Ini Sosok Eks Mertua Irwan Mussry yang Ternyata Orang Kaya Berat

Sudwikatmono, (Tempo/ Rully Kesuma)

Nama suami Maia Estianty, Irwan Mussry, kini sedang jadi bahan perbincangan. Sorotan publik pun lantas melebar ke sosok Sudwikatmono, eks mertua pengusaha Time International tersebut. Seperti diketahui, anak Sudwikatmono, Tri Hanurita, adalah mantan istri Mussry.

Sudwikatmono sendiri ternyata adalah konglomerat Indonesia yang tajir melintir. Gak heran kalau Tri Hanurita juga punya kedudukan penting di sejumlah perusahaan besar. Salah satu anaknya yang lain, Agus Lasmono Sudwikatmono, bahkan jadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Wah, ternyata eks mertua Irwan Mussry tersebut bukan orang biasa ya! Makin penasaran kan? Yuk simak ulasan lengkap soal sosok Sudwikatmono berikut ini.

Masih sepupuan dengan mantan presiden Soeharto

Sudwikatmono, Jakarta, 1992. (Tempo/ Rully Kesuma)
Sudwikatmono, Jakarta, 1992. (Tempo/ Rully Kesuma)

Lelaki tersebut bernama lengkap Sudwikatmono Prawirodiharjo. Pria asal Solo tersebut masih sepupuan dengan mantan presiden Soeharto. Ayah Soeharto dan Sudwikatmono kabarnya adalah saudara kandung. Dia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara dari pasangan M Ng. Rawi Prawirowihardjo dan Sanikem.

Masa kecil Sudwikatmono dihabiskan di Sekolah Rakyat yang berada di Desa Wates, Jawa Timur. Selanjutnya, dia mengenyam pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada.

Semasa kuliah, Sudwikatmono memiliki cita-cita buat jadi tentara. Dia pun meninggalkan bangku kuliah saat lolos tes Kadet TNI Angkatan Laut. Namun, impian tersebut harus batal karena dilarang oleh sang ayah.

Sudwikatmono sempat jadi juru tulis

Sudwikatmono, (Tempo/ Rully Kesuma)
Sudwikatmono, (Tempo/ Rully Kesuma)

Gagal jadi tentara, Sudwikatmono yang akrab disapa Dwi memilih buat jadi juru tulis di sebuah perusahaan shipping. Dari situlah, karier profesional Sudwikatmono makin cemerlang.

Berbagai perusahaan besar berhasil dipimpin oleh Sudwikatmono, mulai dari PT Indocement Prakarsa Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Bogasari Flour Mills, dan Indika Group. Indika Group sendiri kini dipimpin oleh putra satu-satunya, Agus Lasmono.

Bahkan, Cineplex sempat dimiliki oleh Sudwikatmono meski kemudian dilego ke pihak lain. Dari situ terlihat bahwa pria kelahiran tahun 1934 tersebut emang lihai berbisnis.

Oh ya, selain aktif berbisnis, Sudwikatmono juga senang ikut kegiatan sosial dan budaya. Dia sempat menjabat sebagai ketua Yayasan Seni Rupa Indonesia. Pun, dia bersama beberapa sahabatnya mendirikan Sekolah Bakti Mulya. Gak cuma itu, Sudwikatmono pun mendukung pembangunan Masjid Pondok Indah Jakarta Selatan.

Kaya tujuh turunan hingga ke anak-anaknya

Agus Lasmoni dan Wishnutama. (Instagram/@wishnutama)
Agus Lasmono dan Wishnutama. (Instagram/@wishnutama)

Bisnis-bisnis yang dikelola oleh Sudwikatmono jadi landasan kuat buat anak-anaknya untuk mengikuti jejak kesuksesan ayahnya. Terbukti, putranya Agus Lasmono masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Agus Lasmono Sudwikatmono sendiri diketahui memiliki total kekayaan mencapai Rp 7,6 triliun. Sementara itu, saudari kandungnya, Tri Hanurita, sempat menjabat sebagai anggota DPR RI.

Tri Hanurita Sudwikatmono dan Lala Hamid. (Instagram/@lalahamid)
Tri Hanurita Sudwikatmono dan Lala Hamid. (Instagram/@lalahamid)

Gak banyak kisah yang terkuak mengenai Sudwikatmono. Namun, dilihat dari sepak terjangnya, Sudwikatmono yang tutup usia pada tahun 2011 tersebut layak dapat apresiasi karena kesuksesannya.

Beberapa perusahaan yang pernah dia pegang hingga kini masih ada dan berjaya. Tentu Sudwikatmono punya andil dalam perkembangan perusahaan tersebut, bukan?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →