Gaji Gede tapi Masih Saja Sulit Menabung? Ini 4 Alasan Bikin Dompet Kamu Cepat “Keriting”

Sulit menabung padahal gaji udah gede, kenapa ya?

Memiliki posisi pekerjaan sudah mapan di perusahaan bonafit, bahkan bekerja di startup yang berani bayar gaji gede, kamu salah satunya? Tapi kenapa ya kamu masih saja sulit menabung? 

Seiring perkembangan zaman dan dunia kerja, beberapa posisi tertentu di perusahaan mapan mampu lho membayar karyawannya dengan gaji besar. Apalagi kalau kamu duduk di level manajer, pasti sudah mengantongi gaji puluhan juta rupiah setiap bulannya. 

Belum lagi kalau kamu membidik startup yang pada umumnya berani buat membayar calon karyawan dengan gaji gede. Nah tapi kenapa masih saja ada karyawan yang sulit buat menyisihkan uangnya alias menabung? 

Sulit menabun bagi karyawan yang memiliki gaji gede memang ada saja. Kamu salah satu dari sekian banyak karyawan yang memiliki gaji gede tapi masih saja sulit menabung? 

Seperti dikutip dari Qerja.com, kamis, (23/1/2020), ada beberapa alasan kenapa para karyawan yang memiliki gaji besar tetap saja sulit buat menabung. Yuk kita intip aja alasan-alasan kenapa masih mengalami persoalan ini. 

Pengeluaran meningkat tajam

Pengeluaran meningkat bikin dompet cepat "keriting"
Ketika pengeluaran kamu setiap bulannya gede, ya mau gak mau kamu bakal mengalami tongpes setiap bulannya, (Shutterstock).

Di saat kamu mengantongi penghasilan di atas rata-rata dibandingkan karyawan lainnya, gaya hidup pun pasti berubah. Gak heran kalau gaya hidup yang dijalani bikin kamu sulit menabung. 

Pasalnya nih saat kamu memiliki penghasilan yang luar biasa, kesempatan buat memenuhi keinginan ada saja, betul gak? Contoh deh dalam benak kamu di setiap akhir bulan ada saja yang pengin dibeli, misalkan memiliki sepasang sepatu mahal, gadget yang mutakhir hingga hang out di kafe-kafe mahal. 

Masih ingat gak di saat kamu masih memiliki gaji pas-pasan, bawa makanan sendiri dari rumah setiap hari sering dilakukan? Atau sering banget nih masak sendiri. Namun ketika kamu sudah memiliki gaji besar ada saja nih keinginan buat makan di restoran kekinian hingga pesan menu makanan yang harganya cukup menguras kantong tanpa disadari. 

Jika ini terus terjadi setiap bulannya, ironisnya pengeluaran kamu bakal membludak nih alias meledak. Mengeluarkan uang dengan jumlah besar setiap harinya jika dijumlahkan maka gak heran kalau gaji kamu cepat habis. 

Padahal kamu sudah kerja keras banget di kantor dengan hasil mendapatkan penghasilan yang cukup gede. Tapi apa? Jika kamu sulit mengerem keinginan tersebut terus menerus yang ada susah banget buat menyisihkan uang buat tabungan. 

Gengsi gede, akhir bulan dompet “keriting” 

Gaya hidup glamor juga salah satu penyebabnya
Gengsi gede juga salah satu penyebabnya kamu susah banget buat menabung, (Shutterstock).

Rasanya melihat di bagian ini masih senada dengan catatan di atas? Benar gak? Memiliki gengsi yang tinggi dan setiap akhir bulan dompet mudah “keriting” ya mesti kamu terima. 

Jika terus menerus memiliki rasa gengsi karena kamu memiliki posisi pekerjaan yang oke ditambah dengan gaji gede ya mau gak mau harus menerima konsekuensinya. Kerap mengalami kantong kempes alias “bokek” ya harus kamu terima nih setiap akhir bulan lantaran memiliki rasa gengsi yang cukup tinggi. 

Misalkan kamu lebih memilih membeli kemeja bermerek ketimbang buatan distro atau merek lokal. Nah yang kayak begini mau gak mau bikin dompet kamu cepat “keriting” alias bokek. 

Boleh saja sih kamu memiliki keinginan memakai pakaian mahal lantaran prestige posisi pekerjaan. Tapi kalau sudah mengganggu uang bulanan buat apa? 

Pandai-pandai saja dalam mix and match pakaian kantor setiap harinya. Dengan cara begini kamu bisa lho buat menabung setiap akhir bulan dari gaji mu. 

Menunda terus buat menabung

Menunda menabung salah satu penyebab kamu gak punya tabungan
Menunda menabung salah satu penyebab kamu gak punya tabungan, (Shutterstock).

Nah ini nih yang juga sering dialami bagi karyawan dengan gaji cukup gede. Alasan sering menunda buat menabung bisa bikin kamu gak memiliki uang simpanan bahkan dana darurat sekalian. 

Saat gaji masuk dalam rekening, kamu gak melihat nih urgensi untuk buat menabung di awal bulan. Dalam pikiran kamu bisa menjalankan gaya hidup seperti sedia kala, dan yakin banget bakal memiliki sisa uang di akhir bulan yang bisa ditabung. 

Namun siapa yang menyangka dalam praktiknya kamu bakal menemukan banyak godaan belanja hal-hal gak penting. Kebiasaan menabung ini sangat berbahaya lho buat masa depan keuangan mu. 

Jika masih terus menerus menunda hal ini yang ada kamu bakal sulit menabung setiap bulannya. 

Salah berutang

Salah berutang juga salah satu penyebabnya kamu gak punya tabungan
Banyak utang juga salah satu penyebab kamu gak punya tabungan, (Shutterstock).

Ketika memiliki penghasilan atau gaji yang tinggi, boleh saja sih kamu menambah utang. Tapi jangan sampai salah berutang ya.

Tapi perlu diingat nih, kamu juga mesti memperhatikan rasio utang terhadap pendapatan tetap di kisaran 35 persen. Angka tersebut di yakini bahwa arus keuangan mu ideal lho, yakni bisa membayar utang dengan tepat waktu. 

Punya utang tapi kalau bisa kamu juga mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bisa menabung itu wajib hukumnya. Tapi, lagi-lagi tuntutan gaya hidup bisa menjadi jebakan kamu di setiap akhir bulan. 

Dengan ada iming-iming cashback atau hadiah, kamu mudah banget tergiur buat membeli satu barang. Nah yang kayak gini kamu mesti hindarkan. 

Nah itu dia alasan kuat kenapa kamu sulit menabung di setiap bulannya. Semoga artikel ini bisa menjadi “teman andalanmu” dalam mengelola keuangan dan gaji mu setiap bulannya. Yuk mulai lakukan keempat hal di atas. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →