Cari Tahu Produk Tabungan Bank Jatim Selengkapnya di Sini

shutterstock_image-229

Didirikan dengan visi menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nomor 1 di Indonesia, Bank Jatim menjadi salah satu bank yang ikut membangun perkembangan perekonomian daerah. Salah satu parameternya adalah memperkuat permodalan daerah.

Tugas utama Bank jatim adalah membantu mengembangkan potensi pertumbuhan ekonomi daerah melalui sektor-sektor usaha kredit kecil dan menengah dalam rangka mendapatkan laba yang optimal. Adapun kegiatan lain dari Bank Jatim yakni menghimpun dan menyalurkan dana serta memberikan jasa-jasa perbankan lainnya.

Dengan SDM berdaya saing tinggi, Bank Jatim mampu mengakselerasi kinerja dan transformasi bisnis yang sehat menurut era digital bank. Tak lupa pula memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah Jawa Timur dan menerapkan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan.

Pilihan produk tabungan Bank Jatim

tabungan bank jatim konvensional

Apa saja produk tabungan Bank Jatim? Yuk, simak pembahasan selengkapnya.

1. Tabunganku

TabunganKu merupakan salah satu produk tabungan perorangan yang memiliki keuntungan ditiadakannya atau tanpa biaya administrasi bulanan, bunga akan dihitung berdasarkan saldo harian, dan bunga tersebut akan dibayarkan setiap bulan pada tanggal 16.

Persyaratan TabunganKu

  • Mengisi formulir data nasabah (CIF).
  • Mengisi formulir permohonan rekening tabungan.
  • Setoran awal pembukaan rekening minimum Rp20.000.
  • Setoran selanjutnya minimum Rp10.000.
  • Saldo minimum rekening (setelah penarikan) Rp20.000.
  • Biaya penutupan rekening atas permintaan nasabah sebesar Rp20.000.
  • Jumlah minimum penarikan di counter sebesar Rp100.000.

2. Tabungan SiUMI

Dengan tujuan menggerakan sektor ekonomi produktif, khususnya di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Bank Jatim meluncurkan Program SiUMI (Siklus Mikro Kecil) yang mana program ini merupakan program bundling dari tabungan SiUMI dan kredit SiUMI.

Program ini ditujukan khusus bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang telah memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yang diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat. Pelaku Usaha Mikro Kecil ini dapat membuka tabungan SiUMI yang sudah sekaligus dilengkapi dengan Kartu ATM SiUMI.

Selanjutnya, Pelaku Usaha Mikro Kecil tersebut dapat menggunakan Kartu ATM SiUMI untuk mengakses layanan perbankan Bank Jatim lainnya seperti, kredit dan jasa perbankan lainnya.

3. Tabungan SiKLUS

Tabungan SiKLUS memiliki beragam fasilitas dan keuntungan yang akan memberikan kemudahan dan kenyaman untuk nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan.

Keuntungan Tabungan SiKLUS

  1. Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi.
  2. Bunga tabungan dihitung berdasarkan saldo harian.

Persyaratan Tabungan SiKLUS

  1. Mengisi formulir data nasabah (CIF).
  2. Mengisi formulir permohonan rekening tabungan.
  3. Fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar/lainnya) yang masih berlaku.
  4. Setoran pertama minimal Rp50.000.
  5. Setoran selanjutnya minimal Rp50.000.
  6. Saldo yang tersisa setiap dilakukan pengambilan minimal Rp50.000.
  7. Biaya administrasi per bulan Rp7.500.
  8. Biaya administrasi ATM per bulan Rp5.000.

Fasilitas

  1. On Line / Real Time
    Merupakan salah satu bentuk kemudahan yang kami berikan kepada para nasabah.Dengan fasilitas ini transaksi penyetoran dan penarikan dapat dilakukan dari dan ke seluruh Kantor Cabang/ Kantor Kas Bank Jatim karena Bank Jatim sudah On Line ke seluruh Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas.
  2. ATM Bank Jatim
    Kamu dapat menggunakan kartu ATM Bank Jatim sebagai sarana transaksimu 24 jam sehari. Kartu ATM Bank Jatim dapat digunakan untuk transaksi penarikan tunai, pembayaran telepon, air, PBB, listrik, SMS Banking dan transfer antar rekening Bank Jatim.

Kartu ATM Bank Jatim juga tergabung dalam jaringan ATM Bersama dengan fasilitas yang dimiliki, antara lain berupa penarikan tunai, cek saldo dan transfer antarbank sesama anggota ATM Bersama. 

Saat ini, kartu ATM Bank Jatim juga dapat berfungsi sebagai kartu debit yang mana kartu ATM Bank Jatim telah tergabung dengan jaringan Prima sehingga nasabah Bank Jatim dapat menggunakan layanan debit untuk setiap transaksi di tempat-tempat yang berlogo Prima.

4. Tabungan SiKLUS VALAS

Tabungan SiKLUS VALAS merupakan rekening simpanan nasabah dalam mata uang asing yang dapat dibuka, disetor, dan ditarik di seluruh Cabang Bank Jatim. Tabungan Siklus Valas memberikan kemudahan, kenyamanan, dan tak lupa keuntungan kepada nasabah dalam bertransaksi sekaligus berinvestasi. 

Tersedia dalam lima jenis mata uang asing, yaitu USD, SGD, JPY, EUR, dan HKD.

Mata Uang Setoran Awal Saldo Minimum Biaya Admin per Bulan Biaya Admin Penutupan Rekening Biaya di Bawah Saldo Minimum
USD USD 100 USD 100 USD 0.5 USD 5 Bebas Biaya
SGD SGD 100 SGD 100 SGD 1 SGD 5 Bebas Biaya
EUR EUR 50 EUR 20 EUR 1 EUR 5 Bebas Biaya
JPY JPY 7500 JPY 2500 JPY 50 JPY 400 Bebas Biaya
HKD HKD 400 HKD 100 HKD 7 HKD 35 Bebas Biaya

5. Tabungan SIMPEDA

Tabungan SIMPEDA (Simpanan Pembangunan Daerah) memberikan keuntungan kepada para nasabahnya berupa kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi, bunga tabungan akan dihitung berdasarkan saldo harian, serta hadiah yang diundi sebanyak tiga kali dalam satu tahun, yaitu tingkat regional dan tingkat nasional.

Persyaratan

  1. Mengisi formulir data nasabah (CIF).
  2. Mengisi formulir permohonan rekening tabungan.
  3. Fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar/lainnya) yang masih berlaku.
  4. Setoran pertama minimal Rp50.000.
  5. Setoran selanjutnya minimal Rp50.000.
  6. Saldo yang tersisa setiap dilakukan pengambilan minimal Rp50.000.
  7. Biaya administrasi per bulan Rp8.000 (non ATM).
  8. Biaya administrasi ATM per bulan Rp5.000.

Fasilitas

  1. On Line / Real Time
    Merupakan salah satu bentuk kemudahan yang kami berikan kepada para pelanggan. Dengan fasilitas ini transaksi penyetoran dan penarikan dapat dilakukan dari dan ke seluruh Unit Kerja Bank Jatim sebab Bank Jatim sudah On Line ke seluruh Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas.
  2. Undian Tabungan SIMPEDA
    Setiap penabung SIMPEDA yang memenuhi syarat diikutsertakan dalam undian tabungan SIMPEDA dengan hadiah yang sangat menarik sebesar Rp12 milyar yang diundi sebanyak 3x dalam satu tahun yaitu 2x untuk tingkat Nasional dan 1x untuk tingkat Regional.
  3. ATM Bank Jatim
    Kamu berhak untuk mendapatkan kartu ATM Bank Jatim sebagai sarana transaksimu 24 jam sehari. Kartu ATM Bank Jatim dapat digunakan untuk transaksi penarikan tunai, pembayaran telepon, air, PBB, listrik, SMS Banking dan transfer antarrekening Bank Jatim, antarrekening anggota ATM Bersama dan ATM Prima, serta Cek Saldo.

6. Tabungan SIMPEL

Tabungan SIMPEL (Simpanan Pelajar) dikhususkan untuk nasabah yang masih sekolah, pelajar atau siswa sekolah dimulai dari tingkat PAUD hingga SMA. Dengan nominal setoran awal yang murah dan setoran selanjutnya yang ringan, tabungan ini dibuat untuk memberikan edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

SIMPEL juga dilengkapi dengan layanan e-delivery channel yang memudahkan siswa untuk melakukan transaksi. Apa saja persyaratannya?

Syarat dan ketentuan

  • Tabungan perorangan untuk siswa Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Diperuntukkan bagi siswa PAUD,TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat, yang berusia dibawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.
  • Pembukaan rekening dilakukan melalui kerjasama antara sekolah dengan bank.
  • Orang tua/wali dapat memberi kuasa kepada sekolah (pejabat sekolah yang ditunjuk) atau pihak lain untuk pembukaan rekening SIMPEL).
  • Satu siswa hanya diperkenankan memiliki 1 (satu) rekening SIMPEL di 1 (satu) bank yang sama.
  • Tidak diperkenankan untuk rekening bersama (joint account).
  • Transaksi penarikan, penyetoran dan pemindahbukuan dapat dilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai permintaan nasabah dan kebijakan bank.

Keuntungan

  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Setoran awal buka rekening Rp5.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp1.000.
  • Saldo minimum Rp5.000.

Tabungan SIMPEL memiliki status Dormant (tidak ada transaksi selama 12 bulan berturut-turut) sebagai berikut :

  1. Rekening dikenakan biaya denda sebesar Rp1.000 per bulan.
  2. Apabila saldo rekening kurang dari Rp5.000 maka rekening dapat ditutup secara otomatis.
  • Biaya penutupan rekening Rp5.000.
  • Bebas biaya ganti buku.

7. Tabungan SiNYAL

Tabungan SiNYAL diperuntukkan khusus bagi masyarakat nelayan dengan beberapa fasilitas khusus, seperti pembebasan biaya administrasi tabungan. Adapun keuntungan yang akan didapatkan nasabah sebagai berikut.

  1. Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi.
  2. Bunga tabungan akan dihitung berdasarkan saldo harian.
  3. Bebas biaya administrasi.

Persyaratan

  • Persyaratan Umum
    • Perorangan
    • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan profesi sebagai nelayan
    • Berusia di atas 17 tahun
  • Persyaratan Administrasi
    • Mengisi formulir CIF
    • Mengisi formulir Pembukaan Rekening Tabungan
    • Menyerahkan fotocopy identitas diri/tanda pengenal yang masih berlaku
    • setoran pertama minimal Rp10.000
    • setoran selanjutnya minimal Rp10.000
    • saldo mengendap minimal Rp5.000

Tabungan syariah Bank Jatim

tabungan bank jatim berbasis syariah

Namun, tidak sampai di situ saja produk dan pelayanan dari tabungan Bank Jatim. Mengingat semakin banyaknya umat muslim yang mulai hijrah, termasuk dalam hal keuangan, maka dunia perekonomian syariah pun turut berkembang pesat.

Jadi, tidak hanya tabungan konvensional, nasabah juga dapat memilih untuk menabung secara syariah di Bank Jatim. Sistemnya pun tentu saja sudah menganut fiqh muamalah yang tepat. Apa saja pilihan tabungan syariah di Bank Jatim?

1. Tabungan Barokah

Tabungan Barokah merupakan simpanan dengan prinsip bagi hasil (mudharabah) antara bank dan nasabah sesuai nisbah yang telah disepakati kedua belah pihak. Penarikannya pun dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Mudharabah mutlaqah  adalah akad antara pihak pemilik modal dengan bank untuk memperoleh keuntungan, yang kemudian akan dibagikan sesuai nisbah yang disepakati. Dalam hal ini, bank diberikan kekuasaan untuk mengelola modal atau menentukan investasi sesuai proses syariah.

Keuntungan

  1. Dana nasabah dijamin aman.
  2. Diikutkan dalam program penjaminan pemerintah.
  3. Bagi hasil sangat kompetitif/ bersaing.
  4. Dapat dijadikan jaminan pembiayaan atau referensi Bank Jatim Syariah.
  5. Dapat ditarik/disetor setiap saat di seluruh cabang Bank Jatim.
  6. Mendapatkan fasilitas kartu ATM, sms banking, dan mobile banking.
  7. Nasabah dapat menyalurkan zakat melalui Tabungan Barokah.
  8. Diperuntukan nasabah perorangan, yayasan, badan hukum, dan lembaga-lembaga lainnya.

Persyaratan

  1. Mengisi formulir dan akad pembukaan rekening.
  2. Menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor) dan untuk perusahaan ditambahkan fotokopi SIUP/SITU/TDP/NPWP dan akta pendirian perusahaan (berikut perubahannya).

Fitur

No Komponen Tarif
1. Setoran awal minimal Rp50.000
2. Setoran selanjutnya minimal Rp10.000
3. Biaya administrasi rekening pasif Bebas biaya
4. Biaya administrasi per bulan maksimal Rp5.000
5. Biaya penutupan rekening Rp50.000
6. Saldo minimal Rp50.000
7. Ganti buku hilang/rusak Bebas biaya

Simulasi penghitungan bagi hasil

Berikut contoh penghitungan bagi hasil dari Tabungan Barokah.

Saldo rata-rata Tabungan Barokah milik Pak Alex pada bulan januari 2019 sebesar Rp5.000.000. Perbandingan nisbah bagi hasil antara nasabah dan bank adalah sebesar 12,5 persen berbanding 87,5 persen. 

Bila saldo rata-rata Tabungan Barokah pada bulan Januari 2019 adalah Rp8,4 miliar dan pendapatan bank yang dibagihasilkan untuk Tabungan Barokah adalah Rp5 miliar, maka bagi hasil yang didapat oleh Pak Alex sebagai berikut.

(Rp5 juta x Rp5 miliar x 12,5%) / Rp8,4 miliar = Rp372.024

Jadi bagi hasil yang diperoleh Pak Alex pada bulan januari 2019 sebesar Rp372.024

2. Tabungan Haji Amanah

Tabungan ini memiliki simpanan dengan sistem bagi hasil (mudharabah mutlaqah) demi mewujudkan niat dan langkah nasabah menuju Baitullah. Dan, tentu saja dalam menyempurnakan rukun Islam dan in syaa Allah menjadi haji yang mabrur.

Manfaat

  1. Dana nasabah dijamin aman.
  2. Diikutkan dalam program penjaminan pemerintah.
  3. Online dengan SISKOHAT Kementerian Agama.
  4. Bagi hasil kompetitif/bersaing.
  5. Paket souvenir yang menarik.
  6. Bebas biaya administrasi bulanan.
  7. Beas biaya penutupan rekening.

Syarat dan ketentuan

  1. Mengisi formulir dan akad pembukaan rekening.
  2. Menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor).
  3. Saldo minimal untuk didaftarkan SISKOHAT adalah Rp25.000.000 atau sesuai dengan ketentuan Kementrian Agama.
  4. Tidak dapat dicairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Fitur

NO. Komponen Tarif
1 Setoran awal minimal Rp100.000    
2 Setoran selanjutnya minimal Rp50.000
3 Biaya administrasi per bulan maksimal Bebas Biaya
4 Biaya penutupan rekening Bebas Biaya

3. Tabungan Umroh iB Amanah

Tabungan Umroh iB Amanah merupakan simpanan dana dengan prinsip wadiah yad dhamanah. Di mana simpanan nasabah merupakan dana titipan kepada bank. Tabungan ini membantu mempermudah nasabah dalam mempersiapkan perjalanan ibadah umroh bersama keluarga tersayang. Apa saja keuntungannya?

Keuntungan

  • Dana nasabah dijamin aman.
  • Diikutkan dalam program penjaminan pemerintah.
  • Dapat disetor setiap saat di seluruh cabang Bank Jatim.
  • Bekerja sama dengan biro travel umroh berpengalaman.
  • Nasabah bebas memilih biro travel umroh sesuai dengan keinginan.
  • Tanpa ada jangka waktu tabungan.
  • Memberikan kemudahan dalam mewujudkan impian beribadah umroh bersama keluarga.

Syarat dan ketentuan

  • Mengisi formulir dan akad pembukaan rekening.
  • Menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor) dan NPWP.
Tabel Informasi Tabungan Imroh iB Amanah
Komponen Tarif
Setoran awal minimal Rp100.000
Setoran selanjutnya minimal Rp50.000
Biaya administrasi per bulan Bebas biaya
Biaya administrasi rekening pasif Bebas biaya
Biaya penutupan rekening Bebas biaya
Biaya ganti buku hilang/rusak Rp10.000

4. TabunganKu iB

Simpanan dana dengan menggunakan prinsip wadiah yad dhamanah, dimana dana simpanan danamu diperlakukan sebagai titipan dan penarikanya dapat dilakukan setiap saat..

Keuntungan

  1. Dana nasabah dijamin aman.
  2. Diikutkan dalam program penjaminan pemerintah.
  3. Bebas biaya administrasi bulanan.
  4. Dapat dijadikan jaminan pembiayaan atau referensi Bank Jatim Syariah.
  5. Fasilitas ATM, SMS Banking, Mobile Banking.

Syarat dan ketentuan

  1. Mengisi formulir dan akad pembukaan rekening.
  2. Menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor).dan NPWP

Fitur

No. Komponen Tarif
1. Setoran Awal Minimal Rp20.000
2. Setoran Selanjutnya Minimal Rp10.000
3. Biaya Administrasi per Bulan Bebas Biaya
4. Biaya Penutupan Rekening Rp20.000
5. Saldo Minimal Rp20.000
6. Rekening Pasif (tidak ada transaksi 6 bulan berturut-turut):

Bila Saldo Rekening ≤ Rp20.000, maka rekening akan ditutup oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo

Rp2.000
7. Minimum Penarikan di Counter (Kecuali pada nasabah yang akan menutup rekening) Rp11.000

Ketentuan lain yang perlu diperhatikan

  1. Satu orang hanya memiliki satu rekening, kecuali bagi orang tua yang membukakan juga untuk anak yang masih dalam perwalian sesuai Kartu Keluarga.
  2. Tidak diperkenankan untuk rekening bersama dengan status ”dan/atau”.
  3. Transaksi penarikan tunai dan pemindahbukuan melalui counter hanya dapat dilakukan di kantor bank tempat rekening dibuka.
  4. Biaya bulanan ATM, hilang/rusak, cetak ulang PIN dan biaya transaksi di ATM disesuaikan dengan ketentuan bank.

5. Tabungan Simpel iB

Tabungan yang satu ini cocok untuk nasabah yang berjiwa muda, kreatif, dan simpel. Tabungan ini diperuntukkan khusus siswa-siswi di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. simpanan dana ini dikelola menggunakan prinsip wadiah yad dhamanah. Dan, dapat dilakukan penarikan setiap saat.

Keuntungan

  • Dana nasabah dijamin aman.
  • Diikutkan dalam program penjaminan Pemerintah.
  • Bebas biaya Administrasi Bulanan.

Syarat dan ketentuan

  1. Tabungan perorangan untuk siswa Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Diperuntukkan untuk yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.
  3. Orang tua/wali dapat memberi kuasa kepada sekolah (pejabat sekolah yang ditunjuk) atau pihak lain untuk pembukaan rekening SimPel iB.
  4. Satu siswa hanya diperkenankan memiliki 1 (satu) rekening SimPel iB di 1 (satu) bank yang sama. 
  5. Tidak diperkenankan untuk rekening bersama (Joint Account)/
  6. Transaksi penarikan, penyetoran, dan pemindahbukuan dapat dilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai permintaan nasabah dan kebijakan bank.
  7. Mengisi formulir dan akad Tabungan Simpel iB.

Fitur

No. Komponen Tarif
1. Biaya Administrasi Bulanan Bebas biaya
2. Setoran awal minimal pembukaan rekening Rp1.000
3. Setoran selanjutnya Rp1.000
4. Saldo minimum Rp1.000
5. Biaya ganti buku Bebas biaya
6. Biaya penutupan rekening Rp1.000

6. Tabungan Rencana iB Barokah

Merupakan produk simpanan dana berdasarkan prinsip mudharabah mutlaqah yang ditujukan kepada masyarakat umum yang ingin menyimpan dananya dalam rangka untuk mewujudkan segala rencana masa depan dengan proses autodebet.

Proses autodebet dilakukan dari rekening sumber (tabungan/giro) ke rekening Tabungan Rencana iB barokah setiap bulan pada tanggal tertentu. Jumlahnya pun sesuai dengan yang diperjanjikan hingga jangka waktu yang telah disepakati antara bank dan nasabah.

Keuntungan

  1. Dana nasabah dijamin aman.
  2. Diikutkan dalam program penjaminan pemerintah.
  3. Bagi hasil kompetitif/bersaing.
  4. Sistem autodebet langsung dari rekening sumber.
  5. Jangka waktu pendebetan hingga 60 bulan.
  6. Dapat menerima setoran diluar setoran bulanan.
  7. Dapat dilakukan perubahan nominal setoran dan jangka waktu yang apabila terjadi tunggakan selama 3 (tiga) bulan.

Syarat dan ketentuan

  1. Memiliki rekening di Bank Jatim Syariah sebagai sumber rekening.
  2. Mengisi formulir dan akad pembukaan rekening.
  3. Menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor).

Fitur

No. Komponen Tarif
1 Setoran awal minimal Rp100.000
2 Setoran selanjutnya minimal Rp50.000
3 Biaya administrasi per bulan maksimal Bebas Biaya
4 Biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo  Rp50.000

Jika kamu  memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait produk tabungan di Bank Jatim. Atau, bahkan hendak segera membuka tabungan di Bank Jatim, kamu dapat menghubungi Call Center Bank Jatim di 14044 atau surel ke [email protected]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →