Tabungan Pendidikan Anak, Ini Definisi dan Contohnya

Tabungan anak

Banyak cara untuk mempersiapkan kebutuhan pendidikan putra-putri Anda. Salah satu cara paling klasik dan praktis adalah tabungan pendidikan anak.

Dengan memiliki tabungan pendidikan anak, orang tua berkomitmen untuk menyisihkan sebagian penghasilannya. Jadi, saat hari H anak harus masuk sekolah atau naik ke jenjang berikutnya, orang tua sudah punya persiapan dana pendidikan. Sehingga tidak kaget!

Di Indonesia, Anda dapat menjumpai berbagai jenis tabungan pendidikan anak yang sangat bervariasi. Setiap produk memiliki kelebihan masing-masing, baik dari segi bunga, pelayanan, dan lainnya. Akan tetapi, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu tabungan pendidikan anak.

Apa itu Tabungan Pendidikan, Bedanya dengan Asuransi Pendidikan?

Beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa tabungan pendidikan jelas berbeda dengan asuransi pendidikan anak. Untuk tahu lebih jelas, Anda tentu harus mengenal perbedaan tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan.

Tabungan pendidikan anak pada dasarnya ya menabung namun dengan jangka waktu tertentu. Jadi, hasil yang Anda akan peroleh akan lebih pasti karena bunga yang diperoleh sudah disepakati sejak awal.

Sementara itu, asuransi pendidikan bertujuan untuk mengalihkan risiko yang mungkin terjadi. Jadi, dalam asuransi pendidikan pada umumnya terdapat unsur asuransi dan investasi. Nah, hal inilah perbedaan mendasar asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan.

Asuransi pendidikan menghasilkan penarikan dana yang bisa saja berbeda dengan ekspektasi awal. Sebab, dana yang disetorkan nasabah akan dikelola dalam instrumen investasi sehingga bisa terjadi fluktuasi. Karena investasi biasanya mengalami kenaikan atau malah penurunan.

Berdasarkan perbedaan di atas, apabila Anda menginginkan dana pendidikan yang lebih pasti maka Anda bisa memilih tabungan pendidikan anak. Apalagi, tak jarang kini, tabungan pendidikan sudah dipadukan dengan manfaat asuransi jiwa pula.

Rekomendasi Tabungan Pendidikan Anak Terbaik

1. BritAma Rencana

Bank BRI memiliki penawaran produk tabungan berjangka bernama BritAma Rencana. Tabungan pendidikan ini merupakan perpaduan antara tabungan dengan suku bunga tinggi dan fasilitas asuransi jiwa.

Keunggulannya pun bermacam-macam, antara lain:

  • Manfaat asuransi jiwa dengan uang pertanggungan mencapai Rp1 miliar tanpa perlu medical check up.
  • Minimal setoran bulanan Rp100 ribu hingga Rp5 juta dengan kelipatan Rp50 ribu.
  • Tidak dipotong biaya administrasi
  • Dapat menentukan jangka waktu tabungan yang diinginkan, mulai satu hingga 20 tahun.

Untuk mendaftar Britama Rencana, Anda harus berusia 17 hingga 64 tahun dengan membawa dokumen fotokopi KTP, paspor, atau KITAS. Selain itu, diwajibkan pula untuk memiliki buku tabungan BritAma, Britama Bisnis atau Britama Giro.

2. Tabungan Rencana Mandiri

Bank Mandiri juga memiliki tabungan rencana yang memudahkan Anda untuk menyimpan persiapan pendidikan untuk Anda selama beberapa waktu ke depan. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh Tabungan Rencana Mandiri:

  • Terdapat dua macam simpanan, rupiah dan dolar Amerika Serikat.
  • Tidak dipotong biaya administrasi.
  • Minimal setoran awal Rp100 ribu dan dapat diubah sesuai yang nasabah inginkan.
  • Perlindungan asuransi gratis yang bekerja sama dengan AXA Mandiri Finance hingga Rp5 juta setiap bulan.
  • Pilihan jangka waktu mulai satu hingga 20 tahun

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda diwajibkan berusia 18 hingga 70 tahun yang memiliki rekening tabungan Mandiri Tabungan dan Tabungan Giro.

3. BNI Tapenas

BNI Tapenas menghadirkan suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa, yaitu 4 persen. Perlindungan asuransi yang diberikan pun bebas premi. Fasilitas dan keunggulannya terdiri dari:

  • Terdapat dua pilihan tabungan, rupiah dan dolar Amerika Serikat.
  • Minimal setoran Rp100 juta hingga Rp5 juta atau setara dengan US$500. Setoran dapat ditambah di luar setoran bulanan dengan cara transfer langsung ke rekening tersebut.
  • Fasilitas double claim khusus nasabah yang sudah memiliki asuransi dari lembaga lain.
  • Jumlah manfaat pertanggungan BNI mencapai Rp1,5 miliar atau setara dengan US$150 ribu.
  • Satu nasabah diperboleh untuk membuka lebih dari satu rekening dengan calon pemilik manfaat yang berbeda.

Bagi Anda yang sudah tertarik dengan fasilitas tersebut, pastikan sudah memiliki Tabungan BNI dalam rupiah (BNI Taplus, BNI Taplus Perorangan, dan BNI Giro Perorangan) atau dolar Amerika Serikat (BNI Dolar dan BNI Giro USD Perorangan). Anjuran usia untuk mendapatkan manfaat ini mulai dari 17 hingga 65 tahun.

4. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Sama halnya dengan tabungan pendidikan sebelumnya, Tabungan Pendidikan CIMB Niaga menghadirkan fitur tabungan dan asuransi gratis. Akan tetapi, fasilitasnya terbilang jauh lebih menggiurkan. Berikut fasilitas yang mereka miliki:

  • Suku bunga hingga mencapai 4,85 persen
  • Setoran bulanan mulai Rp100 ribu
  • Perlindungan asuransi bekerja sama dengan PT Sun Life Financial
  • Dana pendidikan terjamin yakni jaminan asuransi hingga Rp160 juta

Hal yang paling berbeda dengan produk tabungan pendidikan yang lain adalah Anda dapat mencairkan tabungan sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan Anda sudah memiliki rekening tabungan CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah. Usia yang dapat diterima untuk produk ini mulai dari 18 tahun.

5. Tahapan Berjangka BCA

BCA memiliki fasilitas tabungan berjangka bernama Tahapan Berjangka yang juga bisa difungsikan sebagai rencana tabungan pendidikan untuk anak Anda. Manfaat yang diperoleh terdiri dari:

  • Bebas menambah dana kapanpun Anda mau di luar setoran bulanan
  • Setoran bulanan minimal Rp500 ribu dengan kelipatan Rp50 ribu
  • Gratis perlindungan asuransi jiwa
  • Terdapat uang pertanggungan risiko kecelakaan dan meninggal dunia sebesar Rp750 juta hingga Rp1 miliar.

Syarat utama untuk membuat rekening tabungan berjangka ini adalah memiliki rekening tabungan tahapan BCA (khusus anak-anak wajib memiliki rekening tabungan Tahapan Xpresi), fotokopi identitas diri, mengisi formulir lengkap Tahapan Berjangka, dan tidak diperkenankan untuk membuka rekening  joint account.

Itulah sekelumit info mengenai tabungan pendidikan anak. Setiap tahun dana pendidikan selalu bertambah seiring dengan inflasi. Itulah sebabnya orang tua sudah seharusnya memikirkan biaya pendidikan sedini mungkin. Salah satu caranya adalah membuka tabungan pendidikan anak.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →