Yuk, Jadi Nasabah Tabungan Haji Bank Jatim ke Tanah Suci

tabungan haji bank jatim

Satu dekade terakhir, industri mengarahkan selera konsumsi kita pada hal-hal yang berbasis syariah. Alih-alih ingin mengembalikan segala sesuatu berdasarkan ajaran agama, kita harus cermat dalam memetakan mitra untuk menjalankan misi baik ini. 

Bank Jatim Syariah menjadi pilihan alternatif untuk memudahkan kita dalam mencapai cita-cita, salah satunya menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Bank Jatim Syariah sebagai salah satu unit usaha dari Bank Jatim telah menjalankan kegiatan operasional syariah di tujuh titik kantor cabang sejak tahun 2017, antara lain Surabaya, Malang, Gresik, Kediri, Jember, Sidoarjo, dan Madiun.

Termasuk di delapan titik kantor cabang pembantu syariah di Surabaya Utara, Surabaya Timur, Surabaya Barat, Genteng-Banyuwangi, Probolinggo, Lamongan, Sampang, dan Blitar. 

Sayap usahanya terus melebar hingga mencapai 191 Kantor Layanan Syariah yang berada di 39 kantor cabang dan 152 Kantor Pembantu Konvensional. Semuanya beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Segala yang diupayakan oleh Bank Jatim Syariah masih menginduk pada visi dan misi  Bank Jatim sebagai payung utama. Visi mereka adalah menjadi Bank Pembangunan Daerah nomor satu di Indonesia. 

Sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan visi tersebut, Bank Jatim mewujudkannya dalam berbagai misi, antara lain:

  • Akselerasi kinerja dan transformasi bisnis yang sehat menuju digital bank dengan SDM yang berdaya saing tinggi.
  • Memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.
  • Menerapkan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan. 

Dari gambaran visi dan misi tersebut, unit usaha Bank Jatim Syariah menjadi salah satu upaya untuk tetap memenuhi kebutuhan nasabah dari waktu ke waktu. 

Mendukung ibadah umat muslim melalui tabungan haji Bank Jatim

Bagi nasabah yang ingin menunaikan ibadah haji, berikut dua pilihan produk dari Bank Jatim Syariah yang dapat menjadi pertimbangan.

1. Tabungan Haji Amanah

Produk Tabungan Haji Amanah adalah simpanan yang menggunakan prinsip bagi hasil syariah (Mudharabah Mutlaqah). Nasabah yang akan memanfaatkan layanan ini harus memahami seluk beluknya secara terperinci agar tidak ada yang terlewat. 

Setoran awal jenis tabungan ini minimal Rp100.000. Selanjutnya, nasabah dapat menyetorkan uangnya minimal Rp50.000 setiap penyetoran. Kamu akan dibebaskan dari biaya administrasi bulanan dan biaya penutupan rekening. Cukup meringankan, bukan? Dengan demikian, menabung untuk ibadah bisa dijalani tanpa terbebani setoran bulanan.

Selain ringan dari segi setoran dan pembebasan biaya administrasi, dana nasabah juga dijamin aman. Nasabah yang terdaftar dalam program ini juga berkesempatan mengikuti berbagai program pemerintah yang bekerja sama dengan Bank Jatim Syariah

Segala bentuk aktivitas dapat dilakukan secara daring (online) dengan SISKOHAT Kementerian Agama sehingga nasabah semakin mudah dalam mengikuti program dan bertransaksi juga. Jangan khawatir, sistem bagi hasil akan dilakukan secara kompetitif, dan nasabah juga akan mendapatkan souvenir menarik dari program ini.

Apabila tertarik untuk mengikuti program ini, kamu tentu harus memerhatikan syarat dan ketentuannya, yaitu:

  • Mengisi formulir dan akad pembukaan rekening.
  • Menyiapkan kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP/SIM/Paspor.
  • Menyiapkan saldo minimal untuk didaftarkan SISKOHAT Kementerian Agama. Nominal ini akan berubah sewaktu-waktu berdasarkan aturan dari Kementerian Agama.
  • Dana yang sudah disetorkan tidak dapat dicairkan kecuali untuk pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

2. Tabungan Umroh iB Amanah

Bank Jatim Syariah juga menawarkan program kepada nasabah yang ingin menjalankan ibadah umroh. Produk Tabungan Umroh iB Amanah ini dijalankan berdasarkan prinsip Wadi’ah Yad Dhamanah, yaitu simpanan nasabah dijadikan sebagai dana titipan kepada bank. 

Hampir sama dengan produk Tabungan Haji Amanah, calon nasabah hanya perlu menyiapkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor) dan NPWP, kemudian mengisi formulir serta mengikuti akad pembukaan rekening. 

Setoran awal yang harus dibayarkan adalah Rp100.000. Setelah itu, nasabah dapat menyetorkan uangnya minimal Rp50.000 pada penyetoran bulanannya. 

Nasabah pun dibebaskan dari beberapa jenis biaya, seperti halnya biaya administrasi per bulan, biaya administrasi rekening pasif, dan biaya penutupan buku rekening. Hanya ada biaya Rp10.000 andai nasabah kehilangan buku tabungan atau rusak dan ingin menggantinya dengan yang baru.

Dana tabungan umroh nasabah dijamin aman. Jika kamu menjadi nasabah dari program ini, dana di dalam tabunganmu akan diikutkan dalam program penjaminan pemerintah. Penyetoran dapat dilakukan setiap saat di seluruh kantor cabang Bank Jatim. 

Nasabah juga akan menikmati perjalanan umrohnya karena Bank Jatim Syariah bekerja sama dengan biro perjalanan umroh berpengalaman. Meski begitu, nasabah bebas menentukan biro perjalanan pilihan pribadinya. Tabungan umroh pada umumnya tidak dikenakan jangka waktu sehingga nasabah bisa merasa nyaman dan aman.

Cari tahu tabungan haji Bank Jatim lebih lengkap melalui layanan nasabah dan cabang Bank Jatim terdekat

Segala bentuk pengaduan dan informasi layanan dapat diakses di kanal-kanal informasi yang telah disediakan secara resmi oleh Bank Jatim Syariah. 

Kantor pusat Bank Jatim Syariah

  • Alamat: Jl. Basuki Rachmat nomor 98-104, Surabaya 60271
  • Telepon: (031) 531 009 099
  • Faksimile: (031) 531 0838

Nasabah juga dapat berkorespondensi melalui surat elektronik di [email protected] 

Selain itu, beberapa kanal layanan nasabah dapat dimanfaatkan, antara lain call center 14044, form pengaduan, dan live chat. Layanan nasabah, selain dapat diadukan di kantor cabang yang berada di Jawa Timur, kamu juga bisa mendatangi cabang Bank Jatim terdekat di beberapa kota besar lainnya. Temukan informasi selengkapnya mengenai tabungan haji Bank Jatim melalui layanan nasabah Bank Jatim di situs resmi mereka.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →