Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Usaha dan Jasa yang Sah

Surat perjanjian kerja sama

Surat perjanjian kerja sama usaha sangatlah penting. Sebab dalam surat perjanjian kerja sama usaha terkandung hal-hal yang disetujui (dan yang tidak), syarat dan ketentuan, hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terkait.

Saling percaya adalah fondasi yang bagus untuk membangun usaha. Namun, jika hanya sebatas kesepakatan lewat lisan, tentu masih banyak kelemahannya.

Misalnya, salah satu pihak lupa dengan kewajibannya atau malah ada istilah-istilah tertentu yang justru tidak dipahami dengan baik.

Nah, dalam surat perjanjian kerja sama usaha, istilah-istilah penting juga akan dibahas guna menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Ketika berencana membangun bisnis dengan teman, surat perjanjian kerjsa sama usaha mungkin terasa berlebihan dan mengesankan ketidakpercayaan, bukan?

Namun, nyatanya dengan menetapkan batasan-batasan formal, hubungan kerja sama usaha justru akan menjadi lebih baik.

Dengan begitu, kita akan diberikan ketenangan bahwa sektor-sektor tertentu pada bisnis telah dipercayakan kepada rekan dan kita sendiri fokus pada tugas sendiri sehingga memberi kebebasan pada tiap-tiap pihak untuk berkontribusi.

Poin-poin penting dalam surat perjanjian kerja sama usaha

Melihat dari manfaat dan isi surat perjanjian kerja sama usaha di atas, kita tentu sudah dapat menggambarkan poin apa saja yang harus dimasukkan dalam surat perjanjian kerjsa sama usaha.

Namun, kalau masih bingung, poin-poin surat perjanjian kerja sama usaha berikut ini bisa jadi bahan pertimbangan saat menyusun rancangan surat perjanjian.

  1. Sebutkan syarat dan ketentuan dalam hubungan kerja sama usaha dengan jelas.
  2. Masukkan hak dan kewajiban tiap-tiap pihak yang bekerja sama dalam perjanjian tersebut.
  3. Jika ada, jabarkan komoditas usaha dalam surat perjanjian. Misalnya, jika berbisnis dalam bidang penanaman modal, jumlah modal yang disetorkan pun wajib dijelaskan.
  4. Konsekuensi yang akan diterima jika salah satu pihak melanggar ketentuan yang telah disepakati bersama.

Jika sudah terkumpul semua poin di atas, saatnya kita membuat outline dari surat perjanjian.

Menyusun outline surat perjanjian kerja sama usaha

Menyusun outline surat perjanjian kerja sama usaha bisa dilakukan setelah kita menentukan hak dan kewajiban dari tiap pihak terkait. Berikut poin-poin yang dapat kita jadikan pedoman dalam penyusunan outline.

  1. Heading atau judul surat perjanjian.
  2. Deskripsi dan/atau tujuan dari surat perjanjian. Contoh: jasa berupa penyedia barang, kerja sama penanaman modal.
  3. Pihak-pihak yang terkait dalam kerja sama beserta kewajiban masing-masing.
  4. Wilayah perjanjian tersebut berlaku.
  5. Definisi dari istilah-istilah penting yang sering muncul dalam surat perjanjian.
  6. Periode atau masa berlaku surat perjanjian.
  7. Komoditas perjanjian jika berupa jasa penyediaan barang, berisi juga harga per item, jumlah order, dan lain sebagainya.
  8. Ketentuan lain terkait komoditas dalam surat perjanjian. Contohnya, penyesuaian harga dalam bentuk diskon.
  9. Tenggat waktu pembayaran atau penyetoran modal jika merusak kerja sama penanaman modal.
  10. Poin kesepakatan jika ada salah satu pihak yang melanggar perjanjian.
  11. Poin kesepakatan untuk negosiasi ulang atau pembaharuan surat perjanjian.
  12. Peraturan yang berlaku sebagai dasar kekuatan hukum surat perjanjian.
  13. Tanda tangan pihak-pihak yang terlibat dalam surat perjanjian dan saksi-saksi dalam penandatanganan surat perjanjian.

Tips menyusun surat perjanjian kerja sama usaha

Selain fokus kepada poin-poin dan outline di atas, kita dapat memanfaatkan template yang banyak tersedia dalam software dokumen berbasis digital juga, seperti Microsoft Word, Google Document, atau WordPress.

Dalam pengetikan surat perjanjian, gunakan jenis dan ukuran huruf yang mudah dibaca, misalnya Times New Roman dengan ukuran 12px.

Jangan lupa, mengirimkan rancangan kesepakatan kepada pihak-pihak utama yang terkait dalam kesempatan tersebut agar dapat memahaminya terlebih dahulu dan memberikan masukan yang bermanfaat sebelum ditandatangani.

Bantuan ahli hukum resmi, seperti pengacara, kadang juga dibutuhkan. Namun, akan lebih baik jika rancangan surat perjanjian ini telah disusun sebelum mendatangkan pengacara.

Tujuan utamanya adalah untuk menghemat biaya, tetapi alasan lainnya adalah pengacara bertanggung jawab dan dapat memberi masukan atas hal-hal yang bersifat hukum demi menunjang keamanan pada aspek operasional hubungan kerja sama bisnis.

Kecuali jika rancangan tersebut memang memerlukan masukan dan keabsahan hukum, tidak masalah jika meminta bantuan pengacara secepatnya.

Contoh surat perjanjian kerja sama usaha

Sebagai referensi kita dalam memahami surat perjanjian resmi, Lifepal berikan dua contoh yang benar dari surat perjanjian kerja sama usaha.

Contoh surat perjanjian kerja sama usaha dagang

Contoh surat perjanjian kerja sama usaha

Contoh surat perjanjian kerja sama usaha

Contoh surat perjanjian kerja sama usaha

Contoh surat perjanjian kerja sama usaha

Contoh surat perjanjian kerja sama jasa

Berikut ini contoh surat perjanjian kerja sama penyediaan jasa dekorasi event sebuah instansi.

Contoh surat Perjanjian Kerja Sama Jasa

Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Jasa

Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Jasa

Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Jasa

Menandatangani sebuah kesepakatan melalui surat perjanjian kerja sama adalah bagian dari tradisi berbisnis secara profesional.

Terlepas dari hubungan kekerabatan yang erat, meresmikan bentuk kerja sama di atas kertas justru menjadi perwujudan saling menjaga kepercayaan satu sama lain.

Jika menyikapi kondisi sebaliknya, yaitu kerja sama bisnis tanpa surat perjanjian, gambaran yang didapatkan adalah suasana kerja yang tidak diliputi dengan kesadaran bertanggung jawab dalam bertugas dan berkontribusi demi menunjang keberlangsungan usaha.

Lindungi bisnismu dengan asuransi kebakaran

Tentu dalam berbisnis ada yang namanya dengan risiko bisnis. Gak cuma soal kalah saing dengan kompetirot, ada juga faktor-faktor internal yang dapat berujung kepada kerugian, yaitu musibah kebakaran.

Penyebabnya bisa beragam, seperti kelalaian pegawai, tersambar petir, atau bahkan tersambar api dari kebakaran gedung sebelah. Efeknya bisa luar biasa, mulai dari kerusakan aset hingga kerusakan barang dagangan.

Untuk itu dibutuhkan perlindungan dari asuransi kebakaran.

Asuransi kebakaran akan memberikan ganti rugi atas kerusakan yang menimpa rumah atau ruko termasuk barang-barang berharga di dalamnya dan juga keselamatan orang-orang di dalam ruko atau rumah yang diasuransikan.

Kalau sudah beli asuransi kebakaran, kita tidak perlu cemas lagi dengan kerugian yang besar karena perusahaan asuransi akan menanggungnya.

Jadi, jangan ragu lagi dalam mengajak rekan kita untuk berbisnis secara profesional mulai dari sekarang!

Jangan ragu untuk berkonsultasi tentang perencanaan keuangan pribadi dan bisnismu kepada pakar keuangan secara langsung di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar surat perjanjian kerja sama

Apa itu surat perjanjian kerja sama?

Surat perjanjian kerja sama adalah surat perjanjian antardua belah pihak atau lebih yang sifatnya saling mengikat. Contoh-contoh surat perjanjian kerja sama antara lain surat perjanjian kerja sama dagang atau surat perjanjian kerja sama jasa.

Apa manfaat surat perjanjian?

Manfaat-manfaat surat perjanjian, di antaranya:

  • sebagai jaminan keamanan,
  • terjaminnya hak dan kewajiban,
  • meminimalkan risiko perselisihan,
  • bukti dalam penyelesaian perselisihan.

Bagaimana cara membuat surat perjanjian agar sah di mata hukum?

Setidaknya, ada beberapa hal yang membuat surat perjanjian sah, yaitu:

  • menggunakan materai,
  • tidak dibuat dengan paksaan,
  • isinya jelas dan mudah dimengerti,
  • dibuat secara sadar, dan
  • dibuat sesuai dengan aturan atau undang-undang yang berlaku.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →