Ketika Menabung Mewujudkan Cerita Rencana Masa Depan Kamu

cerita rencana masa depan

“Bang…bing…bung…yuuuk…kita nabung” masih ada yang ingat dengan lirik lagu anak di era 90-an ini? Rasanya lirik lagu tersebut masih relevan untuk sekarang ini. Menabung bisa dibilang salah satu cerita rencana masa depan buat semua orang, termasuk kamu bukan?

Ajakan menabung akan terus dilontarkan oleh mereka yang sadar bahwa tabungan itu penting sekali. Di tengah masyarakat yang kebanyakan hidup konsumtif, gaji seberapa pun bukan jaminan hidup makmur jika tanpa tabungan.

Tabunganku pahlawanku, begitu kira-kira mengenai ucapan  orang-orang yang sudah memiliki pengalaman terselamatkan hidupnya oleh tabungan. Memang hal tersebut terdengar berlebihan, tapi ada benarnya juga lho! Tabungan masa depan bisa menyelamatkan kita dari ancaman terjerat utang segudang.

Demi membangun cerita rencana masa depan, menabung dapat dikatakan sebagai kuda-kuda bagi kebanyakan orang agar menikmati kehidupan yang sejahtera. Nah berikut beberapa manfaatnya nih kamu menabung. 

Penyelamat hidup demi membangun cerita rencana masa depan

Bayangkan, jika tiba-tiba kita kena pemutusan hubungan kerja (PHK), sementara tabungan nol. Apa yang bisa kita lakukan? Jangan sampai cerita rencana masa depan kamu suram lantaran tidak memiliki sepeser pun dalam rekening sebagai tabungan. 

Memang banyak orang yang akan mendapatkan pesangon ketika dirinya mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Tapi, cukupkah uang tersebut untuk bertahan hidup sembari menunggu mendapatkan pekerjaan baru? Pada saat inilah tabungan mengambil peran penting.

Uang tabungan bisa jadi tambahan untuk sekedar menyambung hidup. Bahkan, dana cadangan dari rekening di bank ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha. Siapa tahu, malah bisa lebih sukses dengan menjadi majikan atas diri sendiri dengan pemasukan gak terbatas. Ketimbang ikut orang lain dengan gaji yang sudah ditetapkan?

Jika gak ada tabungan, apesnya kita malah terjerumus ke jurang utang. Awalnya memang utang sekian juta saja. Tapi, dengan adanya bunga dan tak ada pemasukan rutin, utang itu bisa berkembang lebih besar.

Bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi

Dana tabungan pun bisa dialokasikan sebagian untuk berinvestasi. Jadi, bakal ada dua pemasukan: gaji dan return alias imbal hasil investasi. Gak harus berutang untuk berinvestasi jika ada tabungan. 

Sebab, investasi gak selamanya menghasilkan keuntungan. Bisa saja investasi berujung tekor. Kalau investasi dari utang tapi merugi, itu namanya sudah jatuh tertimpa tangga, sudah gagal berinvestasi utang pun menumpuk. 

Karena itulah sebelum berinvestasi kita harus punya rencana matang dulu. Banyak orang yang sudah memiliki rencana dan teledor dalam menjalankannya justru mengalami kerugian lho dalam berinvestasi. 

Disiplin menabung salah satu kunci kamu memiliki kehidupan di hari tua

Memang, bunga dari tabungan gak begitu besar. Tapi, melihat fungsinya, tabungan amatlah penting untuk dimiliki oleh banyak orang demi membangun cerita rencana masa depan yang tentram.

Toh, tabungan sejatinya gak termasuk instrumen investasi. Layanan dari bank yang bisa disebut investasi adalah deposito. Deposito memang memiliki kemiripan dengan tabungan. Kita dapat menyimpan dana di bank lalu memperoleh bunga dari uang simpanan kita dalam bentuk deposito.  

Bedanya, deposito ada periode di mana kita diharuskan menyimpan dana sejumlah tertentu dan gak boleh diutak-atik. Periode ini dinamakan kontrak. Selain itu, bunga deposito lebih gede ketimbang tabungan biasa.

Banyak hal yang sering menjadi kendala adalah soal kedisiplinan menabung. Boleh saja memiliki gaji dengan nominal yang berlebihan bahkan lebih dari cukup. Namun jika setiap bulan uang sering lewat begitu saja tanpa ada yang tersimpan di rekening mau tidak mau kamu akan mengalami gigit jari.

Menabung memang memerlukan niat yang kuat. Niat ini bisa dibangun antara lain dengan menyusun rencana keuangan tiap bulan. Dalam rencana itu kita atur deh. Berapa buat pengeluaran, berapa yang ditabung, berapa buat investasi, dan lain-lain.

Dengan begitu, kita punya panduan untuk menjaga kedisiplinan menabung. Tapi ingat, rencana itu gak berguna kalau gak kita jalankan. Nah, buat yang memang susah menabung, gak perlu khawatir, hampir semua bank memiliki layanan tabungan rencana.

Tabungan rencana adalah tabungan yang dananya dikumpulkan untuk tujuan tertentu. Misalnya berencana membeli sepeda motor tahun depan, atau bahkan pendidikan anak kelak, kamu dapat memanfaatkan tabungan rencana yang dimiliki saat ini.

Lewat tabungan rencana, kita akan “dipaksa” menabung setiap bulannya. Mekanismenya, kita harus memiliki satu rekening terlebih dahulu di salah satu bank. Nantinya, bank yang kita tunjuk akan membuka rekening lain untuk akun tabungan rencana. Nah, dana tabungan rencana akan otomatis diambil dari rekening utama setiap bulannya. 

Demi membangun cerita rencana masa depan kamu agar lebih tentram, berikut nih deretan cara agar tetap dapat menabung sesuai dengan keinginan dan kemampuan. 

Mencari tahu apa yang akan direncanakan

Agar terciptanya sebuah mimpi, mau gak mau kamu mesti memiliki rencana dan harus mencari tahu apa cerita rencana masa depan? Oleh karena coba prioritaskan rencana yang akan dijadikan salah satu keinginan untuk dicapai di kemudian hari. 

Dengan mencari tahu apa yang akan direncanakan oleh kamu di masa depan, coba torehkan deretan keinginanmu. Bayangkan dan apa saja yang menjadi rencana kamu dalam hitungan 2 sampai 3 tahun ke depan. 

Tentukan hal-hal yang menjadi prioritas

Menentukan hal-hal yang menjadi prioritas memang sangat diperlukan oleh kebanyakan orang untuk mewujudkan rencana di masa depan. Oleh karena itu, diperlukan pemikiran yang matang serta bagaimana kamu dapat memprioritaskan sesuatu. 

Di saat kamu sudah mantap melakukan hal yang dijadikan prioritas, dengan seiring berjalannya waktu akan memudahkan mu dalam mewujudkan cerita rencana masa depan. Ketika dapat memilah mana yang prioritas dan yang tidak, kamu dengan mudahnya bisa menilai untuk mewujudkan impian. 

Percaya diri agar semakin matang menjalankan rencana

Ketika kamu sudah melakukan beberapa hal di atas, percaya diri juga menjadi salah satu pondasi untuk mewujudkan cerita rencana masa depan. Percaya diri merupakan kunci bagi semua orang untuk dapat mewujudkan impiannya. 

Memang tidak mudah untuk membangun sebuah kepercayaan diri dalam diri kita masing-masing. Hal tersebut sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar dan yang terpenting adalah melihat potensi dalam diri.

Nah itu dia deretan hal-hal bagaimana kamu dapat membangun cerita rencana masa depan. Baik itu untuk meraih jenjang karier yang spektakuler atau ingin menimba ilmu di negeri orang. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →