8 Rekomendasi Tabungan Pendidikan Terbaik untuk Masa Depan Anak

Mempersiapkan dana pendidikan anak penting dilakukan sejak awal, mengingat tiap tahun biaya pendidikan cenderung naik. Inilah pentingnya kamu perlu punya tabungan pendidikan.

Sebagai orang tua, kamu pasti pengin kan menyekolahkan anakmu mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah di universitas nanti, tanpa perlu memusingkan biayanya. Lebih bagus lagi kan kalau bisa menyekolahkan buah hati sampai ke luar negeri.

Buat mewujudkan semua itu, tentunya gak ada yang gratis. Seperti kata Mendikbud, jangan percaya kalau ada pejabat yang menjanjikan sekolah gratis.

Kisaran biaya pendidikan di Indonesia

Bukan rahasia jika biaya pendidikan di Indonesia tergolong tinggi. Saat ini saja, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan inflasi pendidikan mencapai 3,81 persen dengan kenaikan rata-rata uang pangkal pendidikan mencapai 10-15 persen per tahunnya.

Adapun rata-rata kebutuhan uang muka sekolah swasta yang bukan sekolah standar internasional, sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia, yakni PAUD sekitar Rp5 juta, TK Rp10 juta, SD Rp30 juta, SMP Rp35 juta, SMA Rp40 juta dan Kuliah Rp50 juta. Ditambah biaya lainnya seperti persiapan dan tambahan seperti SPP. Jika ditotal biaya yang dibutuhkan dari mulai PAUD hingga kuliah mencapai Rp187,5 juta. 

Lalu bagaimana biaya pendidikan untuk 10 tahun ke depan? Dengan asumsi skenario salah satu inflasi yang cukup tinggi yakni 20 persen untuk uang sekolah dan future value ke depan (dengan cara menambahkan komponen inflasi 20 persen setiap tahun dari grand total uang sekolah per tahunnya) serta dengan memperhitungkan periode anak akan mulai masuk sekolah PAUD pada 2030 atau 10 tahun lagi maka biaya sekolah anak bisa mencapai Rp1 miliar lebih atau tepatnya Rp1,1 miliar. Angka yang cukup fantastis, bukan?

Untuk itu, karena jumlahnya yang besar dan juga nilai ke depannya juga akan tinggi, maka penting bagi orang tua untuk segera berinvestasi sedini mungkin, bahkan sejak baru menikah sehingga jangan menunggu sampai si jabang bayi lahir salah satunya dengan memiliki tabungan pendidikan anak.

Kembali ke soal tabungan pendidikan. Begitu mau siapkan tabungan pendidikan, gak sedikit dari kamu yang bingung mau pilih tabungan pendidikan yang mana dan gimana caranya.

Pilihan tabungan pendidikan terbaik untuk anak

Nah, buat kamu yang pengin ambil produk tabungan pendidikan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang boleh jadi pilihan dalam mempersiapkan biaya sekolah anak. Apa aja?

1. BNI Tapenas

BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan atau BNI Tapenas menjadi pilihan tabungan pendidikan yang ditawarkan BNI. Tabungan pendidikan ini bisa menggunakan mata uang, baik rupiah maupun dolar. Karena ini tabungan berjangka, jangka waktu menabungnya mulai dari 2 tahun hingga 18 tahun.

Dengan mempersiapkan dana pendidikan anak di BNI Tapenas, kamu dijanjikan manfaat asuransi yang bebas premi dan bunga 4 persen (buat rupiah) atau 0,50 persen (buat dolar). Sementara itu, biaya administrasinya cuma Rp18 ribu atau US$3 tiap tahun.

Setoran bulanannya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta (kelipatan Rp50 ribu) atau US$20 hingga US$500 (kelipatan US$10). Nasabah juga boleh tambah dana di luar setoran bulanan. Selain itu, kamu juga boleh buka lebih dari satu rekening BNI Tapenas.

Selain itu, ada juga pilihan asuransi tambahan tanpa pemeriksaaan kesehatan, seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Dan kamu gak perlu takut gak bisa klaim karena punya asuransi yang sama dari tempat lain. Sebab, asuransi dari tabungan ini bisa double claim.

Manfaat pertanggungan yang ditawarkan, seandainya terjadi apa-apa dengan kamu, adalah mencapai Rp1,5 miliar atau US$150 ribu dengan nilai maksimalnya Rp6 miliar atau US$600 ribu. Nah, tapi, kalau menarik tabungan sebelum jatuh tempo, kamu bakal dikenakan biaya 1 persen dari saldo akhir.

Syarat-syarat buka BNI Tapenas mudah kok. Berikut ini poin-poin yang harus dipenuhi.

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia 17 hingga 65 tahun saat jatuh tempo.
  • Punya identitas diri berupa KTP atau SIM atau Paspor.
  • Memiliki rekening BNI buat autodebet ke BNI Tapenas seperti BNI Taplus, Bisnis Perorangan, Giro Perorangan, dolar, hingga Giro USD Perorangan.

2. Tabungan Pendidikan Xtra

Ini juga termasuk tabungan pendidikan yang disediakan CIMB Niaga. Buat Tabungan Pendidikan Xtra, CIMB Niaga memberikan bunga hingga 3 persen setahun. Tabungan ini mensyaratkan setoran awal Rp5 juta dan setoran rutin tiap bulan Rp500 ribu.

Jangka waktu menabungnya mulai dari 3, 5, 10, 15, hingga 20 tahun. Lalu ada biaya administrasi per bulan sebesar Rp5.000 yang dimulai pada bulan ke-3 sejak pembukaan rekening. Sayangnya, Tabungan Pendidikan Xtra mewajibkan adanya pemeriksaan kesehatan sebagai syarat mendapatkan asuransi.

3. Tahapan Berjangka BCA

Produk tabungan pendidikan yang dimiliki BCA bernama Tahapan Berjangka. Tabungan ini dikhususkan untuk perorangan dengan setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu. Tahapan Berjangka juga memberikan gratis perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah selama jangka waktu Tahapan Berjangka.

Jangka waktu menabung minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan dengan setoran bulanan mulai dari Rp500 ribu per bulan (kelipatan Rp50.000). Kamu tak perlu repot melakukan setoran bulanan, karena akan ada proses autodebet dari rekening sumber dana.

Keuntungan lain Tahapan Berjangka bebas biaya administrasi dan kamu juga diperbolehkan menambah dana sewaktu-waktu di luar setoran bulanan Namun, selama jangka waktu menabung tidak dapat dilakukan penarikan dana. Apabila dilakukan penarikan dana atau penutupan rekening, nasabah akan dikenakan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo. 

Adapun Syarat-syarat pembukaan rekening Tahapan Berjangka BCA sebagai berikut.

  • WNI, usia minimal 12 tahun, maksimal 60 tahun. Jangka waktu menabung adalah maksimal sampai dengan usia ulang tahun 65 tahun.
  • Memiliki produk Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA.
  • Mengisi formulir pembukaan Tahapan Berjangka.

4. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga menawarkan tabungan pendidikan dengan bunga lebih besar ketimbang BNI Tapenas, yaitu 5,00 persen p.a setahun. Ditambah lagi, ada pemberian asuransi gratis yang memberi jaminan hingga Rp160 juta.

Selain itu, Tabungan Pendidikan CIMB Niaga gak menetapkan batasan waktu. Jadi, kamu bebas menentukan kapan tanggal jatuh tempo tabungan. Setorannya mulai dari Rp100 ribu per bulan.

Syarat-syarat buka Tabungan Pendidikan CIMB Niaga adalah sebagai berikut.

  • Isi formulir pembukaan rekening.
  • Siapkan fotokopi KTP.
  • Punya tabungan CIMB Niaga buat pendebetan setoran bulanan.
  • Usia minimal 18 tahun.

5. Britama Rencana BRI

Salah satu tabungan pendidikan dan investasi yang patut kamu pertimbangkan adalah Britama Berjangka milik BRI. Keuntungan Britama Berjangka dengan setoran tetap bulanan yang dilengkapi dengan fasilitas perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah.

Nasabah bebas menentukan setoran tetap bulanan dengan minimum Rp100 ribu dan maksimum Rp5 juta (kelipatan Rp50 ribu. Kamu bebas menentukan jangka waktu tabungan mulai 1 sampai 20 tahun. 

Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan adalah manfaat asuransi jiwa hingga Rp1 Miliar dan bebas biaya administrasi.

Syarat-syarat jika kamu ingin membuka Britama Berjangka, sebagai berikut. 

  • Berusia minimal 17 tahun, maksimal 64 tahun.
  • Memiliki rekening Tabungan BRI BritAma/BritAma Bisnis/Giro.
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.

6. Tabungan BTN Siap

Melihat semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat untuk menabung secara rutin demi mewujudkan kebutuhan dan impian mereka, Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan produk tabungan berjangka BTN Siap pada 2017 lalu. BTN Siap didukung proteksi baik kesehatan dan kecelakaan dan jiwa sehingga dana yang direncanakan untuk masa depan tetap terwujud.

Kamu bisa memilih jangka menabung mulai dari 1 tahun hingga maksimal 15 tahun. Nasabah yang ingin membuka Tabungan Siap wajib memiliki rekening di tabungan Batara atau eBatarapos untuk dijadikan rekening induk (sumber dana), karena setiap bulan dana akan dipotong dan ditabung ke Tabungan Siap. Adapun setoran minimal per bulan minimal Rp100.000 atau kelipatan Rp100.000.

Nasabah yang berusia 17 hingga 64 tahun (jangka waktu menabung maksimal usia 65 tahun) diperbolehkan untuk memiliki tabungan Siap. Selain itu, biaya administrasi, biaya premi asuransi, maupun gagal autodebet gratis. Namun, kamu akan terkena pinalti penutupan rekening sebelum jatuh tempo atau gagal autodebet sebanyak tiga kali sebesar 1 persen dari saldo akhir atau minimal Rp100 ribu. 

7. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Tabungan pendidikan yang tersedia di Bank Mandiri ditawarkan dalam bentuk Tabungan Rencana Bank Mandiri. Pemberian bunga dari tabungan ini bergantung pada lamanya jangka waktu menabung. Bunga maksimalnya mencapai 3 persen per tahun.

Dengan memilih Tabungan Rencana Bank Mandiri sebagai tabungan pendidikan, kamu dijanjikan mendapat keuntungan:

  • Gratis biaya administrasi.
  • Kebebasan mengubah setoran bulanan mulai dari Rp100 ribu atau US$10 per bulan.
  • Boleh menambahkan dana.
  • Jangka waktu mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.
  • Gratis asuransi tanpa pemeriksaan kesehatan.

Kamu baru boleh menarik dana setelah lewat 1 tahun maksimal sebesar 30 persen. Bisa-bisa aja sih kalau kamu menarik dananya lebih dari 30 persen. Cuma, nantinya kamu dianggap gak melanjutkan program tabungan rencana.

Syarat-syarat buka Tabungan Rencana Mandiri mudah kok. Kamu cukup mempersiapkan persyaratan sebagai berikut.

  • Rekening tabungan Bank Mandiri.
  • Usia dari 18 hingga 69 tahun.
  • Mengisi formulir aplikasi, pernyataan kesehatan, dan surat kuasa pendebetan otomatis.

8. MyPlan MayBank

Produk Tabungan MayBank, MyPlan, memberikan kemudahan untuk kamu yang ingin berinvestasi jangka pendek dan jangka panjang, dengan setoran bulanan mulai dari Rp100 ribu.

Produk tabungan MyPlan juga menyediakan setoran bulanan dengan mata uang Dolar mulai USD100. Tersedia juga dalam Bentuk Syariah yang sesuai dengan prinsip Syariah

Ada berbagai jenis MyPlan yang dapat kamu pilih, yaitu MyPlan nabung rutin setiap bulan atau Tabungan MyPlan Plus nabung rutin dengan setoran awal dan pilihan hadiah.

Kamu akan mendapat premi perlindungan asuransi jika meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total sebagai akibat dari kecelakaan atau penyakit.

Tertarik membuat tabungan MyPlan? Syaratnya mudah, kok!

  • Berusia minimal 17 tahun, maksimal 55 tahun, dengan maksimal usia saat jatuh tempo 60 tahun.
  • Memiliki rekening Maybank Tabungan sebagai rekening sumber dan dalam mata uang yang sama dengan rekening MyPlan (USD/IDR).
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.

Nah, itu tadi tabungan pendidikan yang bisa kamu pilih. Sekadar pengingat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih tabungan pendidikan.

Pertama-tama adalah bunga tabungan. Kemudian manfaat asuransi, mekanisme penarikan dana, dan jumlah setoran. Dengan perhatikan itu semua, kamu bisa memilih bank dan tabungan yang tepat. 

Menanggapi pentingnya kebutuhan mempersiapkan pendidikan anak di masa depan, Lifepal punya solusinya, yaitu asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan memungkinkan orang tua mampu mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan dengan baik.

Cuma dengan membayar premi dalam kurun waktu terbatas, pengelola keuangan, yaitu pihak perusahaan asuransi akan mendanai biaya pendidikan anak ketika sudah mencapai usia pendidikan yang disepakati. Dengan begitu, orang tua tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan pendidikan anak.

Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai manfaat asuransi pendidikan hanya di Lifepal.