Yakin Deh, Tabungan Bukopin Paling Pas buat Kebutuhan Kamu

logo bank bukopin

Tabungan Bukopin adalah salah satu produk simpanan yang ditawarkan oleh Bank Bukopin. Produk simpanan ini menawarkan berbagai keuntungan, misalnya kemudahan bertransaksi, joint account, fasilitas autodebet, dan berbagai keuntungan lainnya sesuai kebutuhan nasabah.

Tentang Bank Bukopin 

Bank Bukopin resmi berdiri sejak 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia (Bukopin). Pada mulanya, kegiatan usaha perbankan Bukopin berfokus untuk melayani kepentingan koperasi di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Perkoperasian yang berlaku.

Kemudian perusahaan melakukan penggabungan usaha dengan beberapa bank umum koperasi lainnya. Hingga pada tahun 1990, perusahaan resmi berganti nama menjadi Bank Bukopin dan statusnya berubah menjadi perseroan terbatas sejak 1 Juli 1993.

Dengan perubahan status tersebut, Bank Bukopin makin leluasa mengembangkan usahanya dan mulai melayani segmen komersial dan konsumer. Bahkan kini Bank Bukopin sudah memiliki dua anak perusahaan, yaitu PT Bank Syariah Bukopin dan PT Bukopin Finance. 

PT Bukopin Finance merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan sewa guna usaha dan multifinance. Anak perusahaan ini didirikan pada tanggal 11 Maret 1983. Sedangkan Bank Syariah Bukopin yang bergerak di bidang perbankan syariah didirikan pada tanggal 11 September 1990.

Saat ini, Bank Bukopin sudah beroperasi di 23 provinsi dengan 43 kantor cabang utama, 174 kantor cabang pembantu, 116 kantor kas, dan 38 kantor fungsional (untuk layanan mikro).

Pilihan produk tabungan Bukopin

bisnis perbankan generasi milenial

Tabungan Bukopin dapat dimanfaatkan oleh nasabah perorangan maupun nasabah badan usaha. Ini dia beberapa produk tabungan yang bisa dipilih.

1. Tabungan Siaga Bukopin (Perorangan)

Tabungan Siaga Bukopin merupakan simpanan yang hanya dapat ditarik sesuai kesepakatan yang sudah disetujui sebelumnya oleh nasabah. Simpanan ini juga tidak bisa ditarik dengan cek atau bilyet giro sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin disiplin menabung. Jumlah setoran awalnya terjangkau, hanya Rp200 ribu.

Tabungan ini menyediakan fasilitas berupa Kartu Debit MasterCard (Classic/Gold/Platinum) dan Kartu Debit GPN Bukopin (Reguler/Bisnis/Prioritas).

2. Tabungan Wokee (Perorangan)

Bank Bukopin juga memiliki tabungan berbasis elektronik dengan minimum setoran awal Rp0. Bahkan tabungan ini juga membebaskan biaya administrasi bulanan dan penarikan dana bisa dilakukan tanpa kartu. Cara buka rekening tabungan Bukopin Wokee pun tidak sulit. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Wokee dan mengikuti instruksi yang sudah ada.

3. Tabungan Siaga Bukopin Pensiunan (Perorangan)

Bagi para pensiunan atau mereka yang memasuki masa prapensiun, ada Tabungan Siaga Bukopin Pensiunan. Produk tabungan ini bisa digunakan untuk menerima pembayaran manfaat asuransi dan manfaat pensiun. Penarikan dana bisa dilakukan sesuai syarat yang disepakati antara Bank Bukopin dengan PT ASABRI, PT TASPEN, dan DAPEN PLN.

4. Tabungan Simpanan Pelajar/Simpel (Perorangan)

Bagi pelajar, tersedia tabungan Simpel tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan dan memiliki jumlah setoran yang ringan. Tabungan Simpel yang diperuntukkan bagi para siswa ini juga dilengkapi dengan kartu ATM.

5. Tabungan Siaga Bukopin Premium (Perorangan)

Tabungan ini menawarkan suku bunga yang kompetitif dan hampir setara dengan deposito. Dengan setoran awal sebesar Rp10 juta, kamu akan mendapatkan kartu debit SiAga Visa Electron yang bisa digunakan untuk berbelanja di seluruh jaringan merchant berlogo Visa atau Visa Electron.

6. Tabungan SiAga Bukopin Bisnis Badan Usaha

Tabungan ini sangat cocok bagi badan usaha yang berbadan hukum maupun nonbadan hukum. Dengan setoran awal minimal Rp25 juta, kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik seperti joint account, pencatatan detail transaksi perbankan, dan juga kartu ATM yang bisa berfungsi sebagai kartu debit.

Suku bunga tabungan Bukopin sangatlah beragam, tergantung produk mana yang kamu pilih. Masing-masing memiliki tawaran suku bunga yang disesuaikan dengan saldo tabungan. Misalnya, Tabungan Siaga Bukopin menawarkan suku bunga sebesar 0,50 persen hingga 0,75 persen per tahun. 

Besaran bunga ditetapkan berjenjang sesuai saldo harian, artinya semakin besar saldo maka akan semakin tinggi tingkat bunganya.

Sementara suku bunga Tabungan Siaga Premium bisa setara dengan bunga deposito, yaitu hingga 5,50 persen per tahun dengan saldo minimal sebesar Rp10 miliar. Sangat beragam, bukan?

Selain tingkat suku bunga yang beragam dan kompetitif, ada banyak keuntungan jika kamu memiliki tabungan Bukopin. Mulai dari akses yang mudah karena ada di 23 provinsi dengan 881 mesin ATM, hingga fasilitas lainnya. misalnya seperti autodebet, bebas biaya administrasi bulanan untuk produk tabungan tertentu, dan pilihan kartu ATM yang beragam.

Produk tabungan Bukopin Syariah

Bank Bukopin juga memiliki tabungan Bukopin Syariah. Ini dia beberapa di antara produk-produk mereka.

1. Tabungan iB Siaga (perorangan)

Tabungan ini menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah. Artinya mustawda (pihak bank) dapat memanfaatkan dan menyalurkan dana yang disimpan serta menjamin dana tersebut dapat ditarik setiap saat oleh muwwadi (nasabah).

2. Tabungan iB Pendidikan (perorangan)

Tabungan ini merupakan tabungan berjangka dengan potensi bagi hasil yang kompetitif dan memberikan manfaat berupa proteksi asuransi jiwa gratis. 

Tabungan ini menggunakan akad mudharabah mutlaqah, bank diberikan kuasa penuh oleh nasabah untuk menggunakan dana tersebut tanpa batasan. Sedangkan pihak bank wajib memberitahukan kepada nasabah mengenai nisbah atau bagi hasil keuntungan yang diperoleh dan risiko yang timbul.

3. Tabungan iB Siaga Bisnis

Nasabah perorangan atau badan usaha bisa memilih tabungan yang menerapkan akad mudharabah mutlaqah ini. Tabungan ini sangat cocok digunakan sebagai sarana investasi atau pengelolaan dana.

Imbal hasil atau nisbah tabungan Bukopin Syariah sesuai dengan bagi hasil keuntungan dan risiko yang ditanggung oleh kedua belah pihak, baik pihak bank atau nasabah. Ini sesuai dengan akad yang digunakan oleh masing-masing tabungan.

Sedangkan keuntungan yang akan kamu dapatkan dari tabungan Bukopin Syariah juga cukup menarik. Misalnya berupa perlindungan asuransi gratis bagi nasabah Tabungan iB Siaga yang memiliki saldo rata-rata akhir bulan minimal Rp1 juta, jumlah setoran yang terjangkau, hingga bebas biaya administrasi bulanan dan gratis premi asuransi.

Tertarik untuk buka rekening tabungan Bukopin?

Kamu bisa menghubungi call center Bank Bukopin melalui sambung Hallo Bukopin 14005. Tapi jika kamu ingin datang langsung ke kantor Bank Bukopin, berikut alamat kantor pusatnya.

Kantor Pusat Bank Bukopin Alamat:

Gedung Bank Bukopin, Jl. MT. Haryono Kav. 50-51, Jakarta 12770

Telepon:

+6221 798 8266, 798 9837

Faksimile:

+6221 798 0625, 798 0238, 798 0244

Telex:

62487, 66087 

Bank Bukopin Syariah Alamat:

Kantor Pusat Jl. Salemba Raya No. 55 Jakarta Pusat 10440

Call Center:

Hallo BSB 1500 666

Telepon:

(021) 2300912

Faksimile:

(021) 3148401

Website:

www.syariahbukopin.co.id

Untuk menemukan kantor cabang Bank Bukopin terdekat dengan rumah atau kantormu, cari tahu saja di situs resmi mereka ya.

Jadi itu dia produk tabungan Bukopin yang bisa kamu pilih jika ingin membuka rekening simpanan. Semoga bermanfaat dan jika ada yang ditanyakan mengenai tips-tips mengelola keuangan pribadi dan manfaat asuransi yang pas dengan bujet kamu, konsultasikan saja di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →