Tabungan Emas Ternyata Bisa Dicetak Jadi Perhiasan Lho, Begini Langkah-langkahnya!

Gak-melulu-jadi-emas-batangan-tabungan-emas-juga-bisa-dicetak-jadi-perhiasan-lho-Shutterstock.

Tabungan emas kini tengah menjadi primadona banyak orang mulai dari remaja hingga para ibu rumah tangga. Pasalnya, dengan modal gak besar, kamu sudah bisa berinvestasi mulai 0,01 gram.

Keuntungan yang didapatkan juga terbilang sangat menggiurkan lho! Karena emas merupakan salah satu instrumen investasi yang nilainya gak tergerus oleh inflasi. Bahkan, dari tahun ke tahun harga emas terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Namun, investasi yang satu ini memang untuk jangka panjang. Jadi, keuntungannya baru bisa kamu nikmati di beberapa tahun mendatang. Biar makin untung, simak serba-serbinya berikut ini.

Keunggulan dan kekurangan tabungan emas

Periksa kondisi investasi emas

Tabungan emas merupakan salah satu cara membeli emas yang diselenggarakan beberapa perusahaan atau BUMN seperti Pegadaian. Tabungan ini menjadi layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas penitipan. Dengan hadirnya jasa titipan ini, tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu yang ingin menabung emas karena lebih aman.

Berikut ini keunggulan dan kekurangannya yang kamu harus tahu sebelum terjun ke instrumen investasi tersebut.

1. Keunggulan

Berikut ini beberapa keunggulannya:

  • Bisa melakukan pembelian emas dengan harga terjangkau, sesuai kemampuan
  • Bisa mencairkan tabungan setelah terkumpul sesuai standar masing-masing lembaga atau perusahaan
  • Bisa memilih emas bersertifikat seperti produk Antam atau tabungan emas pegadaian
  •  Mudah dicairkan alias likuid ketimbang properti
  • Lebih aman karena disimpan oleh Pegadaian atau Antam
  • Transaksi mudah karena bisa melalui transfer, top up saldo, dan tanpa antre
  • Bebas pajak tidak seperti tabungan tunai.

2. Kekurangan

Berikut ini kekurangandari tabungan ini yang perlu kamu pertimbangkan. Hal-hal berikut bisa saja menjadikan tabungan emas seperti Tabungan Emas Pegadaian rugi buat kamu.

  • Terdapat berat minimal untuk pencairan atau pencetakan emas batangan yang telah ditabung yaitu memiliki saldo atau jumlah minimal emas batangan 5 gram
  • Ada minimal saldo buka tabungan yaitu 0,1 gram
  • Harus tahu kurs beli dan kurs jual
  • Tabungan ini tidak tersedia di semua cabang, seperti Pegadaian
  • Terdapat potongan berupa biaya administrasi dan fasilitas titipan sekira Rp10-30 ribu per bulan
  • Belum bisa mendaftar online, terutama di Pegadaian.

Di mana saja bisa menabung emas?

Cara beli emas Antam

Kalau kamu tertarik, menabung emas itu bisa dilakukan di berbagai industri jasa perbankan dan keuangan non bank. Salah satunya Pegadaian. Yup, Pegadaian memang dikenal sebagai salah satu perusahaan pelat merah yang memiliki produk populer yaitu Tabungan Emas Pegadaian.

Sedikit saran, sebaiknya menabung emas di lembaga atau perusahaan yang telah terbukti memiliki kinerja baik dan nama besar. Jangan tergiur dengan iming-iming untung besar dari agen atau sales yang menawarkan.

Beberapa lembaga atau perusahaan yang bisa kamu pilih yaitu:

1. Pegadaian

Tabungan logam mulia di Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Nah produk ini memungkinkan kita berinvestasi emas secara mudah, murah, aman, dan tepercaya. Keunggulan menabung di Pegadaian yaitu biaya administrasi dan pengelolaan ringan, serta dijamin emasnya 24 karat.

2. Antam

PT Aneka Tambang Tbk (Persero) juga punya tabungan logam mulia bernama Brankas LM Antam. Nah kalau yang ini adalah cara investasi emas online. Caranya, perusahaan pelat merah ini membuka pembelian secara online melalui situs brankaslm.com.

BRANKAS LM adalah layanan pembelian dan penyimpanan emas LM Antam oleh Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia. Selain menabung, kamu juga bisa menjual dan mencairkan tabunganmu berupa emas batangan. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

3. Bank BRI

Tabungan Emas BRI sebenarnya sama dengan Tabungan Emas Pegadaian, Tabungan Emas Antam, dan tabungan lain yang tersedia di sejumlah bank BUMN. Tabungan ini menjadi instrumen investasi bagi masyarakat yang ingin mencicil kepemilikan emas.

Sekadar informasi, kadar emas yang ditawarkan dalam Tabungan Emas BRi adalah emas murni 24 karat. Tersedia pilihan emas bersertifikat Antam ataupun lainnya alias bukan emas produksi Antam. Sementara, pecahannya yang bisa dipilih yaitu 5 gram, 10 gram, 25 gram, 100 gram, dan 250 gram.

4. Bank BNI

Tabungan yang tersedia di BNI adalah BNI Emas iB Hasanah yang tersedia di BNI Syariah. Perusahaan ini menyediakan pembiayaan untuk membeli emas logam mulia berbentuk batangan.

Kita bisa mengangsur setiap bulan untuk mendapatkan emas batangan yang disimpan di BNI. Jangka waktu pembiayaan berkisar 2-5 tahun dan kita bisa mencicilnya dengan beberapa dokumen yang wajib dibawa sebagai persyaratan. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs resmi dan tersedia simulasi BNI Emas iB Hasanah.

5. Bank BCA

Sama seperti BNI, salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ini menghadirkan tabungan logam mulia syariah dari BCA Syariah yaitu Tabungan Emas BCA Syariah iB (Emas iB). Produk ini merupakan pembiayaan bagi nasabah untuk kepemilikan logam mulia emas dengan akad jual beli murabahah.

Jenis emas yang bisa ditabung adalah emas batangan bersertifikat 24 karat yang terdiri atas pecahan 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan 250 gram. Untuk memilikinya, kamu harus membayar uang muka sebesar 20 persen dari harga beli emas.

6. Tabungan Emas Tokopedia

Di e-commerce ini, kamu juga bisa nabung emas dengan nama Tokopedia Emas. Tabungan ini menggandeng PT Pegadaian (Persero) yang menawarkan kemudahan dalam berinvestasi emas. Bahkan, kamu bisa mulai hanya dengan Rp500 lho!

Meski transaksi dilakukan online, kamu tetap bisa memiliki fisik emas setelah terkumpul jumlah gram yang telah ditentukan. Untuk berinvestasi emas di Tokopedia, hanya perlu mengunduh aplikasinya dan membuat akun. Setelah itu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Syarat dan Cara Menabung Emas

cara mengatur keuangan

Menabung emas di perusahaan BUMN ataupun swasta hampir sama. Syarat dan caranya tetap sama, hanya sedikit berbeda untuk nilai emas itu sendiri. Nah berikut ini syarat dan caranya yang perlu kamu tahu biar gak ribet ketika mulai menabung emas.

1. Syarat Tabungan Emas

  • Membuka rekening di kantor cabang. Misalnya Pegadaian dengan melampirkan fotokopi identitas diri
  • Mengisi formulir dan membayar biaya administrasi serta biaya jasa penitipan
  • Membayar uang pembelian emas mulai dari 0,01 gram
  • Memenuhi minimal saldo rekening setara 0,1 gram emas
  • Transaksi penjualan emas dan pencetakan emas batangan hanya dilayani di kantor cabang tempat pembukaan rekening.

2. Cara Menabung Emas

Berikut ini cara menabung emas yang sebaiknya kamu lakukan:

  • Sebaiknya survei harga melalui situs resmi tepercaya seperti logammulia.com milik Antam
  • Sesuaikan dana yang dimiliki dengan berat emas yang akan dibeli
  • Siapkan syarat mencicil tabungan emas yang diperlukan
  • Bayar DP jika memang diminta membayar uang muka
  • Sebaiknya tidak memilih jangka waktu mencicil terlalu lama karena harga akan cicilan emas akan semakin mahal.

Bagi kamu yang belum tahu, tabungan ini bisa dicetak jadi perhiasan. Untuk mengetahui cara dan syaratnya, baca yang berikut ini.

Panduan cetak tabungan emas jadi perhiasan

 

wawancara kerja

Berikut step by step cetak emas yang ditabung menjadi perhiasan seperti yang dikutip dari Ubslifestyle. Sekedar informasi, kalau UBS Lifestyle merupakan situs jual beli yang diketahui sudah bekerja sama dengan Pegadaian.

  • Buka situs www.ubslifestyle.com
  • Klik tombol register yang tanda pada sudut kanan atas
  • Pilih model perhiasan yang kamu inginkan
  • Tekan tombol “Add to Cart”. Pada bagian bawah tombol juga diberitahukan tanggal barang sudah tersedia
  • Jika sudah selesai, silahkan ke halaman Shopping Cart
  • Kemudian klik tombol “Nasabah Tabungan Emas” yang memang menyatakan kalau kamu melakukan pembayaran menggunakan tabungan logam mulia tersebut
  • Pastikan semua data dan pesanan sudah benar, lalu isi “Nomor Rekening Tabungan Emas” milikmu
  • Kamu akan mendapat SMS yang berisi kode OTP dan masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah disiapkan, kemudian pilih metode pembayaran
  • Selesai deh.

Jika orderan sudah berhasil, maka kamu akan mendapat pemberitahuan transaksi berhasil yang juga berisi beberapa poin penting, seperti order number, tanggal, total dan juga metode pembayaran.

Contoh perhitungan tabungan emas

seorang perempuan sedang menghitung

Menabung logam mulia merupakan cara berinvestasi emas dengan cara sedikit demi sedikit seperti menabung. Misalnya saja, membuka tabungan dengan minimal pembelian 0,01 gram lewat Pegadaian. Dengan rutin menabung emas, lama-kelamaan emas yang kamu cicil akan bertambah bobotnya.

Selain itu membuka rekening tabungan di Pegadaian juga gak susah kok. Kamu hanya perlu datang ke kantor cabang Pegadaian, sampaikan ingin membuka rekening tabungan ini, siapkan KTP dan membayar beberapa biaya administrasi. 

Berikut ini tabel informasi mengenai outlet pembukaan tabungan logam mulia ini lengkap dengan biaya administrasinya.

 

Channel Biaya Pembukaan Rekening Biaya Fasilitas Penitipan Emas (per satu tahun) Pembelian Saldo Emas Biaya Transaksi
Outlet Pegadaian Rp 10.000,- Rp 30.000,- 0,01 Gram
Pegadaian Digital Rp 0,- Rp 0,- (free biaya penitipan 1 tahun pertama) Rp 50.000,-
Pegadaian Syariah Digital Rp 0,- Rp 30.000,- Rp 70.000,-
Agen Pegadaian Rp 10.000,- Rp 30.000,- Rp 57.500,- Rp 2.500,-

Yang menarik dari menabung emas di Pegadaian ini, kamu bisa membeli saldo emas mulai dari 0,01 gram, jika langsung melakukannya di outlet Pegadaian. Sebagai contoh, harga jual 1 gram emas Antam di outlet Pegadaian pada Selasa, 31 Maret 2020 adalah Rp 927.000. Namun, karena diperbolehkan membeli mulai dari 0,01 gram, maka jumlah uang yang bisa dibayarkan cukup Rp 9.270 saja. 

Contoh perhitungan:

Katakanlah, dalam sebulan kamu hanya bisa menyisihkan uang Rp 500.000 untuk to up saldo tabungan emas. Tentu, dengan uang Rp 500.000 kamu belum bisa mendapat 1 gram emas di Pegadaian. 

Namun, dengan adanya fitur tabungan emas mulai dari 0,01 gram ini, kamu bisa mendapatkan 0,53 gram emas.

(Dana yang dimiliki: Harga emas per gram) x 0,01 gram

Dengan demikian, perhitungannya menjadi:

(Rp500 ribu : Rp9.270) x 0,01 gram = 0,53 gram

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Lantas, dengan asumsi harga emas tidak bergerak, maka jumlahnya dalam 10 bulan ke depan:

0,53 gram x 10 bulan = 5,3 gram.

Lumayan banget kan?

Bagi kamu yang tertarik menabung emas, silakan mencobanya ya! Pastikan tabungan emas kamu berada di tempat resmi dan aman, sehingga investasi kamu lebih terjamin dan nyaman. informasi lain seputar tabungan dan finansial bisa kamu temukan di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →