Tabungan Kurban Cara Terbaik untuk Berkurban Saat Idul Adha

tabungan kurban

Tabungan kurban menjadi cara yang dapat dipilih kaum Muslim merealisasikan ibadah berkurban. Sejumlah perbankan memberikan fasilitas tabungan kurban agar nasabah dapat menjalankan salah satu ibadah penting dalam ajaran Islam ini. 

Harga hewan kurban tidaklah murah. Karena itu, perlu diatur dalam perencanaan keuangan yang tepat lewat tabungan kurban. Tujuannya, agar rencana berkurban bisa terealisasi tanpa harus mengganggu keuangan pribadi.  

Bagaimana caranya? Simak dalam artikel berikut ini, ya! 

Apa itu Tabungan Kurban?

Tabungan kurban adalah produk simpanan dari perbankan untuk membantu nasabah mewujudkan ibadah kurban saat Idul Adha nanti. Melalui tabungan ini, kita bisa melatih konsistensi mengumpulkan uang guna membeli hewan kurban.

Saat ini, harga hewan kurban berkisar antara Rp2 juta hingga Rp4 juta untuk kambing, dan Rp15 juta hingga Rp30 juta untuk sapi. 

Harga tersebut masih cukup berat bagi sebagian masyarakat Indonesia sehingga masih banyak yang belum mampu berkuban saat Hari Raya Idul Adha. Dengan cara menabung, membeli hewan kurban nggak lagi memberatkan. 

Membuka tabungan satu ini cukup mudah, yaitu dengan setoran awal sekitar Rp25 ribu hingga Rp50 ribu saja. Penyetorannya juga dapat dilakukan melalui autodebet sehingga target dapat terpenuhi sesuai rencana. 

Tak hanya membantu mewujudkan keinginan berkurban, nasabah juga bisa berkesempatan mendapat bagi hasil dari simpanan tersebut. Bisa dipakai untuk menambah sedekah, kan?

Bank apa saja sih yang punya produk tabungan kurban?

Ada beberapa bank syariah yang menyelenggarakan program tabungan kurban, misalnya, Bank Syariah Mandiri melalui BSM Tabungan Kurban. Tidak hanya untuk berkurban, tabungan ini juga dapat digunakan untuk aqiqah. 

Produk simpanan BSM punya keunggulan seperti setoran pertamanya yang cuma Rp50.000. Sementara untuk setoran selanjutnya minimal Rp25 ribu. Kemudahan lainnya, BSM Tabungan Kurban membebaskan biaya administrasi dan nggak punya saldo minimum. 

BSM Tabungan Kurban hanya bisa diambil saat akan melakukan ibadah kurban saja. Jadi, melatih kesabaran nasabah agar tak tergoda mengambilnya. 

Selain BSM, ada sejumlah bank lain yang menyelenggarakan tabungan satu ini. Berikut di antaranya:

Tabungan BTN Qurban iB

Setoran awal: Rp500.000

Biaya Administrasi Maksimal: Rp15.000

Tabungan Kurban Bank Syariah SPM

Setoran awal: Rp25.000.000

Biaya administrasi bulanan: Gratis

Setoran selanjutnya: Rp10.000

Tabungan Qurban BNI Syariah

Membuka Tabungan BNI iB Hasanah

Setoran awal:  Rp100.000

Kelebihan dan kekurangan

Sebenarnya, seberapa penting sih memiliki tabungan kurban? Berikut kekurangan dan kelebihan saat kamu memutuskan untuk membuka tabungan satu ini. 

Kelebihan:

  • Mengalokasikan anggaran kurban secara khusus melalui rekening tabungan tersendiri biar nggak terpakai untuk hal lain. Cara ini bakal efektif untuk kamu yang masih susah mengatur keuangan. 
  • Melatih konsistensi menabung setiap bulan dengan target yang jelas, yakni membeli hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha. 
  • Menghindari cash flow kamu terganggu setelah membeli hewan kurban. Karena membeli hewan kurban dilakukan sedikit demi sedikit jadi nggak terasa beratnya dan aman buat cash flow bulan depan. 

Kekurangan:

  • Rekening tabungan ini nggak terlalu dibutuhkan bagi orang yang sudah mengalokasikan anggaran pribadinya dengan baik. Tanpa harus membuka rekening pun mereka bisa mengalokasikan sendiri keperluan pembelian hewan kurban.
  • Ada instrumen lain yang menjanjikan imbal hasil lebih tinggi. Meski tujuannya hanya untuk membeli hewan kurban, tak ada salahnya menabung di instrumen yang return-nya lebih tinggi seperti deposito, emas, atau reksa dana pasar uang. 

Apa yang harus dipersiapkan sebelum membuat tabungan ini

Berkurban adalah sebuah ibadah yang mulia. Niatkan hal ini dengan baik agar kamu semangat dan yakin untuk bisa membeli hewan kurban. 

Pastikan kewajiban keuangan lain sudah terpenuhi atau telah tercukupi alokasinya sehingga kamu bisa mulai menabung untuk membeli hewan kurban. 

Syarat memiliki tabungan kurban?

Syarat pengajuan tabungan hampir sama dengan membuka tabungan lainnya. Pada BSM Tabungan Kurban, berikut persyaratannya:

  • Calon Debitur merupakan Warga Negara Indonesia
  • Usia min. 17 tahun dan max. 65 tahun

Dokumen yang harus disiapkan:

  • Kartu Identitas Asli (KTP/SIM/Paspor)

Tips membuat tabungan kurban

Banyak banget orang yang ingin berkurban tetapi saat mendekati Idul Adha justru uangnya nggak cukup. Bisa jadi, hal tersebut disebabkan niatnya yang belum kuat dan nggak punya rencana jelas soal ibadah satu ini. 

Berikut tips membuat Tabungan Kurban:

Jadikan sebagai tujuan keuangan

Mau menabung atau berinvestasi, kamu harus memiliki tujuan yang jelas terlebih dulu. Pertama, tentukan kapan kamu bisa berkurban, apakah tahun ini atau tahun depan? 

Kedua, tentukan pula nominal uang yang harus dikumpulkan. Tidak hanya untuk membeli hewannya saja, ya! Tambahkan pula biaya pemotongan hewan, distribusi dan lain-lain. 

Total anggaran itulah yang kamu jadikan sebagai acuan tujuan keuangan untuk berapa bulan atau tahun tertentu. 

Simpan di reksa dana pasar uang

Selain ditabung di rekening, ada opsi lain yang lebih menarik untuk mengumpulkan uang pembelian hewan berkurban, seperti dengan investasi di reksa dana pasar uang.

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang memiliki risiko paling kecil, namun punya imbal hasil lebih tinggi dari tabungan atau deposito. Rata-rata imbal hasil reksa dana pasar uang adalah 6 – 7 persen per tahun sedangkan deposito 5 – 6 persen.  

Misalnya, target pembelian hewan kurban kamu adalah sapi dengan harga Rp20 juta. Maka dengan menempatkan uang di reksa dana pasar uang, kamu berpotensi mendapat dana tambahan Rp1,2 juta dari imbal hasil 6%. Lumayan bukan?

Manfaatkan bonus tahunan dan THR

Perayaan Idul Adha nggak terlalu jauh dari Hari Raya Idul Fitri. Pada saat lebaran Idul Fitri manfaatkan bonus-bonus dan THR yang kamu terima untuk target kurban. 

Karena itu, kamu bisa mentransfer sebagian bonus ke tabungan kurban atau reksa dana pasar uang. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat berkurban di Hari Raya Idul Adha. Intinya, rencanakan secara matang dan belajar secara konsisten untuk menabung sampai target tercapai. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →