Perhatikan Syarat Asuransi Mobil Untuk Klaim yang Harus Dipenuhi

syarat asuransi mobil

Memiliki asuransi mobil berarti kita harus memahami syarat asuransi mobil yang tepat. Hal ini dapat membantu kita terhindar dari penolakan klaim asuransi dari perusahaan asuransi.

Mengajukan klaim asuransi tidak dapat dilakukan sembarangan. Namun jangan khawatir, syarat asuransi mobil untuk klaim yang harus dipenuhi sebenarnya tidak rumit.

Sama seperti syarat klaim asuransi kaca mobil pecah. Jika perlu, kita dapat meminta bantuan pihak perusahaan asuransi juga.

Syarat asuransi mobil untuk klaim

Meski setiap perusahaan asuransi memiliki proses klaim asuransi mobil dan biaya klaim asuransi mobil yang berbeda, namun secara umum berikut syarat asuransi mobil untuk klaim yang harus dipenuhi. Syarat ini biasanya juga sama seperti syarat klaim asuransi kaca mobil pecah.

1. Memastikan penyebab kerugian ditanggung asuransi

Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil, pastikan kerusakan pada mobil sudah termasuk dalam risiko kerugian yang ditanggung perusahaan asuransi, sebagaimana tertera dalam polis.
Jika sudah memenuhi kondisi yang ditetapkan pada polis, maka kemungkinan besar klaim akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Misalnya, bagi kita pemilik asuransi all risk yang mengalami kecelakaan akibat huru-hara, maka pastikan bahwa di dalam polis asuransi kita memang tertera di dalamnya.

Pasalnya, sebagian asuransi all risk hanya menanggung kerugian akibat huru-hara jika kita membayar perluasan jaminan dengan premi tambahan.

Sama halnya jika kita adalah pemegang asuransi TLO yang mana pertanggungannya tidak seluas all risk. Apabila kerusakan pada mobil kita terbilang penyok atau kaca pintu mobil yang pecah, maka klaim kita tidak akan tembus.

Nyatanya, asuransi TLO hanya menanggung kerusakan yang skalanya lebih parah, yaitu minimal 75 persen kerusakan atau hampir pasti mobil tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya lagi.

2. Melaporkan klaim dalam batas waktu yang ditentukan

Waktu pelaporan klaim merupakan syarat asuransi mobil untuk klaim yang penting diperhatikan juga. Jangan sampai waktu pelaporan melewati batas yang sudah ditentukan karena kemungkinan hal ini akan membuat klaim asuransi mobil kita ditolak.

Pada jenis-jenis klaim asuransi mobil, umumnya perusahaan asuransi memberlakukan waktu pelaporan maksimal 3×24 jam setelah kecelakaan atau kehilangan mobil terjadi.

Jika batas maksimal tersebut sudah lewat, maka perusahaan asuransi bisa saja menolak klaim asuransi mobil yang diajukan. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk segera melaporkan kejadian secepat mungkin kepada pihak asuransi.

Disarankan sekali untuk melaporkan melalui kanal komunikasi secara langsung kepada sambungan layanan resmi. Umumnya perusahaan asuransi memiliki saluran telepon hotline yang dapat dihubungi 24 jam.

Jika tidak mengetahui nomor telepon yang bisa dihubungi, kita bisa menghubungi agen asuransi untuk mendapatkan bantuan.

Saat melaporkan kejadian kecelakaan atau kehilangan mobil, kita perlu mengingat hal tersebut secara kronologis.

Termasuk hal-hal apa yang menjadi penyebab dan proses kejadian kecelakaan atau kehilangan mobil yang kita alami. Kita pun bisa mencatat kronologisnya agar tidak lupa atau salah memberikan keterangan.

3. Mengisi formulir klaim dan melengkapi dokumen

Saat mengajukan klaim asuransi mobil, kita harus mengisi formulir pengajuan dengan lengkap dan sesuai dengan dokumen serta bukti yang mendukung.

Saat ini, sebagian perusahaan asuransi memberikan kemudahan untuk mengisi formulir dan melengkapi dokumen untuk klaim asuransi mobil secara online.

Namun, pastikan situs web tersebut resmi dan dapat dipercaya. Kemudian, baca dengan cermat dan isi tiap kolom dengan tepat.

Setelah mengisi formulir pengajuan, kita diminta melengkapi dokumen sebagai salah satu syarat asuransi mobil untuk klaim. Syarat klaim ini penting dan tidak bisa diabaikan.

Saat akan mengajukan klaim asuransi mobil, maka persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, antara lain:

  1. Fotokopi polis asuransi
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Surat Keterangan dari Kepolisian
  4. Fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM)
  5. Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Jika pengajuan klaim asuransi mobil akibat pencurian, maka sebagai syarat asuransi mobil untuk klaim yaitu surat keterangan pihak kepolisian mengenai pencurian kendaraan serta surat pemblokiran STNK.

4. Menyertakan bukti untuk mendukung klaim

Memberikan bukti sebagai syarat asuransi mobil untuk klaim, terutama pada risiko kecelakaan, adalah wajib. Jika memungkinkan, segera ambil foto bagian mobil yang rusak. Foto tersebut nantinya dapat diajukan sebagai bukti sebagai syarat asuransi mobil untuk klaim kita.

Bagi kita pemilik asuransi all risk, maka kita dapat mengajukan klaim asuransi mobil termasuk saat mengalami kerusakan ringan atau sedang.

Sementara itu, untuk asuransi TLO, kerugian yang dijaminkan hanya jika terjadi kerusakan mobil di atas 75 persen atau tergolong rusak berat. Di bawah itu, asuransi TLO tidak menjamin ganti rugi.

Setelah semua syarat-syarat klaim di atas sudah terpenuhi, kita dapat mendatangi bengkel rekanan untuk perbaikan atau menghubungi pihak asuransi untuk jasa derek ke bengkel rekanan untuk mobil yang rusak berat.

Sebagian polis asuransi mobil menanggung biaya jasa derek, sementara sebagian lagi, membebankan biaya tersebut kepada pemilik asuransi.

Mengalami kecelakaan atau kehilangan mobil bukanlah hal yang menyenangkan, namun risiko itu bisa diminimalkan dengan perlindungan asuransi mobil.

Meski demikian, siapkan syarat-syarat asuransi mobil untuk klaim sebagaimana disebutkan di atas, agar klaim asuransi mobil kita dapat disetujui dan ganti ruginya dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Mau tahu ulasan-ulasan profil perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang menyediakan produk asuransi kendaraan bermotor? Cari tahu saja di Lifepal, ya!

Tips dari Lifepal! Memiliki asuransi mobil berarti kita harus memahami syarat asuransi mobil untuk klaim yang tepat. Hal ini dapat membantu kita terhindar dari penolakan klaim asuransi dari perusahaan asuransi.

Mengajukan klaim asuransi tidak dapat dilakukan sembarangan. Namun jangan khawatir, syarat asuransi mobil untuk klaim yang harus dipenuhi sebenarnya tidak rumit. Sama seperti syarat klaim asuransi kaca mobil pecah. Jika perlu, kita dapat meminta bantuan pihak perusahaan asuransi juga.

Memberikan bukti sebagai syarat asuransi mobil untuk mengklaim, terutama pada risiko kecelakaan, adalah wajib. Jika memungkinkan, segera ambil foto bagian mobil yang rusak. Foto tersebut nantinya dapat diajukan sebagai bukti syarat klaim asuransi mobil kita.

Setelah semua syarat asuransi mobil untuk klaim sudah terpenuhi, kita dapat mendatangi bengkel rekanan untuk perbaikan atau menghubungi pihak asuransi untuk jasa derek ke bengkel rekanan untuk mobil yang rusak berat.

Sebagian polis asuransi menanggung biaya jasa derek, sementara sebagian lagi, membebankan biaya tersebut kepada pemilik asuransi.

Simak pula ulasan mengenai cara klaim asuransi mobil all risk di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar syarat asuransi mobil 

Saat akan mengajukan klaim asuransi mobil, maka persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan antara lain: fotokopi polis asuransi, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM), fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), surat Keterangan dari Kepolisian. Yuk, cek info lebih lanjut di artikel ini.
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.
Memberikan bukti sebagai syarat klaim asuransi mobil, terutama pada risiko kecelakaan, adalah wajib. Jika memungkinkan, segera ambil foto bagian mobil yang rusak. Foto tersebut nantinya dapat diajukan sebagai bukti syarat klaim asuransi mobil kita.
Dapatkan Promo