Mengenal Sponsor adalah, Tujuan, Keuntungan dan Tipenya

Sponsor adalah bentuk dukungan

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak kegiatan seperti musik hingga olahraga mendapat sponsor dari perusahaan. Sejumlah perusahaan juga menjadikan sponsor sebagai kegiatan corporate social responsibility (CSR) mereka. 

Bahkan, seorang guru juga dapat mensponsori muridnya agar mereka menjadi guru tanpa perlu memakai logo perusahaan atau nama diri sendiri. Beberapa contoh tersebut menimbulkan tanya, apa itu sponsor? 

Sponsor adalah sebuah bentuk dukungan berbentuk finansial terhadap peristiwa, kegiatan, atau pihak tertentu. Ada dua jenis kegiatan yang umum dalam sponsorship, yaitu komersial dan kegiatan sosial. 

Sponsor komersial adalah bentuk dukungan lewat pembayaran sejumlah uang untuk sebuah acara atau kegiatan tertentu dengan tujuan mempromosikan perusahaan atau merek tertentu. Sementara sosial tidak menerapkan keuntungan dalam kegiatannya. 

Sponsor Komersial

Seperti pemaparan sebelumnya, sponsor untuk kegiatan komersial merujuk kepada dukungan finansial untuk acara atau kegiatan. Misalnya, menjadi sponsor untuk AFC U-20 2023.

Segala sesuatu yang bersifat komersial tentu saja harus memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari menerapkan sponsor dalam konteks kegiatan komersial:

Meningkatkan brand awarness

Brand awarness merupakan tahap awal yang penting agar perusahaan atau merek tersebut dikenal lebih banyak orang. Dengan menjadi sponsor dalam suatu kegiatan, logo merek secara otomatis menjadi terkenal karena ditampilkan luas dalam setiap aspek acara tersebut. 

Hal ini membuat peserta acara tersebut secara perlahan mulai menyadari keberadaan merek tersebut.

Memperluas jangkauan konsumen potensial

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap sebuah merek, maka banyak orang mulai penasaran tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Mereka akan mulai mengunjungi toko-toko tersebut, baik secara online maupun offline, sehingga mereka akan mengenal lebih banyak produk atau layanan yang ditawarkan.

Meningkatkan penjualan

Setelah banyak orang mencari tahu tentang produk atau layanan yang ditawarkan merek tersebut, mereka kemungkinan besar akan memutuskan membelinya.  Agar mencapai tujuan dari konsep sponsor dalam kegiatan komersial, perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk meyakinkan calon konsumennya membeli produk.

Agar tujuan konsep dalam kegiatan komersial tercapai, perusahaan melakukannya lewat bantuan media atau alat. Biasanya, mereka memaksimalkan dua wadah utama, yaitu media cetak dan media elektronik.

Media cetak umumnya mencakup spanduk, pamflet, dan billboard yang menampilkan logo merek perusahaan sponsor. Sedangkan media elektronik dapat melibatkan acara televisi, YouTube, atau Instagram dalam bentuk iklan. 

Mereka juga akan membuat video promosi yang menarik agar dapat menarik perhatian banyak orang untuk membeli produk tersebut.

Sponsor Sosial

Sponsor kegiatan sosial adalah jenis sponsorship oleh individu atau perusahaan yang memberikan dukungan finansial dengan tujuan membantu sesama. Konteks sponsorship kegiatan sosial tidak memiliki niatan untuk mendapatkan keuntungan. 

Kegiatan yang mereka lakukan murni untuk memastikan bahwa organisasi sosial dapat menjalankan misi mereka dengan lancar untuk membantu individu yang membutuhkan.

Seiring dengan pertumbuhan organisasi sosial yang beragam, ada berbagai cara untuk menerapkan konsep sponsor dalam konteks kegiatan sosial. Salah satu pendekatan sponsorship perusahaan adalah melalui Corporate Social Responsibility (CSR). 

CSR saat ini semakin populer di kalangan perusahaan besar sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan. Dana CSR biasanya untuk mendukung organisasi sosial yang memiliki hubungan dengan sektor atau bidang usaha perusahaan tersebut. 

Apa itu sponsorship sosial? Salah satu contohnya, perusahaan air minum PT Tirta Fresindo Jaya berkontribusi dengan menanam 100 ribu pohon di daerah Aliran Sungai (DAS) Surakarta, beberapa waktu lalu. 

Pertanyaannya, apakah hanya perusahaan besar yang dapat menerapkan konsep sponsorship dalam kegiatan sosial ini? Apakah individu biasa juga dapat berperan dalam konsep tersebut?

Jawabannya, tentu saja tidak. Siapapun dapat menjadi sponsorship kegiatan sosial.

Salah satu cara melakukannya bagi individu adalah dengan menjadi sponsorship bagi seorang anak. 

Program sponsor anak merupakan pendekatan jangka panjang dalam upaya untuk menyosialisasikan perlindungan anak di keluarga dan masyarakat, mengaktifkan forum anak, membentuk komite perlindungan anak terpadu yang melibatkan masyarakat, anak-anak, tokoh agama, dan pemerintah setempat dalam kerja sama erat.

Memahami Kerja Sponsor 

Fungsi sponsor adalah sebagai penyokong keuangan sebuah kegiatan atau acara. Layanan tersebut dapat menunjang aktivitas yang akan terselenggara. 

Tidak hanya sebatas itu saja, sponsorship juga dapat terealisasi untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. Fungsi sponsor dalam perusahaan berbeda-beda, jadi tidak hanya sebatas pendukung sebuah kegiatan. 

Berikut contoh fungsi sponsor dalam bidang bisnis pasar modal.

1. Perusahaan pemula 

Perusahaan perintis atau start-up biasanya mendapatkan sponsor dari investor. Start-up sering kali membangun beragam kelompok investor yang dapat mencakup individu, perusahaan modal ventura, perusahaan ekuitas swasta, dan perusahaan untuk menjadi sponsorship mereka.

Kegiatan ini merupakan arranger utama dalam kesepakatan pendanaan.  Misalnya, pada Oktober 2017, Perusahaan Elektronik A mengumpulkan Rp1 miliar dalam putaran pendanaan Seri B, putaran pendanaan ini pimpinan Grup Jaya sebagai sponsor utamanya.

2. Pada perusahaan yang hendak go public

Ketika sebuah perusahaan memilih untuk go public, maka perlu melibatkan dukungan dari  sponsor. Sponsorship untuk membantu membimbing perusahaan melalui proses penawaran umum perdana (IPO).

Selain memberikan kredibilitas bagi investor baru dengan mempertimbangkan investasi IPO. Tujuan sponsorship IPO terkemuka biasanya oleh bank investasi yang ikut serta dalam perusahaan.

Investor sering mencari sponsorship yang luas dari suatu saham sebelum berinvestasi, percaya bahwa dukungan dari investor institusional menambah ukuran keamanan dalam keputusan investasi mereka. Contohnya, perusahaan tambang hendak melakukan IPO, maka akan ada sponsor seperti perusahaan penjamin emisi.

3. Sponsor untuk underwriting

Sponsor underwriting umumnya untuk penawaran reksa dana, dan dana yang diperdagangkan di bursa. Penjamin emisi harus mensponsori reksa dana agar investor dapat mengaksesnya.

Dalam konteks reksa dana di bursa efek, manajer investasi atau entitas lain yang bertugas untuk mengajukan materi peraturan. Manajer dana inilah yang berfungsi sebagai sponsorship

Tipe-Tipe sponsor

Sponsorship memiliki arti luas dan bisa berhubungan dengan berbagai konteks, seperti perdagangan dalam perusahaan hingga penyokong sebuah kegiatan atau acara. Kehadiran bentuk dukungan ini berfungsi untuk mendukung kesuksesan acara atau kegiatan tersebut.

Umumnya, sponsorship dalam sebuah kegiatan lebih bertujuan menguatkan brand dan posisi di masyarakat. Bukan semata-mata untuk langsung menghasilkan keuntungan.

Beberapa tipe sponsorship di bawah ini untuk sejumlah kegiatan atau acara. Berikut ini adalah jenis-jenis sponsor:

1. Sponsor utama

Bentuk dukungan ini biasanya berada di bagian atas atau judul sebuah kegiatan. Dukungan utama memberikan mayoritas pendanaan dalam penyelenggaraan acara.

Karena itu, logo perusahaan yang menjadi pendukung utama berada di sebelah nama. Logo dan nama beberapa pihak pendukung utama tentu memunculkan kompetisi dan menempatkan mereka di posisi yang kuat sehingga lebih mudah untuk penonton lihat.

2. Sponsor umum

Sebagai pihak pendukung umum, biasanya menyumbang setidaknya 50 persen dari dana pendukung. Pendukung umum ini akan mendapatkan posisi promosi pemasaran yang bagus dalam sebuah acara.

3. Sponsor resmi

Pendukung resmi biasanya menyumbang antara 20 – 25 persen masing-masing atas semua anggaran dana. Terkadang mereka mendapat label mitra dan memang terlibat dalam sektor tersebut.

Misalnya, pada saat acara pameran otomotif, mereka yang akan menjadi mitra resmi adalah perusahaan kredit kendaraan.

4. Sponsor teknis

Ini adalah pihak pendukung yang membayar sebagian atau sepenuhnya untuk barang dan jasa dalam penyelenggaraan sebuah acara, seperti ongkos untuk transportasi, penginapan, kebugaran, atau peralatan medis.

5. Sponsor berpartisipasi

Pendukung jenis ini adalah mereka yang berkontribusi masing-masing hingga 10 persen dari semua uang dukungan.

6. Sponsor informal

Organisasi ini menyediakan dukungan informasi dengan melakukan tindakan publikasi, liputan media, dan kegiatan pendukung lainnya.

Sponsor Vs Dermawan

Ketika kita mensponsori sesuatu yang hendak kita danai, tetapi mengharapkan pengembalian komersial, hal tersebut bukanlah bentuk sponsorship yang masuk kategori dermawan. Sebab, pihak dermawan menyumbangkan uang dan tidak mengharapkan imbalan apa pun.

Sebaliknya, ketika sebuah perusahaan mensponsori acara olahraga, maka harapannya memiliki akses ke potensi komersial yang dapat dieksploitasi terkait dengan turnamen, kontes, atau ras. Meski dapat memberikan kesadaran, membangun citra merek, bahkan mendorong konsumen untuk membeli, sponsor tidak sama dengan iklan.

Kegiatan sponsorship menghadirkan sejumlah atribut produk spesifik yang tidak terekspos dan berbeda dengan iklan. Pemberian dukungan tidak dapat berdiri sendiri karena akan memerlukan elemen pendukung.

Tips Mendapatkan Sponsor

Bentuk dukungan menjadi sumber utama yang bagus untuk mendapatkan pendanaan. Nah, langkah pertama yang harus kita lakukan untuk mendapatkan dukungan adalah melakukan analisis organisasi, acara, dan program.

Hasil dari analisis tersebut akan memandu kita untuk mendapatkan mitra bisnis dan dukungan yang potensial. Berikut ini panduan bagi kita yang berupaya mendapatkan dukungan.

  • Untuk mendapatkan penggalangan dana yang sukses, butuh perencanaan dan realisasi atas upaya membangun sebuah kegiatan.
  • Pastikan bahwa kita sebagai penyelenggara acara memiliki jumlah pengikut besar yang terlibat di media sosial.
  • Target dari acara kita adalah kelompok pendukung atau anggota yang akan berpengaruh pada rencana kegiatan.
  • Memiliki basis karyawan yang besar dan lokasi penyelenggara yang mudah aksesnya.
  • Pilihlah merek yang populer dan banyak orang minat.
  • Misi tersebut memiliki citra emosional dan sosial yang kuat, misalnya acara untuk melayani anak-anak atau menyelamatkan hewan.
  • Salah satu aset paling berharga yang dapat kita miliki adalah koneksi kepada perusahaan.
  • Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang keuangan, lihat pertanyaan populer seputar keuangan di Tanya Lifepal.

    FAQ Seputar Sponsor

    Sponsor diartikan sebagai bentuk dukungan atas peristiwa/acara, kegiatan, atau pihak. Umumnya pihak yang memberi dukungan ini adalah perusahaan atau korporat dengan tujuan mempromosikan merek atau brand mereka.

    Cari sponsor dimulai dengan:

    • Pilih dan dapatkan yang pas dengan acara dan pengunjung yang datang.
    • Kelompokkan jenis sponsor.
    • Tentukan target waktu mendapatkannya.
    • Rumuskan strategi untuk menyakinkan pihak yang dituju agar memberi dukungan.
    • Buat proposal sebaik mungkin.
    • Persiapkan diri untuk presentasi sebaik mungkin.

    Sponsor merupakan jalinan kerja sama antarperusahaan dengan tujuan meningkatkan citra merek atau brand perusahaan yang menjadi pemberi dukungan.

    Sementara media partner adalah jalinan kerja sama media dengan perusahaan yang dimaksudkan untuk menyebarkan informasi.