Tabungan Emas VS Cicil Emas Pegadaian, Lebih Untung Mana?

tabungan emas atau cicil emas di pegadaian

Investasi emas kini menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Tapi kalau gak punya uang untuk beli secara tunai, lebih baik pilih tabungan emas atau cicil emas ya?

Pasalnya, membeli emas secara tunai selain membutuhkan uang yang gak sedikit, juga perlu persiapan matang biar kondisi keuangan gak berantakan.

Terlebih lagi kini udah banyak bank dan lembaga pemerintah yang menawarkan beli emas secara kredit alian mencicil.

Gak cuma itu aja, PT Pegadaian pun juga kini memiliki produk tabungan emas. Jadi kamu bisa menabung untuk membeli emas. Nominalnya juga gak besar, yaitu mulai Rp6.000-an saja.

Meski keduanya terbilang mirip, tapi baik tabungan emas maupun cicil emas di Pegadaian memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing lho.

Nah, buat kamu yang mau investasi emas tapi masih bingung memilih antara tabungan emas dan cicil emas, mending langsung simak aja yuk keunggulan dan kelemahan dari kedua produk itu.

Tabungan emas

Dengan uang mulai dari Rp6.000-an, kamu udah bisa investasi emas dengan membuka tabungan emas di Pegadaian.

Keunggulan tabungan emas

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Pegadaian buat kamu yang mau membuka tabungan emas, yaitu:

  • Bisa beli emas mulai dari 0,01 gram. Untuk mengetahui harga emas per gramnya kamu bisa mengecek di situs resmi Pegadaian.
  • Emas tersimpan aman di Pegadaian. Pasalnya nasabah baru bisa mengambil emas dalam bentuk fisik jika berat emas sudah mencapai 5 gram.
  • Gak ada uang muka saat kamu membuka tabungan emas.
  • Tabungan emas juga memiliki waktu yang fleksibel. Jadi nasabah tidak terikat tenor dan bisa menabung kapan saja.
  • Saat ada kebutuhan mendesak, emas juga bisa dijadikan jaminan.
  • Emas bersertifikat PT Antam atau Pegadaian.

Kelemahan tabungan emas

  • Ada kurs jual dan kurs beli. Jadi ada selisih harga saat kamu menabung dengan menjual atau menggadaikan.
  • Emas hanya bisa diambil jika beratnya sudah mencapai 5 gram.
  • Ada biaya cetak yang akan dikenakan jika kamu ingin memiliki fisik emas. Kamu bisa mengecek biaya-biayanya di Pegadaian.

Nah, itu dia beberapa keunggulan dan kelemahan dari tabungan emas. Sedangkan berikut ini Lifepal juga mau kasih tahu keunggulan dan kelemahan dari kredit emas.

Cicil emas

kredit atau cicil emas di pegadaian

Kini sudah banyak sekali bank, mulai dari bank konvensional hingga syariah yang menawarkan beli emas secara kredit atau mencicil, seperti Bank Mandiri Syariah (BSM), Bank BNI, Bank BCA dan lainnya.

Keunggulan cicil emas

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh pihak bank maupun lembaga pemerintah jika kamu ingin kredit emas, seperti:

  • Bisa membeli emas dengan dana terbatas. Jadi kamu tetap bisa investasi tanpa harus mengorbankan dana keperluan lainnya.
  • Emas tersimpan aman. Jadi emas akan disimpan oleh pihak bank atau lembaga pemerintah hingga nasabah melunasinya.
  • Emas juga bisa dijadikan jaminan saat kamu ada kebutuhan mendesak. Jadi emas bisa digadaikan senilai total cicilan yang sudah kamu bayar.
  • Jadi disiplin menabung. Pasalnya, saat kamu sudah memutuskan untuk kredit emas, berarti kamu sudah berkomitmen untuk membayar sejumlah uang setiap bulannya.

Kelemahan cicil emas

Sementara itu, ada juga kelemahan dari cicil emas:

  • Nasabah harus membayar uang muka sebesar 20 persen.
  • Ada bunga cicilan setiap bulan yang harus kamu tanggung.
  • Beberapa bank ada yang menerapkan biaya penalti apabila kamu melunasi cicilan kredit emas lebih cepat dari tenor.
  • Kalau kamu gagal melunasi cicilan, maka emas bisa dilelang atau ditarik oleh pihak bank.

Simulasi beli emas tunai atau cicil emas di Pegadaian Digital

Sejauh ini, apakah kamu udah punya pilihan mau beli emas tunai atau cicil emas? Saat ini kalau kamu tertarik menabung emas di Pegadaian dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melakukan pembukaan rekening Tabungan Emas dapat dilakukan di kantor cabang Pegadaian terdekat atau secara online melalui Pegadaian Digital

Untuk bisa menggunakan aplikasi Pegadaian Digital, kamu perlu mendaftar dulu ya. Siapkan surel pribadi untuk melakukan register dan membuat kata sandi. Kamu bisa menggunakan nomor ponsel pribadi sebagai alternatif surel.

Baik membuka tabungan emas secara online maupun di kantor cabang, pastikan kamu sudah menyiapkan berkas yang diperlukan, yakni fotokopi identitas resmi yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau paspor. 

Setelah itu, isi formulir pembukaan rekening yang disediakan pihak Pegadaian. Pembukaan rekening emas di Pegadaian dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10 ribu serta biaya fasilitas penitipan selama 12 bulan sebesar Rp30 ribu. 

Kamu bisa menabung emas mulai dari kelipatan 0,01 gram dengan nominal sekitar Rp5 ribuan saja. 

Biar gak bingung, yuk liat simulasi beli emas tunai maupun dengan cara cicil emas di Pegadaian Digital berikut ini.

1. Simulasi beli emas tunai di Pegadaian

Misalnya kamu ingin membeli emas cetakan Antam secara tunai di Pegadaian sebesar 10 gram pada tanggal 28 Juni 2020 di mana harga emas yang berlaku saat itu adalah Rp928 ribu per gram. 

Maka untuk 10 gram emas cetakan Antam yang kamu beli secara tunai kamu harus membayar Rp9.078.000.

2. simulasi cicil emas di Pegadaian

Pegadaian menyediakan cicilan emas emas logam mulia 24 karat dengan cara yang mudah dan praktis melalui produk Emasku. Cicilan emas ini juga memberikan perlindungan asuransi. 

Ada tiga paket emas yang disediakan Pegadaian dalam produk Emasku, yaitu:

  • Rp150.000 dengan rincian: Rp100.000 untuk uang muka logam mulia seberat 1 gram dan Rp50.000 untuk asuransi.
  • Rp300.000 dengan rincian: Rp250.000 untuk uang muka logam mulia seberat 5 gram dan Rp50.000 untuk asuransi.
  • Rp550.000 dengan rincian: Rp500.000 untuk uang muka logam mulia seberat 10 gram dan Rp50.000 untuk asuransi.
  • Rp1.250.000 dengan rincian Rp1.200.000 untuk uang muka logam mulia seberat 25 gram dan Rp50.000 untuk asuransi.

Pilihan tenor pembayaran program emasku ini berkisar dari 3 bulan sebagai tenor minimum hingga 36 bulan sebagai tenor maksimumnya.

Misalnya kamu memilih paket 10 gram cicilan emas seharga Rp550 ribu dengan uang muka Rp500 ribu dan pilihan tenor 12 bulan. Harga emas saat kamu membuka cicilan emas (28/6/2020) adalah Rp928 ribu. Maka angsuran perbulan sebesar Rp756.500 per bulan. Ingat, harga emas pada saat cicilan lunas di bulan Juni 2021 bisa saja lebih tinggi dari harga bulan Juni 2020. 

Jika sudah menentukan paket mana yang akan diambil, kamu tinggal melakukan akad cicilan emas. Nasabah diharuskan untuk membayar cicilan emas dalam masa angsuran sebanyak 12 kali yang bisa dilakukan via Pegadaian atau bank. Setelah cicilan lunas, maka emas menjadi milik nasabah sepenuhnya.

Nah, itu dia keunggulan dan kelemahan tabungan emas serta cicil emas. Tapi disarankan sebelum kamu memutuskan untuk membelinya secara tunai atau cicil emas di Pegadaian, lihat dulu kemampuan finansialmu ya.

Pasalnya, investasi emas itu adalah investasi jangka panjang. Jadi pastikan dulu kalau kamu memiliki dana yang cukup agar tidak memberatkan cicilan bulananmu.