Cara Daftar Tabungan Haji Pegadaian dan Keunggulannya

tabungan haji pegadaian

Tabungan Haji Pegadaian adalah salah satu produk pembiayaan untuk mendapatkan porsi ibadah haji secara syariah dengan proses mudah, cepat, dan aman. 

Produk yang bernama Arrum Haji ini memungkinkan kamu menggunakan emas sebagai jaminan pelunasan biaya haji.  

Tidak perlu khawatir saat menjaminkan emasmu sebab emas dan dokumen haji akan tersimpan aman di Pegadaian. Biaya pemeliharaannya pun terjangkau. 

Arrum Haji juga bisa digunakan untuk memberangkatkan kamu yang sudah dewasa sekaligus mempersiapkan keberangkatan anak kamu nantinya. Sebab salah satu persyaratannya adalah calon nasabah berusia minimal 12 tahun. 

Selain produk ini, kamu juga perlu memiliki produk asuransi haji untuk melindungi risiko kecelakaan selama beribadah. Salah satu brand yang menawarkan produk ini adalah Allianz Tasbih.

Teruntuk nasabah Pegadaian yang sudah memiliki saldo tabungan emas, kamu tetap bisa menikmati produk Arrum Haji ini. Dengan memiliki saldo 3,5 gram, kamu bisa mendapatkan pembiayaan porsi haji. 

Sebenarnya, adanya produk ini sangat membantu masyarakat menengah ke bawah yang berniat untuk melaksanakan ibadah haji.

Skema Arrum Haji dalam Tabungan Haji Pegadaian

Meskipun sering disebut sebagai Tabungan Haji Pegadaian, berdasarkan skemanya, Arrum Haji ini merupakan produk pembiayaan ibadah haji dengan skema talangan. 

Artinya, Pegadaian akan melunasi biaya minimal untuk mendapatkan nomor porsi kepada nasabah dengan ketentuan nasabah harus memberikan agunan berupa logam mulia minimal 3,5 gram.

Emas tersebut kemudian disimpan Pegadaian dan nasabah mendapatkan pinjaman sebesar Rp25 juta. 

Uang pinjaman tersebut digunakan sebagai setoran awal Biaya Perjalanan Ibadah Haji ke Kementerian Agama. 

Nasabah otomatis langsung mendapatkan nomor porsi atau nomor keberangkatan haji. 

Kemudian nasabah bertanggung jawab untuk mencicil uang talangan tersebut dengan masa tenor paling lama hingga 5 tahun. Setelah lunas, agunan berupa emas akan dikembalikan ke pihak nasabah.

Keunggulan Arrum Tabungan Haji Pegadaian

Kenapa harus memilih Arrum Haji dari Pegadaian? Apa bedanya dengan produk tabungan haji lainnya? Berikut ini keunggulan Tabungan Arrum Haji Pegadaian.

  • Langsung dapat nomor porsi. Kamu mendapatkan tabungan haji yang langsung dapat digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji.
  • Mendapatkan kepastian keberangkatan. Kepastian nomor porsi berarti antreanmu sudah ditentukan sejak awal. Selama kamu tetap menyelesaikan kewajiban pelunasan tabungan haji milikmu, peluang kamu untuk berangkat haji bisa terealisasi tepat waktu.
  • Emas dan dokumen haji yang dijadikan jaminan akan tersimpan aman di Pegadaian. 
  • Biaya pemeliharaan barang jaminan sangat terjangkau. 
  • Emas yang dijadikan jaminan bisa digunakan untuk pelunasan biaya haji.

Fasilitas yang didapat dari Tabungan Haji Pegadaian

Nasabah diperbolehkan melakukan pengalihan dari haji reguler menjadi haji plus dengan proses pengalihan. 

Jangka waktu angsuran Arrum Haji selama 5 tahun. Jika calon nasabah sudah memiliki tabungan sendiri yang mencapai 3,5 gram, nasabah bisa mengalihkan saldo tabungan emasnya menjadi produk Arrum Haji untuk mendapatkan pembiayaan porsi haji. 

Bagaimana dengan anak di bawah umur? Apakah diperbolehkan untuk didaftarkan di Arrum Haji? Tentu saja boleh. 

Anak yang belum memiliki KTP diperbolehkan mendaftar di Arrum Haji (minimal usia 12 tahun) dengan ketentuan bahwa yang melakukan perjanjian pembiayaan dengan Pegadaian adalah orang tuanya. 

Jika ada nasabah yang belum sempat berangkat naik haji, tapi sudah meninggal dunia, dana haji akan dikembalikan kepada ahli waris.

Syarat dan cara daftar Tabungan Haji Pegadaian

Setelah melihat kelebihan dan fasilitas yang diberikan Tabungan Haji Pegadaian ini, mungkin kamu langsung tertarik untuk melakukan pembukaan. 

Pendaftaran bisa dilakukan secara langsung melalui Kantor Cabang Pegadaian terdekat. 

Namun, sebelum berangkat ke sana, pastikan dulu kalau persyaratan yang kamu miliki sudah lengkap.

Syarat buka Tabungan Haji Pegadaian

Untuk melakukan pembukaan tabungan Arrum Haji, nasabah harus melengkapi beberapa persyaratan yang diminta, di antaranya: 

  • Memenuhi syarat sebagai pendaftar haji
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Jaminan Emas Batangan (LM) minimal 3,5 gr atau emas perhiasan berkadar minimal 70 % dengan berat sekitar 7 gram.

Cara daftar Tabungan Haji Pegadaian

Setelah persyaratan tersebut lengkap, kamu tinggal mendatangi Kantor Cabang Pegadaian terdekat untuk pengajuan Arrum Haji. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Mempersiapkan dokumen dan persyaratan lainnya untuk pengajuan permohonan pembiayaan haji. 
  2. Mendatangi Kantor Cabang Pegadaian terdekat dan beritahukan tujuan kedatangan untuk mengajukan permohonan pembiayaan Arrum Haji. 
  3. Memberikan jaminan emas kepada pihak Pegadaian untuk melakukan penaksiran harga.
  4. Mengisi formulir permohonan pembiayaan Arrum Haji.
  5. Mendatangi pihak bank untuk memperoleh dokumen Setoran Awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (SABPIH) dari bank. 
  6. Mendatangi kantor Kementerian Agama untuk proses perolehan nomor porsi. 
  7. Menyerahkan SABPIH, nomor porsi, dan buku tabungan ke pegadaian sebagai jaminan.

Setoran awal Tabungan Haji Pegadaian

Di Arrum Haji, setoran awalnya nanti disesuaikan dengan tenor pelunasan yang kamu ambil. Tenor pelunasan itu berkisar antara 1-5 tahun. Untuk besarannya berkisar dari Rp800 ribuan – Rp1,2 juta. 

Mengenai jumlah besaran setoran awal akan dibahas pada bagian tabel cicilan Arrum Haji selanjutnya. 

Tabel Cicilan Arrum Tabungan Haji Pegadaian 2020

Tenor cicilan Arrum Haji berlangsung mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun. Berikut ini tabel cicilan Arrum Haji berdasarkan tenornya. Biaya proses awal itu sudah meliputi setoran awal tabungan haji dan biaya administrasi.

Jangka waktu (bulan) Angsuran per bulan Biaya proses awal
12 Bulan Rp2.336.200 Rp840.000
24 Bulan Rp1.294.500 Rp882.500
36 Bulan Rp947.300 Rp945.000
48 Bulan Rp773.700 Rp1.035.000
60 Bulan  Rp669.500 Rp1.182.500

Daftar lembaga keuangan penyedia tabungan haji selain Pegadaian

Selain Pegadaian, banyak lembaga keuangan seperti perbankan yang menyediakan produk tabungan haji. 

Tiap-tiap dari mereka memiliki keunggulan yang bisa membantu masyarakat untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci. 

Keunggulannya bisa berupa setoran awal yang ringan dan penambahan fasilitas asuransi jiwa secara gratis. Berikut ini, daftar lembaga perbankan yang menyediakan tabungan haji selain Pegadaian. 

1. Tabungan Haji BRI Syariah

Tabungan Haji BRI Syariah memiliki keunggulan setoran awal yang sangat ringan. Hanya dengan setoran Rp50 ribu, kamu sudah bisa melakukan pembukaan tabungan dan mulai menabung hingga saldo mencapai Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

2. Tabungan Haji Mandiri

Tabungan Haji Mandiri juga menawarkan setoran awal yang ringan yaitu Rp100.000 sebagai syarat pembukaan tabungan. Nasabah nantinya akan bisa langsung didaftarkan nomor porsi ke Kementerian Agama bila saldo tabungan telah mencapai Rp25.100.000.

3. Tabungan Haji BNI Syariah

Tabungan haji dari BNI Syariah dilengkapi dengan asuransi perlindungan jiwa bagi nasabahnya. Apabila nasabah meninggal dunia sebelum waktu keberangkatan, ahli waris nasabah berhak mendapatkan santunan hingga Rp30 juta. 

4. Tabungan Haji BTN

Selain terkenal dengan program perkreditan rumah, BTN juga memiliki program tabungan haji yang sangat terjangkau bagi masyarakat. Dengan setoran awal Rp100.000, masyarakat bisa mempersiapkan diri untuk berangkat ibadah haji ke Tanah Suci. 

Sebelum menabung, tentu saja kamu perlu menyusun target jumlah tabungan. Untuk tahu berapa yang harus kamu tabung setiap bulannya, yuk manfaatkan kalkulator menabung bulanan berikut ini!

Pertanyaan seputar Tabungan Haji Pegadaian

Jika kamu masih merasa bingung tentang Tabungan Haji Pegadaian, berikut ini sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan terkait Arrum Haji. 

Tabungan Haji Pegadaian adalah program pembiayaan haji dengan nama Arrum Haji, dengan skema dana talangan. Nasabah hanya perlu memberikan agunan berupa emas sekitar 3,5 gram untuk mendapatkan bantuan dana untuk mendapatkan nomor porsi haji.

Nantinya dana talangan tersebut bisa dicicil selama tenor 1-5 tahun, dengan cicilan setiap bulannya yang bervariasi.

Arrum Haji Pegadaian telah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia. Dana talangan ini dinilai telah sesuai dengan syariat Islam karena menggunakan emas sebagai jaminannya.

Karena telah sesuai dengan Fatwa DSN MUI, Arrum Haji tidak termasuk dalam kategori riba. DSN MUI selalu memperhatikan segala pelaksanaannya dan menjamin pelaksanaannya sesuai dengan syariat Islam.

Persyaratan khusus dari Arrum Haji ini adalah memberikan jaminan atau agunan berupa logam mulia minimal 3,5 gram atau emas perhiasan seberat 7 gram. Adapun persyaratan lainnya di antaranya:

  • Memenuhi syarat sebagai pendaftar haji
  • Foto copy KTP
  • Foto copy KK
  • Jaminan Emas Batangan (LM) minimal 3,5 gr atau emas perhiasan berkadar minimal 70% dengan berat sekitar 7 gram.

Setoran awal Arrum Haji disesuaikan dengan tenor cicilan yang dipilih. Jika dilihat dari tabel angsurannya, besaran setoran awal berkisar antara Rp840.000 - Rp1.182.000.

Setoran awal ini nantinya digabung dengan biaya administrasi lainnya yang diberi nama biaya proses awal.

Angsuran atau cicilan bulanan dari Arrum Haji disesuaikan dengan tenor cicilan yang dipilih nasabah. Nasabah bisa memilih tenor cicilan 1-5 tahun. Berdasarkan tabel angsuran dari Pegadaian, untuk tenor 1 tahun angsurannya sebesar Rp2,3 jutaan per bulan.

Sementara untuk tenor 5 tahun, angsurannya sekitar Rp600 ribuan.

Itulah tadi informasi-informasi mengenai Tabungan Haji Pegadaian, Arrum Haji. Jika kamu membutuhkan bantuan dari pihak Pegadaian, bisa menghubungi mereka di call center 1500569 atau 021-80635162 dan 021-8581162.

Untuk konsultasi secara langsung, kamu bisa mendatangi kantor pusat mereka di Jalan Kramat Raya 162, Jakarta Pusat, atau mendatangi kantor cabang terdekat. Kamu juga bisa lho konsultasikan permasalahan keuangan kamu secara online dengan ahlinya melalui fitur Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →