Tabungan Pendidikan Anak Mandiri 2020 – Simulasi Hitungnya

Tabungan pendidikan anak Mandiri

Tabungan pendidikan anak Mandiri adalah jenis tabungan khusus dari Bank Mandiri yang diperuntukan membiayai pendidikan anak dari jenjang TK hingga perguruan tinggi. 

Jadi, tabungan pendidikan anak Mandiri memang dikhususkan bagi orang tua yang ingin menyiapkan dana pendidikan anak.

Bank Mandiri sebagai salah satu bank BUMN di Indonesia tidak hanya memiliki beragam produk tabungan, deposito, dan investasi. Mandiri juga menawarkan berbagai asuransi melalui Mandiri Inhealth dan AXA Mandiri.

Produk asuransi dari tiap-tiap perusahaan memberikan beragam proteksi, termasuk jiwa, kesehatan, dan aset berharga seperti mobil.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tabungan pendidikan anak Mandiri yang bernama Mandiri Tabungan Rencana ini, simak ulasan lengkap berikut.

Syarat buka tabungan pendidikan anak Mandiri

Tabungan pendidikan anak Mandiri memberi bunga yang berbeda-beda. Hal ini ditentukan dari jangka waktu menabung. Sekadar informasi, bunga maksimalnya mencapai 3 persen per tahun.

Dengan memilih Tabungan Rencana Bank Mandiri yang menjadi pilihan tabungan pendidikan anak Mandiri, kamu dijanjikan mendapat keuntungan:

  • Gratis biaya administrasi.
  • Kebebasan mengubah setoran bulanan mulai dari Rp100 ribu atau US$10 per bulan.
  • Boleh menambahkan dana.
  • Jangka waktu mulai dari 1 – 20 tahun.
  • Gratis asuransi tanpa pemeriksaan kesehatan.

Kamu baru boleh menarik dana setelah lewat 1 tahun maksimal sebesar 30 persen. Bisa-bisa aja sih kalau kamu menarik dananya lebih dari 30 persen. Namun, nantinya kamu dianggap gak melanjutkan program tabungan rencana.

Syarat-syarat buka Tabungan Rencana Mandiri sebagai tabungan pendidikan anak Mandiri mudah kok. Kamu cukup mempersiapkan persyaratan sebagai berikut.

  • Rekening tabungan Bank Mandiri.
  • Usia 18 – 69 tahun.
  • Mengisi formulir aplikasi, pernyataan kesehatan, dan surat kuasa pendebetan otomatis.

Bunga dan simulasi hitung tabungan pendidikan anak Mandiri

Bunga tabungan yang ditetapkan Bank Mandiri untuk produk tabungan pendidikannya maksimal 3 persen. Persentase bunga tersebut ditentukan nominal yang kamu tabung.

Untuk memperkirakan berapa nominal yang kamu dapat, berikut ada Kalkulator Lifepal yang bakal membantu menghitungnya.

Tetapkan berapa besar dana pendidikan anak yang ingin dicapai, berapa lama waktu menabungnya, dan berapa setorannya tiap bulan melalui kalkulator menabung bulanan di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan tabungan pendidikan anak Mandiri

Tabungan pendidikan anak Mandiri punya kelebihan dan kekurangan. Apa aja ya? Yuk, simak ulasan mengenai Mandiri Tabungan Rencana ini.

Kelebihan tabungan pendidikan anak Mandiri

Berikut ini beberapa kelebihan Mandiri Tabungan Rencana sebagai pilihan tabungan pendidikan anak Mandiri.

  • Setoran terjangkau. Kamu bisa mulai dengan Rp100 ribu. Jadi, persiapan dana pendidikan anak bakal terwujud dengan cara mudah dan terjangkau.
  • Periode menabung yang fleksibel banget dari 1 – 20 tahun. Dengan rentang waktu tersebut, kamu bisa mengatur setoran per bulan yang gak memberatkan pendapatan tiap bulan.
  • Ada asuransi gratis yang preminya dibayar Bank Mandiri. Asuransi ini bakal diberikan sebagai santunan meninggal dunia (UP jiwa) ketika orang tua meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap.

Kekurangan tabungan pendidikan anak Mandiri

Selain tiga poin kelebihan tadi, ternyata ada beberapa kekurangan dari Mandiri Tabungan Rencana sebagai pilihan tabungan pendidikan anak Mandiri. Apa aja? Yuk, simak.

1. Tabungan pendidikan gak cukup membiayai sekolah anak

Apa iya? Namanya kan tabungan pendidikan anak?

Dari ulasan sebelumnya telah dijelaskan, bunga maksimal tabungan pendidikan anak cuma 3 persen. Itu udah maksimal alias mentok, gak mungkin lebih tinggi lagi.

Sementara berdasarkan riset Badan Pusat Statistis (BPS), inflasi biaya pendidikan di Indonesia hampir 4 persen. Dengan kenaikan rata-rata uang pangkal hingga 15 persen.

Tabungan pendidikan yang cuma kasih bunga maksimal 3 persen tentunya gak bakal memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Asuransi jiwa gratis gak bisa diandalkan

Mendapatkan asuransi gratis tentu gak bisa ditolak. Apalagi asuransi tersebut sudah “dipaketkan” dengan tabungan pendidikan.

Sayangnya, UP jiwa yang bakal diterima jika terjadi musibah pada orang tua gak terlalu besar. Adapun pihak asuransi hanya meneruskan setoran bulanan orang tua dengan maksimal Rp5 juta per bulan. Jadi, tetap butuh asuransi tambahan, kan?

3. Gak cocok untuk tujuan jangka panjang

Tabungan pendidikan menawarkan rentang waktu yang fleksibel yaitu hingga 20 tahun. Cukup panjang untuk sebuah periode menabung. Sayangnya, tabungan jenis ini gak cocok buat jangka panjang.

Alasan terbesarnya adalah bunga maksimal yang diberikan yaitu cuma 3 persen. Dalam kurun waktu 20 tahun, apa iya inflasi di bawah 3 persen? 

Itulah kenapa tabungan jenis ini kurang cocok bagi para orang tua, terutama mereka yang udah kenal investasi.

Pilihan tabungan pendidikan anak lainnya

Selain Bank Mandiri, sejumlah bank nasional berikut juga menawarkan tabungan pendidikan. Apa aja? Yuk simak ulasannya.

1. Tabungan pendidikan anak BRI

Bank pelat merah ini juga menawarkan tabungan pendidikan anak. Serupa dengan Bank Mandiri, produk bernama Britama Berjangka ini merupakan kategori tabungan berjangka.

Keunggulan dari produk tabungan ini juga mirip dengan tabungan pendidikan anak Mandiri yaitu adanya asuransi jiwa bagi nasabah. Manfaat asuransi jiwa hingga Rp1 miliar dan bebas biaya administrasi bakal diterima nasabah.

Syarat pembukaan rekening tabungan pendidikan anak BRI:

  • Usia 17 – 64 tahun
  • Punya rekening Tabungan BRI BritAma/BritAma Bisnis/Giro.
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.

2. Tabungan pendidikan anak BCA

Produk tabungan dari salah satu bank swasta terbesar se-Indonesia adalah Rencana Pendidikan BCA Deposito. 

Berbeda dengan tabungan pendidikan anak Mandiri, keunggulan dari Rencana Pendidikan BCA Deposito adalah tabungan pendidikan anak tersedia dalam 9 mata uang yang bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

Jangka waktu deposito serupa bank lain, yaitu 1 – 12 bulan. Bunga yang kamu dapat bisa ditransfer ke rekening BCA kamu atau rekening lain. Jadi, kamu gak harus buka rekening BCA untuk buka deposito ini.

Syarat buka Rencana Pendidikan BCA Deposito:

  • Melengkapi dan menandatangani formulir permohonan.
  • Membawa dan menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku, seperti KTP/Paspor dan NPWP untuk WNI serta KITAS/Paspor untuk WNA.
  • Memenuhi setoran awal minimal Rp8 juta.

3. Tabungan pendidikan anak BNI

BNI Tapenas alias Tabungan Perencanaan Masa Depan merupakan produk tabungan berjangka yang bisa kamu pilih sebagai tabungan pendidikan selain tabungan pendidikan anak Mandiri.

Tabungan dari bank BUMN ini menawarkan mata uang rupiah atau dolar dengan masa menabung 2 – 18 tahun.

Seperti tabungan pendidikan dari perbankan pelat merah lainnya, BNI Tapenas juga memberikan manfaat asuransi jiwa bebas premi. Bunga yang ditawarkan 4 persen untuk tabungan rupiah dan 0,5 persen untuk tabungan dolar.

Manfaat pertanggungan asuransi yang ditawarkan, seandainya terjadi apa-apa dengan kamu, adalah mencapai Rp1,5 miliar atau US$150 ribu dengan nilai maksimalnya Rp6 miliar atau US$600 ribu. 

Syarat buka BNI Tapenas:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia 17 – 65 tahun saat jatuh tempo.
  • Punya identitas diri berupa KTP atau SIM atau Paspor.
  • Memiliki rekening BNI buat autodebet ke BNI Tapenas, seperti BNI Taplus, Bisnis Perorangan, Giro Perorangan, dolar, hingga Giro USD Perorangan.

4. Tabungan pendidikan anak CIMB Niaga

CIMB Niaga menawarkan dua produk tabungan pendidikan anak. Produk tabungannya adalah Tabungan Pendidikan Xtra dan Tabungan Pendidikan CIMB Niaga.

Tabungan Pendidikan Xtra

Produk dari CIMB Niaga ini memberikan bunga hingga 3 persen setahun. Tabungan ini mensyaratkan setoran awal Rp5 juta dan setoran rutin tiap bulan Rp500 ribu.

Berbeda dari produk lain yang serupa, asuransi gratis dari produk tabungan ini mewajibkan adanya pemeriksaan kesehatan sebagai syarat mendapatkan asuransi.

Syarat buka Tabungan Xtra:

  • Mengisi aplikasi keikutsertaan program Tabungan Pendidikan Xtra.
  • Menyerahkan fotokopi KTP/KITAS/KITAP yang masih berlaku.
  • Memiliki tabungan sumber dana CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah untuk keperluan pendebetan setoran rutin bulanan.
  • Nasabah berusia 18 – 60 tahun dan usia maksimum saat jatuh tempo adalah 70 tahun.
  • Nasabah memenuhi kriteria atau lolos proses underwriting yang dilakukan pihak asuransi PT CIMB Sun Life.

Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Tabungan Pendidikan CIMB Niaga merupakan produk lain dari CIMB Niaga dalam kategori tabungan pendidikan. Gak kayak BNI Tapenas, bunga tabungan ini lebih besar hingga 5 persen.

Keunggulan lain adalah pemberian asuransi gratis yang memberi jaminan hingga Rp160 juta. Tertarik dengan tabungan ini? Berikut syarat yang perlu kamu penuhi.

  • Isi formulir pembukaan rekening.
  • Siapkan fotokopi KTP.
  • Punya tabungan CIMB Niaga buat pendebetan setoran bulanan.
  • Usia minimal 18 tahun.

5. Tabungan BTN Siap

Dikenal dengan produk KPR, ternyata BTN juga punya tabungan pendidikan. Bernama Tabungan BTN Siap, produk ini hadir sejak 2017.

Keunggulannya adalah kehadiran proteksi kesehatan, kecelakaan, dan jiwa dalam wujud asuransi gratis.

Adapun serba-serbi terkait membuka rekening ini, yaitu:

  • Jangka waktu 1 – 15 tahun.
  • Wajib memiliki rekening Tabungan Batara atau eBatarapos sebagai rekening induk (sumber dana).
  • Usia 17 – 64 tahun.
  • Penutupan rekening sebelum jatuh tempo akan dikenakan penalti sebesar 1 persen dari saldo akhir atau minimal Rp100 ribu.

6. MayBank Tabungan EduPlan

MayBank juga menjadi salah satu perbankan yang punya produk tabungan berjangka khusus pendidikan. 

Produk bernama MayBank Tabungan EduPlan ini memberikan dana pendidikan hingga jenjang universitas.

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah bebas biaya admin dan manfaat perlindungan asuransi apabila meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total akibat kecelakaan atau penyakit. Pendidikan anak terjamin dan investasi jalan terus deh.

Syarat pembukaan rekening MayBank Tabungan EduPlan:

  • Nasabah wajib memiliki rekening MayBank Tabungan EduPlan dengan periode menabung minimal satu tahun.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Fotokopi bukti identitas yang masih berlaku, seperti KTP, Paspor, dan KITAS/KITAP.
  • Berusia sekitar 17 – 55 tahun dengan maksimal usia saat jatuh tempo adalah 60 tahun.

7. PermataProteksi Masa Depan+

Bank dari grup Astra International ini punya tabungan pendidikan bernama PermataProteksi Masa Depan+. 

Produk tabungan berjangka ini bakal memberikan kebebasan kepada nasabah untuk menentukan setoran awal, setoran bulanan, hingga jangka waktu menabung.

Syarat buka rekening PermataProteksi Masa Depan+:

  • Membawa identitas diri nasabah yang masih berlaku berupa KTP/SIM/KIMS dan Paspor/KITAS & Paspor.
  • Warga negara Indonesia.
  • Nasabah berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan produk terpadu.

8. Asuransi Simas KID Bank Sinarmas

Produk asuransi pendidikan ini merupakan persembahan Bank Sinarmas dan sister company-nya yaitu PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG

Kerja sama tersebut menghadirkan Asuransi Simas KID, yaitu polis asuransi jiwa individu yang memberikan proteksi dan jaminan dana pendidikan anak-anak, dari SD hingga universitas.

Mirip asuransi pendidikan lainnya, polis ini memberikan dana pendidikan sesuai tahapan atau jenjang pendidikan berdasarkan usia. 

Sejak usia anak 6 tahun, dana pendidikan yang diberikan sebesar 5 persen dan mencapai 50 persen saat usia anak 22 tahun.

Syarat pembelian polis:

  • Hanya menggunakan mata uang rupiah.
  • Usia pemegang polis dari 20 – 59 tahun.
  • Masa pembayaran premi selama 5 tahun.
  • Premi bisa dibayarkan secara tahunan, semesteran, triwulan, atau bulanan.

9. Tabungan Cita2Ku Danamon

Bank Danamon juga turut meramaikan produk tabungan berjangka kategori pendidikan selain tabungan pendidikan anak Mandiri. Lewat Tabungan Cita2Ku, Danamon memberikan bunga hingga 4,50 persen dengan masa jatuh tempo hingga 15 tahun.

Syarat membuka rekening Tabungan Cita2Ku:

  • Nasabah melengkapi dan menandatangani formulir Tabungan Cita2Ku di cabang Bank Danamon terdekat.
  • Nasabah melengkapi dokumen yang disyaratkan, seperti fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku, NPWP, dan dokumen pendukung lainnya.

10. Tabungan Rencana Panin

Produk tabungan berjangka lain untuk dijadikan pilihan tabungan pendidikan adalah Tabungan Rencana dari Panin Bank. Bebas biaya administrasi menjadi salah satu keunggulan produk tabungan ini.

Selain itu, kamu juga mendapatkan manfaat perlindungan asuransi. Perihal biaya asuransi, gak perlu merasa terbebani. Syaratnya pun mudah, yaitu:

  • Calon peserta atau tertanggung baru adalah nasabah PT Bank Panin, Tbk.
  • Mengisi lengkap dan menandatangani aplikasi pembukaan Tabungan Rencana Panin yang disediakan PT Bank Panin, Tbk.
  • Dokumen persyaratan administrasi lainnya seperti fotokopi kartu identitas diri KTP.

Pilihan tabungan pendidikan anak syariah

Selain 10 pilihan tabungan pendidikan sebagai perbandingan dengan tabungan pendidikan anak Mandiri, kamu juga bisa memilih yang berbasis syariah.

Berikut ini pilihan tabungan pendidikan anak yang sesuai syariat Islam.

1. Tabungan Berencana Mandiri Syariah

Bank Mandiri juga punya produk tabungan pendidikan anak syariah, yaitu Tabungan Berencana yang diluncurkan Bank Syariah Mandiri. 

Produk ini dipastikan kehalalannya dan bebas riba karena diawasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Dengan akad mudharabah muthlaqah, kamu bakal dimudahkan dari sisi setoran yaitu minimal Rp100 ribu. Selain itu, ada manfaat lain yaitu proteksi asuransi gratis alias bebas premi.

Syarat membuka rekening tabungan syariah ini, yaitu:

  • Membawa identitas diri berupa KTP dan NPWP.
  • Memiliki rekening asal (source account) berbentuk tabungan atau giro di Bank Syariah Mandiri.

2. BNI Tapenas iB Hasanah

BNI Tapenas juga punya produk tabungan pendidikan syariah, yaitu BNI Tapenas iB Hasanah yang menerapkan akad mudharabah.

Untuk memiliki tabungan ini, syaratnya simpel, yaitu:

  • Membawa kartu identitas yang masih berlaku berupa KTP atau Paspor.
  • Menunjukkan NPWP.
  • Minimum setoran awal Rp100 ribu.
  • Memiliki rekening afiliasi di Bank BNI Syariah.

3. Tahapan Rencana iB BCA Syariah

BCA yang memiliki perbankan syariah, BCA Syariah, juga menawarkan produk tabungan pendidikan syariah. 

Lewat tabungan Tahapan Rencana iB BCA Syariah, kamu bakal mendapatkan manfaat ganda, yaitu proteksi asuransi jiwa dan bagi hasil lebih kompetitif.

Syarat membuka tabungan ini, yaitu:

  • Mengisi aplikasi pembukaan rekening.
  • Memiliki Tahapan iB atau Giro iB sebagai rekening induk.
  • Membawa identitas diri yang masih berlaku berupa KTP atau Paspor.
  • Nasabah berusia sekitar 17 – 55 tahun dan usia maksimal saat jatuh tempo adalah 65 tahun.
  • Mengisi formulir simplified issue offering.

4. Tabungan iB Pendidikan Bank Syariah Bukopin

Bukopin juga menawarkan produk tabungan pendidikan syariah, yaitu Tabungan iB Pendidikan. Produk ini adalah tabungan berjangka yang memberikan bagi hasil kompetitif serta proteksi asuransi jiwa gratis.

Syarat buka rekening tabungan iB Pendidikan Bukopin Syariah:

  • Nasabah wajib memiliki Tabungan iB atau Giro iB.
  • Pilihan manfaat untuk pendidikan dan multiguna.
  • Diperuntukkan khusus perorangan.
  • Setoran awal minimum Rp100 ribu – Rp5 juta.
  • Jangka waktu temponya mulai dari 1 – 18 tahun.

Tanya jawab seputar tabungan pendidikan anak Mandiri

Mandiri Tabungan Rencana memberikan perlindungan asuransi dengan gratis (premi asuransi dibayar Bank Mandiri), plus bunga yang relatif lebih tinggi.

Mandiri Tabungan Rencana dirancang agar keinginan biaya pendidikan anak terpenuhi. Tentunya ini berbeda dari produk tabungan biasa.

Jika terjadi cacat total tetap atau meninggal dunia, pihak asuransi yang akan meneruskan setoran rutin bulanan (maksimal Rp5 juta atau US$500 per bulan untuk setiap penabung).

Sehingga pada akhir jangka waktu yang diinginkan, dana pendidikan yang telah dicanangkan dapat tercapai sesuai target.

Untuk mendapatkan proteksi asuransi, kamu hanya perlu mengisi aplikasi pembukaan rekening. Selain itu, tanpa pemeriksaan kesehatan (MCU). Setelah itu, kamu akan otomatis terdaftar sebagai peserta asuransi.

Syarat yang diperlukan membuka Mandiri Tabungan Rencana sebagai tabungan pendidikan anak Mandiri:

  • Memiliki rekening sumber (Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro).
  • Usia 18-70 tahun (saat jatuh tempo).
  • Mengisi formulir aplikasi beserta pernyataan kesehatan dan surat kuasa pendebitan otomatis, tanpa perlu MCU.

Setoran Mandiri Tabungan Rencana tidak bisa dilakukan karena dilakukan pendebetan otomatis dari rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.

Jadi, setiap bulannya hanya terjadi pemindahbukuan dari rekening tabungan Mandiri ke rekening tabungan pendidikan anak Mandiri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →