap dilakukan para milenial zaman now saat makan di restoran bersama teman-temannya. Cara ini memang dianggap memudahkan bagi mereka yang sering nongkrong di kafe atau restoran beramai-ramai.

Cara tersebut menjadi solusi tepat agar terhindar dari kata “pakai uang lo dulu ya”, saat tagihan makanan tiba di meja restoran. Nah kalau sering terjadi “pakai uang lo dulu ya”, bisa-bisa kebiasaan begini terbawa di ruang pertemanan kalian, betul gak? Kalau udah begini jadi bahan omongan deh!

Karena memang gak bisa dipungkiri kalau masih ada aja teman yang mengandalkan kalimat tersebut untuk terhindar dari bayar tagihan. Terkadang kita juga enggan menagihnya apalagi kalau cuma segelas kopi.

Kalau satu atau dua kali sih mungkin gak masalah. Nah kalau dilihat-lihat hal tersebut malah jadi kebiasaan alias keterusan bisa-bisa bikin teman kamu gak nyaman, betul gak? Kalau seperti itu terus yang ada pengeluaran meledak.

Itulah mengapa banyak orang memilih untuk melakukan pembayaran dengan sistem split bill kepada pihak restoran. Jadi, setiap orang akan ada tagihannya masing-masing, bahkan totalnya juga sudah lengkap dengan biaya pajak dan juga biaya service.

Sayangnya, gak sedikit juga menganggap kalau cara tersebut cukup ribet apalagi kalau jumlah orang yang ada terlalu banyak. Ya kali deh masing-masing minta split bill. Gak cuma ribet, tapi juga malu-maluin.

Kebayang kan gimana hebohnya satu meja tapi semuanya pada minta split bill semua. Bisa-bisa mah jadi pusat perhatian satu restoran.

Tapi gimana caranya bisa pembagian tagihan adil dan gak ada tuh yang harus nombok karena ada salah satu teman yang gak mau bayar.

Gak perlu bingung, tiga cara ini bisa kamu terapkan agar hubungan pertemanan dan keuangan sama-sama aman. Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

Baca juga: Lezat dan Bikin Nagih, Ini 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Harganya Murah Meriah

Bagi rata seluruh tagihan

Gak ada salahnya kok kamu berbagi bill saat makan bareng teman di restoran
Gak ada salahnya kok kamu berbagi bill saat makan bareng teman di restoran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Biar gak ribet dan gak malu-maluin, banyak kok yang lebih memilih untuk membagi rata seluruh tagihan dengan menggunakan split bill. Memang sih gak adil rasanya buat mereka yang hanya memesan menu minuman saja, karena harus bayar lebih karena sistem bagi rata tersebut.

Meski begitu, mereka umumnya gak masalah untuk menambah uang beberapa puluh ribu rupiah ketimbang harus heboh menghitung satu per satu.

Tapi hal itu jangan dijadikan sebuah kebiasan, karena biasanya ada aja nih yang memanfaatkan momentum tersebut dengan memesan menu yang harganya sangat mahal. Kalau hal seperti ini kerap terulang yang ada boncos karena harus membayarkan harga makanan teman kamu.

Nah, kamu juga bisa nih menerapkan cara tersebut jika memang jarak harga menu kamu dan yang teman-teman pesan tidak terlalu jauh.

Baca juga: Tahun Baruan Romantis di Jakarta? Ini 5 Restoran yang Bisa Kamu Tuju

Bayar secara gantian

Dengan cara bayar secara bergantian juga bisa kamu lakukan saat makan bareng teman di restoran
Dengan cara bayar secara bergantian juga bisa kamu lakukan saat makan bareng teman di restoran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Metode bayar tagihan secara gantian biasanya sih dilakukan hanya sama teman-teman terdekat saja yang memang bersahabat atau istilahnya satu geng.

Karena kalau sama teman yang jarang ketemu, bisa-bisa jadinya justru traktir. Ya gak masalah sih kalau satu dua kali apalagi jika sudah lama gak ketemu dan memang kebetulan kamu lagi ada uang lebih dalam sakumu.

Makanya, cara yang satu ini sih memang hanya berlaku hanya untuk sahabat terdekat karena memang di lain waktu, kamu akan bertemu dan nongkrong bareng lagi.

Caranya sih sederhana banget, misalnya saat ini kamu yang membayar seluruh tagihan makan, tapi saat nongkrong berikutnya, kamu meminta sahabat kamu yang membayar. Tapi sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya buat perjanjian dulu ya biar gak dianggapnya pamrih.

Baca juga: Kencan Hemat dan Kenyang, Ajak Pacarmu ke Restoran Free Refill Minuman Ini!

Hitung detail per masing-masing individu

Menghitung nominal makanan secara individu juga bisa kamu lakukan lho bareng teman-teman
Menghitung nominal makanan secara individu juga bisa kamu lakukan lho bareng teman-teman, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat nongkrong pasti ada aja tuh orang yang bertugas untuk menjadi tukang hitung tagihan. Ia biasanya akan menghitung biaya pajak dan service yang kemudian dibagi rata dengan jumlah orang di meja restoran.

Nah, setelah itu setiap individu pasti langsung ribet tuh minta dihitungkan berapa total tagihan yang harus dibayarkan. Memang cukup repot sih, tapi hal itu jadi salah satu alternatif paling adil.

Biasanya juga orang-orang akan memberikan uang kepada si tukang hitung itu, baik secara tunai maupun transfer.

Itu dia tiga cara adil bayar tagihan restoran saat makan bareng teman selain split bill yang bisa kamu gunakan. Cara mana nih yang kamu pilih? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →