Cara Daftar Tabungan Haji Muamalat dan Keunggulannya

manfaat tabungan haji muamalat

Tabungan Haji Muamalat melalui program Tabungan iB Hijrah Haji adalah produk dari Bank Muamalat yang dikhususkan untuk pembiayaan haji atau umrah.

Menggunakan akad wadi’ah, tabungan ini sama seperti tabungan haji lainnya, yaitu hanya bisa dicairkan untuk membiayai perjalanan haji atau umrah. 

Kelebihan tabungan haji Muamalat

Menabung di Tabungan iB Hijrah Haji bisa memberikan rasa aman kepada para nasabahnya. Pasalnya Bank Muamalat Indonesia telah dipercaya oleh Kementerian Agama menjadi salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS BPIH) sejak tahun 1999. 

Pengalaman tersebut telah membuktikan komitmen Bank Muamalat untuk memberangkatkan nasabah-nasabahnya ke Tanah Suci. 

Tabungan haji Muamalat juga sudah masuk dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) milik Kementerian Agama. Artinya, nasabah dipastikan mendapatkan kuota keberangkatan haji. Selain beberapa keuntungan tersebut, ini dia keuntungan lainnya:

  • Tahun keberangkatan dan besarnya setoran dapat disesuaikan sesuai kemampuan finansial nasabah.
  • Bebas biaya fasilitas autodebet.
  • Dikelola secara syariah dengan akad wadi’ah.
  • Setoran mudah, bisa melalui counter teller, e-Banking dan transfer terjadwal baik harian maupun bulanan.
  • Memberikan umrah gratis melalui program Rezeki Haji Berkah dan perlengkapan haji eksklusif (syarat dan ketentuan berlaku).

Fitur yang ditawarkan pada tabungan haji Muamalat

Tabungan ini mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya fleksibilitas nasabah untuk menentukan sendiri jumlah setoran dan jangka waktu menabung, tersedia fasilitas autodebet, dan juga bebas biaya administrasi serta biaya pemindahan dana ke rekening haji dan umrah. 

Fitur lain yang dimiliki oleh Tabungan iB Hijrah Haji adalah kartu Shar-E Gold bagi nasabah. Kartu ini bisa dipakai untuk bertransaksi di tempat-tempat yang menerima kartu berlogo VISA.

Bahkan jika kamu mendaftar haji dan memiliki tabungan haji di sini, ada kesempatan untuk mendapatkan bonus, souvenir, perlengkapan haji, bahkan umrah gratis setiap bulan. 

Cara membuka Tabungan Haji Muamalat

Mengingat waktu tunggu berangkat ibadah haji yang bisa sampai belasan tahun, Tabungan iB Hijrah Haji tidak hanya bisa dibuka oleh orang umum saja, tetapi anak-anak juga bisa. 

Cara pembukaannya pun terbilang mudah, asalkan kamu sudah memenuhi beberapa persyaratan-persyaratan yang diminta.

Syarat buka Tabungan Haji Muamalat

Salah satu keunggulannya dari Tabungan Haji Muamalat ini adalah tidak memerlukannya setoran awal pada saat pembukaan. Jadi, kamu bisa melakukan pembukaan secara gratis tanpa dipungut biaya. Berikut ini dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan:

  • Fotokopi KTP/SIM (nasabah dewasa)
  • Salinan NPWP (nasabah dewasa)
  • Salinan kartu identitas orang tua (nasabah anak-anak)
  • Akta kelahiran atau kartu keluarga (nasabah anak-anak 

Jika semua dokumen sudah dilengkapi, kamu bisa segera membuka rekening dengan mengisi formulir pendaftaran dan mulai menabung. 

Jika tabungan tersebut sudah cukup untuk membiayai perjalanan haji, kamu harus mendaftar porsi haji dengan menyertakan syarat sebagai berikut:

  • KTP asli sesuai domisili dan mengikuti ketentuan KTP-el atau bukti identitas lainnya yang sah.
  • Kartu Keluarga asli.
  • Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir atau Kutipan Akte Nikah atau Ijazah asli.
  • Buku Tabungan.
  • Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 5 lembar (untuk bank).
  • Pas foto untuk Kantor KEMENAG sesuai identitas.
  • Wajib ke Kantor KEMENAG sesuai identitas maksimal 5 hari kerja setelah mendapatkan nomor validasi dari Bank Muamalat.

Cara daftar Tabungan Haji Muamalat

Untuk melakukan pembukaan, calon nasabah bisa langsung mendatangi Kantor Cabang Bank Muamalat terdekat. Jangan lupa membawa dokumen persyaratan yang telah disebutkan di atas. Berikut ini cara membuka Tabungan iB Hijrah Haji: 

  1. Datangi Kantor Cabang Bank Muamalat terdekat. (usahakan satu domisili dengan tempat tinggalmu)
  2. Mengambil nomor antrean untuk ke customer service.
  3. Sampaikan tujuan kedatangan untuk pembukaan rekening Tabungan iB Hijrah Haji ke petugas di customer service.
  4. Mengisi formulir pembukaan dan menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan. 
  5. Tunggu petugas customer service memeriksa kembali kelengkapan dokumen dan memverifikasi data yang telah kamu isikan. 
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan rekening selesai. 
  7. Jika telah selesai, kamu akan mendapatkan buku tabungan.

Setelah jadi, kamu diminta untuk menabung hingga Rp25 juta ke tabungan tersebut untuk kemudian bisa mendaftar nomor porsi (daftar jemaah haji) ke Kementerian Agama.

Setoran Tabungan Haji Muamalat

Dikutip dari situs resmi Bank Muamalat, semua biaya-biaya dalam pembukaan Tabungan iB Hijrah Haji tidak dipungut biaya sepeserpun, termasuk setoran awal. 

Jadi berbeda dengan tabungan haji bank lain yang mengharuskan nasabah untuk melakukan setoran awal dengan sejumlah uang, di Bank Muamalat tidak diwajibkan alias gratis. Sementara untuk biaya penutupan tabungan juga tidak dikenakan biaya. 

Namun, apabila tabungan rusak atau hilang, nasabah diharuskan membayar Rp10.000 untuk penggantian tabungan baru. 

Simulasi Tabungan Haji Muamalat

Berikut ini tabel simulasi kapan kamu bakal mendapatkan nomor porsi (nomor antrean keberangkatan) berdasarkan jumlah tabungan yang kamu setorkan setiap bulannya. Perhitungan ini dengan asumsi kalau kamu tidak melakukan setoran awal sepeserpun. 

Untuk bisa mendaftarkan diri ke Kementerian Agama dan mendapatkan nomor porsi, besaran saldo yang ada di tabungan kamu harus mencapai Rp25 juta. 

Memperoleh nomor porsi di tahun ke- Setoran tetap per bulannya 
Tahun ke-1 Rp2.100.000/bulan
Tahun ke-2 Rp1.042.000/bulan
Tahun ke-3 Rp695.000/bulan
Tahun ke-4 Rp521.000/bulan
Tahun ke-5 Rp417.000/bulan
Tahun ke-6 Rp348.000/bulan
Tahun ke-7 Rp298.000/bulan
Tahun ke-8 Rp261.000/bulan
Tahun ke-9 Rp232.000/bulan
Tahun ke-10 Rp209.000/bulan

Daftar lembaga keuangan penyedia tabungan haji selain Muamalat

Selain Tabungan iB Hijrah Haji dari Bank Muamalat, berikut ini beberapa pilihan tabungan haji yang bisa dipilih dari lembaga keuangan lainnya. 

1. Tabungan Haji BRI Syariah

Selain Tabungan Haji Muamalat, Tabungan Haji BRI Syariah juga menawarkan berbagai kemudahan terhadap calon nasabahnya. Salah satu kemudahannya adalah setoran awal yang sangat ringan yaitu mulai Rp50 ribu saja. 

2. Tabungan Haji Mandiri

Tabungan Haji Mandiri adalah produk tabungan yang ditujukan untuk membantu nasabah dalam mempersiapkan keberangkatan ibadah haji ke Tanah Suci. Tabungan ini dikelola sesuai dengan prinsip syariat Islam dengan akad mudharabah muthlaqah.

Setoran awalnya juga terbilang ringan, yaitu Rp100 ribu dengan batasan minimal untuk didaftarkan nomor porsi sebesar Rp25.100.000.

3. Tabungan Haji BNI Syariah

Tabungan Haji BNI tidak hanya membantu memberikan persiapan biaya ibadah haji nasabahnya saja, tetapi juga memberikan rasa aman kepada nasabah dengan asuransi perlindungan ahli waris. 

Artinya, apabila nasabah mengalami meninggal dunia sebelum berangkat haji,  beasiswa bagi ahli waris nasabah bila meninggal dunia dengan nilai hingga Rp30 juta.

4. Tabungan Haji BTN

Satu lagi tabungan haji dengan setoran awal ringan, yaitu Tabungan Haji BTN. Tabungan Haji BTN ini bisa didapatkan dengan setoran awal Rp100 ribu.

Pertanyaan seputar Tabungan Haji Muamalat

Berikut ini sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan terkait Tabungan iB Hijrah Haji dari Bank Muamalat. 

Tabungan Haji Muamalat adalah produk dari Bank Muamalat yang dikhususkan untuk pembiayaan keberangkatan haji. Produk ini memiliki nama Tabungan iB Hijrah Haji yang prinsipnya menggunakan akad wadi’ah.

Salah satu keunggulan dari Tabungan iB Hijrah Haji dari Bank Muamalat adalah tidak adanya setoran awal. Artinya nasabah tetap akan mendapatkan buku tabungan meski tidak menyetorkan sejumlah uang pada saat pendaftaran.

Tabungan haji ini bukan seperti tabungan pada umumnya yang bisa diambil secara bebas. Tabungan iB Hijrah Haji ini cuma bisa diambil untuk keperluan pembayaran ibadah haji, contohnya pada saat pelunasan biaya haji.

Mengingat waktu antrean pemberangkatan haji sangat lama, ada baiknya kamu membuka tabungan haji sedini mungkin. Tidak perlu menunggu sampai memiliki dana yang cukup untuk berangkat haji, karena inilah tujuannya tabungan haji.

Kamu bisa mendapatkan nomor porsi atau keberangkatan dengan sistem menabung. Apabila tabungan sudah menyentuh angka Rp25 juta, kamu bisa didaftarkan ke Kementerian Agama.

Besaran tabungan atau setoran tiap bulannya juga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu kok.

Jika ibadah haji sudah dijalankan, maka kamu bisa melakukan penutupan tabungan dengan mengunjungi langsung Kantor Cabang Bank Muamalat. Sampaikan tujuan ke customer service ingin melakukan penutupan tabungan.

Penutupan tabungan ini gratis tidak dipungut biaya sepeserpun.

Seperti yang kita tahu, biaya untuk beribadah haji sangatlah tinggi dan terus naik tahun demi tahun.

Sebagai gambaran, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2018 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1439 Hijriyah atau 2018, biaya haji reguler ditetapkan berdasarkan embarkasi, yaitu terendah Rp31.090.010 dan tertinggi Rp38.798.305.

Sedangkan ongkos naik haji (ONH) plus berada di kisaran US$8.000 hingga US$12 ribu, yaitu sekitar Rp115 juta hingga Rp173 juta.

Oleh sebab itu, memiliki tabungan haji sangat penting bagi kamu yang punya cita-cita untuk segera beribadah ke Tanah Suci. Pasalnya dengan memiliki tabungan haji, ada beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh:

Dana tersimpan dengan aman

Tabungan haji yang tersimpan di Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) dijamin aman. Sebab BPS BPIH wajib memiliki kondisi kesehatan bank yang baik.

BPS BPIH juga terdaftar di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama RI. Selain itu, dana nasabah juga akan dijaminkan pada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Setoran ringan

Besaran setoran tabungan haji Muamalat bisa disesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Selain itu setoran awalnya juga gratis.

Hanya bisa dicairkan untuk ibadah haji

Tidak perlu khawatir tergoda menggunakan dana dalam rekening tabungan haji. Pasalnya dana tersebut hanya dapat kamu cairkan untuk membiayai perjalanan haji, tidak untuk alasan lainnya.

Mudah mendaftar haji

Jika dana yang tersimpan dalam tabungan sudah mencapai Rp25 juta, bank akan meminta nasabah untuk mendaftar ke Kementerian Agama. Sehingga kamu bisa segera mendapatkan porsi haji.

Setelah mendaftar, kamu akan memperoleh Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) yang ditandatangani oleh pejabat Kemenag. Lalu, bawalah SPPH tersebut ke bank untuk mendapatkan nomor porsi haji. Setelah itu, kamu tinggal menunggu keberangkatan haji. Mudah, kan?

Jadi, untuk apa lagi menunda-nunda membuka mendaftar Tabungan Haji Muamalat? Segera daftarkan diri kamu agar tidak menunggu keberangkatan terlalu lama. Nantinya agar perjalanan ibadah haji semakin nyaman dan aman proteksikan diri kamu dengan asuransi syariah yang terpercaya

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →