Cuma Lulusan SMP! Ini Tips Sukses Berkarier ala Susi Pudjiastuti

[[TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]

Sukses gak selalu harus lulusan sekolah tinggi, Susi Pudjiastuti membuktikannya. Menteri Kelautan dan Perikanan di era Jokowi itupun memiliki tips meraih sukses dari diri sendiri bukan pada titel yang disandang.

Pebisnis asal Pangandaran, Jawa Barat tersebut punya rahasia kenapa bisa seperti saat ini. Di gelaran Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2018, beberapa waktu lalu, Susi memberikan wejangan meraih sukses berkarier.

Tips-tips yang diucapakan wanita kelahiran 1965 tersebut terbukti berhasil. Pasalnya, meski cuma tamatan SMP, Susi sukses jadi pengusaha. Dia malah ditawari jadi menteri oleh presiden. Wow banget kan!

Pengin sukses kayak Susi Pudjiastuti? Yuk, simak tips karier ala Bu Susi berikut ini:

1. Belajar sendiri

Belajar sendiri (Ilustrasi).

Susi mengaku, dia gak terpaku sama sistem sekolah. Namun, bukan sistem sekolah yang salah. Dia pun memilih buat belajar sendiri.

Ini jadi pelajaran penting buat kamu yang merasa gak cocok sama sistem tertentu. Dari pengakuan Susi itu, bisa kita pelajari bahwa kita gak perlu salahkah sistem yang udah ada. Kalau gak cocok, maka kamu bisa out dan belajar sendiri.

Meski begitu, Susi jujur mengakui merasa sedikit menyelas mengapa putus sekolah. Meski demikian, dia gak berlarut dalam penyesalan tersebut. Justru itu menjadi pemacu dirinya meraih sukses.

2. Tunjukkan hasil kerja

Menunjukkan hasil kerja (Ilustrasi).

Dalam karier, jadi berbeda dan tabu gak apa-apa. Yang penting, kamu bisa menunjukkan hasil kerja kamu. Dalam hal ini, Susi emang dikenal cukup eksentrik, khususnya soal penampilan dan keputusan tertentu.

Nah, kamu bisa tiru wejangan satu ini. Dalam pekerjaan, kadang gak ada salahnya buat bikin gebrakan. Yang terpenting, kamu bisa memberi data jelas mengenai potensi keberhasilan cara tertentu.

Kemudian, tunjukkan bahwa kamu emang bekerja keras dan kasih hasil memuaskan.

3. Jangan langsung katakan “tidak”

Jangan langsung katakan tidak saat bekerja (Ilustrasi).

Susi mengingatkan, dia mendapat brief sebelum jadi menteri keesokan harinya selama dua menit aja pada pukul 23.00 WIB.

Bahkan, saat itu dia baru balik dari luar negeri. Namun, Susi mengungkapkan, dia gak punya waktu buat bilang “tidak” terhadap tawaran tersebut.

Nah, kamu bisa tiru cara ini saat di kantor. Bila kamu emang bisa mengerjakan suatu tugas, jangan buru-buru katakan “tidak”. Siapa tahu kan karier kamu makin menanjak karena sikap kamu yang proaktif dan cekatan?

4. Siap saat dibutuhkan

Selalu siap saat dibutuhkan
Selalu siap saat dibutuhkan (ilustrasi)

Siapa sangka, inisiatif Susi buat menerbangkan pesawat Susi Air-nya saat bencana tsunami Aceh, beberapa tahun lalu, malah bikin brand tersebut makin dikenal.

Dia kemungkinan gak memikirkan brand pesawatnya tersebut dikenal luas oleh masyarakat saat itu. Namun, sikap cekatan Susi saat dibutuhkan emang memberikan efek positif.

Nah, kamu pun harusnya demikian saat bekerja. Gak ada salahnya lho selalu siap saat dibutuhkan. Soft-skill seperti ini jadi nilai jual buat peningkatan karier kamu agar semakin dikenal atasan.

5. Paham konsekuensi terhadap profesi tertentu

Paham konsekuensi terhadap profesi tertentu (Ilustrasi).

Yang gak kalah penting saat ingin mengembangkan karier, kamu perlu paham setiap pilihan ada konsekuensinya. Susi memaparkan, dirinya gak merasa risih kehilangan privasi sejak menjadi menteri. Dia gak merasa masalah bila ada yang memotretnya.

Setiap profesi, pasti ada konsekuensi. Entah privasinya berkurang atau waktu me time yang makin sedikit. Kamu harus bisa menghadapi perubahan tersebut. Pasalnya, dengan begitu kamu bisa bertahan dan semakin meningkatkan karier kamu.

Keren ya nasihat buat meraih sukses di atas. Siap buat ikuti tips-tips di atas? Kali aja kamu bisa sukses kayak Susi Pudjiastuti. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →