Surat Pengalaman Kerja: Fungsi dan Contohnya yang Ideal

fungsi surat pengalaman kerja

Surat pengalaman kerja adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau instansi yang menerangkan seseorang pernah bekerja di perusahaan tersebut selama periode tertentu. 

Umumnya, surat kerja ini hanya diberikan kepada karyawan yang memiliki catatan riwayat kerja yang baik dan telah bekerja lebih dari satu tahun. Itu sebabnya, surat pengalaman kerja menjadi poin penting dalam meyakinkan HRD bahwa pelamar memiliki pengalaman kerja yang baik di perusahaan sebelumnya.

Karena itulah, surat ini harus dibuat sejelas dan semenarik mungkin. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita terapkan. Simak, yuk! 

Fungsi Surat Pengalaman Kerja 

contoh surat rekomendasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat keterangan ini dapat menunjukkan kinerja dan prestasi kerja seseorang selama di perusahaan sebelumnya. Dengan kata lain, surat ini berperan penting dalam membantu meningkatkan karier kita selanjutnya.

Selain digunakan untuk menunjukkan prestasi kerja, surat ini juga menjadi salah satu syarat pencairan dana tunjangan sosial, yaitu BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS Ketenagakerjaan

Namun, jangan khawatir jika tidak memiliki surat pengalaman kerja, kita bisa meminta surat keterangan kerja sebagai penggantinya. Tanpa melengkapi persyaratan tersebut, dana JHT seorang karyawan tidak akan bisa dicairkan. 

Selain itu, surat pengalaman kerja juga menjadi persyaratan wajib ketika ingin mendaftarkan diri dalam program beasiswa dari pemerintah hingga institusi swasta. Jadi, jangan lupa untuk meminta surat pengalaman selama kerja ketika memutuskan untuk mengundurkan diri di suatu perusahaan atau instansi, ya! 

Poin Penting dalam Surat Pengalaman Kerja stampel surat pengalaman kerja

Surat pengalaman kerja sebenarnya tidak memiliki format pasti yang harus diikuti oleh setiap perusahaan. Justru surat kerja tersebut perlu disesuaikan dengan fungsinya. 

Meski begitu, ada beberapa poin penting yang perlu selalu tercantum dalam surat pengalaman kerja. Berikut di antaranya: 

1. Kop surat

Kop surat menjadi salah satu persyaratan penting dalam membuat surat pengalaman kerja yang resmi. Kop surat atau kepala surat terdiri dari nama instansi atau perusahaan, logo, alamat, alamat surel, dan nomor telepon yang dapat berfungsi sebagai identitas perusahaan atau instansi. Umumnya kop surat ini diletakkan pada bagian atas surat. 

2. Nama dan Nomor Induk Karyawan (NIK)

Pembuat surat juga perlu mencantumkan nama dan Nomor Induk Karyawan (NIK). NIK adalah angka unik sebagai bentuk identitas resmi karyawan yang diciptakan oleh perusahaan.

3. Periode dan jabatan kerja 

Cantumkan juga periode kerja karyawan tersebut. Jangan lupa cantumkan juga jabatan kerja dan hubungan struktural antara penulis surat pengalaman kerja dengan karyawan tersebut. 

4. Kontribusi dan keterampilan

Surat pengalaman kerja tentu tidak akan lengkap tanpa menjelaskan keterampilan dan pencapaian apa saja yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Pastikan keterampilan yang dicatat dalam surat relevan dengan posisi yang akan ditempati karyawan tersebut nantinya. 

5. Stempel resmi

Surat pengalaman kerja juga perlu dilengkapi dengan stempel yang berfungsi sebagai tanda persetujuan atas nama pihak perusahaan atau instansi tersebut. Stempel resmi perusahaan umumnya menggunakan tinta dengan warna dasar, yaitu hitam, biru, atau merah. 

Contoh Surat Pengalaman Kerja 

Jika masih bingung bagaimana cara membuat surat pengalaman kerja yang baik dan benar, berikut kami cantumkan beberapa contohnya sebagai bahan referensi. 

1.  Surat pengalaman kerja karyawan

PT ELANG LAUT SEMESTA

Jl. Elang Laut No. 22, Pantai Indah, Jakarta Utara

Telpon : (021) 123456, Fax :(021) 654321

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor : 01/SPK-03/ELS/IX/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Raditya Setiawan

Jabatan : Human Resource Department 

Alamat : Jl. Elang Laut No. 22, Pantai Indah, Jakarta Utara

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa: 

Nama : Hana Tania

Jabatan : Sales Executive 

NIK : 71101982640325

Telah bekerja untuk PT Elang Laut Semesta sejak tanggal 1 Februari 2015 hingga 13 September 2019 dengan jabatan terakhir sebagai Sales Executive. 

Selama menjadi karyawan kami, Saudari Hana Tania telah menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan dan berhasil mencapai target yang ditentukan setiap bulannya. 

Demikian surat ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Jakarta, 13 September 2019

Human Resource Department

PT Elang Laut Semesta,

Raditya Setiawan

2. Surat pengalaman kerja Bahasa Inggris 

PT ELANG LAUT SEMESTA

Jl. Elang Laut No. 22, Pantai Indah, North Jakarta

Phone: (+62) 21 23456, Fax :+62) 21 654321

WORK EXPERIENCE CERITIFCATE

No : 01/SPK-03/ELS/IX/20199

The undersigned below :

Name : Raditya Setiawan

Position : Human Resource Department 

Address : Jl. Elang Laut No. 22, Pantai Indah, Jakarta Utara

Truthfully explained that: 

Name : Hana Tania

Position : Sales Executive

Registration : 71101982640325

Number of Employees

Was a permanent employee in this company and working since February 1st  2014 until September 13th 2019 15, with her last position as a Sales Executive. He quit this job based on personal whim. While working in these companies, he has given good results for the company’s progress and manage to meet the monthly target . For his dedication and good conduct during working with us, we thank you. We wish you nothing but the best in your future endeavors

Jakarta, September 13th 2019

Human Resource Department

PT Elang Laut Semesta,

Raditya Setiawan

Sebagai informasi tambahan, sebetulnya tidak ada peraturan pemerintah yang mewajibkan suatu perusahaan atau instansi untuk mengeluarkan surat pengalaman kerja. Maka dari itu, sifat pemberian surat ini bukan sesuatu yang wajib.

Namun tentu di dalam kehidupan profesional yang ideal, perusahaan dan pekerja selayaknya menjaga hubungan baik. Dalam hal ini, sewajarnya perusahaan bisa memberi pekerjanya yang memutuskan resign suatu pernyataan tertulis yang baik, apalagi jika dia telah berprestasi.

Pada penerapannya, jika permintaan karyawan tersebut disetujui, maka surat kerja ini umumnya akan diterbitkan paling lama sehari sebelum periode kerja berakhir.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →