Contoh-Contoh Surat Izin: Sekolah, Kuliah, dan Kerja

Surat Keterangan Ahli Waris

Mulai dari siswa siswi sekolah hingga karyawan kantoran pasti udah gak asing lagi dengan yang namanya surat izin. Kegunaannya surat ini memang sangat penting kadang memaksa kita untuk membuka internet dan melihat contoh bagaimana membuatnya dengan benar

Penulisan surat izin dapat dibuat dengan tulisan tangan atau mengetiknya di komputer maupun email. Biasanya, surat izin tulis tangan diperbolehkan untuk lembaga pendidikan, seperti sekolah dan universitas. Sedangkan perusahaan atau instansi formal mengharuskan surat izin ditulis secara profesional menggunakan huruf tercetak dari komputer.

Namun, kembali lagi tergantung dengan aturan kebijakan dari lembaga pendidikan atau perusahaan masing-masing. Agar lebih jelas, mari simak informasi selengkapnya tentang surat izin berikut ini:

Pengertian surat izin dan tujuannya

Surat pengalaman kerja
Surat

Surat izin adalah pernyataan tertulis yang bertujuan memberikan keterangan bahwa orang terkait telah diberi izin atas suatu tindakan tertentu. Umumnya, surat ini digunakan untuk menyampaikan ketidaksanggupan dalam melakukan berbagai kegiatan penting. Bentuknya pun terbagi ke dalam beberapa jenis sesuai tujuannya masing-masing.

Tujuan pembuatan surat keterangan di antaranya untuk kepentingan izin sekolah, kerja, ataupun kuliah. Ketiga jenis surat di atas masuk dalam kategori surat pribadi atau tidak resmi. Meski begitu, tetap ada format dasar yang dapat dijadikan acuan.

Format Dasar dalam Surat Keterangan Izin 

Meski tidak ada cara pasti dalam membuat surat izin, namun kita bisa menggunakan susunan surat resmi pada umumnya sebagai acuan seperti gambar di bawah ini. 

format surat izin
Sumber gambar: Salamadian.com

Meski begitu, perlu diingat bahwa surat ini bersifat tidak resmi, maka hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah isi surat mencantumkan informasi yang jelas. Misalnya alasan sakit, periode izin, dan hal-hal terkait sejenisnya. 

Contoh surat izin sekolah

Surat keternagan izin sekolah adalah keterangan tertulis yang dibuat oleh orangtua atau wali murid untuk memberikan informasi bahwa murid bersangkutan tidak dapat mengikuti kegiatan belajar karena alasan-alasan tertentu. Seperti ini contoh yang bisa dijadikan referensi:

 

Jakarta, 13 September 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII IPA 1

SMA Negeri 1 Jakarta Utara

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sia Linta

Alamat : Jl. Karang Kanan No. 72, Jakarta Barat

Orang tua/wali murid dari:

Nama : Griselda Surgida

Kelas : VII IPA 1

Saat ini tidak dapat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar dikarenakan harus mengikuti acara 40 hari atas meninggalnya Nenek Griselda. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru untuk memberikan izin tidak masuk sekolah pada hari Jumat, 13 September 2019 hingga Senin, 16 September 2019.

Demikianlah surat ini saya sampiaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Sia Linta

Contoh surat izin kuliah

Surat keterangan izin kuliah memiliki fungsi yang sama dengan surat izin sekolah. Namun, umumnya surat keterangan ini harus dilengkapi dengan surat resmi. Misalnya, jika ingin izin sakit, maka harus dilengkapi dengan surat resmi dari dokter.

Namun, ingat bahwa berdasarkan UU Praktik Kedokteran, dikatakan bahwa hanya dokter yang memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) atau sertifikat kompetensi yang memiliki wewenang untuk menerbitkan surat izin, ya. 

Jakarta, 13 September 2019

Kepada Yth.

Bpk. Prof. Dr. Solari, M.Si.

Universitas Jakarta Indonesia

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sia Linta

NIM : 711016849323

Alamat : Jl. Karang Kanan No. 72, Jakarta Barat

Kelas : A

Program Studi : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Ilmu Politik I pada hari Jumat, 13 September 2019 dikarenakan sakit demam, sehingga diharuskan untuk istirahat selama satu hari. Saya mohon agar Bapak dapat memberikan izin kepada saya. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap menerimanya dan akan berkoordinasi dengan teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi, dan saya lampirkan surat resmi diagnosa dari dokter. Atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Sia Linta

Contoh surat izin kerja

karyawan menerima surat peringatan kerja
Ketahui hakmu sebagai karyawan.

Surat keterangan izin kerja memiliki fungsi yang sama dengan kedua jenis surat sebelumnya. Surat ini dibuat oleh karyawan kepada perusahaan, yang kemudian ditujukan kepada pimpinan perusahaan atau HRD untuk meminta izin karena berhalangan hadir karena alasan tertentu.

Untuk surat keterangan izin kerja juga harus dilampirkan bersamaan dengan surat resmi lainnya, seperti diagnosa dokter, undangan kelas seminar bisnis, dan lainnya. Seperti ini contoh yang bisa dijadikan referensi:

Balikpapan, 14 September 2019

Kepada Yth.

Bpk. Kepala Dinas Kebudayaan

Provinsi Jawa Tengah

Hal : Permohonan izin tidak masuk kerja

Lampiran : 1 (satu) lembar

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sia Linta

NIP : 711016849323

Jabatan : Bidang Administrasi Dinas Kebudayaan

Alamat : Jl. Cikulir Kanan No. 90, Balikpapan

Dengan ini, saya ingin memberitahukan bahwa pada hari Senin tanggal 15 September 2019 tidak bisa masuk kerja karena sedang dalam keadaan sakit. Selama saya tidak bisa masuk kerja, saya dirawat di rumah sakit Siloir Balikpapan untuk menjalani perawatan inap. Saya juga melampirkan surat keterangan dokter dalam surat izin yang saya buat ini.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi. Atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Sia Linta

Itulah beberapa contoh format surat izin dapat dijadikan acuan ketika kamu mendadak harus izin baik itu untuk sekolah anak, kuliah maupun yang bekerja kantoran. Semoga informasi di atas dapat memudahkan kita dalam membuat surat izin yang dibutuhkan.

Sebagai tips dari Lifepal, terkait profesi apapun yang dijalani, sebaiknya diri kita pun turut terproteksi dengan asuransi. Dengan perlindungan dari asuransi, kita dapat meminimalkan risiko pengeluaran finansial akibat biaya pengobatan sakit, kecelakaan berat, dan musibah-musibah lainnya yang terbilang mahal.

Nah, kabar baiknya Lifepal menawarkan berbagai produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk pelajar dan karyawan. Produk asuransi yang ditawarkan bisa dibeli dengan bujet mulai dari Rp5 ribuan per bulan. Bersama Lifepal, mari temukan produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita.