Tabungan Emas Pegadaian dan Cara Mencairkannya [Review]

Tabungan emas Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian adalah salah satu program PT Pegadaian (Persero) yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam berinvestasi. 

Selama ini, kebanyakan orang mengira berinvestasi emas perlu membeli emas dengan berat minimal 1 gram.

Padahal, lewat tabungan emas di Pegadaian, kamu bisa menabung dengan instrumen logam mulia mulai Rp10 ribu lho! Kok bisa? Namanya juga tabungan, kamu bisa mulai membeli dengan minimal 0,01 gram.

Namun, tetap ada biaya tambahan lain seperti administrasi Rp10 ribu dan fasilitas titip emas Rp2.500 per bulan.

Lewat fasilitas investasi dari Pegadaian ini, masyarakat diharapkan dapat menjangkau tabungan emas. Tujuannya tentu saja meningkatkan perekonomian masyarakat.

Biar makin jelas, yuk simak seluk beluk Tabungan Emas Pegadaian ini.

Keuntungan tabungan emas di Pegadaian

Membuka Tabungan Emas Pegadaian lewat aplikasi tentunya memiliki berbagai macam keuntungan yang didapatkan oleh nasabah. Apa aja keuntungannya? Yuk langsung aja kita simak daftarnya berikut ini:

1. Dapat menabung emas sesuai budget

Salah satu keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika membuka Tabungan Emas Pegadaian adalah dapat melakukan top up emas mulai dari 0,01 gram aja lho! 

Itu artinya kamu bisa berinvestasi emas dengan nominal yang terbilang sangat murah. Bahkan lebih murah dari harga iuran BPJS Kesehatan kelas 1 sekalipun.

Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan anggaran bulanan dan nominal investasi emas secara lebih fleksibel tanpa perlu membeli emas batangan yang harganya jauh lebih mahal di pasaran.

2. Biaya administrasi dan pengelolaan yang relatif ringan

Pegadaian menawarkan biaya administrasi dan pengelolaan tarif tabungan emas yang relatif murah setiap pembukaan rekening atau transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Bahnak nominalnya mulai dari Rp2 ribu aja nih.

Dengan biaya yang semurah itu, kamu mendapatkan berbagai macam fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh Pegadaian.

3. Tepercaya dan aman

Dibandingkan menabung emas batangan sendiri di rumah, Tabungan Emas Pegadaian relatif lebih aman dari risiko kehilangan maupun aksi kriminalitas. 

Udah gitu, kamu juga gak perlu khawatir dengan emas yang kamu tabung. Sebab udah bisa dipastikan emas yang kamu tabung berkualitas 24 karat.

Kalau soal kredibilitas perusahaan, Pegadaian gak perlu dipertanyakan lagi sebab menjadi salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang izin usahanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

4. Dapat digadaikan dan dijadikan jaminan

Perlu dana cepat? Kamu juga bisa memanfaatkan Tabungan Emas Pegadaian yang selama ini udah terkumpul untuk digadaikan atau dijadikan jaminan. Tentunya dengan serangkaian proses administrasi yang berlaku ya!

Kamu gak perlu lagi deh tuh yang namanya gadai barang pribadi seperti motor, televisi atau bahkan rumah.

5. Membeli emas cukup dari handphone

Salah satu keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan jika membuka Tabungan Emas Pegadaian adalah dapat bertransaksi hanya dari genggaman jari aja alias dari HP. 

Dalam waktu beberapa menit atau jam aja kamu udah bisa menabung emas berdasarkan harga emas yang berlaku.

Syarat dan cara buka rekening tabungan emas di Pegadaian

Untuk membuka Tabungan Emas Pegadaian terbilang cukup mudah. Nasabah hanya perlu menyiapkan beberapa syarat berikut ini:

  1. Kartu identitas KTP/SIM/Paspor
  2. Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas
  3. Biaya transaksi Tabungan Emas

Itu menjadi syarat umum yang harus dipenuhi oleh kamu jika ingin membuka rekening Tabungan Emas Pegadaian. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi call center Pegadaian di nomor 1500 569.

Berikut ini cara buka rekening Tabungan Emas Pegadaian secara online dan offline

1. Buka rekening tabungan emas online

Setelah mempersiapkan dan memenuhi syarat, selanjutnya kamu harus mengikuti langkah berikut untuk mendaftar Tabungan Emas Pegadaian.

  • Unduh aplikasi Pegadaian di Playstore atau Appstore
  • Isi daftar informasi pribadi
  • Pilih kantor cabang Pegadaian yang terdekat atau kamu kehendaki
  • Bayar biaya administrasi
  • Ambil buku tabungan atau rekening di kantor cabang yang telah dipilih
  • Proses pembukaan rekening selesai.

Untuk proses aktivasi atau menunggu pengambilan buku Tabungan Emas Pegadaian di kantor cabang terdekat memakan waktu 1 hingga 7 hari kerja. 

Setelah itu baru kamu bisa melakukan investasi emas sesuai dengan keinginan di aplikasi Pegadaian. Mudah, kan?

2. Buka rekening tabungan emas offline

Membuka tabungan emas secara offline berarti kamu mendatangi kantor cabang atau agen Pegadaian terdekat. Berikut tahapan proses membuka rekening Tabungan Emas Pegadaian di kantor cabang atau agen.

  • Mendatangi kantor Pegadaian atau agen terdekat.
  • Bawa persyaratan yaitu identitas diri dan fotokopi KTP, SIM, atau Paspor yang masih berlaku.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas.
  • Membayar biaya pembukaan rekening Rp10 ribu.
  • Membayar biaya fasilitas titipan selama 12 bulan Rp30 ribu.
  • Proses pembelian emas bisa kamu lakukan dengan membayar sesuai besar emas yang ingin kamu tabung yaitu mulai 0,01 gram.

3. Biaya administrasi pembukaan rekening Tabungan Emas Pegadaian

Berikut ini adalah daftar biaya administrasi yang dikenakan oleh Pegadaian bagi nasabah yang ingin menabung emas.

Channel Biaya Pembukaan Rekening Biaya Fasilitas Penitipan Emas (per tahun) Pembelian Saldo Emas Biaya Transaksi
Outlet Pegadaian Rp10 ribu Rp30 ribu 0,01 gram
Pegadaian Digital Rp0 Rp0 (free selama 1 tahun pertama) Rp50 ribu
Pegadaian Syariah Digital Rp0 Rp30 ribu Rp70 ribu
Agen Pegadaian Rp10 ribu Rp30 ribu Rp57.500 Rp2 ribu

Cara beli emas di Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin membeli emas di Pegadaian. 

Caranya lebih gampang lewat aplikasinya alias secara online. Lewat fitur Pegadaian Digital, pembelian tabungan emas bisa dilakukan dengan minimal Rp50 ribu dan maksimal Rp10 juta per hari.

Berikut cara beli emas di Pegadaian.

  • Buat rekening tabungan emas.
  • Mengisi formulir rekening tabungan dengan membayar biaya administrasi.
  • Pembelian bisa langsung dilakukan, mulai 0,01 gram.
  • Jika kamu mau langsung punya emas dalam wujud fisik, maka kamu bisa mencetaknya dengan ukuran emas batangan yang tersedia yaitu 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Sekadar informasi, terdapat dua harga yang tercantum pada aplikasi Pegadaian Digital yaitu harga jual dan harga beli.

  1. Harga jual adalah harga Pegadaian menjual emas kepada nasabah. Artinya, harga yang ditetapkan Pegadaian jika kamu mau beli emas.
  2. Harga beli adalah harga Pegadaian membeli emas dari nasabah (buy back). Artinya, harga emas yang akan diterima nasabah yang menjualnya kepada Pegadaian.

Cara jual emas di Pegadaian

Sama seperti membeli emas di Pegadaian, cara jual Tabungan Emas Pegadaian juga cukup simpel kok! Kamu hanya perlu mendatangi kantor cabang terdekat atau melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Berikut langkah-langkah menjual emas di perusahaan pelat merah ini.

  • Masuk ke aplikasi Tabungan Emas Pegadaian.
  • Pilih jual emas.
  • Tentukan nomor rekening untuk penjualan emas kamu.
  • Pastikan harga jual emas bakal menguntungkan kamu karena harga emas terus berubah-ubah.
  • Setelah itu tentukan berat emas yang ingin dijual atau nominal yang kamu ingin terima.
  • Setelah kamu klik menjual, hasil penjualan emas ini akan langsung ditransfer ke rekening kamu.

Biaya Transaksi tabungan emas di Pegadaian

Berikut ini daftar biaya transaksi Tabungan Emas Pegadaian.

Transaksi Biaya Keterangan
Transfer emas ke rekening lain Rp2.000 per transaksi Melalui outlet Pegadaian
Transfer emas ke rekening lain Rp0 Melalui Pegadaian Digital
Pencetakan rekening koran Tabungan Emas Rp2.000 per lembar Di outlet Pegadaian
Penggantian buku Tabungan Emas yang hilang atau rusak Rp10.000 per buku Di outlet Pegadaian
Penitipan emas per tahun dibayar di muka Rp30.000 per rekening
Penutupan rekening Rp30.000 per rekening Di outlet Pegadaian

Cara cetak fisik emas batangan di Tabungan Emas Pegadaian

Pegadaian menawarkan beberapa opsi cetak fisik emas yang bisa kamu pilih yaitu mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Kamu bisa melakukan pengajuan percetakan emas fisik lewat aplikasi Pegadaian Digital atau datang langsung ke outlet Pegadaian tempat kamu membuka rekening.

Namun, perlu diketahui kalau untuk cetak emas, maka akan dikenakan biaya cetak yang masing-masing nominalnya tergantung dari berat emas itu sendiri.

Kalau udah mencetak emas, kamu bisa langsung menjualnya, gampang bukan cara mencairkan tabungan kamu?

Biaya cetak emas batangan Tabungan Emas Pegadaian

Biaya cetak emas di Pegadaian tergantung pada berat emas yang ingin dicetak dan jenis emas yang kamu akan cairkan. Ada dua jenis yaitu emas dari PT Antam dan PT UBS.

Simak biaya cetak emas batangan berikut ini!

Denominasi PT Antam PT UBS
1 gram Rp85.000 Rp40.000
2 gram Rp86.000 Rp66.000
5 gram Rp127.000 Rp83.000
10 gram Rp177.000 Rp111.000
25 gram Rp255.000 Rp178.000
50 gram Rp516.000 Rp301.000
100 gram Rp632.000 Rp507.000

Perhitungan keuntungan menabung emas di Pegadaian

Misalnya, kamu membeli emas batangan pada 2014 seberat 20 gram dengan harga per gramnya dibanderol sebesar Rp300.000. 

Saat itu kamu harus merogoh kocek sebesar Rp6.000.000. Sementara harga emas pada 2019 menyentuh angka Rp650.000.

Kalau pengin menjualnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang fantastis banget. Yuk, kita coba menghitungnya, misalkan harga emas 2019 per gram Rp650.000, berarti Rp650 ribu x 20 gram yaitu sebesar Rp13.000.000.

Modal kamu pada 2014 sebesar Rp6.000.000. Maka, kamu mendapatkan cuan Rp13.000.000 (dikurangi) Rp6.000.000, yakni Rp7.000.000. 

Wih! Keuntungannya lebih dari 100 persen. Oke banget, kan? Cuma kuncinya ya harus sabar dan konsisten.

Kalau udah punya Tabungan Emas Pegadaian, lalu bagaimana cara mencairkannya? Gak perlu khawatir, berikut cara mudahnya.

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian

Ada dua cara mencairkan tabungan emas Pegadaian.

  1. Jual kembali emas dalam tabungan emas Pegadaian.
  2. Cetak emas dalam tabungan emas Pegadaian menjadi emas fisik.

1. Jual kembali emas dalam tabungan emas Pegadaian

Kamu bisa mendapatkan uang tunai secara langsung dengan menjual emas yang selama ini telah ditabung. Dalam perdagangan emas di Pegadaian, terdapat harga jual dan harga beli.

Kalau kamu mau membeli emas, harga yang dikenakan adalah harga jual. Sementara kalau kamu mau menjual emas, harga yang dikenakan adalah harga beli.

Harga jual selalu lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli. Karena itu, pastikan harga beli telah memberi untung.

2. Cetak emas dalam tabungan emas Pegadaian menjadi emas fisik

Pencetakan emas tabungan Pegadaian menjadi emas fisik telah dijelaskan sebelumnya. Emas bisa dicetak mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, hingga 100 gram.

Ada biaya cetak emas kalau kamu memilih opsi ini sebagai opsi cara mencairkan tabungan emas Pegadaian.

Tabungan emas lainnya

Sebelum memilih tabungan emas dari Pegadaian, kamu bisa mempertimbangkan investasi emas di beberapa tempat tepercaya berikut ini. Kamu gak perlu khawatir karena dijamin aman. Yuk, simak ulasannya!

1. Antam

PT Aneka Tambang Tbk (Persero) alias Antam menawarkan investasi emas dengan cara menabung lewat Brankas Logam Mulia. 

Program investasi yang populer dengan istilah Brankas Antam ini menyediakan layanan pembelian dan penyimpanan emas.

Berikut cara investasi emas Antam lewat Brankas Logam Mulia.

  1. Persiapkan syarat-syarat pembukaan akun, seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan fotokopi kartu keluarga.
  2. Kunjungi kantor atau Butik Emas yang tersebar di beberapa kota dengan membawa syarat-syarat di atas.
  3. Isi formulir Syarat dan Ketentuan Brankas LM kemudian tandatangani. Perlu diketahui pendaftaran harus nasabah sendiri, tidak bisa diwakili.
  4. Setelah registrasi, isi saldo minimal ke akun.
  5. Petugas nanti memberikan username Brankas LM dan Kode Aktivasi untuk aktivasi akun di www.brankaslm.com.
  6. Login ke akun untuk cek saldo, melakukan pembelian, penjualan, penarikan fisik, hingga membayar zakat emas secara online.

2. Tabungan emas BCA

Sama seperti BNI, salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ini menghadirkan tabungan emas syariah dari BCA Syariah yaitu Tabungan Emas BCA Syariah iB (Emas iB).

Produk ini merupakan pembiayaan bagi nasabah untuk kepemilikan logam mulia emas dengan akad jual beli murabahah.

Jenis emas yang bisa ditabung adalah emas batangan bersertifikat 24 karat yang terdiri atas pecahan 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan 250 gram.

Untuk memiliki tabungan emas BCA, kamu harus membayar uang muka sebesar 20 persen dari harga beli emas.

3. Tabungan emas BSM

Bank Syariah Mandiri (BSM) membantu nasabah dalam meraih keinginan memiliki emas. melalui program cicilan. BSM memberikan fasilitas pembelian emas batangan minimal 10 gram dan maksimal 100 gram.

Cicilan emas yang ditawarkan sangat murah yakni hanya Rp4.000 saja per hari. Sama dengan BNI, lamanya cicilan tabungan emas BSM antara 2 sampai 5 tahun. Sementara uang muka yang dapat dibayarkan adalah 20% dari harga perolehan.

Keuntungan tabungan emas Bank Syariah Mandiri adalah:

  • Emas yang dibeli dapat diasuransikan.
  • Tarif yang murah.
  • Layanan terpercaya, kerja sama dengan PT Antam, toko emas, dan perorangan yang telah menjalin kerja sama dengan BSM. 
  • Likuid atau dapat dicairkan menjadi cash dengan cepat. 

Persyaratan pembiayaan emas:

  • WNI cakap umur.
  • Pegawai dengan usia minimal 21 tahun s.d usia maksimal 55 tahun.
  • Pensiunan berusia maksimal 70 tahun pada saat pembiayaan jatuh tempo.
  • Profesional dan wiraswasta berusia maksimal 60 tahun.
  • Menyerahkan Kartu Identitas (KTP).

4. Tabungan emas BNI Syariah

Tabungan emas yang tersedia di BNI adalah BNI Emas iB Hasanah yang tersedia di BNI Syariah. Perusahaan ini menyediakan pembiayaan untuk membeli emas logam mulia berbentuk batangan.

Kita bisa mengangsur setiap bulan untuk mendapatkan emas batangan yang disimpan di BNI. Jangka waktu pembiayaan berkisar 2 – 5 tahun dan kita bisa mencicilnya dengan beberapa dokumen yang wajib dibawa sebagai persyaratan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs resminya. Tersedia pula simulasi BNI Emas iB Hasanah lho.

Tips aman menabung emas

Berinvestasi emas tetap perlu memperhatikan faktor keamanan. Itu sebabnya, kamu wajib banget melakukan survei atas lembaga atau perusahaan yang bakal kamu pilih sebagai tempat kamu menabung emas.

Terus apalagi yang harus kita perhatikan dalam berinvestasi emas dengan cara nabung?

Yuk, simak tips dari Lifepal berikut!

1. Paham kekurangan berinvestasi logam mulia lewat menabung

Walaupun memiliki banyak keuntungan, kamu juga harus mengetahui 3 kekurangan dari menabung emas di Pegadaian yaitu:

  • Perlu cetak fisik untuk mencairkan emas.
  • Belum bisa daftar online secara penuh.
  • Terdapat biaya tambahan seperti administrasi dan pengelolaan.

Dengan memahami kekurangan berinvestasi emas lewat menabung, kamu bisa mengurangi risiko tertentu. Contohnya, menyiapkan biaya tambahan jika kamu hendak mencetak tabungan emas ke wujud fisik.

2. Proteksi tabungan emas dan aset berharga lainnya

Dalam berinvestasi dalam wujud apapun, kamu harus punya proteksi atas income, investasi itu sendiri, dan aset berharga yang kamu punya. Proteksi ini bertujuan menjaga diri kamu, aset berharga, dan investasi dari risiko yang bisa terjadi kapan aja.

Proteksi apa aja bagi kita yang tengah menabung emas?

Pertama, tentu proteksi diri dari biaya rumah sakit mahal dengan asuransi kesehatan. Lewat produk ini, terdapat jaminan biaya perawatan rumah sakit hingga pembedahan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti sakit atau kecelakaan.

Kedua, proteksi atas aset berharga seperti mobil atau rumah. Kenapa saat kita berinvestasi emas butuh asuransi ini? 

Alasan utama adalah asuransi bakal menjaga semua kondisi keuangan kamu sedemikian rupa ketika terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Contohnya saat mobil kamu diserempet pengendara lain yang tidak bertanggung jawab. Goresan pada mobil kesayangan bisa menghabiskan duit jutaan rupiah agar body-nya kembali mulus.

Nah, kalau kamu punya asuransi mobil, kamu cukup membayar biaya ditanggung sendiri berkisar Rp300 ribu untuk mendapatkan perbaikan atas mobil kesayangan. Otomatis, tabungan emas kamu gak perlu dicairkan untuk memperbaiki mobil kamu, bukan?

Biar gampang dan gak ribet, kamu bisa temukan asuransi yang sesuai kebutuhan dan bujetmu di Lifepal!

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang investasi? Lihat pertanyaan populer seputar investasi di Tanya Lifepal.

Tanya jawab

Ya, Tabungan Emas Pegadaian menawarkan keamanan karena kamu tidak memegang fisik emas di rumah yang bisa saja dicuri.

Selain itu, untuk beli-jualnya bisa kamu lakukan secara online tanpa harus membawa-bawa emas ke Pegadaian.

Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) menabung emas hukumnya mubah atau diperbolehkan. Emas adalah produk investasi yang paling dianjurkan dalam syariat Islam.

Tahapan gadai emas secara online jika kamu memiliki Tabungan Emas Pegadaian:

  • Masuk ke aplikasi Pegadaian Digital
  • Pilih Gadai
  • Masukan nomor rekening tabungan emas yang telah terdaftar
  • Tentukan jumlah emas yang ingin digadai
  • Tentukan lamanya (jatuh tempo) gadai emas yaitu 30, 60, 90, 120 hari
  • Setelah kamu pilih Gadai, maka otomatis dana akan ditransfer ke rekening kamu.

Pilihan cetak emas adalah 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Untuk mencetaknya, kamu bisa melakukan via aplikasi.

Pilih cetak emas Antam atau UBS. Setelah itu, kamu akan dikenakan biaya cetak di mana kisarannya Rp40 ribu hingga Rp632 ribu tergantung besar-kecilnya emas yang dicetak. Kamu hanya perlu menunggu emas dicetak sekitar 15-45 hari.

Untuk kasus seperti ini, rekening akan ditutup berdasarkan permintaan ahli waris pemilik rekening yang sah.

Saldo rekening akan diserahkan kepada ahli waris kepada ahli waris pemilik rekening sesuai ketentuan Pegadaian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai amanah ahli waris.

Setelah proses ini selesai, ahli waris menerima saldo rekening dan penutupan rekening tersebut berarti sudah selesai urusan ahli waris dengan Pegadaian.

Terlepas dari segala kelebihan yang ditawarkan, Tabungan Emas Pegadaian juga punya kekurangan yang berpotensi merugikan kamu.

Pertama adalah biaya tambahan termasuk biaya penyimpanan, biaya transfer, dan biaya cetak, yang bisa mengurangi nilai penjualan emas kamu.

Jadi, sebelum kamu jual emas, pastikan harganya sedang tinggi dan kamu telah menghitung biaya-biaya tersebut.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →