Tabungan Berjangka BRI dan Jenis-Jenisnya [Plus Cara Daftar Online-nya]

Tabungan berjangka BRI

Tabungan berjangka BRI adalah produk simpanan atau tabungan yang mengharuskan nasabah berkomitmen menabung dalam jangka waktu tertentu. Produk ini dikenal juga dengan nama Britama Rencana.

Cukup dengan setoran minimal Rp 100 ribu saja sudah memudahkan kamu untuk menabung. Selain itu, terdapat sejumlah fitur dan keuntungan lain yang layak dipertimbangkan juga. Mulai dari suku bunga cukup kompetitif hingga fasilitas asuransi jiwa dengan pertanggungan hingga Rp 1 miliar.

Dalam ulasan kali ini, Lifepal mau membahas tabungan berjangka BRI, jenis-jenisnya, serta syarat dan cara pendaftarannya. Yuk, disimak.

Jenis tabungan berjangka BRI

Berikut ini adalah jenis-jenis tabungan berjangka BRI yang bisa kamu pilih sebagai pilihan simpanan, yaitu:

  • BritAma Rencana
  • Junio Rencana
  • Simpedes Impian

1. BritAma Rencana

Setoran tabungan berjangka BRI ini dilakukan setiap bulan dengan tambahan fasilitas perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah.

Tabungan ini memiliki keunggulan berupa setorannya yang bebas, minimal Rp 100.000, dan maksimal Rp 5.000.000. Jangka waktunya pun bebas kamu pilih sendiri antara 1 – 20 tahun. 

Bunganya tentu aja lebih tinggi dari tabungan umum. Nasabah juga menerima manfaat asuransi jiwa hingga Rp 1 miliar dan tidak diperlukan medical check up.

Selain itu, santunan yang didapat atas klaim meninggal dunia sebesar 100 kali santunan tetap dan jika akibat kecelakaan maka sebesar 200 kali santunan tetap.

Tabungan berjangka BRI ini juga bebas biaya administrasi. Jika berminat, syaratnya mudah. Kamu harus memiliki rekening BRI dahulu kemudian menyiapkan berkas berupa identitas KTP/Paspor.

Nasabah yang bisa menikmati tabungan ini harus berusia di atas 17 tahun dan maksimum 64 tahun.

2. Junio Rencana

Jika sebelumnya khusus nasabah dewasa, Junio berencana khusus dibuat untuk anak-anak. Walau begitu, tabungan ini sangat cocok bagi orang tua yang ingin merencanakan dana untuk masa depan, baik untuk Pendidikan anak, liburan dan lain sebagainya.

Setorannya tetap minimal Rp 100.00 per bulan dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa sehingga cocok untuk investasi masa depan anak-anak.

Di tabungan Junio, kamu tidak perlu repot setor ke bank karena ada fasilitas autodebet. Setorannya bersifat fleksibel jadi bisa diubah sewaktu-waktu oleh nasabah, besarannya juga minimal Rp 100.000 dengan kelipatan Rp 50.000.

Nasabah juga dibebaskan dari biaya administrasi dan bisa melakukan penarikan sebelum jatuh tempo. Jika sudah, nasabah akan diberikan buku tabungan namun tidak diberikan kartu debit. Dan anak -anak pemegang tabungan Junio berhak akan asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000. 

Syarat pembukaan terbagi dua layanan, pertama bundling dan non-bundling. Bagi yang bundling, usia nasabah harus 0 – 12 tahun dengan sebelumnya orang tua sudah memiliki rekening BRI.

Berkasnya yang diperlukan berupa KTP bagi WNI dan KTA/Paspor bagi WNA kemudian Kartu Keluarga/Akta Kelahiran. Dalam bundling ini, paket pembelian berupa BritAma dan BRI Junio minimal Rp 300.000 dan bebas biaya admin.

Sementara untuk paket non-bundling, usia nasabah harus di antara 12 -17 Tahun, dan telah memiliki Kartu Pelajar. Kartu pelajar ini dibutuhkan sebagai berkas selain KTP orang tua. Setoran awalnya minimal Rp 150.000 dengan biaya admin sebesar Rp 5.000.

3. Simpedes Impian

Simpedes impian mengambil konsep tabungan berjangka yang bebas administrasi sehingga nasabah dibebaskan menjaga nasabah bisa berkomitmen dengan saldonya karena bisa diblokir dalam jangka waktu tertentu.

Setoran awalnya minimal Rp 100.000 dengan kelipatan Rp 100.000. Setoran tambahannya minimal Rp 10.000 dengan jangka waktu selama 1 – 10 tahun.

Jika menarik uang sebelum jatuh tempo, kamu akan menerima penalti sebesar 1 persen dari total saldo atau Rp 100.000.

Syarat dan cara pendaftaran tabungan berjangka BRI

Sebelum membuka rekening tabungan berjangka Britama Rencana BRI, perhatikan dahulu beberapa ketentuan ini.

  • Minimal setoran bulanan adalah Rp 100 ribu (berlaku kelipatan Rp50 ribu).
  • Pilihan jangka waktu mulai dari satu tahun sampai 20 tahun.

Adapun syarat dan cara pendaftaran rekening Britama Rencana adalah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia atau Asing berusia 17 tahun hingga 64 tahun.
  • Memiliki atau membuka terlebih dahulu rekening BRI BritAma, Britama Bisnis, atau Giro.
  • Melampirkan identitas diri berupa KTP atau KIMS/KITAP/KITAS.
  • Mendatangi kantor cabang BRI terdekat.
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening tabungan berjangka BRI.
  • Menyetor dana awal sejumlah minimal Rp 100 ribu.

Keuntungan yang ditawarkan Britama Rencana

Berikut beberapa keuntungan tabungan berjangka BRI Britama Rencana yang kamu bisa dapatkan.

  • Suku bunga kompetitif, yaitu sekitar 3,25 persen. Yang pasti suku bunga jauh di atas tabungan biasa. Dengan ketentuan, suku bunga bersifat floating atau menyesuaikan kondisi pasar.
  • Terdapat fasilitas asuransi jiwa dengan uang pertanggungan hingga Rp 1 miliar. Plus, nasabah tidak perlu melakukan medical check-up.
  • Tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Laporan mutasi saldo tabungan berjangka BRI akan dikirimkan melalui surel pribadi.
  • Pilihan jangka waktu menabung terbilang sangat panjang dibandingkan tabungan berjangka dari bank lain.

Simulasi tabungan berjangka BRI

Di bawah ini adalah contoh simulasi bunga tabungan berjangka BRI.

Kamu menyetorkan dana sejumlah Rp 100 ribu per bulan selama jangka waktu lima tahun alias 60 bulan. Asumsi suku bunga adalah 3,25 persen per tahun. 

Pada kalkulator simulasi tabungan berjangka BRI di halaman Britama Rencana, diperoleh angka berikut.

  • Saldo tanpa bunga selama lima tahun: Rp 6.000.000
  • Pendapatan dari bunga selama lima tahun: Rp 523.093
  • Total pengembalian dana setelah lima tahun: Rp 6.523.093

Lumayan, bukan? Hanya bermodalkan setoran Rp 100 ribu saja selama lima tahun, uang yang kamu peroleh bertambah lebih dari setengah juta.

Cara buka rekening tabungan rencana BritAma Rencana Flexy di aplikasi BRImo

BritAma rencana Flexy memang dibuat khusus tujuan investasi dan perencanaan keuangan. Kelebihannya, tabungan ini pembukaan rekeningnya bisa lewat platform digital, yaitu BRImo.

Kelebihan tabungan ini adalah suku bunganya yang kompetitif, target nominal angka minimal Rp 500.00, jangka waktunya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu mulai dari 9 – 240 bulan.

Saat memulai, kamu harus menetapkan setoran bulanannya sesuai dengan target nominal uang yang kamu rencanakan.

Berikut cara membuka Tabungan BRI BritAma Flexy :

  • Login BRImo
  • Pilih icon Rekening
  • Pilih BUKA REKENING BARU
  • Pilih BRITAMA RENCANA FLEXY
  • Ikuti Langkah pembukaan rekening sampai selesai

Semudah dan sesimpel itu untuk membuka tabungan Flexi di BRImo.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, didapatkan kesimpulan bahwa tabungan berjangka BRI Britama Rencana memiliki nilai simpanan cukup menguntungkan.

Sebab, uang yang kamu miliki bisa dibilang cukup bertambah dari saldo awal meskipun setorannya minimalis. Apalagi kalau kamu menyetorkan dana dengan jumlah lebih banyak lagi!

Setoran bulanan minimal tiap bulan yang diberlakukan oleh pihak BRI pun dapat melatih siapa saja untuk berkomitmen dalam menabung.

Hemat uang jajan Rp 5.000 saja per hari, kamu sudah bisa menabung di tabungan berjangka BRI lebih dari Rp100 ribu per bulan.

BRI tidak terlalu transparan soal uang pertanggungan asuransi jiwa yang mereka tawarkan. Untuk itu, kamu dapat menanyakan langsung skema asuransi jiwa yang diberikan oleh pihak BRI saat membuka rekening tabungan tersebut.