Tabungan Emas Antam dan 5 Pilihan Tabungan Emas Lainnya

Tabungan emas ANTAM

Tabungan Emas Antam adalah layanan menabung emas bagi masyarakat yang bernama BRANKAS. Nama tabungan emas Antam ini sebenarnya akronim dari slogan produk tabungan ini, yaitu Berencana, Aman, Kelola, dan Emas.

Slogan BRANKAS ini memiliki penjelasan.

  • Berencana memiliki makna bahwa produk ini merupakan edukasi bagi masyarakat mengenai investasi emas.
  • Aman memiliki makna bahwa ada jaminan aman dari Antam, termasuk pencairannya ke wujud fisik emas batangan.
  • Kelola memiliki makna dikelola mandiri oleh investor/nasabah.
  • Emas memiliki makna bahwa Antam menjamin kemurnian emas 99,99 persen dan bersertifikat standar London Bullion Market Association (LBMA).

LBMA adalah lembaga berskala internasional untuk memberikan akreditasi pada perusahaan pengelola logam mulia yang didirikan di London, Inggris, tahun 1987. Antam Logam Mulia telah mendapatkan akreditasi Good Delivery List sejak 1 Januari 1999.

Dengan akreditasi itu, produk emas Antam tak sekadar layak diperdagangkan di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Luar biasa ya! Tambahan informasi, Antam Logam Mulia merupakan satu-satunya pengolahan dan pemurnian emas di Tanah Air yang meraih sertifikat LBMA ini.

Kembali lagi ke bahasan BRANKAS. Fungsi produk ini bukan sekadar tempat bagi kamu untuk menabung emas. Di sini, kamu bisa membeli, menyimpan, menjual lagi, serta mencetak emas yang sudah terkumpul.

Untuk pencetakan emas minimal 1 gram. Jadi kalau kamu menabung mulai 0,01 gram, jadi kamu harus tunggu tabunganmu hingga minimal terkumpul 1 gram, baru bisa cetak emas batangannya.

Tabungan emas Antam bisa jadi alternatif kamu menabung di tengah pandemi Covid-19. Virus corona yang melanda dunia berdampak pada sejumlah instrumen investasi seperti pasar modal dan pasar valuta asing (valas).

Beda dengan pasar modal di mana indeks harga saham gabungan (IHSG) merosot, emas tidak demikian lho! Harga emas di Antam justru stabil dan cenderung meroket.

Per 7 April 2020 misalnya, harga emas Antam naik Rp32 ribu menjadi Rp963 ribu. Mengejutkan bukan?

Kamu yang pengin terjun ke tabungan ini bisa cari tahu serba-serbi tabungan emas. Gak cuma Antam, tapi ada banyak tabungan emas yang perlu kamu tahu sebelum memilih mana yang paling menguntungkan bakal penghasilan tambahan atau alternatif saat ini.

Keuntungan dan manfaat tabungan emas

Ada sejumlah keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi ke tabungan emas. Apa saja?

  • Nilai emas stabil
  • Bisa mulai dari nominal kecil
  • Mudah dicairkan
  • Mudah digadaikan atau dijaminkan
  • Tidak memerlukan penyimpanan fisik

1. Nilai emas stabil

Kamu mencari instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi? Investasi emas jawabannya. Memang sih harga emas terkadang mengalami penurunan, tetapi cenderung naik harganya.

Sekedar informasi, inflasi adalah penurunan nilai mata uang akibat kenaikan nilai barang dan jasa. Kalau kamu yang di awal 1990-an masih SMA, pasti kamu ingat uang Rp 5000 per hari bisa buat ongkos angkot plus jajan.

Itu pun masih ada sisa untuk ditabung. Coba pikir sekarang Rp 5000 bisa digunakan untuk hal yang sama gak? Nah, itu contoh inflasi.

Meski keuntungannya besar, kamu harus sabar jika ingin berinvestasi emas. Pasalnya, kenaikan harga emas cenderung terjadi dalam jangka panjang sehingga tidak cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat.

2. Bisa mulai dari nominal kecil

Jika kamu berpikir investasi emas harus dimulai dengan membeli emas per kilogram, kamu salah. Sekarang ini lembaga penyedia tabungan emas menawarkan investasi mulai dari nominal kecil.

Sebagai contoh, di BRANKAS kamu bisa memiliki emas batangan dengan Rp 300 ribu saja. Sementara di Pegadaian, kamu bisa memulai tabungan emas dengan saldo minimum 0,01 gram emas.

3. Mudah dicairkan

Salah satu keunggulan emas sebagai instrumen investasi adalah likuiditasnya yang tinggi. Kamu bisa mencairkannya dalam bentuk emas batangan atau dalam bentuk uang tunai sesuai dengan saldo gram emas, kapan saja kamu membutuhkannya.

Lembaga penyedia tabungan emas juga menyediakan layanan buyback atau beli kembali emas. Misalnya saja, kamu memiliki tabungan emas di Pegadaian, kamu bisa menjualnya kembali di Pegadaian, dengan nominal terkecil 1 gram dan maksimal 100 gram per hari.

Pegadaian juga memiliki fasilitas penjualan online lewat aplikasi. Jadi, kamu tidak perlu ke luar rumah. Cukup jual emasmu lewat aplikasi Pegadaian Digital.

4. Mudah digadaikan atau dijaminkan

Kamu sedang butuh uang cepat, tapi tidak mau menjual emas di tabunganmu? Gampang! Kamu bisa menggadaikan emas milikmu di Pegadaian atau di bank-bank Syariah.

Sebagai logam mulia, emas memiliki nilai ekonomis untuk dijaminkan sehingga akan memudahkan kamu dalam proses pengajuan pinjaman.

Selain itu, nilai gadai emas lebih tinggi dibanding barang lain karena harganya dapat diketahui dengan pasti.

Dengan memilih gadai, emas yang kamu miliki tidak berpindah kepemilikan, tapi hanya sebagai jaminan saja. Emas tersebut bisa kamu peroleh kembali jika sudah ada uang untuk menebusnya.

5. Tidak memerlukan penyimpanan fisik

Tidak sedikit orang yang masih takut menabung emas karena khawatir terhadap risiko kehilangan atau pencurian. Padahal, menabung emas zaman sekarang cukup dengan menyetorkan sejumlah uang ke lembaga penyedia layanan Tabung Emas.

Uang yang disetorkan tadi secara otomatis akan dikonversi ke dalam bentuk emas

Jika kamu mau, kamu bisa mencetak tabungan emas kamu ke emas batangan. Adapun biaya cetak emas ini tergantung pada berat emas yang dicetak. Makin berat emas yang dicetak, makin besar pula biayanya.

Cara daftar dan keanggotaan Tabungan Emas Antam

Namanya tabungan, ada sistem keanggotaan atau gampangnya jadi nasabah pada tabungan investasi ini. Nah, di BRANKAS juga ada sistem keanggotaan di mana kamu harus mengikuti syarat dan ketentuannya.

Untuk jadi anggota, pertama tentunya kamu harus mendatangi Kantor Logam Mulia Antam atau Butik Emas LM yang merupakan kantor cabang Antam.

Kantor dan butik ini tersebar cukup luas di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, hingga Banjarmasin.

Langkah-langkah berikut untuk menjadi anggota BRANKAS

  • Mengisi formulir registrasi
  • Melampirkan persyaratan: fotokopi KTP, NPWP, dan kartu keluarga (KK) untuk keperluan ahli waris
  • Transaksi udah bisa dilakukan secara online lewat brankaslm.com pada hari dan jam kerja untuk pembelian, buyback, hingga order pengambilan emas fisik
  • Kalau sudah dicetak, kamu bisa mendatangi kantor cabang atau butik Antam buat ambil emas fisik.

Gampang bukan?

Berikut ini tipe keanggotaan di BRANKAS dan biaya administrasinya

Tipe Keanggotaan Minimal Pembelian Maksimal Pembelian Saldo Minimal Administrasi per tahun
Bronze 1 gram 100 gram 1 gram Rp100 ribu
Silver 1 gram 250 gram 1 gram Rp150 ribu
Gold 1 gram 500 gram 1 gram Rp300 ribu
Platinum 1 gram 1.000 gram 5 gram Rp450 ribu
Diamond 1 gram 2.500 gram 10 gram Rp900 ribu
Prioritas 1 gram 10.000 gram 20 gram Rp2,5 juta

Tempat menabung emas selain Antam

Kamu yang masih ragu menabung emas di Antam bisa mempertimbangkan beberapa tempat menabung emas berikut ini.

Tenang aja dijamin aman karena memang daftar di bawah ini adalah lembaga atau perusahaan terpercaya.

  • Tabungan Emas Pegadaian
  • Tabungan Emas BRI
  • Tabungan Emas BNI
  • Tabungan Emas BCA
  • Tabungan Emas Tokopedia

1. Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

Nah, produk ini memungkinkan kita berinvestasi emas secara mudah, murah, aman, dan terpercaya. Keunggulan Tabungan Emas Pegadaian, yaitu biaya administrasi dan pengelolaan ringan.

Selain itu, ada juga jaminan bahwa emas yang kita beli berkadar 24 karat.

2. Tabungan Emas BRI

Tabungan Emas BRI sebenarnya sama dengan Tabungan Emas Pegadaian, Tabungan Emas Antam, dan produk tabungan emas lain yang tersedia di sejumlah bank BUMN.

Tabungan emas ini menjadi instrumen investasi bagi masyarakat yang ingin mencicil kepemilikan emas.

Sekadar informasi, kadar emas yang ditawarkan dalam Tabungan Emas BRi adalah emas murni 24 karat. Tersedia pilihan emas bersertifikat Antam ataupun lainnya alias bukan emas produksi Antam.

Sementara itu, pecahan yang bisa dipilih yaitu 5 gram, 10 gram, 25 gram, 100 gram, dan 250 gram.

3. Tabungan Emas BNI

Tabungan emas yang tersedia di BNI adalah BNI Emas iB Hasanah yang tersedia di BNI Syariah. Perusahaan ini menyediakan pembiayaan untuk membeli emas logam mulia berbentuk batangan.

Kita bisa mengangsur setiap bulan untuk mendapatkan emas batangan yang disimpan di BNI. Jangka waktu pembiayaan berkisar 2 – 5 tahun dan kita bisa mencicilnya dengan beberapa dokumen yang wajib dibawa sebagai persyaratan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs resminya. Tersedia pula simulasi BNI Emas iB Hasanah lho.

4. Tabungan Emas BCA

Sama seperti BNI, salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ini menghadirkan tabungan emas syariah dari BCA Syariah yaitu Tabungan Emas BCA Syariah iB (Emas iB).

Produk ini merupakan pembiayaan bagi nasabah untuk kepemilikan logam mulia emas dengan akad jual beli murabahah.

Jenis emas yang bisa ditabung adalah emas batangan bersertifikat 24 karat yang terdiri atas pecahan 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan 250 gram.

Untuk memiliki tabungan emas BCA, kamu harus membayar uang muka sebesar 20 persen dari harga beli emas.

5. Tabungan Emas Tokopedia

Di e-commerce ini, kamu juga bisa nabung emas dengan menggunakan fitur Tokopedia Emas. Tabungan emas Tokopedia ini menggandeng PT Pegadaian (Persero) yang menawarkan kemudahan dalam berinvestasi emas. Bahkan, kamu bisa mulai hanya dengan Rp 500 lho!

Meski transaksi dilakukan online, kamu tetap bisa memiliki fisik emas setelah terkumpul jumlah gram yang telah ditentukan.

Untuk berinvestasi emas di Tokopedia, kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya dan membuat akun. Setelah itu, ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Keunggulan punya tabungan emas online dan emas fisik

Apa pun wujud tabungan emas kamu sebenarnya untung banget. Salah satunya adalah likuid alias gampang banget kamu uangkan.

Kalau punya emas fisik dalam wujud perhiasan tentunya dengan mudah bisa kamu kenakan ketika akan menghadiri sebuah acara.

Perhiasan emas pun bisa digadaikan apabila punya kebutuhan mendesak namun belum berniat menjual perhiasan tersebut.

Nah, kalau punya emas batangan fisik, kamu juga gampang menjualnya di saat membutuhkan. Namun, produk emas yang tersedia di pasaran, bobot minimumnya adalah 0,5 gram.

Namun, jika uang yang dimiliki tidak mencukupi untuk membeli emas dengan bobot terkecil itu, maka tabungan emas Antam maupun tabungan emas dari institusi keuangan lainnya bisa menjadi solusi.

Asal nabung di tempat aman seperti BRANKAS atau Tabungan Emas Pegadaian, tentu keamanan terjamin dan tidak rawan penipuan. Berikut beberapa keunggulan tabungan emas online seperti BRANKAS:

  • Harga beli lebih murah
  • Harga buyback lebih tinggi
  • Transaksi online di mana saja
  • Dapat dicairkan dan dicetak kapan saja
  • Emas berkualitas dengan kemurnian 99,99 persen
  • Bersertifikat LBMA
  • Rantai pasokan emas bertanggung jawab, bebas pelanggaran HAM, pencucian uang, dan pembiayaan kegiatan terorisme.

Cara jual dan gadai tabungan emas

Kalau sudah punya tabungan emas, kamu bisa jual dan gadai emasnya. Salah satu cara paling umum dan sering dilakukan orang adalah lewat Pegadaian.

Tabungan Emas Pegadaian memang cukup populer. Pasalnya, produk emas yang ditawarkan juga dari Antam dan beberapa produk emas lain.

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu ketahui buat jual dan gadai emas di Pegadaian.

Jual tabungan emas

Kalau kamu punya tabungan emas Pegadaian, cara jualnya simpel. Kamu cukup punya aplikasi Pegadaian Digital. Di aplikasi ini, pembelian minimal adalah Rp50 ribu dan maksimal Rp10 juta per hari.

Setelah kamu punya rekeningnya, dan jumlah tabungan sudah mencukupi syarat untuk penjualan, kamu bisa menjualnya dengan melihat harga yang tercantum di aplikasi.

Sebagai informasi, harga jual adalah harga Pegadaian menjual emas ke nasabah, sedangkan harga beli adalah harga Pegadaian membeli emas dari nasabah alias buyback.

Cara jual emas dan mencairkan tabungan emas di Pegadaian sebenarnya gak jauh beda. Ini tahapannya:

  • Masuk ke aplikasi tabungan emas
  • Pilih fitur “Jual Emas”
  • Tentukan nomor rekening untuk penjualan emas
  • Jangan lupa cek harga emas (buyback) agar kamu tidak rugi
  • Setelah kamu setuju tinggal pilih jual dan uang akan ditransfer ke rekening yang telah kamu cantumkan.

Kalau sudah, kamu bisa langsung cek saldo rekening tabungan emas di Pegadaian. Kamu hanya perlu mengecek saldo tabungan di aplikasi dan akan ditampilkan jumlah emas dan transaksi ter-update.

Gadai tabungan emas

Kalau gak rela tabungan emas kamu dijual tetapi kamu butuh uang, bisa kamu gadaikan dulu. Nanti kalau udah ada duit lagi, kamu bisa tebus tabungan emas kamu.

Nah, fitur ini cuma ada di Pegadaian. Karena itu, Tabungan Emas Pegadaian cukup unik dan banyak dipilih masyarakat.

Berikut ini langkah-langkah gadai tabungan emas:

  • Masuk ke aplikasi Pegadaian Digital
  • Pilih fitur “Gadai”
  • Ketik nomor rekening tabungan emas kamu yang menyimpan saldo emas
  • Tentukan jumlah gram yang ingin digadaikan
  • Tentukan juga berapa lama waktu menggadaikan emasnya, misal sebulan
  • Setelah itu tulis rekening penerima dana hasil gadai.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, bahwa gadai emas maksimal adalah 95 persen dari saldo emas kamu . kalau kamu gadai emas fisik, maka emas tersebut akan dijaminkan ke Pegadaian.

Selain itu, jangka waktu yang bisa kamu pilih untuk menggadaikan emas adalah 30, 60, 90, dan 120 hari. Untuk bunga gadai tabungan emas lewat aplikasi adalah 0,75 persen. Bunga ini lebih rendah ketimbang bunga gadai langsung yaitu 1,20 persen.

Langkah-langkah ini kembali lagi ke cara cek saldo seperti yang tercantum di atas kalau kamu mau cek nominal uang yang kamu terima. Mudah ‘kan?

Perbedaan jual-beli emas fisik dan online

Kamu yang masih bingung milih tabungan emas fisik atau online bisa membandingkan plus-minus jual-beli emas berikut ini.

Dengan begitu, kamu bisa tetapkan pilihan yang sesuai dengan kemauan dan harapanmu dalam berinvestasi emas.

Emas Fisik Emas Online
Untung saat harga emas naik Harga emas naik/turun tetap bisa untung. Saat harga turun, pembelian mulai 0,01 gram lebih murah.
Harga emas berbeda-beda tergantung toko Harga emas standar, mengikuti harga patokan emas dunia yaitu New York Mercantile Exchange
Harga dan stok dipengaruhi ketersediaan barang di toko Transaksi bisa kapan dan di mana saja selama terhubung akses internet

Cara cetak tabungan emas

Kamu yang ingin mengambil tabungan emas Antam di BRANKAS ataupun Pegadaian bisa banget! Istilahnya adalah cetak emas.

Nah, untuk order cetak emas ini dimulai dengan kepingan 1 gram. Selain 1 gram, bisa memilih cetak emas berukuran 2, 5, 10, 25, 50, dan 100 gram.

Untuk pesan cetak tabungan emas, bisa melalui aplikasi. Di Pegadaian, pilihan cetak emas ada dua yaitu emas Antam dan UBS.

Kalau emas UBS adalah produk emas PT Untung Bersama Sejahtera (PT UBS) di Surabaya sejak 1981.

Cetak emas juga ada biayanya. Semakin besar gram yang kamu cetak, maka semakin besar juga biaya cetak emasnya. Harga cetak emas di Pegadaian berkisar Rp 40 ribu hingga Rp 632 ribu. Untuk jangka waktu pencetakan emas berkisar 15-45 hari.

Bagaimana mengurus tabungan emas jika pemilik meninggal?

Mungkin pertanyaan ini bakal terpikir oleh beberapa nasabah? Jika pemilik tabungan emas meninggal dunia, bagaimana selanjutnya?

Nah untuk kasus seperti ini, rekening akan ditutup berdasarkan permintaan ahli waris pemilik rekening yang sah. Saldo rekening akan diserahkan kepada ahli waris kepada ahli waris pemilik rekening sesuai ketentuan Pegadaian atau lembaga lain dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai amanah ahli waris.

Setelah proses ini selesai, ahli waris menerima saldo rekening dan penutupan rekening tersebut berarti sudah selesai urusan ahli waris dengan Pegadaian.

Apakah tabungan emas Antam rugi?

Tabungan emas merupakan investasi yang cenderung aman. Selama kamu memilih lembaga atau perusahaan yang aman, maka tabungan emas kamu pasti minim kerugian.

Namun, namanya investasi selalu ada risiko rugi. Kondisi ini kemungkinan terjadi karena selisih antara harga beli dan harga jual emas kamu.

Namun, biasanya selisih harga ini tidak terlalu jauh, selama faktor-faktor yang memengaruhi seperti ketersediaan, permintaan, dan kondisi perekonomian negara aman.

Tambahan informasi, bagi kamu yang ingin melihat pergerakan harga emas, kamu bisa mengeceknya di situs resmi. Untuk emas Antam, bisa mengunjungi brankaslm.com dan untuk tabungan emas di Pegadaian bisa mengunjungi situs Pegadaian atau mengunduh aplikasi Pegadaian Digital.

Sudah siap berinvestasi emas lewat tabungan emas Antam ini? Atau kamu sudah menjatuhkan pilihan menabung emas di bank maupun instansi lainnya?

Syarat dan cara memiliki tabungan emas di Pegadaian

Pembukaan tabungan emas dapat dilakukan dengan datang langsung ke outlet atau agen Pegadaian ataupun secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital.

Syaratnya cukup dengan melampirkan KTP atau paspor yang masih berlaku dan mengisi data pribadi pada formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas.

Bagi nasabah yang membuka tabungan dari agen Pegadaian atau aplikasi, diharuskan untuk datang ke outlet tidak lebih dari 6 bulan sejak tanggal pembukaan.

Kedatangan ini adalah untuk memastikan identitas nasabah dan pemberian buku tabungan emas.

Jika nasabah tidak datang ke outlet sampai 6 bulan, rekening tabungan emas akan dibekukan sampai 18 bulan, terhitung sejak tanggal pembukaan rekening.

Bagaimana dengan biayanya?

Biaya pembukaan rekening tabungan emas tergantung pada cara pembukaan yang dipilih nasabah. Selain biaya pembukaan rekening, nasabah juga harus membayar biaya fasilitas penitipan emas per tahun, pembelian saldo emas dan biaya transaksi pembukaan.

Untuk lebih jelasnya, lihat tabel di bawah ini.

Biaya pembukaan rekening

Channel

Biaya pembukaan rekening Biaya fasilitas penitipan emas per tahun Pembelian saldo emas

Biaya transaksi pembukaan

Outlet pegadaian Rp 10.000 Rp 30.000 0,01 gram
Pegadaian digital Rp 0 Rp 0 (untuk tahun pertama) Rp 50.000
Pegadaian Syariah Digital Rp 0 Rp 30.000 Rp 70.000
Agen Pegadaian Rp 10.000 Rp 30.000 Rp 57.500 Rp 2.500

 Adapun untuk biaya transaksi tabungan emas dan biaya cetak emas batangan, yaitu:

Biaya transaksi tabungan emas

Jenis transaksi

Biaya

Keterangan

Transfer emas ke rekening lain Rp 2.000 Melalui outlet Pegadaian
Transfer emas ke rekening lain Rp 0 Melalui Pegadaian Digital
Pencetakkan rekening koran Rp 2.000 per lembar Di outlet Pegadaian
Penggantian buku tabungan yang hilang atau rusak Rp 10.000 Di outlet Pegadaian
Penitipan emas per tahun (dibayar di muka) Rp 30.000
Penutupan rekening Rp 30.000 Di outlet Pegadaian

 Biaya cetak emas batangan

Denominasi

Biaya cetak

PT ANTAM PT UBS
1 gram Rp 85.000 Rp 40.000
2 gram Rp 86.000 Rp 60.000
5 gram Rp 127.000 Rp 83.000
10 gram Rp 177.000 Rp 111.000
25 gram Rp 245.000 Rp 178.000
50 gram Rp 516.000 Rp 301.000
100 gram Rp 632.000 Rp 507.000

sSudah siap berinvestasi emas lewat tabungan emas Antam atau Pegadaian? Atau kamu sudah menjatuhkan pilihan menabung emas di bank maupun instansi lainnya?

Untuk informasi menarik seputar tabungan dan finansial lainnya, kunjungi Lifepal ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →