Mudah dan Gak Repot! Begini Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

tabungan emas pegadaian

Gak sedikit orang yang masih beranggapan kalau investasi itu hanya diperuntukan buat orang-orang berduit karena modalnya besar. Padahal, kenyataannya gak demikian, kmu bisa investasi dengan modal di bawah Rp 10 ribu yakni lewat tabungan emas Pegadaian. Cara buat mencairkannya juga gak ribet kok.

Tabungan emas merupakan salah satu program milik Pegadaian yang memang bertujuan agar memudahkan masyarakat buat berinvestasi.

Tabungan emas itu sendiri memang ditujukan bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah yang pengin berinvestasi. Gak semua orang bisa membeli emas secara tunai, menabung dengan instrumen logam mulia emang gak ada salahnya.

Meskipun namanya tabungan emas tapi bukan berarti kamu menabung dalam bentuk emas ya. Kamu tetap menabung menggunakan uang buat membelinya. Enaknya lagi, seperti yang dilansir dari situs resmi Pegadaian, kamu bisa membelinya dengan minimal 0,01 gram

Jadi, misalnya harga emas batangan 1 gramnya adalah sebesar Rp 650 ribu. Maka kamu hanya menggelontorkan uang Rp 6.500 dan udah bisa membelinya. 

Ya memang sih ada beberapa biaya tambahan yang harus kamu keluarkan. Tapi tenang aja, totalnya bahkan gak sampai Rp 30 ribu kok. Berikut rinciannya:

  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp 10 ribu.
  • Membayar fasilitas titip emas Rp 30 ribu per tahun atau Rp 2.500 per bulan.

Kalau dijumlahkan, nominalnya juga masih sangat kecil? Tentu bukan hal yang sulit dong mengeluarkan uang puluhan ribu rupiah buat berinvestasi yang emang bisa memberikan keuntungan besar buat kamu nih di masa depan, masa sih?

Perlu diketahui kalau investasi emas merupakan salah satu instrumen investasi jangka panjang. Jadi, keuntungannya baru bisa kamu rasakan di beberapa tahun mendatang yaitu di atas 5 tahun.

Baca juga: Ini Jenis Investasi Buat Milenial yang Baru Memasuki Dunia Kerja

Begini nih cara penghitungannya buat menabung emas di Pegadaian

tabungan emas pegadaian
Begini nih penghitungan tabungan emas kamu di Pegadaian, (Ilustrasi/Shutterstock).

Misalnya, kamu membeli emas batangan di tahun 2014 seberat 20 gram dengan harga per gramnya dibanderol sebesar Rp 300 ribu. Saat itu kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 6 juta. Sementara harga emas di tahun 2019 menyentuh angka Rp 650 ribu.

Kalau pengin menjualnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang fantastis banget. Yuk, kita coba menghitungnya, misalkan harga emas 2019 per gram Rp 650 ribu, berarti Rp 650 ribu x 20 gram yaitu sebesar Rp 13 juta.

Modal kamu di tahun 2014 yaitu Rp 6 juta. Maka, kamu mendapatkan cuan Rp 13 juta (dikurangi) Rp 6 juta yakni Rp 7 juta. Wih! Keuntungannya lebih dari 100 persen. Oke banget kan? Cuma kuncinya ya harus sabar dan konsisten.

Pasalnya, harga emas itu selalu naik setiap tahunnya dan tidak dipengaruhi oleh inflasi. Selain itu, kamu juga bisa membelinya sedikit demi sedikit. Jadi, gak langsung menggelontorkan uang besar, lebih meringankan dong?

Kalau udah punya tabungan emas Pegadaian, lalu bagaimana cara mencairkannya? Gak perlu khawatir, berikut cara mudahnya.

Menjual kembali emas ke Pegadaian

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian yang pertama adalah dengan menjualnya kembali ke Pegadaian. Cara tersebut bisa jadi pilihan tepat buat kamu pengin mendapatkan uang tunai dalam waktu singkat.

Gak perlu khawatir karena harga yang diberikan pihak Pegadaian akan sesuai dengan harga pasar. Kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu di situs resmi Pegadaian. Selain itu, pastikan kalau saldo tabungan emas kamu yang tersimpan minimal senilai harga 1 gram emas.

Baca juga: Mau Nabung Biaya Umrah?, Coba Investasi Ini Yuk Biar Lebih Cepat

Mencetak Tabungan Emas menjadi emas fisik

Tabungan Emas Pegadaian
Kamu bisa mencetaknya dalam bentuk fisik nih, (Instagram/@sahabatpegadaian).

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian selanjutnya adalah dengan mencetak emas fisik. Pegadaian menawarkan beberapa opsi cetak fisik emas yang bisa kamu pilih yaitu mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Kamu bisa melakukan pengajuan percetakan emas fisik lewat aplikasi Pegadaian Digital atau datang langsung ke outlet Pegadaian tempat kamu membuka rekening.

Namun, perlu diketahui kalau untuk cetak emas, maka akan dikenakan biaya cetak yang masing-masing nominalnya tergantung dari berat emas itu sendiri. Kalau udah mencetak emas, kamu bisa langsung menjualnya, gampang bukan cara mencairkan tabungan kamu?

Itu dia cara mudah mencairkan tabungan emas Pegadaian. Selain simpel, keuntungan yang ditawarkan pun juga oke banget kan? Masih ragu gelontorkan uang kamu ke instrumen investasi yang satu ini? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).