Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dan Contohnya

cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan

Surat lamaran kerja menjadi salah satu poin penting yang dapat menentukan kelanjutan proses perekrutan kandidat di suatu perusahaan. 

Nah, saat ini masih banyak perusahaan atau instansi yang mengharuskan surat lamaran kerja tulis tangan dengan tinta hitam. Salah satu contoh umumnya adalah ketika melamar kerja sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

Persyaratan ini dibuat bukanlah tanpa sebab. Mari simak alasan dan contohnya bersama, yuk! 

Alasan surat lamaran kerja diminta tulis tangan 

Mungkin sebagian besar dari kita pernah menjumpai segelintir lowongan pekerjaan yang meminta surat lamaran kerja yang ditulis tangan. Ada beberapa alasan kenapa perusahaan atau instansi menciptakan persyaratan tersebut. Berikut adalah alasannya.

1. Ingin melihat tulisan kandidat 

Posisi yang dilamar mungkin mengharuskan kita untuk banyak tulis menulis. Itu sebabnya, perusahaan atau instansi ingin melihat tulisan kandidat. 

2. Membaca kepribadian kandidat

Ternyata kepribadian seseorang dapat terungkap berdasarkan gaya tulisan tangannya, lho! Misalnya, untuk orang dengan tekanan tulisan yang kuat menggambarkan pribadi yang berprinsip dan antusias.

Sementara seseorang yang tulisannya cenderung ke arah kanan umumnya memiliki pribadi yang terbuka dan mudah bergaul.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan

Membuat surat lamaran kerja tulis tangan memiliki tantangannya sendiri, karena ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Mulai dari memasukkan tulisan dalam surat rapi, memiliki format yang tepat, dan masih banyak lagi. 

Agar lebih jelas, mari simak poin penting apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran tulis tangan berikut ini. 

1. Penulisan yang rapi

Berbeda dengan surat lamaran yang diketik, surat lamaran kerja tertulis harus dibuat dengan tulisan yang rapi. Namun, jangan khawatir jika tulisan tangan kita tidak terlalu bagus, karena yang paling penting adalah rapi dan dapat dibaca dengan mudah. 

2. Buat dengan rasa percaya diri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya,  tulisan tangan seseorang dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Itu sebabnya, ketika membuat surat lamaran kerja tertulis, lakukan dengan percaya diri, ya.

3. Gunakan huruf sambung 

Untuk memberikan kesan formal, surat lamaran kerja sebaiknya dibuat menggunakan huruf tegak bersambung.

Namun, jika kurang merasa nyaman menulis dalam huruf sambung, sebaiknya jangan dipaksakan, ya. Ingat, yang terpenting adalah tulisan dalam surat rapi dan dapat dengan mudah dibaca. 

4. Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar 

Ketika membuat surat tulis tangan, tentu saja kita perlu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar atau menggunakan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Hindari menggunakan tulisan singkat atau kalimat yang tidak baku. 

5. Perhatikan margin surat

Dalam membuat surat tulis tangan, margin surat perlu diatur secara manual. Ini dapat dilakukan dengan memberi garis halus pada bagian kiri dan kanan surat. Setelah surat selesai ditulis, hapus garis tersebut dan surat lamaran yang dibuat pun akan terlihat rapi.

6. Hindari menggunakan correction pen

Kesalahan menulis merupakan hal yang sangat umum terjadi. Nah, ketika membuat kesalahan tulisan, hindari menutupinya dengan correction pen. Sebaiknya gunakan lembar baru dan tulis kembali surat lamaran tersebut. 

7. Perhatikan format surat 

Dalam membuat surat lamaran tertulis tangan, perhatikan bagian pembuka, isi, dan penutup surat. Selain itu perhatikan juga jarak antara huruf agar enak dibaca. Seperti contoh surat lamaran kerja yang akan dibahas di poin berikutnya. 

Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan 

Ketika menulis surat lamaran kerja, sebaiknya buat di atas kertas folio bergaris agar tulisan kita terlihat rapi. Selain itu, gunakan pulpen berwarna hitam dengan Bahasa Indonesia yang sopan serta formal, ya.

Nah, berbeda dengan surat lamaran yang ditulis dalam surel, untuk surat lamaran kerja tulis tangan harus dilengkapi dengan tanda tangan dan keterangan alamat serta instansi surat pada awal surat. 

Untuk memberikan gambaran soal lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar, berikut contoh berdasarkan bidang pekerjaannya:

1. Surat lamaran kerja tulis tangan CPNS Umum 

surat lamaran kerja tulis tangan CPNS
Sumber gambar: Laelitm.com

2. Surat lamaran kerja tulis tangan perawat

surat lamaran kerja tulis tangan perawat
Sumber gambar: Nehanesia.com

3. Surat lamaran kerja tulis tangan di PT

surat lamaran kerja tulis tangan PT
Sumber gambar: Mpssoft.co.id

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang dapat digunakan ketika melamar sebagai CPNS. Pastikan surat lamaran ini ditulis dengan rapi dan dapat dibaca dengan jelas sehingga peluang untuk diterima perusahaan atau instansi pun semakin besar.

Cari tahu berapa gaji bersih bulananmu

Perencanaan untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan kapabilitasmu sama pentingnya dengan merencanakan keuanganmu di masa mendatang.

Pada momen ketika kamu dan pihak HRD bernegosiasi soal gajimu, kamu perlu perhatikan jumlah yang tepat dalam memenuhi kebutuhan. Jangan lupa kamu punya pengeluaran bulanan tetap.

Nah sebagai pedoman, kamu bisa gunakan kalkulator gaji bersih berikut.

Dapat penghasilan Rp30 juta sebulan, tertarik?

Sembari kamu mencari pekerjaan, gak ada salahnya kamu bergabung dengan Mitra Lifepal. Di sini kamu akan dibimbing untuk memasarkan berbagai produk asuransi dari beragam rekanan asuransi Lifepal.

Gak tanggung-tanggung, kamu bisa meraih penghasilan bulanan mencapai Rp30 juta lho! Yuk bergabung dengan Mitra Lifepal.

Untuk mendapatkan inspirasi mengenai konsep surat lamaran yang ideal serta hal-hal terkait keuangan dan asuransi, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.

Semoga berhasil dengan lamaran pekerjaannya, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →