Biar Gak Buntung! Begini Strategi Jual Perhiasan Emas yang Menguntungkan

Investasi perhiasan emas bisa menjadi salah satu cara untuk mencapai #MerdekaFinansial. Selain bisa digunakan sebagai perhiasan, emas juga bisa disimpan untuk dijual kembali di kemudian hari.

Ya, tapi kamu perlu mengetahui bagaimana triknya agar kamu dapat meraup untung dari perhiasan emas.

Salah satunya ya dengan mengetahui strategi jual belinya agar dapat untung. Soalnya kalau asal jual saja, bisa-bisa malah buntung alias rugi.

Ingatkah kamu dengan pesan bijak nenek ke cucunya, “kalau punya uang lebih baik beli perhiasan dibanding duitnya habis buat main doang.” Sebenarnya pesan ini sederhana, punya sifat konsumtif habiskan uang buat beli perhiasan emas gak masalah karena sama aja kayak nabung.

Lagipula, nabung itu gak melulu dalam bentuk uang dan disimpan di bank. Kamu juga bisa nabung lewat perhiasan emas, apalagi emas gak akan habis kecuali dijual.

Karena itu, perhiasan emas itu sifatnya liquid alias bisa dijadikan duit kapanpun kamu mau. Seperti ada kebutuhan mendesak, kamu bisa menggadaikan atau menjual perhiasan emas, ketimbang pinjam uang sana-sini alias ngutang.

Meski demikian, perhiasan emas juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah harga jual yang bisa jadi lebih rendah kalau kamu jualnya dadakan pas harga emas lagi turun.

Risiko itu sudah pasti. Tapi bukan berarti gak ada triknya agar koleksi perhiasan emasmu tetap punya nilai jual yang menguntungkan. Karena itu, kamu bisa banget nih mencoba beberapa strategi berikut ini.

1. Update harga terbaru emas

perhiasan-emas
Update harga terbaru emas (suratkabar)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetahui harga terbaru emas.

Kalau perlu, cari informasi dari tangan pertama. Kamu bisa menghubungi Antam yang biasanya menjadi patokan harga emas.

Jadi, hindari cari info harga emas dari koran atau yang lain karena hasilnya bisa berbeda. Kamu jadi bisa tahu tuh harga emas saat itu sedang naik atau bahkan turun.

2. Tawaf ke toko emas

Untuk mendapatkan harga terbaik untuk perhiasan emasmu, gak ada salahnya untuk tawaf alias keliling ke beberapa toko emas.

Emang sih butuh effort, tapi setidaknya kamu bisa mendapatkan info tambahan, toko emas mana yang memberikan harga terbaik.

3. Cek respons toko emas

perhiasan emas
Cek respons toko emas (beritadaerah)

Jangan asal cek harga aja ke toko emas, tapi lihat juga gimana responsnya. Misalnya, kalau si pemilik toko terlihat sangat nafsu dengan perhiasan emasmu, itu tandanya nilai perhiasan emasmu jauh lebih tinggi dari penawaran yang diberikan. Ini tanda mesti ancang-ancang bargaining pas jualnya.

4. Bawa nota pembelian

Membawa nota pembelian sebenarnya ada plusnya. Plusnya adalah si pembeli gak perlu repot-repot menaksir lagi kadar dan berat emas.

Sedangkan, minusnya adalah si pembeli akan menawarkan harga yang gak jauh dari nilai yang tertera pada nota.

Meski begitu, nota pembelian ini bisa jadi daya tawar untuk meyakinkan asal usul perhiasan emas itu jelas. Atau dengan kata lain, perhiasan emas itu barang legal alias bukan hasil tindak kriminal.

5. Jual ke kolektor

perhiasan-emas
Jual ke kolektor (tamasia)

Menjual perhiasan emas ke kolektor sebenarnya bisa menjadi cara paling jitu untuk mendapatkan nilai terbaik.

Terlebih lagi kalau perhiasan emasmu memiliki nilai seni tinggi, unik dan menarik. Apalagi kalau ada sejarah panjang dari perhiasan emas itu.

Misalnya, usianya sudah satu abad atau pernah ada sosok terkenal yang memilikinya. Dengan menjual ke kolektor, maka perhiasan emas itu dijamin bisa memiliki nilai yang tinggi.

Nah, itu dia lima strategi mudah agar perhiasan emasmu mendapatkan harga terbaik alias gak bikin rugi saat dijual.

Investasi dalam bentuk perhiasan emas adalah salah satu upaya yang jitu dalam meraih kebebasan finansial. Dengan memiliki aset berupa perhiasan emas yang bisa dijual kembali dengan harga lebih tinggi di masa yang akan datang, bukan gak mungkin kamu bisa #MerdekaFinansial saat pensiun atau jika tak lagi punya pendapatan tetap.

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →