Tetap Peduli Lautan! Ini Kesibukan Susi Pudjiastuti Setelah Tak Lagi Jadi Menteri

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti sudah tidak lagi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Sosok pejabat yang nyentrik ini telah dipercaya Jokowi selama lima tahun penuh menjaga kelestarian, kekayaan, sampai kedaulatan laut Tanah Air. 

Selama menjabat sebagai tangan kanan Jokowi, pemilik Susi Air ini dinilai memiliki track record yang baik. Berbagai kebijakannya yang kadang nyeleneh ternyata ampuh meningkatkan kepercayaan publik terhadap instansinya. 

Beberapa riset menyebutkan, banyak warga menilai beliau sebagai sosok menteri yang paling sukses menjalankan tugasnya selama pemerintahan Kabinet Kerja. 

Penenggelaman kapal yang dilakukan pada masanya berhasil menurunkan angka penangkapan ikan ilegal oleh asing, dan meningkatkan jumlah tangkapan ikan nelayan lokal di pesisir. 

Keberhasilannya menjalankan tugas diganjar dengan berbagai penghargaan di luar maupun dalam negeri, di antaranya Leaders for a Living Planet dari WWF, Peter Benchley Ocean Awards, sampai masuk ke daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi BBC

Sekarang, Susi Pudjiastuti sudah tidak lagi menjabat sebagai menteri. Lantas, apa kegiatannya saat ini?

Kembali mengurus bisnisnya 

Susi Pudjiastuti
Kembali mengurus bisnisnya (Instagram/@susipudjiastuti115)

Sebelum menjadi menteri, nama Susi Pudjiastuti sudah lebih dulu terkenal sebagai seorang pengusaha. 

Meski cuma tamatan SMP, Susi berhasil menjadi pengusaha pengepul, pengolahan, dan pengiriman ikan di Pangandaran. 

Dia memulai usahanya dari nol pada tahun 1983 dengan modal saat itu Rp 750 ribu yang didapatnya dari menjual barang-barang berharganya termasuk perhiasan. 

Kemudian di tahun 2004, ia berhasil mendirikan maskapai penerbangan Susi Air. Tadinya sih, armadanya cuma digunakan untuk mendistribusikan hasil tangkapan ikan, tapi kemudian berubah jadi bisnis transportasi. 

Kini selepas jadi menteri, Susi otomatis bisa lebih fokus kembali mengurusi bisnisnya. 

Baca juga: Segudang Prestasi Internasional yang Disabet Menteri Susi Pudjiastuti

Pelesiran ke luar negeri 

susi pudjiastuti
Pelesiran ke luar negeri
(Instagram/@susipudjiastuti115)

Kalau kamu mau tahu kegiatan bu Susi, bisa langsung tengok ke Instagram pribadinya. Usai melepas jabatan dari menteri, beliau memamerkan momen pelesiran ke Jepang. 

Susi serta cucunya berkunjung ke Yokohama yang terkenal dengan Kota Pelabuhan. Di sini dia memamerkan foto di pinggir pelabuhan, dengan latar belakang kapal pesiar yang besar. 

Dikutip dari Tempo, wanita kelahiran 1965 ini juga diundang langsung oleh Menteri Pertahanan Jepang. 

Selain itu, dia juga bertemu dengan tokoh-tokoh lainnya, seperti istri Perdana Menteri Jepang, Akie Abe, dan seorang aktivis lingkungan asal AS, Susan Rockefeller. 

Aktif di organisasi yang didirikannya 

Susi Pudjiastuti
Aktif di organisasi yang didirikannya (Twitter/@pandulaut)

Saat menjabat sebagai Menteri KKP, Susi Pudjiastuti menginisiasikan berdirinya komunitas pencinta laut, yaitu Pandu Laut Nusantara. 

Komunitas ini fokus bergerak menjaga kelestarian laut dan biotanya. Bu Susi dipercaya menjadi Pembina Utama Pandu Laut. 

Baru-baru ini, Pandu Laut turut melaksanakan kegiatan sosial dengan membagikan kapal baru ke nelayan yang membutuhkan di Pandeglang, Banten. 

Total sebanyak lima kapal lengkap dengan mesinnya diberikan langsung oleh Bu Susi ke nelayan yang membutuhkan. Kapal itu bentuk sumbangan dari Tokopedia dan Yasarini, organisasi perkumpulan istri-istri anggota TNI. 

Itulah aktivitas Susi Pudjiastuti selepas dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Ternyata, meski sudah gak di pemerintahan, beliau tetap berkontribusi di dunia kelautan ya! (Editor: Chaerunnisa)