Cara Membuat Surat Pernyataan Dilengkapi Contoh Terbaru

Surat Pernyataan

Surat pernyataan adalah surat resmi yang digunakan untuk menjelaskan tentang keadaan kita sekarang. Surat ini biasa digunakan terkait kepentingan hukum maupun hal-hal penting lain. 

Tidak hanya orang pribadi, surat pernyataan juga dibutuhkan organisasi, perusahaan besar, atau pemilik bisnis. Surat pernyataan tersebut disesuaikan dengan tujuan masing-masing.

Ada yang digunakan sebagai pernyataan mengakui suatu hal tertentu, pernyataan kesanggupan, ataupun pernyataan-pernyataan lain.

Bagaimana cara membuat surat pernyataan? Seperti apa contoh surat pernyataan? Yuk simak selengkapnya berikut ini. 

Cara membuat surat pernyataan

Cara membuat surat pernyataan di Indonesia sudah pasti menggunakan bahasa Indonesia yang formal dan baku. 

Selain itu, kamu juga harus menentukan jenis dan tujuan surat pernyataan. Cantumkan di dalam judul dan isinya secara lugas dan jelas. 

Kemudian jika dibutuhkan, terdapat tanda tangan di atas materai oleh pihak yang bersangkutan.

Mengenai format, biasanya mengikuti alur berikut ini.

  • Judul surat: menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal. Penempatan rata tengah.
  • Pendahuluan: biasanya terdapat identitas pembuat dan pernyataan yang ingin disampaikan kepada pihak penerima.
  • Isi pernyataan: bisa berupa poin-poin atau pernyataan berupa paragraf.
  • Penutup: terdapat informasi nama, tanda tangan, dan tanggal. Pembubuhan tanda tangan dilakukan di atas materai.

Contoh surat pernyataan

Agar lebih mudah memahami bagaimana cara membuat surat pernyataan, berikut beberapa contoh surat pernyataan berdasarkan jenis dan tujuannya.

1. Surat pernyataan kesanggupan

Surat kesanggupan biasanya digunakan sebagai pernyataan bahwa kita menerima tanggung jawab tertentu. Biasanya digunakan saat diterima di perusahaan tertentu dan kita resmi menjadi karyawan atau bekerja sama.

Berikut contoh surat pernyataan kesanggupan.

surat pernyataan kesanggupan

2. Surat pernyataan hutang 

Surat untuk pernyataan utang digunakan menyatakan utang tertentu, baik pribadi maupun usaha. Surat ini bisa dijadikan bukti untuk meminta pertanggung jawaban pelunasan utang.

Berikut contoh surat pernyataan hutang.

surat pernyataan hutang

3. Surat pernyataan kepemilikan tanah

Selain memiliki surat tanah, pemilik properti tanah harus bersedia menandatangani sebuah surat pernyataan kepemilikan.

Surat pernyataan ini biasanya digunakan sebagai salah satu bukti sah bahwa tanah tersebut memang milik pihak pembuat pernyataan. Biasanya surat pernyataan ini digunakan untuk keperluan tertentu, misal pinjaman ke bank.

Contoh surat pernyataan kepemilikan tanah.

surat pernyataan kepemilikan tanah

4. Surat pernyataan belum menikah 

Surat pernyataan belum menikah diperlukan sebagai salah satu persyaratan ketika melamar pekerjaan, sebagai syarat mengurus beasiswa, dan lain sebagainya. 

Berikut ini contoh surat pernyataan belum menikah yang sering dijadikan template. 

surat pernyataan belum menikah

5. Surat pernyataan kerja

Surat pernyataan kerja adalah surat dari perusahaan atau karyawan/calon karyawan yang berisi tentang pernyataan kesanggupan untuk melakukan sesuatu terkait hal pekerjaan. 

Salah satu surat pernyataan kerja yaitu bersedia untuk mengikuti ikatan dinas, seperti contoh berikut.

surat pernyataan kerja

6. Surat pernyataan pengunduran diri

Ketika kamu memutuskan untuk keluar dari perusahaan, maka diharuskan untuk membuat surat pernyataan pengunduran diri.  

Berikut ini contoh surat pernyataan pengunduran diri.

surat pernyataan pengunduran diri

7. Surat pernyataan CPNS resmi dari pemerintahan 

Selain beberapa contoh di atas, ada beberapa surat pernyataan dari lembaga pemerintah yang dibuat sesuai dengan format yang ditentukan. 

Berikut ini beberapa format dan link surat pernyataan resmi dari lembaga pemerintahan:

Fungsi surat pernyataan

Secara umum, fungsi surat pernyataan ditujukan bagi pihak pembuat, penerima, dan pihak-pihak terkait yang disinggung dalam surat tersebut. Berikut penjelasan detailnya.

1. Fungsi bagi pihak pembuat

Bagi pihak pembuat, surat pernyataan bisa menjadi bukti dan cara untuk menyampaikan maksud secara bersungguh-sungguh bagi pihak penerima. 

2. Fungsi  bagi pihak penerima

Sementara bagi pihak penerima, surat pernyataan ini bisa menjadi bukti kuat atau ibarat perjanjian tulis yang menjadi dasar permintaan pertanggungjawaban dari pihak pembuat.

Jadi, kalau ada yang tidak sesuai kesepakatan, pihak penerima dapat menggunakan surat pernyataan dari si pembuat tersebut.

3. Fungsi bagi pihak yang dinyatakan

Selain pembuat dan penerima, ada pula pihak yang dinyatakan dalam surat ini. Surat pernyataan berguna sebagai penguat keadaan pihak yang dinyatakan. 

Begitulah cara membuat surat pernyataan. Yang terpenting saat membuat surat pernyataan adalah memperhatikan dengan teliti informasi dan maksud yang ingin kita sampaikan.

Dengan demikian, tidak ada kesalahpahaman di masa mendatang. Kita juga bisa menyimpan dan menggunakannya sebagai bukti valid di bawah naungan hukum. Yang pasti, gunakan bahasa formal yang singkat, padat, dan jelas. Tidak perlu bertele-tele, ya!

Jangan lupa siapkan dana darurat

Sebagai karyawan maupun pengusaha, dana darurat penting kamu miliki untuk kelangsungan bisnis di kala sulit. 

Nah bagi kamu yang pengin menyiapkan dana darurat, kamu bisa coba hitung dengan Kalkulator Dana Darurat dari Lifepal berikut ini.

 

Pertanyaan seputar surat pernyataan

Surat pernyataan adalah surat resmi yang digunakan untuk menjelaskan tentang keadaan kita sekarang. Surat ini biasa digunakan terkait kepentingan hukum maupun hal-hal penting lain.
Surat pernyataan bisa menjadi bukti dan cara untuk menyampaikan maksud secara bersungguh-sungguh bagi pihak penerima.
Cara membuat surat pernyataan di Indonesia sudah pasti menggunakan bahasa Indonesia yang formal dan baku. Selain itu, kamu juga harus menentukan jenis dan tujuan surat pernyataan. Cantumkan di dalam judul dan isinya secara lugas dan jelas. Kemudian jika dibutuhkan, terdapat tanda tangan di atas materai oleh pihak yang bersangkutan.