Agar Sukses Merintis Usaha dari Nol, 5 Kualitas Diri Ini Harus Ada di Diri Kamu

Buka usaha sendiri

Gak semua orang sukses berkarier, banyak juga yang memilih membuka usaha sendiri. Mereka melakukannya rata-rata karena gak betah kerja kantoran. Tapi, motivasi utamanya, agar bisa mengumpulkan pundi-pundi sebanyak mungkin.

Apapun jalan yang ditempuh, semuanya bisa sukses kok, asalkan menekuninya dengan sungguh-sungguh dan mau bekerja keras.

Seperti Bob Sadino, perjalanannya untuk menjadi pengusaha sukses gak mudah, dia harus bekerja sangat keras untuk menggapainya.

Dia pernah menjalani semua jenis pekerjaan mulai dari berjualan telur, sopir taksi, hingga kuli bangunan. Tapi, ada juga contoh pengusaha dengan modal banyak gak mau kerja keras dan gak mampu mengelola keuangan dengan baik. Alhasil, usahanya gulung tikar.

Agar semakin sukses, para pengusaha juga harus memiliki pandangan visioner. Sebut saja pendiri Amazon, Jeff Bezos yang memimpikan angkutan manusia untuk berwisata ke luar angkasa.

Dia kini tengah bekerja keras untuk mewujudkannya dengan mengembangkan Blue Origin. Sejak 2015, sudah 10 kali percobaan, dia menjalankan dan rencananya akan diluncurkan wisata ke luar angkasa pertama di tahun 2019 ini.

Kalau kamu berniat buka usaha dan mau menjadi sukses seperti mereka, gak cuma kerja keras dan visioner, kamu harus memiliki beberapa kualitas yang ditanamkan dalam usaha. Apa saja?

Berikut, pemaparannya seperti dilansir dari Entrepreneur.com:

1. Gak mudah menyerah meski gagal

Gak mudah menyerah
Gak mudah menyerah

Kegagalan pasti bisa menerpa siapa saja, tak mengenal golongan dan statusmu. Ketika kamu mengalami kegagalan, pilihannya hanya menyerah atau terus lanjut.

Kebanyakan sih pada menyerah. Tapi, tau gak kalau rata-rata orang sukses itu pernah gagal dan mereka pantang menyerah.

Kalau di Indonesia sudah banyak kok contohnya. Salah satunya, pendiri BukaLapak Achmad Zacky.

Zacky pernah membuka usaha mie ayam, tapi sayang harus bangkrut dalam waktu enam bulan. Gak sampai di situ saja, pascalulus kuliah, Zacky mendirikan konsultan informatika yang juga bangkrut sebelum akhirnya sukses dengan BukaLapak.

Seandainya Zacky saat itu menyerah dan setop berusaha, mungkin e-commerce terbesar di Indonesia, BukaLapak gak akan ada.

Baca juga: Tips Pemasaran Mudah Ini Bantu Kamu yang Punya Usaha Kecil

2. Mau belajar dari ahlinya

Belajar dari ahlinya
Belajar dari ahlinya

Ketika kamu memulai buka usaha, ada baiknya untuk mencari mentor pribadi. Pelajaran bisa didapat dari orang-orang sukses yang telah merasakan jatuh bangunnya dunia usaha.

Tujuannya, agar kamu tahu bagaimana cara meraih kesuksesan, dan bangkit seandainya mengalami kegagalan. Jadikan mentor kamu tersebut orang yang mampu membimbingmu dan menginspirasi.

Saat ini, sarana belajar juga sudah mudah. Kalau kamu sulit untuk menemukan orang yang pas, bisa belajar dari video-video sukses di YouTube.

Baca juga: Mendulang Untung Saat Valentine, Coba Jajal 6 Usaha Dadakan Ini

3. Pikiran yang terbuka

Pikiran terbuka
Pikiran terbuka

Mendengarkan kisah sukses atau jatuh bangunnya pengusaha aja gak cukup. Kamu perlu membuka pikiranmu terhadap segala masukan-masukan dari berbagai pihak.

Serap masukan baik yang positif dan negatif untuk menentukan langkah yang akan kamu tentukan ke depannya.

Justru usaha kamu bakalan stuck atau bahkan bangkrut kalau kamu gak peduli dengan masukan orang lain.

4. Keinginan untuk berkembang

Keinginan untuk berkembang
Keinginan untuk berkembang

Pengusaha yang sukses rata-rata menyukai tantangan. Tantangan itu datang entah dari sendiri atau dari pihak luar.

Tantangan terbesar bagi para pengusaha adalah waktu untuk bersenang-senang dan rasa takut untuk gagal. Ketika kamu memutuskan untuk buka usaha, maka kamu harus berkomitmen untuk melawan tantangan tersebut.

Kehilangan waktu untuk bersenang-senang, dan mengalami kegagalan adalah hal biasa yang harus dilalui.

Tapi, ketika berhasil melewatinya, secara tidak langsung level kamu telah meningkat. Kemampuanmu untuk menyelesaikan dan mengidentifikasi masalah-masalah besar pun juga jadi lebih mudah.

Setelah kemampuan diri kamu berkembang, tinggal mengembangkan usaha kamu dengan membangun jejaring ke berbagai pihak.

Jalin hubungan yang intens dan dekat dengan mitra bisnis agar ketika kamu mengalami masa kesulitan, mereka juga siap untuk membantu.

5. Fokus pada tujuan

Fokus pada tujuan
Fokus pada tujuan

Semua orang yang buka usaha tentu sudah menentukan tujuan yang ingin mereka capai. Entah itu untuk jaminan di hari tua nanti, atau hanya sekedar untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Dalam berbisnis, setiap hal yang kamu lakukan harus membantu mendongkrak kamu untuk mencapai tujuan bisnis. Misalnya, ketika kamu buka usaha memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil yang besar di bulan pertama.

Tapi, untuk meningkatkan branding kamu melakukan beberapa kegiatan berkedok amal. Meski kegiatan tersebut positif, kamu mesti memastikan apakah perlu melakukannya saat ini, dan apakah bisa membantu kamu mewujudkan tujuan.

Seandainya dirasa tidak mampu, lebih baik pikir-pikir lagi untuk melaksanakannya.

Lima langkah itu tadi merupakan kualitas diri yang harus dimiliki oleh kamu-kamu yang berencana untuk buka usaha sendiri.

Masih banyak lagi cara untuk menuju sukses, tapi intinya adalah kerja keras dan gak mudah menyerah. Kalau merasa ragu untuk buka usaha, coba simak kisah-kisah orang sukses yang memulai bisnis dari nol. Siapa tahu bisa membangkitkan gairahmu memasuki dunia bisnis. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →